04 March 2015

Jayden Pulang Kampung

Waktu suami bilang kalo kami akan pulang kampung pada akhir Februari, gua agak deg-degan. Karena ini pertama kali kami pulang dengan membawa bayi berusia 4 bulan. Apalagi naik mobil berjam-jam. Tapi kan life must go on, hahahaha.

Kami berangkat hari Kamis malam. Sengaja emang milih berangkat malam hari, pas si suami pulang kantor, dan disesuain sama jam tidurnya Jayden. Sekitar jam 8 malem kami uda siap-siap. Segala barang-barang uda dimasukin bagasi. Jayden sempet tidur dari jam 7, cuma entah kenapa sebelum berangkat dia malah bangun. Mungkin naluri bayi kali ya, mau jalan-jalan jadi excited ampe ga bisa tidur, hahaha. Soalnya waktu gua kecil juga gitu, tiap kali mau keluar kota pasti seneng banget ampe ga bisa tidur, hahaha.

Sengaja dipakein baju tidur, biar ritual tidurnya tetap terjaga.

Akhirnya sekitar jam 9 malam kami berangkat. Jayden disusuin di mobil, lalu tidur dan ditaro di carseat. Kami sempet kena macet di tol dalam kota. Pikir malem uda ga gitu macet, ternyata masih macet juga. Keluar dari situ uda lancar jaya sih. Ga enaknya berangkat malem-malem, si suami sering banget ngantuk. Ampe dikasih cemilan, diajak ngobrol, ampe akhirnya istirahat sebentar di rest area, bahaya kalo dilanjutin.

Jayden gimana? Puji Tuhan, dia anteng banget. Selama perjalanan sempet nyusu beberapa kali. Cuma pas di tol Kanci (kalo ga salah), dia dikeluarin dari carseat, soalnya itu jalanan ampe Purwokerto jelek banget, gua takut dia eneg, jadi mendingan digendong deh. Untung pas hamil kemaren pulang jalanannya masih mulus, kalo ga bisa eneg-eneg.

Kami nyampe Banyumas sekitar jam setengah 7 pagi. Jayden lulus menempuh kurang lebih 10 jam perjalanan naik mobil. Yeay! Kalo ke Banyumas aja anteng, ke Bandung mah pasti lebih anteng lagi deh #code #liriksuami #liburanlagiyukdud

Satu hal yang gua kangenin banget tiap kali pulang kampung tuh suasananya. Disana tuh masih banyak pemandangan ijo-ijo yang bikin mata adem. Jayden juga demen banget, tiap kali naik mobil pasti ngeliat ke jendela.

Pemandangan yang jarang banget ditemuin di Jakarta. Adem banget kan ngeliatnya.

Begitu nyampe, Jayden langsung disambut antusias sama satu rumah. Menantunya dicuekin, hahaha. Apalagi keponakan-keponakannya si suami, mereka uda ampe menghitung hari menanti kedatangan Jayden. Sayang pas nyampe mereka lagi pada sakit. Tapi mau gua larang deket-deket Jayden juga ga tega, jadi biarinlah gua biarinin mereka cium-ciumin Jayden, sambil berdoa semoga Jayden tetep sehat. 

Untungya ngasih ASI tuh, selama disana gua ga ribet, apalagi si suster kan ngelanjutin perjalanan ke kampungnya di Jogja. Jadi gua ga perlu bawa segala macam botol susu, termos, kaleng susu, dan segala perintilan lainnya. Cukup bawa apron menyusui doang, hahaha. Jadi kalo dia nangis laper, gua tinggal keluarin apron, buka baju, dan beres deh. Untungnya lagi, Jayden cukup kooperatif. Kalo kemaren-kemaren dia suka ribut ditutupin, selama disana dia anteng banget. Jadi kegiatan menyusui lancar jaya, baik di rumah, di kondangan, di restoran, atau di gereja, hahaha.

