07 August 2012

Sekilas Info

Hari Minggu kemaren gua dan si pacar ke pameran wedding untuk kedua kalinya. Dulu kesana buat liat-liat harganya, jadi kita uda ada bayangan, kira-kira berapa duit yang harus dikeluarin. Kalo kemaren dateng untuk nyari vendor-vendor. Tujuan utama sih nyari vendor venue dan catering, tapi mata jelalatan juga ke vendor photo dan bridal, bahkan honeymoon, hahahaha. Katanya Epi, pameran kemaren ga gitu rame, tapi buat gua yang jarang ke pameran beginian, uda lumayan rame.

Jadi postingan ini sekalian untuk menjawab pertanyaan beberapa orang "kapan married?" atau "kapan nyebar undangan?" hahaha. Yes, tahun depan. Tanggal? Belom dapet, hahaha. Si pacar kan orang Jawa. Biasa kalo orang Jawa banyak itung-itungannya. Tapi kita prefer sih di akhir tahun, jadi lebih punya banyak waktu buat nyiapin ini itu.

Lanjut! Pertimbangan kita nyari vendor venue ada beberapa hal :

1. Yang masuk budget tentunya. Biarpun lewat dari budget, nominalnya ga jauh-jauh amat lah. Jadi, hotel-hotel mahal dicoret dari list. 

2. Bukan daerah macet. Jadi, Kelapa Gading dan Mangga Dua coret dari list. Kita pernah kondangan di daerah Mangga Dua, nyampe sono uda hampir jam 9an saking macetnya. Apalagi kalo ujan, macetnya bisa tambah parah, kasian tamu-tamunya. Kita sih prefer di tengah-tengah, kayak Senen dan sekitarnya. Jadi ke gereja juga deket. Tapi nyokap gua lebih milih ke Sudirman, Gatot Subroto dan sekitarnya.

3. Kapasitas parkirnya banyak. Ini uda ga bisa ditawar lagi. Kita ga mau kalo tamu-tamu uda stress duluan buat nyari parkir. Jadi mall-mall dicoret dari list. Hotel-hotel yang terjangkau juga kayaknya dicoret dari list. Walaupun katanya parkirannya bisa muat mobil banyak, tapi siapa yang bisa jamin kalo pada saat kita married nanti itu hotel ga rame. 

4. Ceilingnya tinggi. Biar ruangannya keliatan luas dan gede.

5. Ruangannya besar dan luas. Dari hasil ngelist undangan, kita bisa ngundang kira-kira 1000 orang. Makanya kita nyari ruangan dengan kapasitas 1200 orang. Biar ga terlalu penuh banget.

6. Direction menuju ke venue kita jelas. Gua pernah kondangan ampe nyasar-nyasar nyari ruangannya. Yang ada begitu nyampe makanan uda pada abis. 

Dari beberapa pertimbangan di atas, muncul beberapa alternatif :

1. Dhanapala. Bokap gua yang ngusulin tempat ini. Tempatnya emang lumayan strategis, di tengah-tengah. Parkirannya juga luas. Ruangannya juga gede dan bisa menampung 1000 orang. Tapi gua kurang sreg sama ruangannya, entah kenapa sebelum didekor atau setelah didekor jatohnya biasa-biasa aja. Venue ini dipertimbangkan sebelum liat pameran. Karena kemaren di pameran banyak vendor-vendor, jadi venue ini dicoret dari list.

2. Mina Bahari. Vendor ini ga ikut pameran sih, cuma direkomendasikan sama salah satu vendor catering. Katanya tempatnya mirip kayak Dhanapala cuma sedikit lebih murah. Tentu kita langsung excited. Letaknya juga masih di daerah Senen. Pas gua cek di internet, gedungnya masih lumayan baru, jadi reviewnya belom banyak.

3. Balai Sudirman. Gua lupa sih pernah kondangan disini atau ga, tapi kalo diliat dari gordennya kayaknya pernah deh. Baca beberapa reviewnya di internet sih tempatnya lumayan.

4. Palma One. Ini juga vendor yang direkomendasikan sama salah satu catering rekanan mereka. Katanya tempatnya lumayan luas dan bagus. Tapi pas gua baca di internet, kayaknya ada review-review yang kurang bagus.

Milih vendor venue ini bikin kita langsung stress, karena harganya gila-gilaan, hahaha. Berikutnya vendor catering. Catering ini penting banget buat kita. Kita harus menghargai tamu-tamu yang uda bersedia meluangkan waktu (dan merelakan uangnya, hahaha) buat kita. Jadi kita mau menyajikan makanan yang enak. Kita juga ga mau kalo tamu-tamu ampe kekurangan makanan. Di pameran kemaren, ke vendor catering jadi hal yang membahagiakan buat gua, karena makan gratis ceu, hahaha. Ini vendor-vendor yang kita datengin kemaren :

1. Bali Indah. Banyak yang bilang kalo Bali Indah ini lumayan enak. Tapi waktu minggu lalu gua kondangan, cateringnya kan Bali Indah, rasanya agak kurang. Pas testfood kemaren, rasanya lumayan sih, tapi si pacar kurang sreg.

