14 October 2014

Jayden's Birth Story

Buat yang ngikutin instagram dan facebook gua pasti uda pada tau kalo baby J uda lahir. Berikut ini cerita lengkapnya.

Dari minggu ke 29, tensi gua uda mulai tinggi. Dokter nyuruh buat stop makan yang asin-asin dulu. Jadi semenjak itu, gua makan semua makanan yang hambar. Gua juga rajin minumin jus seledri, belimbing, maupun belimbing wuluh yang konon katanya bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tapi di kontrol berikutnya, tensi ga turun-turun. Di minggu ke 35, dokter bilang ini siap-siap kalo seandainya harus operasi caesar, karena ya itu, tensi gua ga turun-turun. Puncaknya di minggu ke 37, tensinya malah semakin tinggi, yaitu 160/110. Gua juga ga tau kenapa, padahal sebelumnya normal-normal aja.

Akhirnya di kontrol terakhir, yaitu di minggu ke 37, dokter bilang bayinya harus segera dilahirkan. Kalo kelamaan di dalem, malah bahaya buat gua dan si bayi. Jadilah pas usia kandungan uda pas di minggu ke 38, gua menjalani operasi caesar. Pas terakhir kontrol, dokter juga bilang, ini siap-siap kalo bayinya kecil, karena tensinya tinggi, otomatis asupan makanan ke janin juga berkurang.

Dokter suruh kita milih antara tanggal 8-12 Oktober, yang mana di tanggal tersebut umurnya emang uda pas 38 minggu. Dan kita milih tanggal 9 Oktober. Kenapa ga tanggal 10? Rame euy di hari itu, hahaha. Dari beberapa malam sebelumnya, gua uda mulai gelisah. Ya gimana ga takut coba, masuk rumah sakit aja ga pernah, apalagi operasi. Si suami sering banget nenangin gua. 

Penampakan terakhir jadi bumil. Pose dulu sebelum ke rumah sakit buat dibelek.

Di tanggal 9 Oktober, gua uda bangun jam 5 pagi, lalu mandi, dan langsung berangkat ke rumah sakit. Sekitar jam 6, mulai menuju kamar bersalin buat tes darah, ukur tensi, dan lain sebagainya. Tensinya pagi itu tetep tinggi, 130/90. Lalu gua disuruh balik ke kamar. Kebetulan kita uda dapet kamar. Jadwal operasi gua jam 9, jadi gua nyantai-nyantai dulu sambil menenangkan diri. Ternyata jadwalnya dimajuin ke jam 8, karena yang seharusnya jam 8 harus nunggu stok darah dulu. Jadi sekitar jam 7an, gua mulai dibawa ke ruang....entah namanya ruang apa.

Yang bikin gua makin ga tenang adalah...ternyata suami ga boleh masuk. Haiz! Gua pikir tuh kayak di film-film, hahaha, kalo lahiran si suami megangin tangan istrinya. Ternyata ruang operasi itu harus steril, jadi ga boleh ada yang masuk. Gua makin dag dig dug dong. Di ruang yang entah namanya apa itu, punggung gua diolesin krim apa entah namanya, lalu diinfus. Lalu ada dokter anestesi dateng memperkenalkan diri. Dan ga lama kemudian, susternya ngomong, "Ya ibu Melissa, mulai giliran operasi ya." Satu ruangan itu ada 2 orang, ini uda kayak nunggu giliran diapain aja, hahaha.

Lalu gua pun digiring ke ruang operasi. Sumpah itu ruangan nakutin banget. Gua jadi inget film ER, Dr. Jin, dan film-film dokter lainnya. Ada lampu-lampu di atas, lalu dokter-dokter yang mukanya ditutupin. Dan yang bikin gua makin panik, gua sendirian disono, menggigil kedinginan ampe gemeteran. Alhasil tensi gua langsung naik jadi 190, hahaha. Kali ini gua beneran takut. Ga lama dokter anestesinya mulai nyuntik obat bius di punggung bagian bawah. Dan kaki gua mulai berasa anget, dan mati rasa. Dokternya nanya, "saya cubit-cubit berasa ga bu?" "ga berasa dok" sambil dalam hati komat kamit "Tuhan Yesus, tolong kuatkan saya dan dede ya"

Ga lama kemudian ada bapak-bapak yang ngomong, "sekarang jam 8, kita mulai operasi caesar" Lalu si dokter dateng sambil ngomong, "Melissa, kenapa tensi kamu naik?" Gua cuma bisa nyengir sambil ngomong dalam hati, "Takut tau!" Hahahaha. Dan kira-kira 15 menit kemudian, lahirlah bayi mungil yang selama ini ada di perut gua....

Jayden Alexander Hartawan!

