30 June 2014

Upik Abu Belajar Masak Baked Potato

Ini masih belom bosen kan ngomongin masak-masakan? Hahaha. Abis belakangan ini ga ada cerita apa-apa sih selain gua jadi rajin menyambangi dapur. Mau review restoran, uda jarang makan di restoran yang aneh-aneh. Mau review drama Korea, uda jarang nonton juga. Dulu kan bisa nonton ampe begadang-begadang, sekarang mah boro-boro, jam 11 aja mata uda 5 watt, hahaha. Jadi ya mau ga mau ceritain tentang acara masak memasak deh, hihihi.

Ngomong-ngomong soal masak, orang-orang yang kenal gua secara pribadi pasti ga akan nyangka kalo sekarang gua bisa masak. Ya, walaupun tahapannya masih yang gampang-gampang, tapi tetep aja ada beberapa orang yang terkaget-kaget. Padahal dibilang tuntutan jadi istri ya ga juga. Si suami itu tipe suami yang ga rewel. Dia mah dikasih nasi ama cabe rawit aja juga diem, hahaha. Dia juga ga pernah menuntut gua untuk harus bisa masak, ya secara dia sendiri juga bisa masak. Dibilang biar hemat juga ga sih. Kadang-kadang masak sendiri itu costnya lebih gede. 

Kalo dulu, mungkin lebih ke sekedar hobi iseng-iseng aja kali ya. Apalagi gua lebih enjoy kalo masak di dapur itu sendirian, tanpa dibantuin siapapun. Kalo kayak nyokap kan kadang-kadang suka minta dibantuin kupasin bawanglah, potongin cabelah. Nah kalo gua, lebih suka motong-motong semuanya sendirian. Ga tau kenapa, lebih enjoy aja sih. Paling beresin perabotannya aja yang ribet.

Tapi kalo sekarang, gua lebih mikir untuk menyenangkan suami. Si suami itu kalo dibawain bekal dari rumah, suka bagi-bagi ke temen kantornya, dan kebanyakan pada bilang enak. Ya kan jadi bangga ya, kalo masakan istrinya enak, hahaha. Nanti kalo si J uda sekolah, pasti mikirin dia juga. Kalo bawa bekal dari rumah terus dibagi-bagi ke temen-temennya dan pada bilang enak, anaknya pasti bangga dong, hahaha. Padahal gua sendiri belom pede buat bagi-bagi ke orang-orang, sementara trial buat orang rumah dulu deh.

Ini mau ngomongin masakan aja intronya panjang bener, hahaha. 

Kemaren itu gua coba bikin kentang panggang tanpa resep. Biar keren, gua sebutnya baked potato aja deh, hahaha. Kalo biasanya browsing-browsing dulu resepnya, kali ini murni uji coba sendiri. Pas pasang fotonya di BBM, pada banyak yang nanya resepnya. Daripada gua jelasin lagi satu-satu, gua tulis aja deh disini.

Bahan-bahan :

  • Kentang ---> gua pake 3 buah kentang. Kalo bikin buat banyak orang, mungkin bisa dibanyakin kentangnya.
  • Telor 1 biji.
  • Garam, lada, dan bubuk pala.

 Bahan isi :

  • Bawang putih ---> lupa pake berapa, kayaknya 2 biji deh.
  • Bawang bombay ---> karena kemaren itu belinya yang ukuran jumbo, jadi gua cuma pake seperempatnya doang.
  • Wortel 1 biji ---> potong kecil-kecil.
  • Daging ham ---> ini bisa diganti sosis.
  • Telor 1 biji
  • Garam, gula, lada.
  • Keju ---> ini optional. Bisa diganti susu atau cooking cream. Kemaren cuma abisin stok keju doang, hahaha.

