18 September 2014

Lemari Buku

Gua dan si suami punya kebiasaan yang sama namun berbeda. Kita sama-sama suka baca buku, tapi si suami baca buku yang berat-berat, sementara gua yang ringan-ringan, hahaha. 

Ga seperti keluarga lainnya, dari kecil gua ga terlalu dibiasakan membaca. Dibeliin buku aja jarang-jarang, apalagi mampir ke gramed. Makanya dulu gua ga terlalu suka baca buku. Tapi pas SD, gua mulai kenal sama yang namanya komik, dan gua langsung suka baca komik. Kenapa? Karena banyak gambarnya, hahaha. Gua inget banget dulu waktu SD suka mampir ke rumah temen buat bacain koleksi komiknya. Terus bermodalkan uang jajan, gua mulai suka beli-beliin serial cantik, dan beberapa koleksi sailormoon. Waktu itu harganya masih 3000 perak, hahaha.

Gara-gara keseringan baca komik, gua jadi ga gitu suka baca buku yang isinya tulisan semua. Pernah waktu SMA gua dapet tugas pelajaran bahasa indonesia, gua lupa sih tugasnya ngapain, yang jelas disuruh baca novel. Baru baca 2-3 halaman, gua uda ketiduran, hahaha.

Novel pertama yang bener-bener bisa gua baca dari awal ampe abis adalah Harry Potter. Itu beneran pertama kalinya gua baca buku yang isinya tulisan semua dan ga pake ketiduran. JK Rowling jenius memang, hahaha. Tapi abis itu, ga ada novel-novel lain yang bisa memikat hati. Bahkan baca Lord Of The Ring pun bisa ketiduran, hahaha.

Selain Harry Potter, novel lainnya yang bisa gua baca ampe abis itu semua novelnya Sophie Kinsella. Mungkin karena ceritanya ringan kali ya, jadi bikin gua betah bacanya. Kalo pengarang dari Indonesia ya paling penulis yang lucu-lucu macam Raditya Dika, atau buku jalan-jalannya Trinity, atau bukunya Pandji. Sisanya? Sukses bikin gua ketiduran.

Berbeda dengan si suami yang emang punya kebiasaan membaca dari kecil. Dia bisa baca buku apapun, baik itu komik, novel, maupun segala buku berat lainnya. Tiap kali kami jalan ke mall, gramed itu jadi salah spot favorit dia. Apalagi kalo ada diskonan, berasa surga deh, hahaha. Akibatnya, koleksi bukunya buanyak banget.

Waktu dia pindah ke rumah, selain bawa baju-baju, tentu semua koleksi bukunya ikut dibawa. Bisa ampe berdus-dus isinya buku semua. Dan setelah terlantar, akhirnya beberapa waktu lalu kami beli satu lemari buku untuk menampung semua buku-bukunya. 

Lemari buku yang isinya 95% bukunya suami.

Itulah koleksi buku-bukunya si suami. Dan lemari segini ternyata ga cukup menampung semua buku-bukunya. Masih ada banyak yang belom masuk, hahaha. Dan apakah semuanya uda dibaca? Engga! Karena sibuk, belakangan dia cuma beli-beli doang tanpa sempet bacainnya, hahaha.

Gua sadar kalo membaca itu penting banget, makanya gua uda commit sama suami untuk membiasakan baby J membaca sejak dini. Biar dia ga kayak emaknya, yang bisanya cuma baca komik doang, hahaha.

Mudah-mudahan ada rejeki deh buat bikin perpustakaan pribadi kayak di apartemennya Do Min Joon, hahaha.

42 comments:

  1. hahaha mel, gw ngakak baca kalimat penutupnya. Emang perpus di apart nya Do Min Joon sih keren abis ya. bisa berpuluh2 lemari buku tuh.
    eh, gw jg demen baca, tapi ya baca novel sm serial cantik.
    HP jg lengkap semua koleksi nya. Kalo LoTR malah ga niat baca.
    Sophie Kinsella yg nulis novel chicklit ttg shopaholic kan ya?
    gw demen banget baca novel nya sampe punya lengkap di rmh. wkwkwk.
    yup, biasaiin baby J biar suka baca sedini mungkin ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kan, perpustakaannya do min joon bikin mupeng hahahaha...

      novel paling cuma beberapa pengarang doang yg bikin betah.. ada sih beberapa yg bisa dibaca ampe abis, tapi butuh waktu berminggu2 bahkan berbulan2 hahahaha... lord of the ring mah nonton filmnya aja bisa ketiduran, apalagi baca bukunya hahahaha...

      iya, sophie kinsella yg ngarang shopaholic, seru bacanya... gua suka semua buku2nya dia hehehe...

      Delete
  2. gua juga demen baca. pas pindah buku2 gua masih dirumah nyokap. :D tapi tetep paporit gua komik doraemon. hahahaha.. :D

    nanti kalo punya rumah, baru mau boyong semua buku2.