Dengan berat minimalis 2460 gram, dan panjang 47 cm. 


Ini foto yang pertama kali beredar di BBM. Coba yak, bukan foto ama emaknya dulu, malah foto ama bapaknya dulu, hahaha.

Begitu lahir, Jayden langsung ditunjukkin ke gua, dan sempet gua kiss-kiss juga mukanya, lalu dibawa keluar buat dikasih liat ke papinya. Gua cuma bisa denger nangisnya doang. Oek-oek kenceng banget. Ampe gua mikir, ini anak gua baik-baik aja kan, koq nangis ampe cetar membahana ga berenti-berenti, hahaha.

Setelah itu, gua teler, ga tau lagi apa yang terjadi. Samar-samar gua inget digiring ke ruang yang namanya ruang pemulihan. Begitu antara sadar dan ga sadar, gua digiring lagi ke kamar. Pinggang ke bawah masih mati rasa. Mulai bisa gerak-gerakin kaki itu jam 7 kalo ga salah. Dan gua baru boleh makan begitu uda kentut. Baru kali ini gua ngerasa kentut itu jadi suatu hal yang amat berharga, hahaha. Sekitar jam 2 malem, gua uda kentut, dan akhirnya boleh makan juga.

Demikianlah cerita proses kelahiran Jayden. Lalu apakah caesar itu sakit? Operasinya sih ga sakit, tapi bener yang semua orang bilang, udahannya sakit. Bahkan ampe sekarang pun gua masih ngerasa nyut-nyutan. Tapi di hari berikutnya, gua paksain jalan biarpun sakit-sakit juga. Pikirannya mau ketemu Jayden deh, jadi harus semangat. 

Dan gua sarankan ke siapapun, kalo bisa lahiran normal mending normal deh. Nahan sakit bekas operasi sambil ngurus baby itu stressnya minta ampun. Ya, kecuali dokternya jago banget ya kayak dokternya Dina, ampe ga berasa sakit, hahaha.

Puji Tuhan, Jayden lahir dalam keadaan sehat. Kecuali beratnya yang minimalis, semuanya sehat-sehat aja. 

Pertama kali dibawa ke kamar gua. Cuma gua belom bisa nyusuin karena masih di bawah pengaruh obat bius.

Foto yang diambil hari ini.

Hayo! Siapa yang bener nebak namanya? Hahaha. Jayden itu diambil dari bahasa Yunani, dan dari kata Jaddon, yang artinya "Didengar oleh Tuhan" sementara Alexander diambil dari nama tengah salah satu orang gereja yang ngebet banget namanya pengen dipake, hahaha. Kebetulan pas kita liat, artinya bagus juga, sementara Hartawan diambil dari nama belakang opa-opanya. Kita berharap, anak ini akan jadi pemimpin yang selalu didengar oleh Tuhan dan kaya akan hikmat, kebijaksanaan, dan ilmu pengetahuan.

Postingan berikutnya (kalo sempet), gua akan cerita serba serbi jadi ibu baru. Jadi siap-siap ya, mulai sekarang blog ini akan dipenuhin sama cerita-ceritanya Jayden, hehehe. 

69 comments:

  1. Welcome Jayden! :) ganteng Mel si jayden. Bokapnya seneng banget dapet kesempatan poto pertama. Hihihi.

    ReplyDelete
  2. Gue masih berharap namanya Jeremiah or Jokowi hwhahahahah... *teteup*. Wah akhirnya lu malah C sectio ya. Gpp yg penting sehat semuanya. Semangat ngasih ASI ya Mel!! Biar berat badan J cepet nambah dan jadi chubby.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadinya mau jokowi, tapi nanti anak gua dikira presiden wahahahaha... iya le, akhirnya caesar, tapi ya sudahlah... puji tuhan jayden masih asi dan asi gua keluar, ini nanti diceritain di postingan selanjutnya dah hahaha...

      Delete
  3. ^hahaha komennya Leony, Jokowi :))

    Congrats again ya Mel! Asi lancar & semoga cepet pulih dari operasi cesar. Sehat2 buat lu & Jayden ^^

    ReplyDelete
  4. Welcome baby Jayden, semoga sehat2 dan jadi kebanggan org tua nya yaaa...
    Semoga mamanya juga cepet pulih yaaa...God bless your little family...

    ReplyDelete
  5. selamaattt yak :) jadi inget dulu lahiran yang pertama juga waktu di ruang operasi langsung melonjak tensi darahnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you cici :) hahaha... ternyata daku tak sendiri... emang ruang operasi tuh nakutin banget...

