22 January 2015

Balada Salesman

Gua bukan orang yang anti dengan salesman atau siapapun yang emang punya niat buat jualan. Tapi selama gua ga butuh barangnya, ya gua ga akan segan buat nolak. Contoh kayak sales kartu kredit di mall. Nyaris tiap kali gua ke ATM, pasti disamperin mas-mas atau mba-mba yang nawarin kartu kredit. Berhubung gua ga butuh, ya gua tolaklah, tentu nolaknya juga baik-baik, kan mereka nawarinnya juga baik-baik. Walaupun kadang annoying juga sih, mau ke mesin ATM malah diikutin.

Beberapa waktu yang lalu, ada mba-mba nelpon ke HP gua. Dia bilang dia dari salah satu produk pembersih debu, sebut saja produk mawar *bukan merk sebenarnya* hahaha. Dia tau no HP gua dari salah satu teman gua, dan dia menawarkan pembersihan debu di kamar gua secara gratis. Sebelum gua jawab iya, gua tanya temen gua dulu dong, begitu dia membenarkan, baru gua iyain. Namanya juga gratis, hahaha. Tapi gua tau, ini ga cuma sekedar gratis, pasti ujung-ujungnya mereka nawarin kita buat beli alatnya. Gua pikir ya gpplah, namanya juga orang nyari duit. Siapa tau produknya emang bagus dan gua berniat beli.

Lalu beberapa hari kemudian, datangnya si mas-mas salesman produk mawar beserta rekannya ke rumah. Tentu produknya dibawa juga dong. Dan seperti layaknya seorang salesman pada umumnya, si mas-mas ini memulai percakapan duluan.

Mas-mas salesman : "Selamat siang cici. Nama saya J dan ini rekan saya. Kami dari produk mawar mau menawarkan fasilitas pembersihan debu di kamar cici. Cici bisa liat demo produk kami. Saya minta nanti cici jawab sejujur-jujurnya ya"

Gua : "Iya mas"

Sambil dia dan rekannya sibuk beresin alatnya, si J ini pun mulai basa-basi,

J : "Uda lama ci tinggal disini?"

Gua : "Dari bayi sih"

J : "Wah...enak ya. Cici ada hubungan apa sama temen cici (dia sebut nama)?"

Gua : "Temen"

J : "Wah...pasti cici teman yang special sekali karena dia merekomendasikan cici mengenai produk kami"

Gua : *nyengir*

Si mas-mas ini ngomong dengan nada kayak orang ngobrol biasa. Begitu semuanya beres, mulailah dia mempresentasikan produk mawar ini. 

J : "Jadi cici...ini adalah.......bla bla bla bla"

Tiba-tiba nada suara dan gaya ngomongnya langsung berubah. Dia jadi lebih bersemangat. Pokoknya beda banget ama waktu basa-basi tadi. Gua pun emang harus mengakui kalo produknya emang bagus. Dan begitu dia selesai jelasin, sampailah pada masalah yang paling krusial, yaitu harga.

Gua : "Jadi ini harganya berapa ya?"

J : "Buat produk sebagus ini, harganya XX juta ci"

Gua : *bengong* 

J : "Bisa dicicil 12, 18, atau 24 kali ci"

Gua : *nyengir*

J : "J bisa kasih potongan diskon X juta kalo cici bisa kasih J 10 no HP teman-teman dekat cici"

Gua : "Aduh, engga deh mas. Mahal banget" (Lah kan tadi dia suruh gua jawab jujur, ya gua jujur dong, hahaha)

J : "Oke ci, saya selesaikan masalah cici ya. Gini, menurut cici, kesehatan itu penting ga ci?"

Gua : "Penting"

J : "Menurut cici, kalo cici hidup dengan debu sebanyak ini *sambil nunjukkin tempat air yang emang penuh debu* hidup cici bisa sehat ga?"

Gua : "Tapi Jakarta kan emang banyak debu mas"

J : "Iya ci, tapi kalo kita bisa meminimalkan debu-debu tersebut, saya yakin hidup cici bakal lebih sehat deh"

Gua : "Tapi harganya kemahalan mas"

J : "Tapi ini berhubungan dengan kesehatan loh ci"

Gua : "Tapi dompet saya nanti jadi ga sehat mas"

J : "Gini deh, menurut cici, bensin sekarang mahal ga?"

Gua : "Mahal"

J : "Terus kenapa cici masih mau beli bensin?" 

Pinter nih salesman.

Gua : "Butuh"

J : "Jadi karena butuh, walaupun mahal tetep cici beli kan? Sama kayak alat ini, walaupun mahal tapi cici butuh loh untuk kesehatan cici sekeluarga"

Gua : "Tapi menurut saya sih saya masih belom butuh alat ini mas"

Dan karena gua tetep bilang engga, akhirnya dia nyerah juga, hahaha. Tapi kamar gua tetep dibersihin sih. Ya maap deh mas, situ lagi ga hoki aja ketemu saya, hahaha.

Tapi salutlah ama si salesman ini. Kalo ga inget harganya yang ajubile, gua mungkin uda tergoda kali. Dan begitu dia pulang, gua baru inget satu hal........

Gua lupa kasih dia minum!

