12 November 2014

Cerita Tentang ASI Part 2

Jayden uda sebulan loh. Perkembangan dia selama sebulan ini nanti gua posting terpisah. Dan walaupun uda sebulan, masih ada aja kado yang dateng, hahaha. Emang rejekimu ya nak.

Thank you ci Elisa. Kalo uda muat, bajunya pasti dipake ama Jayden. 

Sebelum menulis inti postingan ini, gua mau bilang kalau gua mendukung ibu manapun yang berniat memberikan asi eksklusif untuk anaknya. Tapi gua juga ga mau menghakimi ibu yang ngasih sufor ke anaknya, atas pertimbangan apapun. Buat gua, semua ibu pasti akan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Jadi mau ngasih ASI atau sufor, mereka tetep ibu yang hebat.

Jadi melanjutkan postingan sebelumnya tentang ASI. Setelah ngobrol-ngobrol sama jeng Dina, dimana dia bilang nyusu itu hanya dari satu payudara, lalu payudara lainnya dipompa untuk stok. Gua pun mencoba ngikutin anjurannya dia. Lumayan, bisa nyetok beberapa botol. Hari pertama, hari kedua, semua berjalan mulus. Jam minum anaknya lumayan teratur 2 jam sekali. Dan sejak itu juga gua stop menggunakan botol susu, jadi Jayden langsung minum dari pabriknya.

Masalah terjadi di hari berikutnya. Dimana Jayden kerjaannya nyusu-tidur-taro di box-nangis-minta susu-nyusu lagi. Begitu terus ampe beberapa jam. Ya gua tau sih, cowo itu minum susunya kuat, tapi masa iya terus-terusan begitu. Gua sih ga masalah dia mau minum terus, tapi jam tidurnya Jayden jadi berantakan. Padahal tidur itu penting banget untuk anak seumur dia. Dan ini terjadi selama beberapa hari, ampe gua stress sendiri karena anaknya nangis-nangis mulu minta nyusu. Menurut si suami sih karena selama nyusu langsung itu dia banyak ketidurannya, jadi ga banyak asupan yang masuk, makanya ga kenyang-kenyang.

Akhirnya gua mulai lagi menggunakan botol susu, biar gua bisa tau dia uda minum berapa banyak. Lagian kalo pake botol susu kan kemungkinan dia ketiduran kecil. Lumayan sih, anaknya lebih anteng, tapi jamnya tetep ga teratur Nanti bisa 2 jam, bisa 1 jam, bisa kurang dari 1 jam. Tapi setidaknya, Jayden jadi bisa lebih banyak tidur. Cuma karena gua penasaran, besokannya gua stopin lagi botol susunya, hahaha. Dan hal yang sama terjadi lagi, anaknya kayak ga kenyang-kenyang.

Sampai gua menemukan metode yang bikin anaknya tidur pules, yaitu nyusuin sambil tiduran. Memang tiduran itu ga direkomendasiin sih, tapi itu bikin Jayden jadi kenyang dan tidurnya pules, jadi ya sudahlah. Ga terus-terusan sambil tiduran sih, kadang sambil duduk juga anaknya uda kenyang, tapi kebanyakan ya sambil tiduran.

Lalu hari Sabtu kemaren, gua kembali berkunjung ke klinik laktasi di Carolus. Karena gua penasaran, apa selama ini posisi gua nyusuin itu uda bener apa belom. Lumayan sih, disana dikasih tau cara nyusuin yang bener, cara masukin puting ke mulut bayi, cara mijet-mijet payudara, dan cara merah pake tangan. Untuk hal yang terakhir, gua lakukan di awal-awal merah dan selalu berakhir pake pompa, hahaha. Abis merah pake tangan bikin ASInya muncrat kemana-mana. Tapi tetep gua coba sih, kan sayang uda bayar ke klinik laktasi kalo ga dicoba, hahaha. Setelah dari situ, jam nyusunya Jayden jadi lebih teratur.

Sekarang, Jayden nyusu langsung juga, dan pake botol susu juga. Kata dokter untuk mengejar berat badannya. Lagian emang bener kata orang-orang, anak laki itu nyusunya kuat. Pernah sekali gua kasih 80ml dan dia masih minta, hahaha.

Masalah penggunaan botol emang diharamkan sih, tapi gua ga terlalu kaku banget lah. Pernah gua coba kasih minum pake sendok. Yang ada begitu itu sendok lagi jalan ke gelas, anaknya nangis meraung-raung ga sabaran, hahaha. Jadi ya botol susunya tetep kepake. Dan bersyukurnya, anaknya tetep mau nyusu langsung.

