01 April 2014

Singapore Trip 2014 - Prolog

Hi semua, ga berasa tau-tau uda masuk bulan April aja. Kemana aja Mel kemaren-kemaren? Ga kemana-kemana, cuma abis pulang dari jalan-jalan doang, hahaha.

Ngomongin masalah jalan-jalan, kira-kira bulan Desember kalo ga salah, si suami booking tiket ke Singapore untuk akhir bulan Maret. Gua ya tentu seneng banget dong. Cita-cita gua keluar negeri bareng si suami akhirnya kesampean juga. Permasalahannya, ke Singapore itu tiketnya emang murah, tapi hotel dan kurs mata uangnya mahalnya ampun-ampun dah. Apalagi Singapore sekarang jadi negara dengan biaya hidup termahal. 

Akhirnya demi menghemat uang hotel, gua ajak bokap nyokap, hahaha. Kebetulan pas kita cerita, mereka kayak mupeng pengen ikut. Nah, semua ini kita urus sebelum gua hamil. Kita kan mulai program punya anak itu di bulan Januari, sementara agenda jalan-jalannya di bulan Maret. Kita pikir, bulan Maret masih aman. Ternyata Tuhan ngasihnya cepet banget, hahaha.

Waktu kontrol kedua kali, gua sempet nanya sama dokter. Beliau menyarankan gua untuk tidak terbang. Alasannya karena tekanan udara bikin rahim kita mengecil, takutnya bleeding di Singapore, biayanya malah lebih mahal. Pulang dari kontrol, gua memutuskan untuk cancel acara jalan-jalannya, begitu juga si suami. Jadi yang pergi bokap nyokap doang. 

Sampai seminggu sebelum keberangkatan, ada temen gua yang cerita,

"Sayang banget lu ga jadi ke Singapore. Sebenernya ga masalah sih. Gua aja waktu kandungan umur 7 minggu, terbang ke Hongkong dan ga ada masalah apa-apa."

Dan gua yang gampang kepengaruh ini pun mulai galau, hahaha.

Tanya si suami, dia cuma jawab,

"Terserah kamu. Kalo kamu yakin, kita berangkat. Tapi kalo kami ga yakin, better jangan."

Lucky me punya suami yang ga pernah ngelarang apapun itu. Tapi...gua jadi makin galau, hahaha.

Akhirnya untuk mencoba meyakinkan diri sendiri, gua cari informasi sebanyak-banyaknya di internet. Baca blog orang-orang, baca-baca forum, cari-cari artikel sana sini, pokoknya sebanyak-banyaknya untuk meyakinkan diri sendiri. Rata-rata, semua pada bilang boleh dan ga masalah, asal kandungannya sehat dan kitanya yakin kalo ga akan terjadi apa-apa. Ketambahan lagi nyokap gua elus-elus perut gua untuk pertama kalinya dan bilang "dede, kita jalan-jalan yuk"

Dan gua pun memutuskan untuk berangkat.

Hari H pun tiba. Gua agak deg-degan juga sih, tapi selalu meyakinkan diri sendiri kalo ga akan terjadi apa-apa. Menurut apa yang gua baca, kuncinya kan positive thinking. Plus selama penerbangan duduknya di lorong, banyak jalan, banyak minum, dan banyak pipis. Gua yang biasanya haus-hausan di dalem pesawat, kali ini rela ngeluarin goceng cuma buat beli aqua botol kecil. Agak sakit hati sih, tapi demi si dede gpplah.

Puji Tuhan, semuanya baik-baik aja. Selama penerbangan, perutnya juga baik-baik aja. Apalagi Singapore kan deket, kira-kira 1 jam juga nyampe. Puji Tuhan juga selama di Singapore gua selalu dalam keadaan sehat. Cuma kaki doang sih yang pegel, tapi selain itu, semuanya baik-baik aja. Anehnya ya, selama di sono, mual-mual gua ilang dan napsu makan gua meningkat. Balik Jakarta, mual-mual lagi, hahaha. Entah ini karena faktor makanan disono ga pake MSG, atau euforia jalan-jalan, atau si dede pengertian banget sama mami papinya.

