07 August 2014

29 Minggu, Mari Kita Belanja

Minggu ini, baby J uda masuk usia 29 minggu. Yeah! Kira-kira 9-11 minggu lagi bisa ketemu si J. Senang rasanya. Pas kemaren kontrol, baby J sehat-sehat aja. Berat badannya normal, perkembangannya juga bagus, pokoknya semuanya sehat deh. Cuma posisinya masih sungsang aja. Tapi kan masih ada 9 minggu buat dia muter-muter. Kudu sering-sering nungging nih kayaknya, hahaha.

Cuma emaknya aja nih yang kurang sehat. Pas kemaren ditensi, tekanan darahnya rada tinggi. Kayaknya ini gara-gara seminggu liburan jajan di luar mulu, hahaha. Dan emang sebelum kontrol, gua sempet marah-marah di tempat kerja. Dokternya uda wanti-wanti buat stop yang asin-asin dulu. Plus kaki gua juga rada bengkak. Pikir bengkak kayak gitu wajar, soalnya temen-temen kan pada cerita kalo kakinya pada bengkak. Ternyata Dr. Hardi concern banget ama masalah bengkak-bengkak gitu. Mudah-mudahan kontrol berikutnya tensinya uda normal lagi deh.

Karena uda masuk usia 7 bulan (mari kita anggap 1 bulan = 4 minggu), jadinya uda boleh belanja-belanja deh. Yeah lagi! Sebenernya gua uda pengen nyicil dari kapan tau, tapi menurut mertua, kalo belom 7 bulan belom boleh belanja-belanja dulu. Ya gua nurut aja deh. Dan karena sekarang uda boleh belanja-belanja, gua uda mulai ngelist-ngelist apa aja yang harus dibeli. 

Setelah dilist, ternyata banyak banget euy. Mana gua ga bisa ngarepin lungsuran dari sodara-sodara. Ya abis, sodara gua uda pada gede semua. Uda ga ada yang baby lagi. Ketambahan lagi, si suami ga suka dengan konsep wishlist gitu. Jadi mau ga mau tetep semuanya dibeli. Dan kalo ada yang ngasih, kami tetep terima dengan sukacita. 

Sekarang mari kita ngelist yang gede-gede dulu.

1. Baby's Crib.

Dari awal, gua dan suami sepakat kalo baby J harus tidur di ranjang sendiri. Masalah satu kamar atau pisah kamar, itu urusan kesekian, yang penting dia tidur di ranjang sendiri. Pertama, kami ingin melatih kemandirian anak. Kedua, emak bapaknya kan juga perlu mesra-mesraan, hahaha. Makanya gua merasa harus punya ranjang bayi. Tadinya mau beli yang model kayu dan yang besar. Pikir bisa dipake ampe dia umur 2 taon.


Masalahnya, ranjang bayi model kayak diatas gitu harganya ga murah. Uda nanya-nanya ke beberapa sodara, mereka pada ga punya. Akhirnya gua pikir mau beli yang model karet yang harganya ga terlalu mahal.

Yang modelnya kayak gini.

Pikir dipake ampe si baby umur setaon doang, abis itu dia tidur di ranjang sendiri aja. Kebetulan kami punya kasur single gitu, paling tinggal beli dipannya, sekalian beresin kamarnya.

2. Stroller

Sebagai emak bapak yang doyan jalan-jalan, kami merasa harus punya stroller, hahaha. Untuk masalah stroller gini, yang penting ringan dan awet, soalnya kan harus bisa dipake ampe anak kedua nanti. Kenapa harus ringan? Karena kalo pegi-pegi naik pesawat, gua ga mau jatah bagasi abis 10kg cuma buat stroller doang, hahaha.

Setelah nanya-nanya ke beberapa temen, mereka pada rekomen merk cocolatte. Kebetulan mereka pake uda ampe 6 taon dan masih pada awet. Harganya pas gua liat-liat di online shop juga ga terlalu mahal. Sebenernya ada satu merk juga yang gua taksir, tapi harganya ampe 4 juta. Out of budget itu. Bye bye dah, hahaha.