    ReplyDelete
  3. Meeeeel...
    JK Rowling itu emang bener-bener deh yaaaah...
    Setuju katamu, jenius nan brilian laaah :)

    Kalo di rumahku mah, walopun udah ada 2 rak buku, tapi tetep aja buku ku berantakan dan bertebaran dimana2...hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, jk rowling itu emang jenius abis hahahaha...

      gpp kak, kalo berantakan itu tandanya dibaca terus, ketimbang bukunya seno, masih rapih bahkan masih ada yg diplastikin, ketauan ga pernah dibaca hahahaha...

      Delete
  4. Perpusnya Do Min Joon? Akuhh pun mupeeng beratt..huhuh.. Skrg gw lagi nahan diri ut ga beli buku juga. Selain udah jarang baca, selain itu kamar kost sudah penuh..hikks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang itu perpusnya bikin mupeng >.< hahahaha... gua sih bisa nahan diri, yg susah tuh seno...apalagi kalo ada diskonan... yg penting beli dulu dah, bacanya mah ntar2 aja hahahaha...

      Delete
  5. Gue selalu kagum sama orang yg hobi baca. Gue dulu demen baca tapi lama2 kok jd ga terlalu demen. Koleksi buku2 lama tertinggal semua di rumah nyokap and since then ga pernah beli buku baru. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua kadang masih suka baca...apalagi baca komik hahahaha... tapi emang uda ga sesering dulu sih...

      Delete
  6. Kebalik ama gw mel. Kalo gw prefer baca novel dibanding komik. Gw merasa lebih asik baca yg gak ada gambar nya jd bisa ngebayangin sendiri dan bisa berasa kayak ikutan di dalam cerita. Hahahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ceritanya kayak harry potter gitu sih asik ko bacanya, bikin kita berkhayal sendiri... tapi entah buku yang lain ga bisa kayak gitu hahahaha...

      Delete
  7. Gw juga suka baca komik sailormoon mel hehehe.. dulu koleksi komik cantik gw ada 2 box besar dan gw pernah bikin perpustakaan kecil2an di rumah gw,yg mau baca silakan mau pinjem juga boleh.
    Eeeh tau2nya bukunya ada yg ga dibalikin *sakitnya tuh disini haha*

    ReplyDelete
    Replies
    1. koleksi komik gua juga banyak... dari yg 3000 perak ampe yg diatas ceban hehehe... tapi ada beberapa yg ludes kena banjir *hiks*

      gua juga ada tuh... beberapa komik dipinjem temen ampe skrg ga balik2 hahaha...

      Delete
  8. gw kebalikan ci, gw lebih suka baca novel dibanding komik.. merasa lebih seru aja ikutin jalan cerita novel hihi
    semoga baby J hobi baca yah biar pinter (kan buku adalah jendela dunia), moga kesampean punya perpusnya terus gw boleh mampir numpang baca hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalo gua dibiasakan membaca, bakal lebih suka baca novel juga kali ya hehehe...

      uda kepikiran sih, si J harus dibiasain baca sedini mungkin hahaha...

      Delete
  9. wah sama nih Mel kaya Seno paling demen ke gramed walau cuman liat2 doang trus kl diskon 30% surga dunia hahahha main beli2 aja bacanya belom tentu itu di dalem lemari buku banyak bgt yg masih tersegel *_* yg penting punya dulu dgn harga diskon masalah baca bisa urusan belakangan hahahha

    tp dari semua buku pas baca harry potter bagus pake banget pas ngayal juga seneng dan pas dia bikin film dia bener2 cari tokoh yg sesuai bayangan loh...duh favorite deh film sama novel ini :)

    baby J boleh tuh nanti baca2 buku alkitab kan ada versi cerita sederhananya hehehe atau dongeng2 binatang gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, samaan ama seno... itu buku2 di lemari juga masih banyak yg disegel hahahaha... dulu kalo ngedate di mall, mesti harus mampir ke gramed hahaha..

      aku juga suka banget ama harry potter, baik bukunya maupun filmnya... apalagi makin ke belakang filmnya makin bagus...

      uda kepikiran ci, tiap malem sebelum bobo mau dibacain buku hehehe...

      Delete
  10. Sama Mel, aku juga lebih suka komik yang banyak gambarnya hahaha
    Emang harus dibiasain dari kecil sih ya Mel, semoga nanti baby J juga suka baca buku ya kayak papa Seno :D
    Wah kalo perpustakaan Do Min Joon sih keren abis itu Mel, amin ya Mel hihiihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang harus dibiasain... kalo ga tar jadinya kayak aku, susah baca buku yg isinya tulisan semua hahahaha...

      amin amin...