Jadi buat temen-temen yang lagi hamil muda dan lagi mengalami kegalauan seperti yang gua alami, tetaplah positive thinking. Kebetulan kandungan gua sehat-sehat, mual juga ga pake muntah-muntah, pendarahan juga ga pernah. Paling flek doang sekali, itu juga gua ga yakin flek apa bukan karena di tissuenya cuma setitik doang merah-merahnya. Intinya sih, asal kalian yakin, maka semuanya pasti baik-baik aja. Jalan-jalan juga merupakan bagian dari kebutuhan hidup yang bikin kita happy. Kalo maminya happy, babynya juga happy dong, hahaha.

Detail cerita jalan-jalannya menyusul ya. 
 
Calon opa, calon oma, calon mami siap pegi jalan-jalan. Ihiy!

Calon papi akhirnya keluar negeri juga, hihihi.

Untung ada nyokap yang bisa fotoin kita berdua, hahaha.

Bumil ngedeprok.

46 comments:

  1. Eh betuul, biaya hidup di SG mahal amat yaaakk *pingsan* apalagi gegara kurs yang makin cakep jadi berasaa bgt kan mahalnya.
    Syukurlaah baby dan ibunyaa ga kenapa2, sehat2 terus yaa kaliaan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mar, sekarang berasa banget mahalnya hahaha...

      thank you mar :)

      Delete
  2. Mel, puji Tuhan elunya baik-baik aja. Tapi suggestion untuk bawa kandungan jalan-jalan di trimester pertama itu sebenernya kurang recommended. Jadi gak bisa disamakan kondisi setiap orang. Memang seringkali kalau jalan-jalan kita nggak berasa karena happy. Gue dulu jalan-jalan trimester kedua, yg kata semua org aman. Gue di Bali aman, eh balik ke Jakarta malah keracunan asap rokok sampai masuk RS. Hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, kondisi tiap org kan beda2, tapi menurut gua asal si ibu ga pernah ada riwayat bleeding harusnya sih fine2 aja... kayaknya gua pernah baca cerita lu yg itu le hehehehe, untung semua sehat2 aja ya...

      Delete
  3. Hello Mel. Gw kemarin pas hamil 5 minggu juga ke Sgp. Dan selama hamil sampe bulan ke 8 ( 32 Weeks ) Gw bolak balik tuh naik pesawat ke sby ke bali ke jakarta and Thanks God smua baik2 aja.
    Klo menurut gw sih, as long as gak ada bleeding or gak ada history keguguran. And u are happy tanpa negthink yang berkepanjangan, percaya aja bahwa lo and janin lo bakalan sehat2 aja.
    Klo dulu obgyn gw malah bilang bahwa janin justru lebih aman di bawa berangkat ketika dia masih di dalam rahim lho. ketimbang pas umur sebulan dua bulan udah di bawa berangkat. ( baby gw naik pesawat pas usia 50 hari ) karna plasenta ibu kan tebel dan udah di ciptakan Tuhan dengan sangat canggih.
    Be happy aja. hilangkan segala pikiran2 negatif. Percaya bahwa Tuhan yang akan ngejaga lo dan baby lo> :D Happy holiday ya.Sehat2 ya smpe lahiran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lega baca cerita lu rin hehehe...

      menurut apa yg gua baca sih gitu, pokoknya kita positive thinking aja deh... dan emang pas take off, landing, maupun di atas, gua ga berasa ada yg aneh2... pokoknya mikir si dede sehat2 terus deh...

      holidaynya udahan rin hehehe... thank you ya :)

      Delete
  4. Wah, paling seneng kalo baca cerita liburan sekeluarga... selalu jadi motivasi agar bisa segera berkeluarga.... #Tssaaaahhh

    ReplyDelete
  5. Hai Meeeel...
    Asyik sekali yang abis jalan jalaaaan :)

    Bener banget tuh, yang penting mah emang berpikiran postif aja, dan banyak berdoa supaya selalu berda dalam lindungan Nya yaaaah :)

    Moga2 sehat2 terus yah Mel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, pokoknya mikir positive aja deh hehehe...

      thank you kak :)

      Delete
  6. Wah mel, berarti dede nya jg ikutan seneng selama jalan2 disana. Makanya sama sekali ga maul, nafsu makan jg nambah. Hehehe.
    OOT dikit, mukanya dikau mirip bgt sm bokap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dedenya ikutan happy karena maminya happy hahahaha...

      dirimu org kesekian yg bilang kalo gua mirip bokap hahaha...

