08 January 2015

Barang-barang Bayi Part 3

Jadi menyambung postingan yang ini dan ini, gua akan melanjutkan postingan tentang barang-barang kebutuhan bayi. Barang-barang kali ini ada yang optional dan ada juga yang harus punya. Dan semua list barang ini, Jayden punya gara-gara dikasih kado. Postingan ini juga bisa jadi inspirasi kalian yang mau beli kado buat ibu-ibu yang melahirkan. Dan buat ibu-ibu yang lagi hamil, lebih baik barang-barang ini ga usa dibeli dulu, siapa tau ada yang kasih kado. Seandainya ga ada yang ngadoin, sambil jalan dibeli juga bisa koq. 

Mari kita mulai.

1. Stroller dan car seat.

Ini sih rejekinya Jayden, hahaha. Kebetulan pas lagi hamil dan browsing-browsing tentang kedua barang ini, om gua nawarin buat beliin. Jadi ya gua trima dengan senang hati, hehehe. 

Stroller dan car seat ini menurut gua optional, ibu-ibu ga harus punya juga ga masalah. Tapi, apa ga pegel kalo jalan-jalan harus gendong-gendong terus? Lagian ya bu, bayi itu ada masa-masanya cape digendong. Waktu kemaren itu kami ajak Jayden ke mall, kan ga bawa stroller, jadi selama di mall dia digendong terus. Bahkan dari pagi ketika di gereja. Nah, sampe mall anaknya ribut, feeling gua sih karena dia cape digendong. Begitu kami bawa ke baby's room dan digeletakin disana, anaknya langsung diem. 

Ini sih pengalaman pribadi doang. Penting ga penting juga. Tapi ga usah dibeli pas hamil juga gpp koq, siapa tau ada yang menawarkan diri buat beliin kedua barang ini, hehehe.

2. Bouncer.

Ini optional. Ga punya juga ga masalah. Cuma kalo pengalaman gua, kalo Jayden lagi nangis, begitu ditaro di bouncer langsung anteng. Apalagi kalo bouncernya ada musiknya. Kegunaannya apa? Entahlah, hahaha. Katanya sih gantungan-gantungan di mainannya itu bisa bikin mata bayi jadi fokus sekaligus belajar meraih barang. Tapi ada juga yang bilang itu mainan bisa bikin mata jereng. Salah satunya nyokap gua yang ngomong gitu, hahaha. Cuma emang gantungannya gua copot, bukan karena gua takut matanya Jayden bakal jereng, tapi belakangan dia sering narik-narik itu gantungan. Ngeri patah, akhirnya gua copot deh.

Santai-santai di bouncer dulu ya.

3. Playmat.

Ini juga optional. Gua ga ada pengalaman apa-apa sih sama playmat. Anaknya suka-suka aja kalo digeletakin disono. Apalagi playmat yang gua dapet banyak gantungan mainannya. Menurut gua, gunanya sih buat belajar meraih aja. Dan kayaknya lebih berguna lagi kalo anaknya uda bisa tengkurep angkat kepala, atau belajar berdiri.

Playmat yang gua dapet kayak gini. Mainannya juga bisa dicopot-copot. 

4. Termometer digital.

Nah, ini yang penting untuk ibu-ibu punya. Karena kalo pake termometer yang ditaro di ketek, dijamin ga akan sukses deh. Apalagi kalo bayi ibu-ibu ga bisa diem kayak Jayden, hahaha. Ga harus beli pas hamil juga gpp. Tapi kalo bisa, ketika bayi ibu-ibu uda mulai divaksin, lebih baik sedia termometer digital di rumah. Karena ada beberapa vaksin yang bisa bikin demam kalo si bayi daya tahan tubuhnya kurang bagus.

5. Tas bayi.

Ini juga menurut gua perlu ya. Kalo mau pergi-pergi itu kan harus bawa pospak, baju ganti, minyak telon, saputangan. Kalo ga ada tas bayi dan dimasukan semuanya ke tas si ibu, nantinya malah bakal repot. Sering atau tidaknya frekuensi berpegian, lebih baik punya satu di rumah.

6. Tempat menyimpan ASIP.

Untuk ibu-ibu bekerja, ini wajib punya. Sebenernya bisa juga pake botol bekas u c 1000, tapi ga bisa jamin kebersihannya. Tempat untuk menyimpan ASIP ini ada dua, botol kaca dan plastik. Sebenernya gua pernah baca kalo plastik ga ideal untuk menyimpan ASIP, karena apanya gitu, bakal nempel di plastik. Tapi gua baca pas uda terlanjur nyimpen di plastik, jadi ya udahlah, hahaha.


7. Breastpad.

Gunanya breastpad ini untuk mencegah bra ga basah kalo ASI-nya netes-netes. Buat gua sih ini lumayan berguna. Karena kalo gua pergi dalam jangka waktu lama dan ga sempet mompa, branya jadi ga basah. 

8. Apron menyusui.

Ini juga penting kalo ibu-ibu berencana untuk ASIX. Kalo ibu-ibu pergi ke tempat-tempat yang ga ada nursing roomnya, apron ini berguna buat nutupin biar acara menyusui berjalan lancar. Tapi ada beberapa bayi yang ga suka ditutupin gitu, salah satunya Jayden. Jadi kalo kemana-mana ya minumnya ASIP. Abis kalo ditutup anaknya ribut, ga ditutup bapaknya yang ribut, hahaha.

