26 November 2014

Cerita Tentang ASI Part 3

Seperti yang ibu-ibu lain bilang, never ending question itu ga akan pernah abis. Hari Minggu kemaren kan Jayden perdana dibawa ke gereja, begitu juga emaknya, dan datanglah pertanyaan-pertanyaan yang uda gua duga, "ASI atau sufor?" Ya gua jawablah ASI. Tapi abis itu ada pertanyaan lanjutan,

"Banyak ga keluarnya?"

Nah...ini yang susah gua jawab. Masalahnya, gua sendiri juga ga ngerti apakah ASI gua banyak atau engga. Ipar gua bilang, kalo dia lagi nyusuin di payudara yang satu, satunya lagi bisa mancur kayak air mancur. Lah gua...boro-boro mancur, ngerembes aja kadang-kadang. 

Gua inget waktu pertama kali pompa, dapetnya cuma 30 ml doang. Ampe suster-yang-sok-tahu itu bilang, "kalo segini terus nanti bisa kurang loh" Tapi gua keingetan salah satu artikel yang pernah gua baca, kalo hasil pompaan itu bukan berarti produksi ASI kita cuma segitu. Dan lagi, gua percaya, ASI yang diproduksi itu sesuai dengan kapasitas minum si bayi. Buktinya, Jayden masih full ASI ampe sekarang. Sekarang sih kalo pompa hasilnya uda lumayan, malah kadang-kadang nembus angka 100. Dan stok di kulkas pun uda lumayan banyak.

Jadi kalo ditanya banyak apa engga ASI gua, gua cuma bisa jawab....

"Cukup"

24 comments:

  1. never ending questions yah mel.. walaupun udah punya anak.. :)
    Jangan dibawa stress mel, lama2 juga bisa banyak kok. semangat yah buat jayden.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga stress koq, cuma ya itu...bingung jawabnya kalo ditanya banyak apa ga hahahaha...

      Delete
  2. cukup kok untuk
    Jayden, sebulan naik
    1,1 kg

    ReplyDelete
  3. sebel ya kalo ada yg nanya kaya gitu..grrrr..
    kalo laen x ditanya gitu, bilang aja berlebih malah, liat aja baby nya makin montok selama 1 bulan ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... ga sebel sih, cuma kadang bingung aja jawabnya...

      Delete
  4. Dulu gue pernah konsultasi sama konselor laktasi, dia bilang: Yang penting ASI Ibu cukup untuk anak Ibu, nggak usah berlebih, yang penting cukup. Bukan cukup menurut Ibu tapi menurut anak Ibu.

    Semangat Mel!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga yang penting cukup dah... semangat!

      Delete
  5. Yes, setuju, jawaban cukup kayaknya pas bener #duajempol :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes! emang itu jawaban yang paling pas hahaha...

      Delete
  6. itu mah banyak Mel!!! gw kayaknya sampe 3 bln deh baru nembus 100ml. Kata konselor laktasi gw, yg kita pompa itu maksimal cuma keluar sekitar 70%, dan PD kita itu gak pernah kosong, makanya dun worry yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua ga ngerti dunia persusuan sih hahaha... dan lagi org2 pada bilang mereka mompa dapetnya 200 lebih, gua mah boro2 hahaha... kemaren ke laktasi juga bilang gitu, pdnya ga pernah kosong... makanya kalo abis pompa dan si jayden minta, tetep aja gua sodorin hahahaha...

      Delete
  7. bener bgt tuh never-ending question...Mau banyak mau dikit emang kenapa ya? Mau diminta buat minum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... mungkin penasaran karena anak gua tadinya mungil sekarang montok...

      Delete
  8. Meeeeel...
    pasti cukup kok Mel..PASTI!

    Soalnya kan semakin disedot, maka akan merangsang produksinya lebih banyak gitu Mel...jadi kalo menurut kita sedikit, itu artinya memang kebutuhan jayden mungkin masih segitu...
    Nanti semakin dia menyedot, tubuh ibu pun akan memproduksi lebih banyak kok...
    jadi nyantai aja dan jangan stres yah Meeel...pasti cukup kok, PASTI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga percaya pasti cukup hehehe... awal2 sempet stress, tapi sekarang uda dibawa nyantai aja...

      Delete
  9. Udah bisa 100ml pas masuk 2 bulan mah bagus banget Mel. Serius deh. Pede jaya aja jawabnya. Makin lu pede, makin banyak keluarnya. Pny keyakinan aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua pede kalo asi gua bakal keluar terus, masalah banyak apa engga...kayak yang gua bilang, yg penting cukup deh...

      Delete
  10. kunjungan perdana ni bu, salam perkenalan ya ^_^

    ReplyDelete
  11. iya semangat yaaa! emang bener kok ga perlu banyak yg penting cukup hihihi.. pokoknya timbangan naek sesuai umurnya brati uda bagus :D

    ReplyDelete
  12. Udah mantep dan bener jawabannya Mel :D

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...