      Delete
  7. mungkin di jakarta kebanyakan polusi sama macet makanya mual2 hahahha..
    dulu hamil conrad 3 bln juga perut kenceng bgt trus ngeflek jadi kemana2 naik taxi gara2 kaki gak kuat jalan hahaha...

    berarti musti di biasain jalan2 Mel menghirup udara segar biar gak mual2, sebulan sekali gitu gak usah jauh2 ke puncak, bandung atau pantai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi ci hehehehe... untung selama disana aku masih kuat jalan, ya diselingin pake duduk2 sebentar, tapi masih kuat hehehe...

      ini uda planning liburan kali hehehehe...

      Delete
  8. bener banget mel... kalo lagi happy, semua jadi sehat soalnya pikiran lagi seneng... hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko, berarti harus sering2 happy biar jadi sehat hehehehe...

      Delete
  9. Puji tuhan semua lancar yaa mel....happy akhirny jalan2 juga heheheheh
    tp bnrny wlpn ndk direkomen ma dokter, entah knp banyak bumil yg ttp terbang di trimester pertama, cici ku wtk trimester pertama dan kedua tiap minggu pasti terbang keliling ke cabang dan baik2 aja...malah yg ada anakny skrng suka jalan hahahhaha, thinking positif aja pasti akan baik2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ga semua dokter ga merekomen, itu dokternya temen nyokap bilang gpp, malah gua ampe dibuatin surat kalo2 nantinya dipersulit hahahaha...

      Delete
  10. Enaknya pergi bareng bonyok gitu, ada yang motoin kita sama suami, hahahaa..

    Eh eh, mau OOT, lu ikutan Foodie Blogroll ya, Mel? Cerita-cerita dong, ada untungnya nggak sih ikutan grup yang satu itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener bener hahahaha... ada yg fotoin bedua :D

      ga ada untung apa2 kayaknya hahaha...

      Delete
  11. Iya sih beda orang beda kondisi kandungan yah Mel, cuma rasanya kalo trimester awal emang lebih riskan sih sprtinya dibanding trimester kedua klo mo pergi2.

    Syukuryah kondisi lu tetep ok, jadi beneran bisa enjoy :D Dinanti cerita lengkapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, trimester awal emang rentan banget, apalagi ini anak pertama... tapi tetep positive thinking aja deh hehehe...

      Delete
  12. jadi kalo mual2 lagi tinggal ajak suami jalan2 donk ya haha, pasti semua senang kan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan2nya harus keluar negeri mungkin ci, baru ga mual2 hahahaha...

      Delete
  13. wahh congrats ya mel utk kehamilannya ^_^

    istri temen kantor gw ada yg bolak balik naik psawat terus pas kehamilan 7 minggu sampe skrg..tapi baik2 aja.. :)
    smoga sehat terus ya mel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you mei :) dirimu juga lancar2 ya wedding prepnya :D

      Delete
  14. mungkin setiap orang beda2 kali yah mba mel kondisi kehamilannya, makanya dokter memang tidak menyarankan untuk pergi naik pesawat, tapi alhamdulillah mba mel baik2 saja, malahan di dede kayanya menikmati banget sampe si mami ga ada mual sama sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tiap orang kan ga bisa disamain, makanya aku bilang asal semuanya baik2 aja rasanya ga masalah...

      iya nih, si dede ikutan enjoy hahahaha...

