25 July 2012

The Dark Knight Rises


Cast :

Christian Bale : Bruce Wayne
Gary Oldman : Commisioner Gordon
Tom Hardy : Bane
Joseph Gordon-Levitt : Blake
Anne Hathaway : Selina Kyle

Sinopsis :

Setelah delapan tahun, kedamaian dan keteraturan kini telah menjadi bagian dalam kehidupan warga Gotham City di keseharian mereka. Dengan berbagai tragedi yang menimpa dirinya dan ditambah kebencian masyarakat Gotham City yang masih menudingnya sebagai penyebab kematian Harvey Dent, Bruce Wayne memilih untuk menjauhkan dirinya dari berbagai kegiatan dunia luar. Bahkan, bujukan pelayan setianya, Alfred Pennyworth, agar Bruce mau keluar dan mencari suasana baru untuk membantunya melupakan masa lalu tidak mampu membuat Bruce bergeming dari pertapaannya.

Seorang pencuri cantik bernama Selina Kyle yang akhirnya membangunkan Bruce dari pertapaannya, setelah ia mencuri sebuah kalung permata dari kediaman Bruce. Dari jejak Selina, Bruce akhirnya diarahkan ke seorang pemimpin teroris sadis bernama Bane yang berniat merebut kekuasaan di Gotham City dengan cara, salah satunya, mengambil alih seluruh aset kekayaan yang dimiliki Bruce melalui perusahaannya, Wayne Enterprises. Untuk mencegah Wayne Enterprises jatuh ke tangan yang salah, Bruce kemudian meminta bantuan salah seorang direktur perusahaannya, Miranda Tate. Namun, Bane telah memiliki rencana lain.

Review :

Sebelum gua review, kasih info penting dulu. Menurut si pacar, film ini menduduki peringkat satu di Box Office dari segi pendapatan. Itu tandanya, kalo film ini sukses berat. Tentu semua berkat Christopher Nolan sebagai sang sutradara. Gua cuma nonton dua filmnya Nolan sebelumnya, yaitu The Dark Knight dan Inception. Entah ya kalo ada film dia yang ternyata uda gua tonton tanpa tau kalo dia sutradaranya. Gua nonton kedua film itu dengan jidat mengkerut. Jadi begitu gua mau nonton si "manusia kampret" ini, gua uda siap-siap ngerutin jidat.

Jalan ceritanya memang masih khas Nolan, yang menekan mental dan psikologis tokoh utamanya. Tapi kalo mau dibandingin sama seri sebelumnya sih, The Dark Knight masih memiliki alur yang lebih rumit dibanding The Dark Knight Rises. Sekuel penutup dari trilogi Batman ini ga terlalu bikin jidat gua mengkerut, setidaknya gua ga terlalu mikir banyak di film ini. Cuma, kayaknya terlalu bertele-tele di awal. Ada beberapa bagian yang menurut gua ga perlu dan ga masuk akal. Rentang waktu 8 tahun itu ga mungkin kan kalo ga ada apa-apa? Pasti ada apa-apanya. Dan gimana caranya polisi yang terkurung hampir sebulan lebih bisa keluar dengan sehat bugar dan langsung bisa berantem?

Untuk karakter villainnya, menurut gua si Bane ini kurang sadis. Jauh sih kalo dibandingin sama Joker. Mungkin beda karakter juga kali ya. Kalo Joker, hanya dengan senyum aja, kesan seremnya uda keluar. Tapi kalo Bane, harus ngoceh panjang lebar dulu baru kesan seremnya dapet, itu juga dikit banget seremnya. Walaupun Bane demen banget ngoceh, setidaknya seimbang dengan kekuatan fisiknya yang memang luar biasa. Karena Bane tampil menggunakan topeng, harusnya dia bisa banyak berekspresi dengan tatapan matanya. Tapi gua sedikit terganggu dengan topengnya. Kalo kata @Adriandhy dia gimana makannya ya? hmmm... #persoalan

Tapi gua lebih terganggu lagi dengan suaranya Batman yang.....tonton sendiri aja deh. Mungkin lehernya kecekek sama kostumnya sendiri. Cuma harus gua akui, Batman cipataan Nolan ini memang luar biasa. Christian Bale memerankan karakter Batman dengan sangat fantastis. Anne Hathaway juga tampil sebagai catwoman dengan sangat menawan dan sexy tentunya. Bahkan, jauh lebih baik dibanding Halle Berry. Apalagi kendaraan yang mereka berdua pake juga keren banget.