Dan masalah kenapa dia mau nyusu terus kayak ga kenyang-kenyang, setelah gua browsing-browsing, gua menemukan istilah yang masuk akal, yaitu growth spurt. Apa itu growth spurt, bisa dibaca di artikel ini, hahaha. Kepanjangan kalo dijelasin disini. Dan sesuai artikel tersebut, Jayden mengalami growth spurt di minggu ketiga, dan sekarang uda mulai normal lagi.

Ga berasa, uda satu bulan Jayden full ASI tanpa campuran apapun. Melewati satu bulan ini tentu bukan hal yang mudah. Di awal-awal, puting gua nyeri banget ampe pernah berdarah. Dan pernah satu hari saking ga tahan ama nyerinya, gua ampe nangis-nangis, hahaha. Untung ada suami yang selalu mendukung. Begitu juga dengan semua keluarga lainnya. Saking mendukungnya, nyokap ampe beliin daun katuk mulu. Ampe gua eneg-eneg makannya, hahaha. Target gua ngasih ASI minimal 1 tahun dan maksimal 2 tahun. Berarti masih ada berbulan-bulan lagi. Semangat!

Hari kedua, dimana gua bisa langsung nyusuin Jayden. Dia masih mungil banget. Sekarang? Uda mulai ndud dong. Gendongnya aja uda mantep, hahaha.

34 comments:

  1. tenang mel, dulu si grace juga pernah ada mingu2 yg dia kaga mau lepas dari t*ket gw hahaha.. daripada pusing gw mikir positip aja kl itu emang fasenya growth spurt. Eh bener loh, setelah minggu itu selesai keliatan kalo pahanya tambah ndudd hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener... daripada gua stress mikir apa asinya kurang, mending mikir kalo itu emang growth spurt hahahaha...

      Delete
  2. Eh eh maksud gw waktu itu bukannya Jayden cuma boleh nyusu dari 1 PD aja ya Mel *takut salah ngerti*. Kalo dia belom kenyang, sodorin yang satu lagi lah. The point is... abis nyusuin, harus rajin mompa, biar stock ASIP nya nambah terus, dan produksi jalan terus. Gitu... Jadi kalo misalnya nyusuin kanan, terus J minta lagi, kasih kiri... Abis itu, pompa yang kanan dulu (dan kalo gw sih, pompa kiri juga karena ASI gw ga seberapa banyak). Dan begitu seterusnya. Biar ketampung sedikit juga lumayan, jadi bisa menabung kalo nanti lo udah mulai kerja. Karena...percayalah, kalo lo niat ASIX, dan baru mulai nabung di bulan terakhir sebelum kerja, nanti malah kejar tayang.

    Btw gw baru tau emang nyusu sambil tiduran kenapa ga bagus? Bukannya itu malah disarankan ya buat newborn2 kaya Jayden karena nyusunya masih seriiiing banget. BIar mamanya ga kecapean dan cepet pulih juga sambil bisa tetep nyusuin.

    Soal growth spurt... ya akan terjadi terus sih itu. Gw juga sempet kok kaya nyusuin ga kelar seharian. Haha. Sekarang nih kayanya lagi growth spurt lagi, makaaaaaaaan mulu ga kelar-kelar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua nangkepnya gitu loh hahahaha.. soalnya di carolus juga diajarinnya gitu, nyusu dari satu payudara, kalo dia masih laper, kasih asi yg diperah... dan hari pertama hari kedua masih bisa dari satu payudara.. yg pas dia maunya nyusu terus tuh gua kasih deh dua2nya hahahaha... tabungan gua sih uda lumayan, cuma yg awal2 pompa gua kasih juga, buat ngejar berat badannya...

      kemaren di carolus sih bilang nyusu sambil tiduran tidak dianjurkan... takut emak dan anaknya ketiduran, ga ada yg ngawasin... tapi itu efektif banget di jayden, jadi dia bisa bobo pules.. jadi ya sudahlah hahahaha...

      mau cepet gede berarti kalo raka makan mulu ga kelar2 hahhaha...

      Delete
  3. semoga ASI nya lancar terus dan Jayden tumbuh sehat yah ce Mel.. semangaat2 ASI nya :)

    ReplyDelete
  4. Kalo pengalaman kita malah kebalik. Andrew minum susu nya gak banyak. Sekali minum gak bisa banyak kalo gak ntar muntah. Si emma malah yg kuat banget susunya. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebalik ya ama emma hehehehe... yg penting andrew sehat deh ko...

      Delete
  5. Semangat mel.
    Growth spurt memang melelahkan tapi pasti berlalu (dan datang lagi kemudian...hahahah)

    Happy pumping, mak.