Agenda hari Jumat itu ga banyak sih. Begitu nyampe, beres-beres, mandi-mandi, istirahat sebentar, trus ke gereja buat menghadiri pemberkatan sodara si suami. Trus pulang, dan Jayden nyusu lalu bobo. Pas Jayden bobo ini, dia sempet gua tinggal pergi makan, hahaha. Ternyata pas bangun dia malah nangis. Mungkin bingung kali, koq bangun tidur ga ada maminya, hehehe.

Sorenya, kami siap-siap lagi buat ke resepsi. Selama di pesta, Jayden digendong sana sini, hahaha. Ga di Jakarta, ga di Banyumas, pada rebutan buat gendongin Jayden. Anaknya juga anteng-anteng aja, malah ketawa mulu, hahaha. Bagus deh, maminya bisa hunting makanan, hahaha. Gara-gara digendong sana sini, gendongan yang uda gua bawa ga gitu kepake. Lagian anaknya kayak ga suka digendong pake gendongan modern gitu, dia lebih suka pake cukin, sementara maminya ga bisa pake cukin dan ga bawa stroller juga, hahaha.

Begitu uda mau selesai pesta, Jayden sempet ribut. Emang jam segitu tuh jam tidurnya dia. Dan kayaknya dia cape juga digendong-gendong mulu. Begitu nyampe rumah, ganti baju, susuin, trus tidur deh.

Hari pertama, pules tidur biarpun bukan di kamar sendiri. Mami papinya seneng deh.

Hari Sabtu, agendanya lebih padat sedikit. Pagi-pagi, Jayden uda digendong-gendong sama omanya, diajak jalan sana sini. Maminya? Masih molor! Hahaha. Menantu macam apa ini. Pagi itu dia sempet ribut sih. Mungkin karena ritualnya berbeda dari biasanya. Tapi ributnya ga lama, diajak jalan lagi langsung diem.

Agenda pertama di hari itu adalah pijet-pijet, baik Jayden maupun maminya, hahaha. Emang dari kapan si suami uda ngerencanain buat manggil dukun bayi buat mijetin Jayden. Di Jakarta sebenernya ada sih pijet-pijet buat bayi, cuma mahal, hahaha. Mumpung di kampung, harganya kan murah meriah. Selama dipijet sih Jayden anteng banget, malah kayaknya keenakan, hahaha. Cuma pas terakhir dia ribut gara-gara laper. Si mbah ini  mijetnya juga enak, ga sehoror dukun bayi yang diceritain temen-temen gua. Mijetnya kayak mba-mba di baby spa di Jakarta gitu. Abis dipijet, disusuin, lalu tidur pules, dan giliran maminya dipijet, hahaha.

Siangnya, kami sempet mampir ke rumah tetangga sebentar. Kebetulan ada temen seumurannya Jayden lagi main, jadi playdate dulu deh.

Seumuran, tapi Jayden lebih mungil. Anaknya pecicilan sih, hahaha.

Dari situ, kami berangkat ke Purwokerto. Selama disana, carseat jadi teman setia, hahaha. Jadi begitu masuk mobil, taro di carseat, anteng deh. Kalo di Jakarta kan kadang suka digendong-gendong, disana mah ga ada gendong-gendong deh di mobil.

Mami, aku selfie dulu ya di carseat.

Di Purwokerto, kami ketemu Ci Amey dan keluarganya di Mie Adong. Seneng banget deh ketemu mereka. Jayden juga digendong-gendong sama Ci Amey ampe dia tidur pules, jadi mami papinya bisa makan dengan tenang, hahaha. Mienya juga enak banget. Plus pulangnya dikasih kue bikinannya Ci Amey yang endang bambang. Thank you ya ci.

Dari situ, mampir lagi ke dua tempat temennya si suami. Kebetulan salah satu maminya ini buka restoran, jadi nyampe sono dikasih makan lagi. 

Makan mulu, kapan kurusnya ini.

Abis itu balik ke Banyumas deh. Pas pulang kayaknya Jayden uda cape banget, dia ketiduran pules di carseatnya.

Ga pake ribut, langsung tidur. Mami pun senang.

Nyampe rumah pun masih tidur.

