13 June 2014

The Power Of Mie Goreng

Kemaren ada hal langka yang amat sangat jarang terjadi, makanya perlu diabadikan di blog, hahaha.

I'm not a morning person. Serius deh, disuruh bangun pagi itu susahnya minta ampun. Waktu jaman masih single dulu, kalo harus bangun pagi, alarmnya pasti gua setel 30 menit sebelumnya, hahaha. Begitu bunyi biasanya gua postponed terus ampe setengah jam kemudian. Sekarang, tiap pagi mesti dibangunin ama si suami, hahaha. Untung si suami bukan tipe yang bangun pagi harus sedia sarapan dan kopi. Tapi sebagai istri yang baik, gua suka bawain bekal buat dia makan siang di kantor. Jadi abis dibangunin suami, gua langsung masuk dapur.

Waktu awal-awal hamil kan gua uda kayak musuhan ama dapur. Ga cuma itu, gua juga ngantuk terus dan pengen molor melulu. Makanya waktu si suami bangunin, gua cuma melek doang, trus meluk guling lagi sambil ngimpiin Kim Soo Hyun. Pokoknya bawaannya males banget deh mau ngapa-ngapain. Nulis blog juga jarang-jarang kan, hahaha. 

Untungnya begitu memasuki bulan keempat, tingkat kemalasan gua mulai berkurang. Frekuensi kunjungan ke dapur mulai meningkat. Tapi....bangun paginya itu masih susah, hahaha. Ya itu mah ga usah hamil juga gua susah bangun pagi kali ya. Ketambahan lagi, si suami kayak uda males bangunin gua, jadi dia membiarkan gua tidur. Sebelum dia berangkat kerja baru gua dibangunin. 

Tiba-tiba, keajaiban pun terjadi, hahaha. Inget kan, di postingan sebelumnya, gua bikin mie goreng pake indomie? Karena penasaran, maka pas hari Rabu kemaren, gua mampir ke supermarket buat beli mie telor, sekalian beli telornya juga. Tapi ga langsung gua masak, soalnya si suami kan ada rapat di gereja, jadi ga makan di rumah. Pikir pagi-pagi aja masaknya, sekalian buat si suami bawa ke kantor. Karena gua pengen banget makan mie goreng, malemnya gua pasang alarm jam 5.15 pagi buat besoknya masak mie goreng. Waktu itu sih ga ada pikiran apa-apa, yang gua pikirin cuma mie goreng doang, hahaha.

Entah gua salah makan ato gimana, tau-tau begitu alarm bunyi jam 5, gua langsung bangun dong, hahaha. Begitu bangun, gua langsung ngacir ke dapur buat masak-masak. Ga berapa lama kemudian, si suami masuk dapur lalu bengong ngeliat gua, hahaha. Dia ampe pegang jidat gua, takut-takut kalo gua sakit ato apa, hahaha.

Abis mikirnya, gua kan ngupas bawang aja masih butuh waktu lama. Apalagi mie goreng ini masakan yang gua bikin tanpa browsing-browsing resep, jadinya harus sedia waktu minimal 1 jam, hahaha.

Mau liat penampakan mienya? 

Taraaaaa...!!

Mau resepnya ga? hehehe. Berhubung gua ga jago-jago amat bikin resep, jadi seadanya aja ya, hahaha.

Bahan-bahannya :
  • Mie telor 1 bungkus.
  • Telor 2 biji.
  • Sosis, baso, dan daging ayam secukupnya ---> silakan definisikan sendiri arti secukupnya, hahaha.
  • Sayur mayur ---> harusnya pake sawi, kol, ama toge ya, tapi di kulkas adanya kailan, ya gua pake kailan aja, hahaha.
  • Bawang merah, bawang putih ---> ini gua pake masing-masing 2 biji.
  • Kemiri 2 biji.
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Garem dan lada secukupnya.

