14 May 2014

16 Minggu

Hore! Akhirnya si dede memasuki usia 16 minggu. Selamat tinggal trimester pertama. Di bulan keempat ini, napsu makan mulai meningkat. Saking meningkatnya, berat gua ampe naik 3 kg. Duh! Padahal ini baru bulan keempat, masih ada 5 bulan lagi cuy. Harus mulai mengontrol makanan nih. Ya gimana dong, abisnya tiap berapa jam sekali suka laper. Dokternya sih bilang, kalo laper ga usah diturutin. Makan buah sama minum yang banyak aja. Ya gua kan takut kalo gua laper, si dede juga laper, tapi si dokter bilang itu mah kemauan emaknya, hahaha.

Mualnya gimana? Uda mulai ilang. Ya paling nongol kalo abis minum susu doang sih. Susu apapun. Mau susu kacang, susu coklat, susu ultra, susu ibu hamil, semuanya bikin mual. Tapi tetep gua paksa-paksa buat minum, cuma akhirnya minum susu biasa. Itu susu ibu hamilnya teronggok begitu aja, hahaha. 

Ga cuma susu, ikan ama ayam pun masih eneg makannya. Tapi tetep gua paksa makan. Menurut beberapa tante-tante, makan ga usah pantang-pantang, nanti anaknya susah makan. Jadi ya gua ikutin. Ikan biarpun cium baunya aja uda bikin ga napsu, tetep gua makan. Ayam juga, biarpun entah kenapa jadi ga suka, tetep gua makan. Bahkan pepaya pun tetep gua makan.

Kondisi fisik yang cepet cape juga berangsur-angsur mulai ilang. Ngantuk mulu sih masih, tapi gua mulai sedikit bersemangat buat masuk dapur. Jalan kaki dari rumah ampe depan gang uda ga ngos-ngosan lagi. Perutnya juga uda mulai keliatan melendung, apalagi kalo pake kaos yang ngepas di badan. Saking melendungnya, gua ampe ketakutan si dede kegedean di perut, hahaha. Gua pengennya, berat si dede normal-normal aja, jangan ampe kegedean, takutnya nanti ngeluarinnya susah, hahaha. Tapi pas kemaren dicek, beratnya masih dalam batas normal. Pas kemaren diliat, perkembangannya juga bagus. Jari tangannya uda mulai keliatan. Mau nangis deh liatnya, hehehe.

Kenapa gua sempet parno si dede kegedean? Karena belakangan gua mulai suka minum air es. Serius deh, cuaca Jakarta kalo siang itu panasnya ampun-ampun. Apalagi gua suka keluar siang bolong di tengah teriknya sinar matahari. Saking ga tahan ama panasnya, gua minum air dingin juga. Sebenernya dari awal sempet ditahan-tahan, karena banyak yang bilang air dingin bikin baby gede. Tapi kalo kalian ngerasain juga panasnya hawa di Jakarta, pasti kalian setuju deh kalo air dingin itu nikmat banget, hahaha. Untungnya, si dokter mematahkan mitos tersebut. Katanya air es mah gpp, ga bikin gede. Yang bikin gede tuh sirop, es krim, dan minuman yang manis-manis. Sip deh dok. Gua bisa minum air dingin dengan tenang, hahaha.

Dan karena kalo pake baju yang agak ngepas perut gua uda keliatan melendung, semakin banyak orang-orang yang suka megang-megang perut gua. Masalah megang-megang perut ini, sebenernya pas awal-awal gua agak kagok. Apalagi waktu perut gua masih rata sama lemak, uda ada yang megang-megang koq rasanya aneh aja. Sampe kadang gua reflek mundur dikit. Apalagi kadang yang megang itu tante-tante yang bahkan namanya pun gua ga tau, hahaha. Sebenernya gpp sih, cuma gua belom begitu terbiasa dengan orang asing yang megang-megang perut gua. Sekarang sih uda mulai membiasakan diri. Anggap aja mereka sayang ama si dede juga. Dan ini berarti, anak gua nanti bakal siap-siap dioper sana sini, hahaha. 