      Delete
  15. Kalian beruntung merencanakan dari awal jadi tahu kalo dah hamil dan bisa precautions dari awal pas mau jalan-jalan Mel. Istri gw dulu hami muda (kurang dari 14 minggu) bolak-balik perjalanan dinas karena gak tahu dan baru tahu pas udah 14an minggu.. Untungnya gakpapa istri gw dan sehat selalu sampai melahirkan. Bener banget, kuncinya emang positive thinking! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah kayaknya better pas belom ketauan, jadi ga perlu was2 dan stress hehehe... tapi kalo uda tau juga better sih, bisa mencegah hal2 yg tidak diinginkan... ada plus minusnya ya...

      Delete
  16. Untung deh ya si Dede bisa diajak kerja sama :D
    Emberr mahal bgt. Pas gua hanimun abis cuma buat MRT dan makan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jel, untung si dede pengertian banget ama mami papinya hihihi...

      duit gua juga abis buat MRT, makan, dan oleh2 hahahaha...

      Delete
  17. Hihihihi.. asik yah Mell.. Iya, intinya musti positive thinking yah :) Thank God semuanya baik2 yah Mel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pi, inti dari hidup sehat itu kan positive thinking hehehehe...

      Delete
  18. Mel, persis banget ma gw... gw pas 8 week ke Sgp sama temen2 (bukan sama suami), mual n eneg ilang blas... emang sih gw bykin duduk dibanding temen2 gw (misalnya kalo di MRT, gw yg dicariin tempat duduk duluan gitu), tapi so far aktivitas lancar. Balik jakarta, enegnya balik lagi ahahhaha. Mkgn emang faktor udara ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, bisa samaan gitu... ternyata bukan cuma gua aja hahahaha...

      bisa jadi faktor udara ya, disana kan nyaris ga ada polusi... tapi bisa jadi karena faktor jalan2, lupa semuanya hahaha...

      Delete
  19. Gue hamil 7mg ke SG juga bareng keluarga gue minus Diaz. Jalan sana sini sampe kaki gempor. Yang penting selama kandungannya sehat sih nggak papa naik pesawat, cuma memang kadang ada beberapa OBGYN yang suka nakut-nakutin. Temen gue juga ada tuh dateng ke 1 OBGYN pas trimester pertama, bilang mau ke US, boleh nggak? Sama OBGYN-nya ditakut-takutin gitu. Pindah ke OBGYN lain, malah disuruh pergi mumpung masih bisa pergi berdua tanpa kerempongan peralatan baby. Jadi pergilah Mel, selagi bisa pergi berduaan. Ntar baby udah lahir, kalo pergi-pergi kayak orang pindahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. OBGYN gua ga nakut2in gimana sih, cuma beliau tidak menyarankan... mungkin kuatir bleeding kali ya...

      gua akan ingat2 pesannya "pergilah selagi bisa pergi berduaan" hahahaha... abis ini uda ngerencanain trip pulang kampung lagi hahaha...

      Delete
  20. Bener banget mel, tiket boleh murah kesana... Biaya idup n dll nya yang mahal benerr... Di tunggu kisah jalan"nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul! uda jadi negara termahal tuh singapore... dulu waktu kursnya 7rb aja uda berasa mahal, apalagi sekarang uda 9rb... padahal harga2 ga ada yg berubah hahahaha...

      Delete
  21. wkwkwkwkwkwk kayanya si baby seneng jalan2 deh mel,, brarti kalo u mual2 mungkin baby minta diajak travelling :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya me, si dede ikut seneng bisa jalan2 hahahaha...

      Delete
  22. Untung ya ikutin insting sendiri, hehehe.... jadi bisa refreshing sebelum nanti babynya lahir.

    menurut gw juga ga apa kok, asal memang ga ada keluhan kandungannya.
    Dulu gw juga lagi hamil wkt naik pesawat, n cukup lama juga perjalanannya, tapi Puji Tuhan ya baik2 juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, lumayan bisa refreshing sejenak... hehehe...

      Delete
  23. apalagi kalo jalan2nya pake belanja tanpa batas ya mel hehe

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.