2. A Wen. Dari pertama kali nyoba, kita langsung jatuh cinta sama vendor ini. Rasa makanannya pas banget di lidah kita. Apalagi marketing yang namanya Pa Bambang juga helpful banget. Dari semua marketingnya A Wen, si Pa Bambang ini yang customernya paling rame. Pa Bambang juga yang rekomendasiin Mina Bahari. Pa Bambang juga bantuin kita ngitung-ngitungin, kira-kira berapa duit yang harus kita keluarin untuk makanan. Pokoknya kita langsung sreg sama vendor ini.

3. Sandjaja. Vendor ini kayaknya masih satu grup sama Palma One, karena pas kita ke boothnya, marketingnya Sandjaja yang rekomendasiin Palma One. Makanannya sih lumayan, ga beda jauh deh sama A Wen. Marketingnya juga lumayan oke. 

Karena kemaren uda malem banget, jadi kita cuma sempet nyobain ketiga vendor ini. Pas liat-liat di internet, masih ada Christ Iwan dan Yvonne yang katanya enak juga. Atau ada rekomen catering lain ga yang enak juga?

Ada beberapa vendor yang langsung gua coret dari list. Kayak beberapa vendor photo. Ada satu vendor yang pas kita datengin, marketingnya kayak ogah-ogahan ngeladenin kita. Lagi ngobrol sama kita aja dia bisa trima telpon. Ada lagi beberapa vendor photo yang gua kurang puas sama hasilnya. Mereka bilang foto di Bali, tapi Balinya ga keliatan sama sekali, malah lebih mirip di Ancol. Ada juga yang bilang fotonya di Bandung, tapi cuma di rumput-rumput doang. Bandungnya ga keliatan. Nyari rumput mah ga usah jauh-jauh ke Bandung. Kemaren sih gua belom nemu vendor photo yang hasil fotonya bener-bener bagus banget.

Ada lagi nih, vendor Balai Samudra. Itu tempat emang uda kita coret dari list, cuma kita pengen tau kisaran harganya berapa. Marketingnya ngeluarin list harga tahun 2012, tapi pas ditanya, ampe akhir taon hari Sabtu Minggu uda full booked. Jiah! Trus ngapain dia kasih liat kita harga taon ini. Setelah ngobrol-ngobrol, baru dia ngeluarin harga taon 2013. Untung mbanya lumayan bae loh.

Fiuh! Baru ngurusin dua hal aja kayaknya uda pusing yak, hahahaha. 

Postingan ini sekaligus menjawab pertanyaan Dina dulu, hehehe. Jadi....hari Sabtu tgl 14 Juli kemaren, gua resmi dilamar, hahaha. Hebat lu Din, bisa langsung nebak gitu. Acara lamarannya juga ga heboh-heboh banget, cuma antar keluarga aja. Karena keluarga si pacar nun jauh disana, makanya kita mutusin untuk lamaran dulu. Jadi intinya sih gua diiket, biar ga kabur, hahaha. Baru kita mulai persiapin weddingnya. Karena doi uda naik pangkat dari si pacar jadi si tunangan, jadi mulai hari ini gua ganti dengan panggilan kecil gua, yaitu "si ndud" hehehehe.

Butuh diet secepetnya nih *ngesot ke gym*

Tadinya gua mau sok diem-dieman dulu, tapi dipikir-pikir kalo kita lebih terbuka kan bisa dapet masukan dari sana sini, lumayan lah. Dan postingan ini bukan sok-sokan ikut-ikutan orang lain, tapi niat awalnya emang pengen sharing aja. Gua ngerasain banget loh, bacain wedding blog si ini dan si itu, jadi kebantu banget. Tadinya gua juga mau bikin blog baru, kan lagi trend tuh, hahaha. Tapi dipikir-pikir lagi, takut males ngurusinnya. Dijadiin satu ajalah semuanya. 

Sekian postingan panjang dari gua.

NB : Epiiiii... kantor lu kapan ngadain pameran lagi ya? hahahaha.