      Delete
  6. congratz again Ci..
    tenang aja.. nanti juga baby J bakal berat..
    siap2 pegel gendongnya.. hehe..
    ditunggu cerita2 serunya.. wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you feny :) ga usah tunggu nanti, sekarang aja uda pegel gendongnya... ampe ini tangan uda mati rasa hahahaha...

      Delete
  7. Hartawan dari nama opa2nya? emang nama opa Jayden dari lo n dari seno sama?

    ReplyDelete
  8. Welcome to the world jayden sehat2 selalu ya dede dan jadi anak yg takut akan tuhan ^^ conglatz ya mel dan cepet pulih kembali ya

    ReplyDelete
  9. welcome Jayden, cute dan ganteng ci :)
    semoga ASInya lancar jadi cepet naik yah beratnya dd Jayden, moga cepet ci pemulihan pasca operasinya jadi lebih kuat mengurus baby,
    enjoy your motherhood ^__^

    ReplyDelete
  10. Welcome Jayden.. salah donk gua tebaknya jason. hehehe.. :D

    Congrattt yaah mel dan seno. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you epi :) semoga lu cepet nyusul ya hehehe...

      Delete
  11. ahhhh gak terima Mel tadi udah mau nebak Jayden anak Olive, tapi karena dibilang gak berbau barat akhirnya ganti haluan ke Jevan anak Nola haahhaah

    yang penting selamat dulu yah Mel, masalah berat nanti bisa gede sendiri kok selama asupan tercukupi...

    semangat untung asi mengasinya (bisa sambil nonton korea loh kl bergadang) hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan berbau barat ci, tapi berbau alkitab hehehehe...

      iya, dokternya juga bilang gitu... yg penting kecil di dalem tapi ibu dan anak selamat, daripada nunggu gede malah bahaya...

      Delete
  12. Congrat mba Mel, and welcome baby J :D

    ReplyDelete
  13. welcome baby Jayden..gw excited banget baca cerita kelahiran nya. hehehe.
    jayden mirip sama seno ya kalo diliat2 dari fotonya. :)

    congratz mel & seno, semuanya sehat2 aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih? coba diliat baik2...idungnya itu idung gua loh hahahaha...

      thank you :)

      Delete
  14. Congratulations again ya mel....

    Jayden is so cute... :)

    ReplyDelete
  15. Congraaaaaaatss meeell. Eh kok perasaan pernah baca dimana gitu skrg kalo sesar gak perlu nunggu kentut udah boleh minum ya? kok lo lain ya? Gw ngebayangin dari jam 5 pagi sampe jam 2 pagi gak boleh makan dan minum? omggg pasti laperrr + haus amat sangat gak sihh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya rata2 gitu ya? kudu nunggu kentut dulu... bukan dr jam 5 mel, tapi dari jam 12 malem sebelumnya hahaha... kan kudu puasa dulu... laper sih engga, kan diinfus cuma mulutnya kering pengen kena air...

      Delete
  16. congrats mel, gw nebak namanya bener nih, coba u bikin giveaway, gw kan pengen banget menang sekali2, hehehhee.
    smoga jayden tambah chubby ya, dan u cepet pemulihannya. i feel you deh sakit abis cesar itu sesuatu bingits lah...smoga asinya nanti lancar jaya ya..
    btw kok gw doank yg ga merasakan seremnya ruang operasi ya? gw malah ngantuk2 pengen tidur disana, hihihi.
    ditunggu kehidupan new mom nya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kapan2 bikin giveaway deh hehehe...

      thank you :) iya bener, pasca caesar itu sakitnya amit2 dah hahaha... mungkin karena gua disuntik aja takut, apalagi dioperasi hahaha...

      Delete
  17. Seru yah deg2an gitu.. hahaha.. congrats again Mel.. selamat jadi Ibu baru.. hihi..

    ReplyDelete
  18. Selamat dedenya udah lahir ....!!!
    kalo gendong pake tatakan bantal aja tangannya jadi ga pegel hehe,
    Soal nama, bukannya nama anak ikutin nama keluarga bapaknya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you bertha :)

      tatakan bantal baru punya, jadi baru kepake hahaha... bapaknya ga punya nama keluarga, jadi kita ciptain nama keluarga sendiri hahaha...

      Delete
  19. Woohoo congrats kak mel & seno... Welcome to the world baby Jayden.. semoga nanti asinya lancar yah kak mel jadi baby J bisa nambah beratnya :)))

    ReplyDelete
  20. Congratz Mel :)

    Semoga baby Jayden sehat2 dan mommy cepet pulih ya :)

    ReplyDelete
  21. Cihuyy.. Selamat lagi Mel :D Hey baby Jayden, gak sabar baca tumbuh kembangmu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you py :) bapaknya malah ga sabar nunggu dia punya pacar wahahahaha...