    Eh btw. Merah pake tangan kadang lebih enak drpd pake pompa. Lebih kosonh gitu kayanya PD.
    Terutama daerah putingnya.. puting situ kan justru gudangnya asi.
    Klo pake pompa enth kenapa daerah situ malah suka ga kepompa..

    Klo merah pake tangan, biar ga muncrat kemana2, pake wadah yg lehernya gede mel. Kaya botol avent gitu.
    Gue malah pake gelas yg gede..hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini uda berlalu sih na, dan belom dateng lagi hahahaha...

      gua biasa merah pake tangan itu emang di akhir2 mompa... itu kan biasa tinggal sisa2, jadi ga muncrat2 hahahaha...

      Delete
  6. Kalo pas masamasa growth spurt mah emang luar biasa Mel nyusunya. Meskipun berat istri gw dulu juga bangun berkalikali buat nyusuin da yes paling nyaman sambil tiduran katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang iya, nyusuin paling nyaman ya sambil tiduran... lebih rileks... hahaha..

      Delete
  7. hebat juga mel...full Asi gitu...semoga sehatt selalu deh si Jayden..kalo pake sufor kan suka banyak masalahnya...radang lah...infeksi pencernaan lah...*pengalaman pribadi..hahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga sebabnya aku bertekad kasih asi eksklusif, biar anaknya ga sakit2an... mahal soalnya kalo sakit hahahaha...

      Delete
  8. mel, ikut nyimak dulu.. hihihi..

    tetep semangattt yah. lu pasti bisa kasih ASIX buat Jayden :)

    ReplyDelete
  9. Emang ya bayi kalo nyusu pasti suka ketiduran hihihi
    Semangat ya Mel, semoga ASInya lancar2 ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya harus selalu digangguin kalo pas ketiduran hahahaha...

      Delete
  10. Dulu Madeline juga suka gitu pas masih newborn, nyusu melulu. Sampe gue khawatir jangan-jangan susu gue nggak banyak, makanya dia laper melulu. Ini juga sih yang bikin capek, karena guenya jadi gak bisa istirahat, terus ujung-ujungnya jadi kayak mau baby's blues gitu.

    Semangat ya Mel ngASI-nya. Lo pasti bisa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga sempet mikir gitu, apa jangan2 asi gua dikit... tapi kan ga boleh mikir negatif ya, jadi ya anggap aja itu growth sprut hahahaha...

      Delete
  11. Gw juga perna crita di blog gw klo James juga minggu ketiga mulai nempel terus kaya koala, siklusnya: nyusu- ketiduran - taro box - langsung nangis lagi - nyusu lagi. Sampe gw bener2 ga tidur tuh semaleman sampe jam 7 pagi -_-
    Dan gw kepikiran mulu apa asi gw kurang dan stres2 sendiri. Eh tnyata tu kesimpulan gw ya emang usia segitu tuh dia merasakan kenyamanan kali ya klo nempel susu ibunya. Jadi gw nyusuinnya juga slalu sambil tiduran. Trus klo dah ga nyusu n gamau ditaro di box, gw tidurin diatas dada gw, gw tidur senderan di sofa. Yah drpd gw ga tidur sama skali kan hahahha
    Tapi lewat 3 bulan smua uda teratur, stok udah ada. Jadi feel more confident n tidurnya juga dah teratur. JIAYOU!! setaon pasti bisa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata aku tak sendiri hahaha... emang kayaknya di umur 3 minggu siklusnya gitu ya...

      jiayou!

      Delete
  12. kak mel semangatttt, semoga asinya lancar terus yaaaa, dan jayden bisa full asi :)

    ReplyDelete
  13. Semangat mel...pasti selalu ada jalan buat loe Full Asi, pasti happy banget pas liat jayden kenyang hbs nyusu kan hahhahaha berasa bisa menyenangkan anak sendiri

    ReplyDelete
  14. betul ci kata ci yance..
    keponakan aku kan campur asi n susu formula dari hari kedua dia lahir, eh pas minggu kedua dia masuk rumah sakit gara - gara infeksi saluran cerna.. katanya sih gara - gara ada bakteri gitu.. kasian banget deh..
    makanya usahain asi terus ya ci.. semangat!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden juga sempet dikasih sufor loh di rumah sakit, untung dia bae2 aja hehehe...

      Delete
  15. Semangat mel buat kasih ASI eksklusif buat baby jayden..
    semoga asi nya lancar terus.. :D

    ReplyDelete
  16. Sehat" slalu yah baby Jayden, smoga ASImu lancarr terus mell..
    Smangath ya momyyy ^^

    ReplyDelete
  17. Baca2 gini jadi tambah pengetahuan dehh :D Semangatt menyusui, Mel :D

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...