3. Car seat

Ini bukan sok-sokan ikut arus mainstream, tapi emang kami butuh. Pertama, kalo dipikir-pikir, kayaknya nanti kami akan lebih banyak pergi bertiga. Bayangin kalo selama di jalan gua harus mangku si J terus, pegel bo. Belom lagi nanti kalo pulang ke kampung suami bertiga, berjam-jam di jalan gitu kan ga mungkin gua pangku baby J terus. Kedua, lebih ke masalah safety. Sama seperti halnya kita orang dewasa yang tiap naik mobil harus pake seatbelt, gua merasa anak kecil pun harus pake car seat. Yang ini belom survey-survey sih mana yang bagus dan awet.

4. Pompa ASI

Sebelumnya kami sempet coret barang ini dari list, tapi setelah mendengar beberapa masukan, akhirnya kami masukin lagi. Pikir yang penting punya dulu deh, masalah nanti mau dipake atau engga, itu urusan belakangan. Yang ini sih nyokap rekomen merk philips avent. Katanya ada beberapa temennya yang pake merk itu dan baik-baik aja. Gua sih belom survey harganya berapa. Sebelumnya sempet survey merk pompa ASI merk lain yang katanya bagus juga, cuma belom dibanding-bandingin aja.

5. Botol susu

Yang ini masih jadi perdebatan antara gua dan suami. Emang sih, banyak sumber, termasuk waktu gua ke klinik laktasi di Carolus, bilang, kalo kasih ASI itu lebih baik pake feeder cup. Tapi banyak juga temen-temen yang bilang, ngasih susu pake feeder cup itu susahnya minta ampun. Yang ada ASInya jadi kececer, sayang jadinya. Makanya pikir gua perlu nyetok minimal 3 botol susu deh. Kalo gua yang kasih susu, gua akan tetep coba pake feeder cup. Tapi kalo orang lain, kayak omanya atau mba (kalo ada), takutnya mereka ga sabaran. Botolnya juga gua maunya cari yang dotnya kecil, jadi babynya kan tetep ngisep. Cuma si suami masih kekeh ga mau beli botol susu. Masih perlu kompromi nih, hahaha. 

Sementara sih segitu dulu. Sebenernya masih banyak, tapi nanti kapan-kapan dilanjutin dah. Terakhir, gua mau buat pengumuman tentang gendernya baby J, hahaha. Tadinya mau dirahasiakan ampe nanti lahiran, tapi dipikir-pikir, semua uda pada nebak-nebak. Lagian nanti kalo ada yang mau kasih kado baju, jadi ga bingung beliin buat cewe atau cowo, hahaha. Jadi apa jenis kelaminnya?


Rata-rata pada nebak bener sih, soalnya gua jadi jelek banget, hahaha. Muka jerawatan, rambut juga jadi lebih jelek, pake bedak aja ga pernah, ketambahan bentuk perutnya rada mancung. Yang nebak cewe, mungkin pada ketipu karena gua rajin masak-masak, hahaha.

Sehat-sehat terus ya baby J. Mami sama papi uda ga sabar ketemu kamu. 

49 comments:

  1. Sepertinya jamannya baby cowok akhir2 tahun ini deh .... Selamat sekali lagi Mel, toss dl kita , hahahaha ...
    *mudah2an namanya gak samaan*
    Oia kl kaki bengkak emg kurangi yg asin2 Mel, kaki dikeatasin kl tiduran ato duduk, aku syukurlah gak bengkak kaki

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, populasi cowo lagi meningkat nih taon ini hahahaha.... kalo nama babymu ada swedia2nya, berarti pasti ga samaan hehehehe...

      ini uda bener2 stop garem sama sekali... skrg uda mendingan sih, uda ga sebengkak kemaren2...

      Delete
  2. Yaa comment gw ilang hiks hiks

    ReplyDelete
  3. ulang aja lagi.. list no 6 juga penting Mel investasi buat anak kedua dan ketiga yaitu DIAPER BAG OKIEDOG -- kemudian ditimpuk -- cici kasih diskon deh.. hahaa..