Cara membuat :

  1. Kentang dikupas dulu, dipotong kecil-kecil, lalu direbus. Ini cara gua sih. Kalo tante gua bilang dikukus aja. Gua belom coba sih dikukus jadinya kayak apa, hahaha. Rebus ampe lunak, lalu diancurin. Ancurinnya bisa pake apa aja. Pake garpu bisa, pake ulekan juga bisa, hahaha. Kebetulan gua punya penghancur kentang. 
  2. Kalo uda ancur, kasih telor, lalu aduk-aduk. Kasih garem, lada, dan bubuk pala. Jangan tanya kenapa harus pake bubuk pala. Kemaren feeling aja sih coba-coba kasih itu, hahaha.
  3. Untuk isinya, cincang-cincang bawang putih dan bawang bombay. Lalu tumis sama margarin sampe wangi, masukin wortel, ham, telor, dan keju. Ini masukinnya satu per satu ya, jangan sekaligus. Khususnya wortel, biasanya kudu tumis rada lamaan baru mateng. Kalo uda, kasih garam, gula, lada.
  4. Siapin pinggan tahan panas, jangan lupa diolesin margarin dulu ya. Masukin kentang, tapi jangan banyak-banyak, dikit aja, lalu diratain. Trus masukin semua isiannya, dan tutup lagi pake kentang. Taburin keju mozarella. Mozarella ini juga optional. Kemaren sih gua pake biar ada melting-meltingnya, hahaha. Kalo mau versi murahnya, pake kraft yang quick melt juga bisa koq. Atau taburin keju biasa aja kalo ga mau ribet.
  5. Panggang. Kalo pake oven, ga tau suhunya berapa dan berapa lama. Kemaren manggangnya pake microwave, hahaha.
  6. Sajikan. Enak dimakan panas-panas trus dicocol sambel. Sedap!

 Dan ini hasilnya....


Sebenernya mirip-mirip pastel panggang sih, cuma kurang soun ama buncis doang, hahaha. Dan kurang cair. Nyokap gua kalo bikin pastel panggang ampe basah banget isinya. 

Terakhir, mau minta saran dong sama ibu-ibu sekalian. Kalo mau beli oven enaknya beli yang model gimana ya? Gua pengennya beli oven yang buat bikin kue gitu. Pengen coba-coba bikin kue soalnya, hahaha. Buat nanti mengisi waktu luang sambil nunggu si J lahir, hahaha. Terima kasih sebelumnya. Dan silakan kalo mau dicoba resepnya. 

36 comments:

  1. udah naluri kali ya mel. udah mau jadi ibu jadi nya pengen masak2.. hehehe

    ReplyDelete
  2. benernya lu pas numis isi lu pake kaldu biar isinya bisa empuk dan ga kering ato kasih susu haha..

    klo oven gw punyanya oven tangkring merk hock belinya di kopro klo yg listrik blum berani soalnya di apartemen listriknya mahal :) tapi repotnya tiap kali manggang harus keluarin dari gudang. tapi secara ga tiap hari manggang ini still tolerable laa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya emang pake susu ci, cuma berhubung ga ada susu jadi ganti keju deh, biar ada gurih2nya dikit hehehe...

      di kopro jual oven toh? kapan2 coba liat kesana deh hehehe...

      Delete
  3. Hihihi.. gak akan pernah bosen mel.. gua malah bersyukur banget.. gua bisa bookmarks blog elo. hahaha.. kalo niat udah pada kumpul.. tinggal ujicoba terus. liat resep2 elo. hahahaha.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti nanti kekumpul deh niatnya, apalagi lu tinggal sendiri kan... demi kelangsungan dompet, pasti mau ga mau masak sendiri hehehe...

      Delete
  4. Sama kayak Epoy.. Gw juga ga bosen bacanya.. Malahh hausss resep2 meski masih sekedar ngumpulin doang.. Soal oven ga tau, belum punya juga :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp cuma ngumpulin doang, yg penting niatnya uda ada hehehehe...