Kira-kira beberapa minggu lalu, perut sebelah kanan gua ngerasa kayak geli gitu. Gelinya tuh kayak lagi naik kora-kora, cuma ga sedahsyat itu. Geli-geli kecil. Gua pikir kenapa ya. Tanya-tanya temen, itu tandanya si dede lagi nendang-nendang. Seneng deh rasanya. Sekarang tiap kali kita ajak ngobrol, perut gua suka geli sendiri. Apalagi kalo bapaknya yang ajak ngobrol, dari yang ga berasa apa-apa, bisa tiba-tiba geli gitu, hahaha. Anak bapaknya nih. 

Ngomong-ngomong soal bapaknya, gua suka baca-baca kalo para suami pada umumnya suka awkward kalo disuruh ajak ngobrol anaknya di perut. Tapi untungnya si suami tidak demikian. Dari awal kita tahu kalo gua hamil, dia uda suka megang-megang perut gua dan ajak ngobrol si dede. Ga ada situasi canggung sama sekali. Ga cuma itu, dia bahkan membebaskan gua untuk makan apa aja, hahaha. Mau makan indomie pun gpp asal masih dalam batas wajar. Dan gua cukup tau diri untuk ga makan indomie sering-sering. Selama hamil paling cuma dua tiga kali, itu juga bumbunya ga berani disemuain.

Lalu ngidam gimana? Puji Tuhan ampe hari ini ga pernah ngidam yang aneh-aneh atau yang mahal-mahal. Malah ngidamnya makanan Indonesia yang murah meriah gitu. Seperti...

Ketoprak.

Baso.

Soto lamongan.

Dan soto mie.

Tapi gua makan ini ga sering-sering koq. Sesekali doang. Anggap aja reward karena gua berhasil menelan susu, ikan, ayam, pepaya dengan baik, hahaha. 

Karena gua berniat dan bertekad untuk melahirkan normal, banyak tante-tante yang bilang harus banyak jalan dan ngepel pake tangan. Kalo masalah jalan, kayaknya gua berasa gua uda cukup banyak jalan......di mol! Hahaha. Apalagi di CP tuh, kalo mau ke WC kan jalannya jauh bener. Cuma ngepel aja yang belom. Harus mengumpulkan niat dulu, hahaha. 

Gua ga sabar nunggu kunjungan ke dokter di bulan berikutnya. Ga sabar buat tau jenis kelaminnya. Kalo uda tau gendernya kan enak. Bukan, bukan karena masalah pencarian nama. Percaya ga, kita uda nyiapin nama buat cewe dan cowo bahkan dari sebelum gua hamil, hahaha. Kalo uda ketauan cewe apa cowo, manggilnya kan jadi enak. Kalo ngobrol bisa manggil nama langsung, hehehe.

Sehat-sehat terus ya dede. 5 bulan lagi kita ketemu deh. 

40 comments:

  1. Dulu gue pas hamil juga malah suka minum air dingin. Karena kalo air biasa malah mual. Madeline lahirnya normal-normal aja kok, 3kg. Yang bikin bayi gede kan kalo kebanyakan ice cream, yang manis-manis. Makanya kalo bayi berat badannya kurang kan emaknya disuruh makan ice cream.

    Gue nggak pernah ngepel sih pas hamil, dan emang susah lahiran Madeline hahaha... Tapi pas itu gue juga kurang jalan sih, abisnya masih ngantor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua ga ngerti sih kemaren2 hahahaha, kalo yg manis2 emang dikasih tau, tapi ada juga yg bilang air es itu ngaruh... untung dokter bilang itu mitos, gua percaya dokter ajalah hahaha...

      rata2 pada bilang banyak jalan ama sering2 ngepel... moga2 nanti gua lahiran ga susah deh hehehehe...

      Delete
  2. makanan-makanan idamannya bikin ngiler Mel. Mihihihi. Dulu Bul juga takut tuh minum air es, sampe akhirnya dikasih tahu juga ama dokternya. Yang penting gak kebanyakan gula. Kalo mau yang manis-manis makan buah aja. :D
    Semoga sehat selalu ya Mel.
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, rata2 ibu2 pada takut minum air es.. sebenernya mitos air es bikin ndud itu uda ada dari sebelum aku hamil, tapi ya masih diperdebatkan hehehe...

      Delete
  3. cepetnya si dede udah 4 bulan sekarang, sehat2 ya dede, mudah2an proses lahiran nya lancar. hihihi. untung mual2 nya berangsur2 ilang ya mel.