Gambar diambil dari gettyimages

36 comments:

  1. Duh ci Mel, kasian aus dia ngejelasin gak dikasih minum! Hahahaha. Btw, ini pertama komeng kesini setelah sebelumnya baca-baca banyak sih, salam kenal. nama kita sama nih! :)) Tentang salasman, tadi saya juga baru ditawarin produk asuransi dari kartu kredit yang baru saya terima, segala macem dia jelasin kaya ngehipnotis, ngomongnya bagus banget, hal positif yang bisa saya ambil, saya mau deh pinter bicara kaya dia, persuasifnya ok, jeleknya karena gak ngerti saya juga udah nolak baik-baik, teleponnya langsung saya matiin. Gak enak rasanya tp gimana dong :D Dia juga lagi gak hoki nih sama kaya mas salaesman penghisap debu

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran lupa euy hahahaha...

      emang semua salesman harus pinter bicara ya, terutama mengenai produk yang mereka jual... tapi ya kalo kita ga butuh ya gimana dong hahahaha...

      Delete
  2. Wuahahahaha. Meeeel, kesian anak orang gak dikasih minum. Wkwkwkwkw.
    Keren deh cara dia jualan. Tapi kalo emang gak butuh dan ato kemahalan ya gmana lagi ya. Gw ngebayangin ekspresi lu deh Mel waktu nerima si J. ahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran lupa kak hahahaha... iya, emang harus diakui cara jualannya keren, tapi sayang produknya mahal hahahaha...

      Delete
  3. keren banget jualannya, gigih. Bahkan terlalu gigih kalau dibandingkan saya ketika sedang sales. Bisa mengkorelasikan pembersih debu dengan bensin. Mungkin dia tidak tahu bahwa sehat itu banyak sekali caranya. Makanan sehat, olahraga sehat, tubuh sehat, rumah sehat, lingkungan sehat. Pembersih debu termasuk sebagian kecil dari penunjang sehat.

    ReplyDelete
  4. gua pernah juga tuh yang penyedot debu itu. rainbow bukan ya merk nya? *sengaja nyebut* hahaha
    lumayan lah dibersihin gratis :P

    ReplyDelete
  5. bentar d mel, itu salesman inisialnya J bukan Jo kan namanya, hahahaha *sok kuatir*
    Gigih bner mel itu salesman, en cara jawabinnya juga pinter jarang2 ada yg kayak gini karena biasanya main maksa en berbuntut jd judes kalo uda ditolak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan koq, tenang aja hahahaha... untungnya walaupun dia maksa, tapi ga jutek juga hahahaha...

      Delete
  6. Jiahh.. Udah ngomong panjang2 ga dikasih minum, seret dah yah :p hihii.. Salut deh gw sama salesman/marketing.. Bokap gw sales soale..hihih.. Dan emang jago ngomong yess. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran lupa py hahaha... salut gua juga ama sales2 gitu, apalagi kalo ditolak dan tetep senyum hehehe...

      Delete
  7. hahaah kasian banget itu salesmannya udah ngomong panjang kali lebar, sampe semanagt2nya ga dikasih minum pula

    tapi emang yang namanya salesman mental baja muka tembok, salut sama semangat mereka buat menjual produknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran lupa hahahaha...

      salut aku juga ama mereka... semangat jualan walaupun suka ditolak hehehe...

      Delete
  8. huahahaha keren itu salesman ya gigih dan pinter juga jualannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya re, jualannya pinter, sayang produknya mahal hehehehe...

      Delete
  9. Hahaha km juga pinter banget Mel jawabnya :D .

    ReplyDelete
  10. Waduh seret dong Ci~ hahaha. Next time kali ya buat beli itu, ga sekarang :D

    ReplyDelete
  11. Meeeel...
    salut sih sama para sales yang gigih dan pede mempromosikan barangnya kayak gitu...
    Makanya selalu aku baikin juga walo ujung2nya gak beli, yah namanya juga mereka lagi usaha..



    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, aku juga salut ama mereka...makanya kalo mereka jualan tetep aku dengerin walaupun ga beli hehehe...

      Delete
  12. Hahhaha kudu gt kali ya mel, klo ndk gigih mereka juga ndk bisa makan kan karna dapat uang dari komisi barang terjual hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalo barang yg dijual kayak penghisap debu gitu, pasti komisinya gede tuh hehehehe...

      Delete
  13. cara jualnya keren yah.. bener sih yang dia bilang. tapi kalo mahal mau gimana yah mel. antara butuh, tapi kalo liat dompet, gak dibutuhin. kwkwkww.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya ga butuh2 amat sih.... wong jakarta emang udah banyak debu hahahaha...

      Delete
  14. Mel hahahaha saking syok denger harganya sampe lupa kasih minum ya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan me, itu emang beneran lupa hahahaha...

      Delete
  15. hahahaha udah kering pasti dia tuh mel :))

    ReplyDelete
  16. gw kira lu shocknya karena dia lupa bawa pulang unit vacuum nya mel hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sih kayaknya dia ga mungkin lupa hehehehe...

      Delete
  17. Hauahahaha mel kesian si abang kagak dikasi minuuum :D
    Keren yaa sales tuh punya beribu cara buat narik hati pembeli. Sayang kl harganya mahal yaa mau gimana jg ga bakal dibeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran lupa ngasih dia minum mar hahahaha...

      iya, biar gimana pun, kalo harganya mahal ya see you next time deh... sapa tau suatu hari nanti gua punya duit cukup buat beli itu alat hahahaha...

      Delete
  18. Ahahaha..kacian..udah gak closing sale, gak dikasih minum pulak...hihihi..
    Jadi penasaran mel, sedot debu nya merek D bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua jadi lupa nan merknya apaan hahahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...