Cara membuat :
  1. Rebus mienya. Mienya ga usah ampe lembek banget, asal rebus aja ampe berbentuk mie. Abis itu angkat, tiriskan, dan kasih minyak dikit biar ga lengket.
  2. Rebus ayam, lalu disuir-suir.
  3. Campur bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe rawit, dan lada. Harusnya sih diulek ya, tapi berhubung gua ga jago dalam dunia ulek-mengulek, makanya gua blender. Blendernya juga ga ampe halus banget, asal ancur aja semuanya.
  4. Panasin minyak, buat orak arik telor, lalu disisihkan dulu.
  5. Tumis campuran bawang merah dkk ampe harum. Lalu masukin orak-arik telor, kemudian ayam, baso, sosis, lalu aduk-aduk. Abis itu masukin sayur, lalu aduk-aduk lagi. Terakhir baru masukin mienya, dan aduk-aduk lagi. Kasih kecap manis dan garem sesuai selera.
  6. Siap disantap.
Rasanya? Enak dong, hahaha. Emang ga segurih abang-abang punya, tapi tetep memuaskan rasa penasaran gua akan mie goreng. Lebih enak lagi kalo makannya pake kerupuk plus acar dan cabe rawit, hahaha.

Karena dipuji-puji ama si suami, tadi pagi pun gua bangun jam 5 pagi lagi buat masak-masak, hahaha. Ga tau nih lagi kenapa, tiba-tiba jadi rajin gini. Terus tadi pagi masak apa?

Terong Balado.

Ternyata gampang loh bikinnya. Gua share resepnya ya.

Bahan-bahan :
  • Terong.
  • Bawang merah dan bawang putih ---> ini gua pake masing-masing 3 biji.
  • Tomat 1 biji.
  • Cabe merah keriting ---> di resep aslinya sih 10 biji, tapi stok cabe gua ga ada segitu. Jadi tadi pake 5 atau 6 plus campur cabe merah yang kecil-kecil 4 biji. 
  • Gula, garem, lada secukupnya.

Cara membuat :
  1. Potong-potong terong, lalu goreng ampe mateng. Sebelum digoreng, rendem dulu di air. Kata si suami sih biar warnanya ga berubah.
  2. Campur bawang merah, bawang putih, tomat, dan cabe. Ini juga sama, kalo mau mantep sih diulek, tapi sekali lagi biar ga merepotkan, gua blender aja semuanya. Abis diblender, kasih gula, garem, lada.
  3. Tumis bumbu-bumbunya ampe harum, lalu masukin terong. 
  4. Siap disantap.
Gampang kan? Pas gua coba, pedes banget bo, hahaha. Kebanyakan cabe nih. Makanya langsung kasih gula lagi, jadinya pedes manis deh. Tapi tetep enak koq, hahaha.

Selain terong, gua juga bikin ini...

Perkedel Tahu.

Yang ini resepnya silakan digoogling ya. Uda males nulisnya, hahaha. Tapi bikinnya juga gampang koq. 

Mudah-mudahan sih acara bangun pagi ini berlanjut terus. Itung-itung latian kalo nanti si dede uda sekolah, kan kudu bangun pagi buat siapin sarapannya dia.

32 comments:

  1. Wah, jadii rajin masuk dapurr yah mel, makin di sayang suami dhe klo rajin" masak.. Hihihi... Nanti berbagi resep masakan yah di mari.. yang gampang tapi enak.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu uda dibagi jur, yg gampang tapi enak hahahaha...

      Delete
    2. I love your recipes, meski banyak pake takaran kira2 (dan aku masih ga bisaaaa ngira2, hihihi).

      eh pake saos tirem deh supaya makin enak. ada kok saos tirem yg non msg dan preservatives. merk ayam apa ya? warna biru tutupnya.

      Delete
    3. aku juga belajar kira2 gara2 nyokap kalo masak juga pake ukuran kira2 hehehe...

      aku juga ada saos tirem... yg aku pelajarin, makanan apapun yg dimasak pake saos tiram, pasti enak hahahaha...

      Delete
  2. wahhh mantap mel hahah, tertarik ma mie gorengnya harus coba nih gw secara kmrn pas pengen bikin mie goreng kok malah jadi mie kuah haizzz hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah koq bisa jadi mie kuah mir? gpplah, anggap aja dari awal emang mau bikin mie kuah hahaha...