      Delete
  5. gua kalo masak masih mood-mood-an. abis susah waktunya, nyampe aja udah jam 7 :)) mo masak yg ribet jadi males hahaha. wiken boro2 di rumah :)) ga bisa nyoba resep macem2 deh :( gw pernah bela2in bolos 1 hari dlu buat bikin risol mayonaise karena ngiler :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang gua juga mood2an jel, tapi abis itu diomelin si suami... nanti kalo uda punya anak, masaknya masih tergantung mood, si anak mau makan apa hahahaha...

      Delete
  6. Hahhahaa...sementara resep loe gw keep mel,ntik pas udh tinggal sendiri br gw praktekin dah,jd maju trs yaa mel dan semangat nulisny

    Salam dua jari hahahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis married aja baru lu praktekin hahahaha...

      salam dua jari juga...

      Delete
  7. Laki lo lucu ya makanan dibagi-bagi temen-temen kantor hehehe... Gue dibeliin oven listrik merk Oxone sama Diaz tahun lalu. Baru dipake sekarang, soalnya oven gas gue bocor saluran gasnya, jadi dipensiunkan dulu. Lebih kecil sih, jadi nggak bisa manggang yang jumbo-jumbo. Dan kayaknya sih boros listrik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jel, kalo gua bawain kue ato puding dll, dia suka bagi2 hahahaha... merk oxone ya... microwave gua juga boros listrik, cuma kan jarang dipake juga...

      Delete
  8. waduh jadi ngiler mel, rasanya pasti enak. sayang gw kaga punya microwave / oven di rumah. jadi ga bs cobain deh resepnya. hahaha, nanti kalo udah married, kayanya gw bakal ubek2 segala postingan u yg ttg resep nih. soalnya pas dibaca, kayanya ga susah. entahlah kalo pas dipraktekin. wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo uda married, mendingan beli oven daripada microwave hehehe... microwave kan fungsi aslinya cuma buat ngangetin makanan doang... ngangetin makanan mah di dandang juga bisa...

      Delete
  9. enak banget keliatannya :)
    semoga bukan karena efek puasa jadi kelaperan trus mel hahaha

    ReplyDelete
  10. Bahas oven dari sisi ekonomis ya. Kalau harga tidak terlalu jadi masalah, paling bagus ya wall oven. Mulai dari merek yang bagus seperti Ariston, sampai yang sederhana seperti Modena. Kelemahannya adalah listriknya rata2 di atas 2000 watt. Tapi hasilnya cakep banget. Apalagi yang ada convectionnya.

    Kemudian di layer selanjutnya adalah oven gas. Oven gas ini tipenya ada yang under the stove, dan ada juga yang tipe industrial. Gue sendiri di rumah mama ada yang model industrial yang biasa tukang kue pake. Enaknya tentu saja lebih hemat biaya karena pakai gas. Tetapi kekurangannya, elu mesti siap extra space lagi di dapur dan heatnya itu nyebar ke satu ruangan hehe. Hasilnya tetep cakep, but we need to watch it more karena suhunya bukan dikontrol oleh tombol listrik melainkan oleh tekanan gas yang kita atur.

    Yang terakhir adalah table top oven kayak merek Gainsborough atau Oxone dan berbagai merek lainnya. Enaknya, tentu saja lebih praktis dan bisa dipindah2. Wattnya juga besar tapi tidak sebesar wall oven. Pricewise, jauh lebih murah daripada wall oven. Kalau untuk pemula, biasa lebih prefer pakai countertop oven ini. Tetapi kendala yang gue hadapi adalah, waktu memanggang sedikit lebih lama.

    Nah silakan deh dipilih dipilih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wall oven sama oven gas kayaknya dicoret aja deh hehehe... wall oven listriknya gede, bisa turun listrik rumah gua ntar... sementara oven gas, dapur gua ga ada tempat hahaha...

      pikir mo beli yg oven mini aja... selain karena gua adalah pemula, spacenya juga ga terlalu banyak kan hahaha...