    Yay .. it's a boy! congrats yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahahaha, nanti diskusi ama suami dulu ya ci :D

      thank you :)

      Delete
  4. Waaa..uda bentar lg ya mell...seru jg rasanya belanja2 kebutuhan baby yaa..ga serunya keluarin duitnya yaa...perlengkapan baby mahal2..hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak persiapan married, suka liat ini itu, pengen ini itu, tapi ga pengen ngeluarin duitnya hahahaha...

      Delete
  5. Wowww It's a baby boy...congrat yaa mel
    tp sudah gw duga sih hehehhe hbsny loe pecicilan banget hehhehe, perkiraan lahiran kapan mel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahahaha, baru kali ini nih ada yg nebak anak gua cowo berdasarkan gua pecicilan... tapi aslinya ya, kerjaan gua molor mulu hahahaha...

      perkiraan oktober mir, sama kayak bulan marriedmu hihihihi...

      Delete
  6. Akhirnya diumumin jg kalo dedenya itu cowo. Hehehe. Seneng bacanya kalo mommy & baby nya sehat2 aja.
    Itu list nya br peralatan yg besar2 ya, yg perintilan jg pasti byk banget, mulai dr baju, popok, bath set, dll. Wkwk.
    rajin2 posting ya mel, jadinya kan gw bs belajar jg soal baby dr blog nya u. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang perintilan lebih banyak lagi, tapi nanti gua tulis lagi ya (kalo rajin) hahahaha...

      Delete
  7. wah.. congrats mel!

    mau komen dikit ya.. buat crib, gue personally prefer yg karet, soalnya kalo babynya aktif, yg kayu itu lumayan loh kalo kejedot2.. ya emang sih bisa ditaroin bantalan tapi jadi lebih ribet.

    stroller, gak perlu dimasukin bagasi. cukup koper aja yang dibagasiin. stroller bisa dipake terus sampe ke belalai pesawat (apa ya namanya.. aerobridge?) trus nanti pas didepan pintu, baru titipin strollernya ke pramugari. ntar ambil lagi di tempat ambil bagasi.. at least di international flights sih biasanya begitu..

    buat pompa ASI, yg kabarnya paling nyaman buat dipake tuh yg merk medela. katanya sih, yg philips avent itu malah sakit. tapi gue ga ngalamin sih, soalnya cuma coba merk medela dan lgs cocok.

    happy shopping ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you pi :)

      gua pikirnya kalo kayu kan lebih awet, cuma ya itu harganya mahal2 semua hahahaha...

      oya? ga perlu masuk bagasi ya? abis gua kalo pegi kemana2, pengen semuanya masuk ke bagasi, biar ga ribet pas boarding hahahaha...

      gua sempet survey juga sih medela harganya berapa... masih belom memutuskan mau beli yg merk apa hehehe...

      Delete
  8. wah ternyata cowo, aku nebak cewe loh.. sampe nebak namanya Jessica hahaha *sotoy banget*
    semoga mom and baby sehat2 terus sampe lahiran yah,
    dan semoga mom and daddy kerjaan and rejekinya lancar terus buat beliin segala kebutuhan dede :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha... yg nebak cewe juga banyak koq mey...

      thank you ya :)

      Delete
  9. Mel gw mao menanggapi:
    1. Baby crib yang jaring2 itu (namanya sebenernya playpen) sih OK2 aja ponakan gw mao tidur di situ sampe lumayan gede. Susahnya, kalo anaklo udah bisa berdiri (jadi settingannya harus di posisi paling rendah), lalu tidurnya harus digendong dulu baru lo masukkin sana, encok lah kita... secara pagernya ga bisa diturunin. Haha. Kalo niat suruh tidur sendiri sih, coba cari yang second gitu? Kali aja lebi murce. Btw beli playpen online aja, merk pliko, murah. BBM aja yak kita haha.

    2. Cocolatte OK tapi katanya jangan yang new life. Ringkih. Model lain aja. Btw stroller ga ngurangin jatah bagasi kok, masuknya ke cabin bukan ke bagasi. Jadi lo bisa pake terus tuh sampe boarding room. Kalo gak ya gempor lah. Hihi

    3. Cocolatte omni guard aja ! Gw aja naksir banget nih kayanya nyaman banget padahal udah punya carseat.

    4. Phillip avent elektrik itu pompa paling mihil. Menurut gw sih Unimom Allegro udah OK banget yaaa. Secara harganya bisa sepertiga Avent kali.