30 comments:

  1. wahh welcome to the club!! hahaha...
    Btw, Yvonne katering TOP BGT makanannya. Kemaren ini sempet kawinan di Balai Samudra, dan makanannya uenakk kyk makanan hotel. Pas gw tanya sama pengantennya katanya itu pake Yvonne :D

    ReplyDelete
  2. Congrats for ur engagement ya
    Chris iwan enak mel :) kmrn merid buat ransum di gereja, pesennya di Christ iwan. Prasmanannya juga enak, Sodara me beberapa kali suka pake Chris Iwan buat acara kumpul keluarga.. U dah dapet bridal mel? Vendor photo, temen dkv banyak tu yang bs prewed mel hehehehe asal keep it profesional aja :)

    ReplyDelete
  3. @Mel : Yvonne katanya emang lumayan, kemaren ga sempet nyoba, uda keburu cape duluan hahaha. bakal banyak nanya2 nih kayaknya ama dirimu hahahaha.

    @Me : Christ Iwan emang vendor top ya kayaknya, jamin enak. Bridal belom dapet hahaha. Kemaren sempet liat beberapa cuma itu belakanganlah baru diurus.

    ReplyDelete
  4. congrats on your engagement!!! :)

    christ iwan enak tuh... bali indah juga.

    seinget gua, gua cuma pernah sekali kondangan di balai sudirman dan parkirannya juga susah lho kalo pas rame. soalnya disana ada 2 hall kan ya?

    ReplyDelete
  5. thank you ko :) kita belom ada bayangan sama sekali tentang balai sudirman, jadi belom tau apa2. iya, hallnya ada dua, prajurit dan perwira. kita pake yang kapasitasnya muat buat 1000 orang hahaha.

    ReplyDelete
  6. Cicicuitttt hehehehehe... Congratulations, Dear! Jangan jadi bridezilla yah hahahaha. Soal tips nyiapin kawinan, dah sempet baca di salah satu postingan gue kan? Gue nikah kemarin rada2 under the radar persiapannya. Gak gue sebutin sama sekali di blog, sampe udah habis hari H, baru gue bongkar hihihi...

    Btw, BURUAN BOOKING TEMPAT!! Soalnya, pas gue married di November 2011, gue book bulan Agustus 2010, dan itu sudah banyak tanggal yang keisi loh di sekitar tanggal yang gue mau. Begitu elu udah book itu, yang lain tinggal nyusul. Eh iya, setelah itu book make up artist, photographer, dan WO. Sisanya mah bisa nyusul. 3 yg gue sebutin itu yang emang harus terjun langsung ke lapangan soalnya pas hari H, dan ngga bisa digantiin orang lain.

    ReplyDelete
  7. wiiiihh congratz mel!! Ada lagi tar antara november-desember pamerannya :D undangannya banyak juga sampe 1000 mel. gua malah sekitar 400-500 doang, soalnya cm mau undang yg deket2 ajah hehehe.

    ReplyDelete
  8. ooh ada yg abis dilamar toh.. hihihi.. selamaaaaat!!! semoga persiapannya lancar sampai hr H ya.. :D

    ReplyDelete
  9. selamat mel...moga" persiapan + hari H lancar semua.
    gua ga bisa bantu comment karena gua udah lupa waktu gua dulu hehehe...

    u ngundang byk ya... gw dulu cm 350 orang hehehe...

    ReplyDelete
  10. @leony : thx's le :) iya nih, tempat2 yang gua list itu buat taon depan uda ada bbrp tgl yg keisi hahaha.

    @epi : keluarga si pacar tuh keluarga besar. temen2 gereja kita jg banyak hahaha. november ya... thx's ya pi :)

    @ella : makasih say :)

    @thesea : makasih ya :) hahaha... keluarga kita berdua aja uda banyak banget...

    ReplyDelete
  11. Happy for you mel...finally ya!
    btw pake awen recommended banget! dan dia bisa bantu kita itung-itung sesuaiin ama budget kita...plus dari pengalaman wedding gw kemaren, makanan prasmananya si awen berlimpah...sampe gw kelebihan banyak banget buat di bawa pulang ama setiap keluarga besar!....ga ada kata kekurangan makanan...

    ReplyDelete
  12. Congrats ya. Iya tuh gw jadi inget waktu pacar gw ngalungin kalung pas minta gw, nyokap blg nah sejak skrg gw diikat..... kebo kali....

    ReplyDelete
  13. Congrats Mel, semoga lancarrrrrr semuanya sampe hari H entar ya. Mumpung masih ada waktu masih bisa lirik2 vendor juga hehe :)

    ReplyDelete
  14. @martha : thank you tha :) kemaren lu pake a wen ya? makanan lu enak2 semua tha...

    @babybelunga : emang tradisinya gitu ya... biar kita ga kabur hehehe...

    @inge : thank you inge :) kpn ke indo? ketemuan yuk...