    Wah, kl ngepel, itu PR bgt. Tapi ngepel yg dimaksud sm tante2 mu itu yg pake rojokan pel kan? Bukan yg mesti ngepel sambil jongkok? maklum, masih awam. wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, buat aku....napsu makan kembali itu merupakan sesuatu yg membahagiakan hahahaha...

      ngepelnya yg sambil jongkok2 ala inem pelayan sexy gitu... biar lancar lahirannya....

      Delete
  4. Ngepel sama banyak jalan mah ntar mel kalo udah 9 bulan. Kalo skrg mah santai ajaaa, leha leha dulu hehehe. Gw seminggu sblm brojolan emang byk jln sih dr rmh ke pasar pp 40 menit. Lahiran gue sukses mayan lancar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan dr sekarang ya? berarti gua bisa nyantai2 dulu deh hehehehe...

      Delete
  5. wahhh sebulan lagi tau jenis kelaminnya yah ikutan excited hihihi
    ngepelnya harus nungging kan baru sah, bukan ngepel pake tongkat...
    waktu itu clarissa sungsang trus sama dok suruh nungging sengsara bgt sampe sakit bgt abia nungging bayinya gak muter juga terpaksa SC, giliran Conrad antara mau lahiran normal tapi dia subgsang juga cape deh.... ogah nungging lagi dah, jalan bawa badan aja sakitnya minta ampun nih keluar anaknya gak bisa diem energi berlebihan hahaha ketara yah dr perut juga lbh aktif jauhhhhh dibanding clarissa

    mudah2an nafsu makan membaik tapi berat tetep terkontrol yah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, ngepelnya yg nungging2 ala inem pelayan sexy gitu... bukan pake tongkat... mudah2an si dede ga sungsang deh... sekarang sungsang kan kudu dioperasi ya... kalo mamiku dulu ngelahirin aku juga sungsang tapi normal hahahaha...

      Delete
  6. Wah gile bener Mel naik 3 kg in 4 weeks ya? Dipelan2in napsu makannya hehe. Soalnya nanti pas ke belakang naiknya bisa makin kenceng... kayak roket krn napsu makan naik. Jd kl bisa sih sampe 2nd trimester 1 kg aja per bulan. Gue naik 15 kg ternyata anak ga sampe 2.8 kg. Emang bener yg laper tuh kitanya, bukan anaknya hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener yang leony bilang...

      pengalaman kita nih:
      pas hamil andrew, esther naik 17 kg, andrew nya lahir 2.85 kg.
      pas hamil emma, naik cuma 5 atau 7 kg gitu (lupa gua sekarang, pokoknya less than 10 kg), emma nya lahir 3.15 kg.

      Delete
    2. anggap itu 3 kg itu tabungan dari minggu pertama hehehehe...

      Delete
    3. berarti semakin gede berat ibu, kemungkinan anaknya juga gede kecil ya... tapi semakin kecil berat ibu, kemungkinan anaknya bisa gede... makanannya lari ke anak semua berarti...

      Delete
    4. Iya Mel... dulu aku juga kan naik 20 kg, eh Jo cuma 2kg pas lahir.. hiks hiks

      Delete
    5. masa sih be kamu naik 20kg? ga keliatan loh hehehe... mudah2an aku naik ga banyak2 deh...

      Delete
  7. iya yang bikin bayi gede itu bukan es (dingin) tapi karena gula (manis).

    moga2 sehat2 terus ya mel....

    ReplyDelete
  8. turut seneng ci babynya baik2 aja..
    semoga sukses yah lahiran normal dan bisa ASIX juga :)
    ikut penasaran nunggu pengumuman gender dan nama babynya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiiinnn... aku pun penasaran ama gendernya hehehehe...

      Delete
  9. Wah akhirnya trimester pertama terlewati yah Mel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeah! akhirnya hehehehe... uda ga sabar pengen cepet2 ngelewatin trimester kedua juga hahaha..

      Delete
  10. halo jd tertarik pengen ikutan komen, bener tuh yg dibilang temennya diatas, kata dokter saya jg air es gpp, yg bikin besar sebenarnya yg manis², saya 2x hamil, anak ke 2 hampir 3,8kg, sempat kena diabetes gestational jg, gara² ngidamnya yg serba maniis,..smoga lancar sampai lahiran ya, lam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow... 3,8kg itu lahirnya normal apa sesar? aku rada ngerem sih ama yg manis2, tapi kadang ga tahan juga heheheeh...