    5. Botol susu sedia aja lah 3 biji. Pigeon new peristaltic aja tuh. Apalagi kalo lo ntar niat mao kerja lagi abis punya anak. Malah perkenalkanlah botol sejak dini. Kalo kaya Raka, sampe sekarang ga bisa minum pake dot, Maminya ga boleh ke mana2 deh. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. makanya gua pikir kalo pake playpen ampe umur setaon aja, abis itu biar dia bobo di ranjang biasa aja... ini gua lagi nanya2 temen, kali aja mereka ada mo jual cribnya hehehehe...

      2. yg cocolatte new life itu mirip banget kayak stroller punya lu... ada beberapa tipe cocolatte yg liat reviewnya bagus... gua pikir stroller harus masuk bagasi, soalnya gua kalo kemana2 pengennya semua masuk bagasi, biar ga repot hahahaha...

      3. *langsung catet*

      4. mahal ya? gua belom survey harganya hahahaha... kemaren vio juga bilang unimom allegro, cuma akhirnya dia ga kepake karena kan meres pake tangan... nanti gua survey2 harganya deh...

      5. raka ga minum pake feeder cup ya? gua pikir juga beli minimal 3 dulu... buat jaga2 kalo gua kerja nanti kan pasti bukan gua yg kasih susu...

      Delete
  10. waaaa cowoooo congrats ya kak mel. asik yaa belanja2 keperluan bayi tapi lumayan juga soalnya harganya mihil2 hihihi lancar dan sehat2 terus ya kak mel & baby :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you rere :)

      iya, makanya sebenernya pengen nyicil dari kapan tau, tapi ga boleh, ya sudahlah hahahaha...

      Delete
  11. Wah, ternyata cowo ya, biasanya emang lebih seneng ya kalo anak pertama nya cowo hehehe
    Wow banyak juga yang harus dibeli ya hehe
    Sehat2 terus ya Mel sama baby :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dari dulu aku dan suami emang pengennya anak pertama cowo hahahaha...

      thank you sur :)

      Delete
  12. Yang gue denger-denger Phillips Avent itu perintilannya banyak Mel. Gue tadinya mau beli BP Avent, tapi karena pas waktu itu Avent lagi kosong dimana-mana, akhirnya gue beli Medela Swing. Kalo Medela Swing perintilannya dikit, gue sih happy dengan Medela Swing.

    Oh ya jangan lupa keperluan breastfeeding yang lain: Breastpad (gue cocok sama merek Pigeon, kalo Mamapad terlalu tipis buat gue), Medela Purelan (buat mengatasi nipple lecet), sama Nursing Cover.

    Kalo botol beli satu botol dulu per merk, jadi bisa dicobain mana yang cocok sama baby J. Karena botol kan cocok-cocokan sama baby.

    ReplyDelete
    Replies
    1. medela dulu sempet survey harganya sih, cuma belom bandingin ama philips avent... itu juga nyokap yg rekomen... moga2 sih dibeliin hahahaha...

      breastpad sama yg buat nipple lecet itu uda dilist, nursing cover yg belom masuk hahahaha *langsung catet*

      makanya pikir mau beli 3 dulu dengan merk yg berbeda... kudu diskusi lagi nih ama seno hahahaha...

      Delete
  13. Wah dedenya cowo..Congrat yah Mel & Seno.
    Ga kerasa cepet banget udh mau liat dede J aja..

    Dulu gw waktu bayi dibeliin ranjang bayi kaya gambar lo diatas Mel, pricy sih kata nyokap tapi awet banget sampe gw kuliah itu masih ok soalnya kayu jati. Itu baby box udah dioper sana sini buat keponakan gw soalnya ukurannya 1.5M jadi mami papinya bisa ikutan tidur di baby boxnya juga

    Semangat Mel buat persiapan baby J. Sehat terus yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you renie :)

      punya gua dulu malah dari besi, dan awet ampe ke sepupu2 gua selanjutnya... malah gua tidur disitu ampe TK hahaha... tapi dibuat jadi kayak ranjang biasa... cuma karena ga ada lungsuran dr siapapun, jadi kan kudu beli, harganya itu loh...mahal hahahaha...