      Delete
  3. gw juga males mainan uleg.. masukin blender ajaaa hahhaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. *toss dulu cici* emang ulekan itu bikin idup susah ya hahahaha...

      Delete
  4. Menggoda sekali Mel, apalagi mie nya :9
    Rajin2 masak Mel, biar makin disayang suami :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah rajin masak juga suami sayang hahahaha... cuma dia makin makmur aja kalo dimasakin tiap hari hehehe...

      Delete
  5. Sekarang jd ada alesan buat sering2 bangun pagi ya mel? Hehehe.
    Mie nya keliatan enak, cara masak nya jg simple lg. Kapan2 coba belajar masak deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an sih selalu ada alesan buat bangun pagi hahaha...

      Delete
  6. Hahaha gilaa Mel bangun jam 5 masaakkk. Bisa bangun aja gw udah syukur apalagi kl masaaakk.. Gw jg bukan tipe morning person gitu. Seruu ya tapi kl pas lagi kepengen masak tuh puas rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga tau gua juga mar lagi kenapa ampe bisa serajin ini hahaha... dulu sebelum married juga, bisa bangun pagi aja uda bagus hahaha... abis married, prioritasnya berubah...

      Delete
  7. Hallo Mel, salam kenal. Gua juga bukan morning person, tapi gara2 body clock, jadi mau ga mau bangun deh. Untungnya suami dapet makan di kantor, jadi gua cuma perlu kasih sarapan doank, padahal sarapan juga di mobil, hihihihi. Wah, beneran nih, gara2 mie goreng langsung bangun begitu. Memang...mie instant itu enak yah, jadi ngiler....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, salam kenal juga...

      enak ya kalo suami dapet makanan di kantor, sarapan mah roti juga cukup hahahaha... emaaangg... mie instant itu makanan paling enak deh hahaha...

      Delete
  8. semoga abis ini selalu rajin bangun pagi dan masak2 ya... hehehe

    ReplyDelete
  9. Kalo anak udah sekolah, mogamo bangun pagi Mel...hehehe....

    ReplyDelete
  10. Mel, dulu aku suka deh nyobain resep2 kamu. gampang soalnya tapiii sekarang gak sempet lagi huhu. padahal kan pengen yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. uda kerja sih ya non... ini juga aku disempet2in hahaha... kalo ga mah males banget...

      Delete
  11. kalo beli tahu putih 1 biji biasanya bisa dibikin 2 resep buat menu Alden, salah satunya ya perkedel tahu, enak dan gampang buatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci... bikinnya gampang dan enak hehehe...

      Delete
  12. tiba2 kok jadi pengen makan indomie goreng telor, padahal udah menjauhi indomie hahahhaha

    terongnya keliatan menggirukan yah, padahal gak doyan makan terong hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin indomie goreng telor sendiri aja ci, lebih sehat hehehehe...

      aku juga aslinya ga doyan terong... doyan asal makannya pake nasi hahaha... kalo gado gitu doang ga doyan...

      Delete
  13. Gue kalo bangun pagi-pagi buat masak kalo misalnya hari itu ada kegiatan di luar dari pagi. Tapi kayaknya ntar kalo Madeline udah mulai sekolah gue kudu bangun jam 1/2 5 deh buat nyiap-nyiapin perintilannya bocah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua kayaknya juga jel hahahaha... tapi bisa diakalin sih, siapin dari malem... kayak nasi...gua suka masak dari malem, angetin aja ampe pagi... jadi pagi urusan nasi uda beres hehehehe...

      Delete
  14. Bawaaan bayi jadi suka masaaaak ^_^

    ReplyDelete
  15. Meeeel...
    rajin banget sih lagi hamil begitu masuk dapur segalaaaa :)
    Pasti tambah disayang suami dueh...hihihi...

    Itu terong balado nya kayaknya asyik banget Meeel :)
    Mauuuuuu...hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ga tau nih kak, jadi rajin gini hahahaha... yg pasti suami makin makmur hahahaha...

      doyan terong kak? cobain aja, ga susah koq... paling susah bikin bumbunya doang... blender aja biar beres hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...