    ReplyDelete
  15. iya gw pake awen mel...btw klo mau pake awen ngomong ama gw ya siapa tau gw bisa rayu si bambangnya biar lo dapet harga paket taon 2010... lebih murah mel jadi jatohnya :D
    klo gw pas lamaran ga mau di pakein kalung ama jano...gw special request gelang tangan emas aja... sekaligus hadiah ulang taon :D berhubung lamarannya pas hari ulang taon gw...

    ReplyDelete
  16. congratzzz yah~ akan ada postingan tentang persiapan wedding na donk :)

    ReplyDelete
  17. @martha : hahahaha, harga 2010 kejauhan tha.. gua meridnya kan 2013.. dapet harga 2012 aja uda bagus...

    @pitshu : kayaknya gitu pit, tapi ini blog ga akan berubah jadi wedding blog koq hahaha... thx's ya pit :)

    ReplyDelete
  18. Selamaaaaat.. Semoga persiapan sampai hari H-nya lancar yaa..

    ReplyDelete
  19. COngratsss~~ Ternyata hari lamarannya beda sehari ma gua. haha. gua tgl 15 ny :D

    ReplyDelete
  20. COngratsss~~ Ternyata hari lamarannya beda sehari ma gua. haha. gua tgl 15 ny :D

    ReplyDelete
  21. hahaha, makasih jel. nanti gua jg pasang daisypath ah...

    ReplyDelete
  22. Mel, g masih fresh from the oven banget (btw sori kmaren undangan terbatas jd ga ngundang, dr dkv yg dateng ga byk) Ni g kasi beberapa tips seputar vendor2:

    1. Kasi tips utk menyemangati / mengapresiasi kerja mereka tuh membantu bgt, tp jangan kegedean. goceng - ceban aja cukup, apalagi klo kudu bolak balik (ngepas baju, dll)
    2. Make sure ada update progress dari vendor (misal design panggung, baju, dekor, dll) lewat email dll.
    3. Meskipun dijanjikan semuluk apapun, klo berulang kali ditanya tapi mereka ga jawab scr langsung item diatas putih, berarti itu ga bs dilakukan / ga dikasi.
    4. Harus tau kelengkapan apa aja yang dipersiapkan oleh siapa aja. Sejak awal teken kontrak udh harus jelas tertulis bakal dikasih. Kalo gak bs tambah membengkak perkiraan biayanya, krn g sndiri ngalamin dijanjiin yg muluk2 sm marketing dr vendornya, giliran berjalan, si perusahaan vendor itu tetap ngecharge
    5. SEWA WO! ini penting banget, apalagi klo mo 1200 orang.
    6. 1200 orang berarti venue gede, saran dari MC g wkt itu, minimal kru dokumentasi 8 orang. Klo ga, bs byk moment2 yg ke skip.
    7. Tentuin siapa bestman / bridesmaid, penjaga angpao, dan "petugas2" lain secepetnya. Book dari jauh2 hari, biar mereka bs kosongin jadwal utk itu.

    So far baru segitu sih yg keinget, klo soal vendor tar g bagi tips nya di message FB aja kalo gak. Good luck ye

    ReplyDelete
  23. thank you marvel buat tips2nya :) nanti tak message di fb ya... jarang buka soalnya hehehe...

    ReplyDelete
  24. Sama2 mel :D udh g message tuh, mayan panjang sih hahaha. Semoga bs membantu

    ReplyDelete
  25. mumpung lagi bisa komen nih hehe. mel, tanggal lamaran lo itu sama kaya tanggal jadian gw lohhh wkwkwkwk *info ga penting.

    anw, congrats ya sekali lagi. happy for u both :D

    ReplyDelete
  26. hahaha, thx's de... berarti tgl jadian lu ga beda jauh ama tgl jadian gua dong... hehehe...

    ReplyDelete
  27. Wkwkwkwk. . . Lucu juga liat comment-commentnya. . .=)) Congratz yah Mel, smoga cepet rampung semua persiapannya. . :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. den, perasaan ini postingan setaon yg lalu koq lu baru komen skrg? hahahaha. thank you ya :)

      Delete
  28. Hallo calon penganti, masih bingung cari venue untuk hari special kalian ? Coba intip Graha Elnusa yang sudah memperbaiki gedung menjadi mewah dengan tambahan full karpet + lampu gantung yang amat sangat cantik ..
    His Graha Elnusa All in Package jadi kalian tggl siapkan souvenir + undangan saja yang laiinya sudah di cover oleh kita .
    Aku selaku wedding consultant kalian siap melayani kalian 24 jam jika kalian butuh bantuan dan saran mengenai keperluan di hari special kalian ..
    foto ? kalian bisa langsung follow @his_grahaelnusa untuk update info terbaru dan foto gedung kita yang baru atau hubungi 087881656581 dengan anggun

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.