      Delete
  14. wihiii baby boy lagiii. kayaknya temen2 gw lagi banyakan punya baby boy nih

    btw gw pake avent philip yg manual. menurut gue OK BGT. gw juga pake medela swing, itu hasilnya lebih banyak tapi harus sabaaaar soalnya dia pelan2 meresnya :p
    kalo lagi buru2 enakan pake avent. Eh tapi tapi, awal2 kan seret tuh, enakan pake medela soalnya gak sakit n keluarnya lebih banyak. kalo udah pasti mau ASIX beli 2-2nya ajalah kayak gue jadi bisa pompa kanan sm kiri langsung pas di kantor =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, temen2 gua juga banyakan babynya boy... populasi cowo meningkat dah hahahaha...

      gua kayaknya beli satu dulu... ini juga buat jaga2, soalnya mau coba meres pake tangan hahahaha...

      Delete
  15. wah.. uda mulai ngelist apa aja yang mau dibeli ya.. wuih..pasti seru ya mel.. cuma harga perlengkapan bayi rada sih ngelus2 dada.. hahhaa

    Ngeliat orang lagi persiapan buat beli perlengkapan bayi slalu seru mel.. hihihi..
    soal stroller, ada tmn kantor gua yang istrinya baru aja 7bulanan. Dia setiap hari browsing stroller. hahaha.. sampe sebulanan gitu. Soalnya dia kayanya terobsesi gitu sama stroller. Merk2 stroller sampe detil spek aja sampe hafal. Sampe nyari di ebay dll. Masa stroller aja kudu import. :))

    ahh... happy preparing ya Mel! Excited banget bacanya! ^^
    semoga si baby J sehat terus yaa! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak harga vendor kawinan yg ga murah hahahaha...

      gua sih ga perlu ampe impor segala (kecuali ada yg sponsorin hahahaha) yg penting sih awet ampe anak kedua nanti...

      thank you mei :)

      Delete
  16. Yeayyyy anak cowo yah mel.. belakangan lagi musim banget anak cowo yah.. :) congrrat udah mulai bebelian yah Mel.. :D lancar2 terus sampai hari persalinan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, nanti pada rebutan cewe deh hahahaha... thank you pi :)

      Delete
  17. Komen g bakalan panjang nih.. gpp yaaakk.
    Hahaha

    Breastpump saya rekomen unimom allegro !! Harga ga semahal avent ato medela tapi menurut g performanya oke.

    Soal crib, klo space ruangan lu memadai sih emang kayanya lebih oke beli yg kayu mel.
    Klo g secara space ruangan sangat terbatas dan kebetulan dikasih kado juga jadinya pake box baby biasa. Ini juga waktu kenny dipake buat tidurnya ga lama. Baru dipake lagi waktu udah bisa bediri buat ditaro disitu klo mo ditinggal bentar. Skrg sih dipake lagi buat Ian. Mau ga mau tidur disitu karena ga mungkin nemprok juga di kasur. Bisa kegiling kenny dia. Hahaha.

    Botol..kompromilah ama seno bilang klo nanti tiba2 (amit2) asi lu susah keluar..mau ga mau kan kasih susu formula. Kudu pake botol. Ga ada yg tau jg nantinya gimana jadi better prepare daripada kalang kabut.

    Stroller dan car seat saran g liat lgsung ke toko ato showroomnya mel. Pengalaman pribadi, kita boleh liat2 model dr website ato rekomen org, tp klo udah di toko/showroom bisa lain ceritanya.. hahahahaha..