      Delete
  22. Congrats again Mel & Seno, baby Jayden mirip banget sama papanya :)
    Gpp Mel skrg kecil, tar pasti bisa cepet gede koq :D
    Btw, masih di rumah sakit apa uda pulang Mel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you sur :) coba diliat baik2, itu idungnya idung gua loh hahahaha...

      sekarang uda pulang sur...

      Delete
  23. Congrats yah Seno & Mel udah jadi mama papa skrng.
    Gw juga dulu ngalamin pengalaman kaya elo mel masuk ruang operasi sendiri dan mirip kaya di ER gt tapi gw operasi tulang hahaha

    Sehat terus yah dede Jayden,makin ndut. So happy for u

    ReplyDelete
  24. Congrats ya Mel & Seno, welcome to the parenthood :)
    Gw udah mo nebak Jayden tapi ga sempet komen...haha...

    Semoga cepet pulih yah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you cici :) nama jayden ternyata laku ya kalo di barat sono hehehe...

      Delete
  25. Congratsss mel, welcome babay Jayden. semoga jadi anak yang berbakti sama ortu, sehat selalu ya. Get well soon Mel, happy parenting, selamat begadang. tetep semanget yaaa :)

    ReplyDelete
  26. Welcome to the world yah baby Jayden :)

    Selamat yaaaah buat Mellisa & Seno :)

    Mudah2an Jayden bisa jadi anak yang berbakti dan pemimpin yang baik sesuai dengan namanyaaaa :)

    *cubit-cubit pipi Jayden*

    ReplyDelete
  27. welcome Jayden...nahh tebakan gua waktu itu nyaris bener yaa mel....semoga ibu dan bayinya sehat selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you cici :) iya... tebakan cici nyaris bener hahaha...

      Delete
  28. walau udah ngucapin di FB en IG, skali lagi lah disini biar rame ya mel.. selamat jd ibu baru ^^ Welcome baby jayden! Nanti nama anak keduanya Bryan ya mel.. biar samaan lagi nama anak kita hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you liv :) kalo anak kedua cowo lagi...mungkin bisa dipertimbangkan hahahaha...

      Delete
  29. Hahaha aku baru bacaaa ! Beratnya gak jauh beda ama Mika sih, tp tenang aja Mel, gak lama udh berat tuh baby Jay ... Aku suka namanya!! Pernah ada di listku tuh 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you cha :) tapi kayaknya mika lebih berat ya hehehe...

      Delete
  30. Wow tensi lo tinggi banget ya. Dulu gue pas hamil juga masalah sama tensi, tiap bulan concern-nya obgyn gue itu selalu tensi, sampe gue diresepin aspirin terus buat mengencerkan darah, supaya asupan ke bayi lancar.

    Ternyata Jayden mungil ya, minum ASI-nya yang kuat ya, nak. Biar cepet besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal awal2 normal loh, sempet tinggi sih di awal tapi seterusnya normal... tinggi pas mulai trimester 3... dan berat babynya normal2 terus ampe 2 kali kontrol terakhir mulai kecil...

      Delete
  31. Selamat datang Jayden, gpp beratmu minimalis nanti bisa cepat besar juga ko yg penting sehat ya :) . Beda negara dan beda rs beda aturannya kali ya Mel. Waktu aku operasi suami ada disamping, iya kaya di filem2 megangin tanganku hehe. Suami pakai baju khusus utk masuk ruang operasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini juga ada beberapa rumah sakit yg ngijinin suaminya masuk.. ga tau kenapa di rumah sakit tempatku lahiran ga boleh...

      Delete
  32. gw baca kok ikut deg2an yah, gw juga ga perna ngrasain operasi cesar.. soalnya gw takutt dibelek... Tapi lairan normal kmren juga sakit banged kok, sama-sama sakit lah namanya lairan wakakak. kecuali dokternya ade gw, doi juga bilang kaga sakit tuh (cesar juga).Di RS mana kmren?

    gw benerrr nebak namanya *ngacung*

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi pada bilang kalo normal udahannya ga sakit... kalo cs, udahannya sakit... nahan sakit sambil ngurus baby itu bikin stress hahahaha...

      kemaren di rs family :)

      Delete
  33. selamat ya mel.. enjoy motherhood! :)

    ReplyDelete
  34. Hi Mel, salam kenal ya. Selama ini sering mampir buat liat-liat pregnancy stories nya tapi blm pernah comment. Congrats on the birth of Jayden yah! semoga cepet pulih!

    ReplyDelete
  35. Selamat ya Mel..
    Wah nama belakangnya Jayden, Hartawan.. ntar klo banyak harta, onty dibagi2 yaaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you :) nanti jayden bagi2 onty deh hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.