9. Gendongan bayi.

Atau bahasa kerennya, boba carrier. Ini juga optional sih. Kalo ibu-ibu akrab dengan cukin dan bisa makenya, maka si boba ini ga perlu-perlu amat. Tapi gendongan itu, apapun bentuknya, menurut gua perlu loh. Bahaya kalo kita gendong bayi di saat kita sedang kelelahan. Lagian boba carrier ini modelnya beragam koq. 

Yeay! Selesai sudah postingan tentang barang-bara kebutuhan bayi ini. Sebenernya kado-kado yang dikasih ke Jayden bukan cuma ini. Ada juga berbagai macam peralatan MPASI, termasuk satu set piring, sendok garpu, dan gelas. Tapi berhubung Jayden belom MPASI, jadi belom bisa gua sharing mana yang perlu dan yang engga. 

Kalo ada yang kurang-kurang, silakan ditambahin. Dan buat yang belom ikutan quiz awal tahun, ayo buruan, bentar lagi ditutup loh.

18 comments:

  1. thank you mel buat postingan nya..gw jadi tau banyak ttg barang2 kebutuhan bayi..
    sama buat jayden ya, sehat2 terus ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. you're welcome cyn... semoga membantu kelak hehehehe...

      Delete
  2. "Abis kalo ditutup anaknya ribut, ga ditutup bapaknya yang ribut" ---> hahahahaha. Umur 3-4 bulan emang mulai ga betah sih pake apron, tapi tetep berguna lumayan nutupin bagian atas yang kebuka, bawahnya sih yaudah lah ketutup badannya Raka juga. Kalo sampe keliatan juga ya sudah sambil berdoa semoga ga ada yang liat :p
    Buat gw sih stroller n carseat wajib hukumnya, biar bisa jalan2 berduaan sama Raka dengan nyaman. haha.
    Btw gw ralat sedikit ya... boba carrier itu bukan nama kerennya gendongan. Boba itu salah satu merk gendongan modern. Nah gendongan modern ini umumnya ada 2 macem: wrap (yang mirip cukin tapi bahan kaos) dan carrier (yang mirip ransel). Selain Boba, ada Ergo, Aprica, Beco Gemini, Neo CMC, Bobita, daaaaan lain sebagainya.
    Maap jadi panjang, maklum gw rada obssesed sama carrier wkwwkwk. Berguna banget sampe sekarang. Sekarang buat 'boncengin' Raka kalo naik sepeda keliling komplek. anaknya hepi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari sejak gua ajak pertama kali ke gereja, itu kan nyusuinnya ditutup pake apron, uda ribut2 anaknya... tapi kalo di mobil anteng hahahaha...

      stroller dan carseat emang harus punya buat ibu2 yang ada mobil... kalo naik motor kan ga mungkin bawa stroller ato carseat hehehe...

      thank you din ralatnya... gua ngehnya boba doang, pikir itu nama kerennya hahahaha...

      Delete
  3. Thermometer digital itu a must bgt dah. Dan walaupun harganya rada mahal tp awet...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, a must banget... berguna waktu kemaren jayden rada anget gara2 nangis ga berenti2 hehehe...

      Delete
  4. catet dulu listnya.. :D hehehe. .thank mel.. bantu banget.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. you're welcome pi... semoga taon 2015 si dede dateng ya hehehe..

      Delete
  5. *ikutan nyatettt* :)
    thanks Mel sharing infonya. tar gue buat listnya dah en sodorin ke sodara2 siapa tau ada yg bisa dihibahkan ke gue *ngarep.com* hahahaha..

    yg bouncer itu iya Mel, entah kenapa baby suka anteng kalo uda duduk di bouncer soalnya keponakan gue kalo rewel gitu duduk di boucer jadi anteng2 dah :) selain ada musiknya, bouncer ada yang bisa bergeter juga mel, hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hibahan itu penting loh... kalo ga, mahal hahahaha...

      kalo yang gua punya, mungkin karena goyang jadi berasa kayak digendong...

      Delete
  6. Waah banyak yah Mel yang harus diprepare.
    Dede Jayden anteng banget yah kayanya,ditaro di bouncer diem begitu lucuuuu
    Gw juga catet dulu deh bekal nanti kalo udah punya baby
    Thank u Mel

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang... banyak banget yang harus diprepare termasuk duitnya hehehehe...

      Delete
  7. masukin list buat persiapan kalau punya anak nanti.

    *eh lupa pasangannya aja blm ada. hehehehehe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang la... pelan2 aja nyari pasangannya, ga usah buru2 hehehe...

      Delete
  8. Untungnya yang gede yang disebut disini gw dapet kado semua juga mulai dari stroller sampe playmate. Hihihihi. Kalo botol asip pinjem temen dulu. Lumayan mengurangi pencemaran dan pengeluaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener2, ngurangin pengeluaran hihihi... tapi kalo botol asip akhirnya ada yang beli juga, soalnya ga cukup hehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...