    Selamat belanja belanji yaaaaa....
    Eiya klo butuh baju2 g masih ada tuh sisa toko. Mari mari g kasih harga mepet modal.. *tetep usaha jualan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak dina ya, nanti gua survey harganya deh... kalo lebih murah, bisa dipertimbangkan...

      space gua sih cukup buat naro yg kayu, cuma masalahnya...harganya mahal2 semua hahahaha... makanya pikir yg karet gitu ampe umur setaon aja, abis itu biar dia bobo di ranjang sendiri kamar sendiri hahahaha...

      kalo gua ngomong begitu bisa diocehin nanti hahahaha... gua sih mikirnya kalo nanti gua kerja, yg ngasih susu kan pasti bukan gua... takutnya mereka ga sesabar gua, kasian anak gua nanti... makanya pengen nyetok botol susu... ini lagi dalam tahap kompromi hahahaha...

      waktu kapan itu uda sempet liat2 di cempaka mas, pikir besok mau ke mangdu buat liat2 juga hahahaha...

      baju apa na? liat2 dulu gambarnya ada ga? hahahahaha... *mupeng*

      Delete
  18. Cocolatte itu sebenernya bisa dibilang merek 'KW' Mel. Jadi model dia itu semua niru merek yang udah ngetop di pasaran tp dengan kualitas di bawahnya. Kl menurut gue sih stroller itu termasuk investment. Jd gpp beli yg bagusan.

    Soal ranjang, justru pas anak lu udah satu tahun n bisa jalan, jangan sekali2 ditaro di ranjang single sendirian. Risk jatohnya gede banget. Malah kl boleh usul beli rangka crib yg ukuran ranjang single haha. I mean kalo mau sekali jreng drpd berkali2 beli. Kalau mau playpen boleh aja tp beli yg murah2 buat main. Tp crib itu sebaiknya yg kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua uda baca sih, cocolatte itu merk KW... tapi beberapa temen gua pake merk itu awet2 aja ampe anak kedua... jadi buat gua itu uda cukup...

      ga bobo sendirianlah, paling ntar ditemenin ama si mba hehehehe... pengennya juga crib yg sekaligus gede, cuma ya itu, harganya mahal2 semua... ga sanggup deh kita hahahaha...

      Delete
  19. boleh beli cicil2 dari sekarang biar gak sekaligus bengkak pengeluarannya hahah itu diatas semua items2 yg 0 nya ada 6, kl beli botol harus ada steril botol dong sama penghangat botol asip kecuali mau cara jadul pake air termos taro panci sama botol2nya trus beli botol beling juga buat tampung asip kl mau perah

    ReplyDelete
    Replies
    1. uda mulai dicicil ci belinya hehehe... sterilizer ama bottler warmer juga uda dimasukin ke list, uda survey harga juga... cuma berharap ada yg bilang mau kadoin itu, jadi ga usah beli2 lagi hahahahaha.... botol beling uda stok sih beberapa biji...

      Delete
  20. Menanti kelahiran baby memang tiada dua senangnya, semga selalu sehat dN lancar ya persalinannya nanti...

    ReplyDelete
  21. ya ampun kemaren gua udah komen panjang2 ternyata ilang ya mel? ada di spam gak? *gak terima komennya ilang* haha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada ko hehehehe... coba komen lagi aja :D

      Delete
    2. yaaa cape deh kok ilang... :P
      ya udah gua komen lagi dah... :D

      1. baby's crib
      dulu pas andrew kita pake crib kayu dan playpen. pas emma kita pake crib kayu aja. basically kalo emang kitanya mau ngebiasain anaknya tidur di crib (bukan di ranjang bareng kita), crib kayu lebih recommended karena awet. kalo playpen kan kecil ya. dulu andrew tidur di crib kayu sampe umur 1 th. emma malah sampe sekarang (udah 3 th) masih tidur di crib nya tuh. kalo kadang kita taruh dia tidur ama kita, gak lama pasti dia pindah sendiri ke crib nya (crib nya pager nya kita buka, jadi semacem day bed). :D jadi awet banget pake crib kayu...

      2. stroller
      mau suggest merk combi. murmer dan kuat. stroller andrew merk combi dikasih kado ama temen. jaman dulu harganya cum 800rb lho. enteng, dan walaupun keliatannya gak sekokoh stroller lain yang harganya mahal2, tapi ternyata udah terbukti kuat nih. buktinya stroller nya masih bertahan sampe sekarang (udah hampir 9 th!). dari dipake andrew, trus dibawa ke US, dipake ponakan, trus sampe akhirnya balik ke kita lagi karena emma lahir dan dipake emma sampe sekarang. :D mantep si combi ini!