      Delete
  11. ngepel itu kayanya nanti deh kalo uda deket2 hari lahiran hehehe. kalo sekarang mah nyantai2 dulu hihihi.
    Itu foto soto lamongannya bikin mupeng bener deh. Mudah2an lancar smua ya sampe hari H :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaya? berarti sekarang santai2 dulu deh hehehehe...

      Delete
  12. Ihiyyy.. cepet yah melll.. wah asik deh kalo aer es kaga bisa bikin baby gede. soalnya gua gak bisa minum kalo gak dingin. harus. Malah kurang suka minum yang manis2. lebih suka aer putih ato kaga es teh tawar. hehehe.. :D Kalo minum manis2 malah tambah aus. hehehe.. :D

    Lancar2 yah melll..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pi, air es mah gpp... kalo pake sirup itu yg ga boleh hehehehe... iya sih, kalo minum yg manis malah tambah aus ya, tapi tetep aja seneng minum yg manis2 kalo lagi aus hahaha...

      Delete
  13. Iyah panas banget Jakartah..... Panasnya pake banget,,,,, lembab... -.-
    gw jga ud memikirkan nama nih,,, ce ileh,, padahal merit aja belum.. wkwkwkwk... Sehat" selalu yah mami dan dedenya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kan, panasnya keterlaluan banget... gpp, gua ama suami malah uda ngomongin tentang pola asuh anak dari kita pacaran hahahaha...

      Delete
  14. Whoaaa...
    Dedek nya udah mulai gerak gerak yaaaah...
    Aku paling suka sama momen itu lho Meeeel...
    Momen berharga banget selama kehamilan lah...

    Trimester kedua ini sebenernya masa kehamilan yang paling nyaman lho Meeel, karena mual2 udah menghilang, dan berat badan belum terlalu gede banget kayak trimester ketiga nanti,..

    jadi dinikmati yah Meeeel :)

    Aku turut mendoakan semoga dirimuh dan dedek nya sehat sehat terus yaaaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom berasa gerak gimana sih kak, cuma kadang suka berasa geli2 gitu hehehe... aku juga nikmatin kalo perutnya lagi geli2, seneng aja rasanya...

      iya, aku mulai ngerasain di trimester kedua ini... cepet capenya mulai ilang karena mual2 juga uda ilang... lebih enjoy sih hehehe...

      thank you kak :)

      Delete
  15. semua bumil sama aja yah, yang di tunggu2 jadwal ke dr. biar isa liat si dd :)
    klo g waktu itu sih, udah nyari 2 nama, tapi karena awal hamil ciri2nya cowo... jadi cowo duluan yang di cari, klo printilan standard biru aja, jadi klo nti anak ke-2 na cewe masih bisa di pakai juga ^^
    sehat slalu yah ^^ photo bumil na mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah... kunjungan ke dokter itu selalu gua nantikan, kayak ga sabar pengen ketemu hehehehe... gua ga jelas ciri2nya apa, kalo dari males ama bentuk perutnya pada bilang cewe, tapi muka jerawatan parah...pada bilang cowo hahahaha.. feeling sih cewe...

      poto bumilnya nanti deh... kalo uda siap lahir batin hahaha...

      Delete
  16. Can't wait ya Mel, mudah2an sehat selalu... Tp enak deh km ngidam dan semuanya ada, untungnya anakku gak ngerepotin emak bapaknya, gak pake acara ngidam, tp ya gt masih susah banget makan :( sampai hari ini BB dr awal kehamilan sama loh, gara2 pas diawal trisemester turun kan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya ngidamnya yg gampang2 cha hehehehe... masa masih susah makan? aku aja uda rakus ga karuan hahaha... dicoba makan cha, biar babynya dapet gizi... sehat2 terus ya...

      Delete
  17. Mel kamu sehat2 yaa.. Ahh lucu banget sih bayangin ada yg gerak2 di perut. Gw dari dulu seneng bgt deh liat orang hamil gitu apalagi kl perutnya udah gede. Kl kenal minta ijin buat ngelus2 perutnya. Senengg megangnya perutnya besar dan kenceng gitu terus ada dedek di dalemnya. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh koq mar kalo mau pegang perut hehehe.. skrg aku uda mulai terbiasa dipegang2 perutnya hehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...