Yang gua sebel dari film ini adalah, actionnya dikit banget. Adegan actionnya juga ketolong dengan klimaksnya yang lumayan kerenlah. Gua suka dengan cara bertarung Bane dan Batman yang mengandalkan kekuatan fisik, bukan dengan superpower apapun. Tapi ya, cara si Bane mati tuh ga enak banget. Suer, pas gua nonton ampe ngelongo "matinya gitu doang" Untungnya twist di ending masih cukup menarik untuk dinikmati. Apalagi kalo ngeliat cluenya, kayaknya bakal ada seri terbarunya.

Gua emang masih lebih suka seri sebelumnya, tapi "manusia kampret" ini masih layak untuk ditonton. Walaupun ga sesuai dengan ekspektasi gua, setidaknya gua masih puas nontonnya. Ah, dan film ini ga ada 3Dnya ya, cuma ada IMAXnya doang. Penasaran sih ama IMAX. 

8 comments:

  1. Batman Dark knight rises final ini kan memang inti ceritanya adalah tentang "Pain" jadi memang beda dengan dark knight yang temanya "Chaos"...

    karena ini lebih kearah batman sendiri dan Gotham untuk bertahan dalam iman walau banyak kesakitan atau suffering

    Pastilah film ini tidak akan memiliki banyak actions dan akan lebih kearah drama:)

    ReplyDelete
  2. ah, gitu ya... unsur "pain"nya emang dapet. tapi dramanya juga ngerasa dipaksain. harusnya banyakin aja actionnya hahaha...

    ReplyDelete
  3. Pengen nonton tapi gara2 shooting di Colorado, gw jadi ragu bawa anak2 ke movie theatre

    ReplyDelete
  4. errr... kayaknya ini bukan film yg cocok dikonsumsi ama anak2 deh. terlalu ngejelimet kalo buat anak kecil hehehe...

    ReplyDelete
  5. rentang 8 thn ngga ada kejahatan sdh ada penjelasannya di pidato pengunduran diri komasaris Gordon yg ngasih tau fakta tentang harvey dent yg dipuja2 itu.. (pidato yg dibacain sama si dane, trus si calon robin marah ke komisaris Gordon..itu ad penjelasannya.)

    Polisi yg terkurung trus pas keluar masih segar dan bisa brantem kan udah ada adeganny mrk makan di bawah sana dan si calon robin juga selalu berhubungan dengan mrk & kasih surat utk bikin plan..

    Soal suara si batman, itu bagian dr penyamaran dia, suara itu dihasilkan oleh topengnya.. (harus ntn yg dulu2 baru tau latar dr kostumny).

    ReplyDelete
  6. maksudnya, make sense ga sih kalo selama 8 taon itu ga ada kejahatan apa2? masa ga ada satupun warga gotham yang jahat gitu hahaha...

    walaupun mereka terkurung dlm keadaan makan, tapi terkurung di bawah tanah itu pasti ga enak banget. make sense lagi ga sih kalo tiba2 keluar dlm keadaan segar bugar, at least pasti ada lemes2nya dikit dong...

    dan walaupun suaranya batman merupakan bagian dr penyamaran tapi tetep geli dengernya, ga banget deh hahahaha...

    ReplyDelete
  7. Menurut gw ini seri batman yg paling baik dari yg sebelumnya, karna penuh makna, sang sutradara sangat sukses memancing emosi penonton.

    Dan kalo yg suka jenis film action yg dari awal sampai akhir action terus tanpa ada makna cerita, memang akan sedikit kecewa.

    Jadi menurut gw, film ini the best ending dari trilogi film superhero lainnya yg sejenis.

    ReplyDelete
  8. karena gua penggemar film action, jadi lebih suka seri sebelumnya. action banyak, ceritanya juga penuh makna, dan joker sukses bikin gua merinding. selera beda-beda sih hehehe...

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...