      3. carseat.
      kalo carseat gua rasa yang penting kita konsisten aja make nya. kita so far selalu pake merk graco dan no complaint at all.

      4. pompa asi.
      pas andrew baru lahir, esther sempet nyoba pake pompa asi manual nya pigeon, tapi gak bisa keluar. akhirnya pake medela yang listrik baru mantep. pas emma lahir juga pake medela yang listrik.

      5. botol susu.
      ini tergantung anaknya nih. kalo kayak andrew yang udah kebiasaan nenen langsung, mau pake botol apa juga gak bisa. kita dulu sampe bela2in nitip beli botol dr. brown dari US, tapi tetep aja andrew gak mau. :(
      sementara buat emma, pake botol apa juga gak masalah. in fact kita pake botol playtex yang dikasih hadiah. dari lahir sampe sekarang kita cuma punya 3 botol playtex, cuma ganti nipple nya aja. botolnya awet dipake terus. huahaha.

      Delete
    3. 1. kayaknya aku juga akhirnya lebih mempertimbangkan crib kayu, tapi cari yg bekas... soalnya yg baru mahal sih harganya hehehehe...

      2. merk combi kayaknya uda ga ada ko... kapan itu cari di mangdu ga ada...

      3. aku juga nanti bakal konsisten sih anaknya duduk di carseat... lagian sayang uda beli mahal2 kalo dipake sebentar doang hehehehe...

      4. banyak rekomenin medela sih, nanti coba disurvey deh...

      5. berarti emang harus dibiasain minum dari botol susu juga ya...

      Delete
  22. Meeeeel...
    semua barang yang disebut diatas emang harganya pada lumayan yah, dan aku gak ada yang beli satu pun...hihihi...semuanya dapet lungsuran dari sodara :)

    Pasti excited banget yah Mel...bentaran lagi ternyataaaaa :)

    Dan ternyata cowok yah Meeeel...asyik sekaliiii...siap siap aja deeeh...anak cowok lebih energetik dan menguras tenaga soalnyaaaa...*lirik Fathir*...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, enaknya kakak... aku ga bisa ngarepin lungsuran dari siapapun, soalnya sodara2 pada ga ada yg punya baby semua hahahaha...paling dari ipar, tapi ipar kan di kampung, jadi peralatannya ga seribet kita di kota...

      mudah2an karena anaknya energetik dan menguras tenaga, emaknya cepet kurus hahahaha...

      Delete
  23. Wah asik ni udah bisa mulai shopping2 yg ga asik keluar duitnya ya hihihi.

    iy nih banyak banget baby cowok sekarang :)) rata2 temen gw jg cowok semua babynya. Ni temen gw ada yg lagi hamil 4 bulan dan mukanya jerawatan full. jangan2 cowok juga nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jel, persis kayak kawinan dulu, pengen kawin tp ga pengen keluar duitnya hahahaha...

      kalo dia jerawatan full, ada kemungkinan babynya cowo hahaha... soalnya muka gua jerawatan parah banget...

      Delete
  24. Waah Bastian ada temen main bolanya nih :)
    Dulu suamiku juga maunya Bastian di dalam crib untuk kemandirian. Tapi input dari teman-teman, crib sering nggak kepake karena nggak semua bayi mau ditaruh di crib. Ada yang nangis parah baru ditaruh atau ada yang tidurnya nggak nyenyak.
    Plus kalo tengah malem bayinya pengen nyusu, kita mesti bangun, angkat bayi dan susuin. Itu melelahkan sekali. Tapi kalau co-sleeping (tidur bareng), tinggal buka kancing baju terus susuin dan kita bisa lanjut merem bareng sama anak :D (hahaha,alasan ini sukses akhirnya bikin gue nggak beli crib)
    Dan ternyata benaaaar... Kalo malem, nyusuin sambil tiduran itu lebih nikmat daripada pas duduk.
    Setuju untuk car seat :) safety first. Jangan lupa pilih yang buat newborn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidurnya sih tetep sekamar kak, posisi cribnya juga ga jauh2 dari ranjang... cuma ga akan tidur seranjang, biar belajar lebih mandiri juga sih anaknya hehehehe...kalo malem emang enaknya bobo sih ya hehehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.