      Delete
  11. Hai Mel, salam kenal :) Baru pertama komen hehe, selama ini cuma baca-baca aja. Iya sama gue juga baru mulai nih suka masak memasak, dan mulai merambah baking. Kemaren ini sih beli oven merk kris di ace, oven listrik yang ukurannya kecil. Hasil baking bagus, cuma watt lumayan gede. Tapi berhubung bikinnya juga gak tiap hari, gapapa lah menurut gue hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. microwave juga wattnya gede mar, tapi kan ga tiap hari pake hehehe... aku juga pengen merambah baking, makanya mulai melirik oven hehehe...

      salam kenal juga :)

      Delete
  12. Hai ci mel salam kenal.

    Hari ini tgl 1 Juli 2014, cici ke Urban Kitchen CP sekitar jam 16.00 ya? Habisnya tadi aku liat orang yang mirip banget sama orang di foto" cici yang sering kulihat di blog ini.

    Cici lagi pake baju coklat, trus duduknya menghadap deretan Samwon Express? Bener kan hehe?



    ReplyDelete
    Replies
    1. hai juga,

      bisa jadi yg kamu liat itu aku hahaha... tapi aku ga pake baju coklat, dan ke urban kitchen itu kayaknya sekitar jam setengah limaan deh hehehe... lain kali sapa aja kalo ketemu...

      Delete
  13. Mel, laper mel lapeeerrr... Biasa setelah nikah pasti kita jadi bisa masak ya walaupun dulunya sama sekali ga bisa. Seneng gitu kl liat laki seneng makan masakan kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku dari sebelum nikah emang suka masak, tapi ya ga sesering sekarang... paling beberapa bulan sekali hahahaha... sekarang, apalagi sejak hamil, jadi sering banget hahaha...

      Delete
  14. Yummy mel ngiler liatnya. Oh yah pala itu emang wajib kalo mau ngebaked, gw juga biasa pake kalo mau bikin baked maccaroni sama baked potato soalnya bisa bikin aroma wangi.
    Gw lagi nunggu ayung beli oven nih mel biar bisa masak yg dipanggang2..

    Ditunggu resep2 lain lagi mel

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti feeling gua pake pala bener dong hahahaha... kalo bikin maccaroni juga suka pake pala sih hehehe...

      Delete
  15. Gw baru belajar numis" mel... hihihi... mau ke step selanjutnya kek u.. cmn gak ada panggangan.. hohoho
    gw kira baked potato kyk di Wedy's itu.. bener" kentang 1an gt lalu di baked, kasih chesse butter.. hehehehe
    Tapi punya u juga bikin eke ngilerrr nih, panas" cocol sambel... makyusss dhee... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. baked versi wendy's kapan2 gua bikin deh, moga2 bisa pake microwave hahahaha...

      Delete
  16. Eciyeeeee...ini rajin banget siiiiih...

    Dan baked potato nya memang menggiurkan sekaliiii :)

    Tapi itu kelihatannya sih kayak yang gampang yah masaknya...nanti kalo lagi mood cobain deh..hihihi..

    Aku pun sekarang lagi 'terpaksa' masak nih Meeeel...
    Abis kalo bulan puasa begini susah cari tempat masakan, malesin lah itu...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo cobain kak, gampang koq hehehe... iya ya, kalo bulan puasa gini banyak warung2 yg tutup hehehe...

      Delete
  17. wiihhh makin expert aja ni level masak nya hihi... gue jg ga punya oven nih mel, lg mempertimbangkan pengen beli oven listrik kecil yg ada di ace itu, tp takut boros listrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata oven kecil gitu wattnya gede pi, kemaren gua uda nanya pas ke ace hardware... jadi mikir ulang sih hahaha...

      Delete
  18. tenang kak mel gak bosen kok hihihih udah di save2in ini resepnya. baked potatonya ini menggiurkaaaaaaaan, boleh nih kapan2 dicoba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. resep brownismu juga uda tak simpen... sapa tau nanti uda punya oven bisa bikin brownis hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.