      Delete
  11. Wah, gua malah gila buku, Buku gua pas pindahan sampai dijual2in ke toko buku bekas, sisanya diloak. Kekumpul beberapa kardus besar sampai sedih banget. Hbs gak ada tempat buat nyimpennya. Gua kalau ke bazar buku, pameran buku di Jhcc ataupun kantor gramed bisa kalap beli belasan. Syukurnya ketemu suami yang pecinta buku berat juga jd gak saling komplen huaha... Kalau komik suka juga, serial tertentu candy2, kungfu boy dan topeng kaca (ketahuan beda jaman sama elo deh Mel):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak suamiku ci, waktu pindahan bawa dus isinya buku semua... lebih banyak bukunya ketimbang baju2nya hahahaha...

      candy2 dulu aku suka baca juga, tapi ga ngikutin banget... lebih ngikutin sailormoon hahaha...

      Delete
  12. gua suka mira w mel... menurut gua ga ada novel2 indonesia yang lebih bagus dari novel2nya mira w hahahaha...
    kalo novel terjemahan gua malah ga demen :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua cuma sekali baca mira w, itu juga ga ampe abis des hahahaha... lebih seneng nonton sinetronnya hahaha... dulu kan suka ada sinetron yg diambil dari novel mira w...

      Delete
  13. setujuu.. kudu biasain baca ke anak2 sejak usia dini. jojo gue biasain baca buku dr umur 1 taon. sekarang nagih die bs 4 buku minta terus baca buku. untunglah banyak lapak jual buku bekas biar emaknya ga bangkrut.. heuehe

    salam kenal ya btw. keknya first time comment di sini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga :)

      betul, emang bener kudu dibiasain... tapi mendingan beli buku sih daripada beli mainan hahahaha...

      Delete
    2. eit. mainan juga penting loh.. tp jangan sekedar mainan. harus yang edukatif. supaya bs stimulasi otak anak. kalo mau hemat, kudu rajin googling buat mainan sendiri. tapi kudu rajin tuh.. kalo gue tipe emak malas.. huaahahaha

      Delete
    3. mudah2an nanti bisa rajin bikin sendiri, biar hemat hahahaha...

      Delete
  14. toss mell, gw juga demennya baca komik.. wkwkkwwk... klo derwin macem", bacaan yg nambah ilmu dia demen.. kek novel" gt dia ga suka..

    gw juga mau biasain klo pnya anak, bacanya yg ada ilmu pengetahuannya.. gak cuma komikk doank.. :P wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. seno juga demen tuh bacaan yang nambah ilmu hahaha... pokoknya segala buku dia demen dah hahaha...

      iya jur, kudu dibiasain...biar dia bisa baca buku yg isinya tulisan semua hahahaha...

      Delete
  15. Waaaaaaah. Gw mupeng lihat lemari bacanya mel. Kalo melihat kalian kok gw yakin tanpa perlu berupaya keras baby J bakalan seneng baca ya.

    ReplyDelete
  16. wahh bagus lemari nya mel.....koleksinya banyak bangettt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu 90% koleksi suami semua ci... punyaku paling cuma seuprit hahahaha...

      Delete
  17. kalo gua malah kebalikan elu. Dulu gw demen bgt baca, sampe penuh lemari2. Eh makin gede malah makin ngga bisa baca buku tebel2 =)) Demen beli nya tapi ga bacanya mah perkara lainlah ya =))

    Sekarang bacanya blog aja deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya, sekarang juga lebih sering baca blog ketimbang buku :))

      Delete
  18. Buku cerita anak-anak itu menyenangkan sekali lho Mel. Gambarnya bagus-bagus, ceritanya juga simple. Gue dari jaman dulu belum married juga udah suka koleksi, karena gambarnya bagus-bagus. Sekarang udah punya anak, ya makin menggila lah mengoleksi buku anaknya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg gambarnya bagus2 kebanyakan yg impor punya jel... yg lokal jarang sih gua ngeliat ada yg gambarnya bagus hahahaha...

      Delete
  19. Ciii Mel aku baru sempet bw nih! Hihihi. Wah aku mah lemari segitu kurang banget, waktu di rumah lama pake lemari gede banget taroh di satu ruangan kecil trus dipakein karpet, jd kya perpustakaan mini.. Biasa tetangga suka main kesana :D Pas mo pindahan baru deh buku2nya dijual, mayan bisa bantu mreka yg gada uang/waktu buat beli, bs nambah uang saku juga :D

    Semoga ntar papanya baby-J bs punya perpus mini juga yah, selamat menunggu hari lahir :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga kurang grace, masih ada setumpuk buku yang ga muat masuk sana hahahaha... kalo si suami ga bakal mau ngejual buku2nya... maklum, belinya susah payah, plus ada beberapa buku yang ga tau ada lagi apa ga hahaha...

      amin amin... thank you grace :)

      Delete
  20. Waa banyak bukunya. Gw jg dulu seneng baca, tapi gatau knp nih belakangan jadi males. Banyak novel2 yg udah dibeli tapi masih cakep dibungkus sama plastik. Padahal kalo udah baca mau brenti aja susah bener kan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. belakangan gua juga males baca komik hahahaha... paling masih baca miiko sama conan doang... gua ga mau berenti itu cuma pas baca harry potter ama komik doang, sisanya masih bisa ditinggal makan hahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...