11 April 2012

The Hunger Games


Cast :

Jennifer Lawrence : Katniss Everdeen
Josh Hutcherson : Peeta Melark
Elizabeth Banks : Effie Trinket
Woody Harrelson : Haymitch Abernathy
Lenny Kravitz : Cinna

Sinopsis :

Film ini menceritakan tentang negara yang bernama Panem. Panem merupakan sebuah negara yang terdiri dari 12 wilayah distrik. 12 wilayah distrik tersebut mewakili tingkat kesejahteraan setiap masyarakatnya. Distrik 12 merupakan distrik dengan kondisi kesejahteraan yang paling menyedihkan. 70 tahun sebelumnya, para penduduk distrik tersebut sempat mengadakan perlawanan terhadap The Capitol. Sayangnya, perlawanan tersebut berakhir dengan kegagalan. Sebagai bentuk hukumannya, setiap tahun The Capitol mengadakan The Hunger Games, dimana setiap distrik memilih satu remaja pria dan satu remaja perempuan sebagai tributes untuk saling mempertahankan hidup mereka. The Hunger Games baru akan berakhir ketika kompetisi tersebut hanya menyisakan satu kontestan yang akan dinyatakan sebagai pemenang.

Berfokus pada penyelenggaraan The Hunger Games ke 74, dikisahkan seorang remaja perempuan berusia 16 tahun, Katnis Everdeen, mengajukan dirinya sebagai seorang tributes untuk menggantikan posisi adiknya, yang sebenarnya terpilih untuk bertanding dalam kompetisi The Hunger Games. Bersama Katniss, terpilih pula seorang remaja pria bernama Peeta Mellark yang akan mewakili Distrik 12. Dengan didampingi escort dari The Capitol, Effie Trinket, seorang penata gaya, Cinna, dan mantan pemenang The Hunger Games yang kini menjadi pelatih Katniss dan Peeta, Haymitch Abernathy, Katniss dan Peeta mulai mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi 22 tributes lainnya, untuk memenangkan The Hunger Games.

Review :

Yup! Gua baru aja nonton The Hunger Games semalem. Tidak ada kata terlambat bukan untuk menonton film yang katanya dibilang bagus oleh banyak orang? Gua sama sekali belom pernah baca novelnya, jadi ga tau sama sekali jalan ceritanya. 

The Hunger Games sendiri merupakan tema film yang baru buat gua. Film tentang pertarungan untuk mempertahankan hidup dalam sebuah permainan memang bukan sebuah tema yang biasa. Untungnya, si sutradara berhasil menjalin cerita demi cerita dengan sangat baik, sehingga gua, yang belom pernah baca novelnya, cukup ngerti. Perpindahan alurnya juga termasuk sangat cepat, sehingga tidak membosankan. 

Walaupun banyak adegan pertarungan, tapi si sutradara membuat setiap adegannya jadi tidak terlihat sadis, tapi tetap terlihat menegangkan. Cuma sayang, perpindahan kameranya terlalu cepat, jadi agak mengganggu. Untungnya, adegan-adegan berantemnya diedit dengan sangat baik, jadi bagian-bagian yang menganggu ketutup. 

Film ini juga didukung dengan setting yang menarik dan konsisten. Mulai dari penggambaran distrik 12 yang didominasi warna abu-abu untuk memperlihatkan kondisinya yang tidak sejahtera, lalu The Capitol yang didukung warna cerah dan kostum serta make up nya yang colourful, sampai warna hijau untuk arena pertarungannya. Penggunaan special effectnya juga lumayan bagus, walaupun tidak terlalu banyak. Tapi kemunculan binatang aneh di akhir ga terlalu bikin serem sih, cuma pas munculnya aja bikin kaget.

Dari segi akting, Jennifer Lawrence tampil sangat memukau. Peran Katniss dimainkan dengan sangat baik olehnya. Kita bahkan bisa merasakan ketakutannya ketika dia mau memasuki arena pertarungan. Ekspresinya sangat luar biasa. Begitu juga dengan Josh Hutcherson. Aktingnya sebagai Peeta juga sangat bagus. Walaupun tampil di awal sebagai cowo culun (setidaknya buat gua begitu), tapi lama-lama dia mampu mengimbangi Lawrence.

Cuma sayang, chemistry antara Jennifer Lawrence dan Josh Hutcherson agak kurang dapet. Sehingga, sisi emosionalnya kurang terbawa. Tapi terlepas dari semuanya, The Hunger Games sudah memulai triloginya dengan sangat baik. Gara-gara nonton filmnya, gua jadi penasaran sama isi novelnya.

4 comments:

  1. banyak temen2 yang habis nonton langsung melahap novelnya tuh! klo g sih udah pasti enggak baca novelnya hahahah :) nungguin kelajutan pelem na aja ^^ walaupun g merasa kek na di pelem banyak kurang na ~ tapi ketibang baca novelnya ^^

    ReplyDelete
  2. uda gua beli pit novelnya... hahahaha... penasaran aja sih... jauh lebih penasaran daripada twilight.. hehehehe...

    ReplyDelete
  3. penasaran sama film ini tapi belom nonton, thanks for the movie review. jadi pengen nonton sekarang, (:

    ReplyDelete
  4. thx's ya uda mampir2...

    ayo nonton... hehehehe...

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...