Kami nyampe Banyumas uda agak sore. Dan berhubung cuaca lagi mendung-mendung adem, Jayden dilap-lap doang deh. Malemnya, dia tidur seperti biasa. Untungnya ini anak emang uda punya jam tidur teratur. Jadi pas malem dia tidur, gua tinggal pergi makan pun ga bangun. Begitu gua pulang baru bangun kelaperan. Malam itu, gua tidur bareng mertua, karena omanya pengen banget bobo bareng Jayden.

Soto Banyumas, menu wajib setiap pulang kampung.

Dilanjutkan dengan roti bakar, hahaha.

Hari Minggunya, Jayden bangun seperti biasa, dibawa jalan pagi ama si suami. Maminya? Masih molor! Hahahaha. Abis itu mandi, beres-beres dulu, lalu ke gereja. Di gereja sempet makan bakmi yang selalu mangkal di depan gereja. Mienya enak, banyak, dan murah.

Pulang gereja, mampir dulu ke tempat batik buat beli beberapa titipan.

Batik tulis belom jadi, diduga seharga jutaan rupiah.

Pulangnya ngemil roti goreng yang mangkal di depan toko batik. 

Abis itu kami lanjut beres-beres. Kami pergi dengan bawaan segambreng, pulang dengan bawaan segambreng lebih. Malah si bapak mertua bawain taneman segala. Si ibu mertua lebih ekstrim, suruh kita bawa ayam. Bukan ayam goreng atau ayam bakar, tapi ayam hidup. Katanya Jayden suka sama ayam. Emang selama disana dia excited banget ngeliat ayam-ayam peliharaannya si bapak mertua. Tapi ya ga dibawa ke Jakarta juga kali, gua sih males kalo piara binatang, males bersihin kotorannya.

Sebelum bener-bener pulang ke Jakarta, kami pamit dulu ke beberapa orang. Omanya Jayden uda mellow banget, sepupu-sepupunya juga. Pengennya Jayden disono aja, hahaha. Sementara omanya yang di Jakarta uda kangen berat.

Jayden dan uti (panggilan lain untuk oma)

Kami jalan dari Banyumas balik ke Jakarta sekitar jam setengah 4. Kalo pas pergi Jayden anteng, pulangnya sempet rewel sebentar. Feeling gua sih karena dia berat pisah sama omanya. Soalnya si oma juga kepikiran Jayden mulu, klop deh. 

Sekitar jam 7an, kami berenti buat makan malam di salah satu restoran chinese food di Brebes.

Segini cuma abis 83rb. Enak-enak pula.

Jayden ngapain?

Girang karena digeletakin.

Girang karena bisa tengkurep, hahaha.

Karena restorannya ada lesehannya, jadi Jayden digeletakin aja disana. Abis makan, dia disusuin, trus bobo. Selama perjalanan sempet nyusu beberapa kali, sisanya tidur pules. Pulangnya juga ga ditaro di carseat, karena carseatnya penuh barang, saking ga muat itu mobil, hahaha. Mudah-mudahan abis ini ada rejeki buat ganti mobil yang lebih gede deh.

Kami nyampe Jakarta sekitar jam 4 pagi. Sempet kena macet di Pantura, entah macet apaan. Pulang-pulang langsung pada teler ampe siang, hahaha.

Seneng banget Jayden gampang dibawa jalan-jalan. Gua pun melewati fase "dibawah 6 bulan" dengan sukses. Mudik selanjutnya pas Jayden uda mulai makan, masih belom kebayang gimana ribetnya. Biarlah itu dipikirin nanti. 

34 comments:

  1. yayyy, congrats.. Jayden pinter yaaaaaah
    kl inget dulu si Grace mudik pas 4bln juga.. tapi ya ampoeen, digendong siapa aja gak mau kecuali gw. Yang ada gwnya teler =P. Beruntung deh lo mel! haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua inget tuh cerita lu, makanya agak deg2an juga... untung jayden mau ama siapa aja hehehehe... gua jadi ga pegel gendong2in dia mulu...

      Delete
  2. Horee jayden pinterr :) kl sekali lulus, biasa jd pengen bawa jalan2 terus ya mel hahaha. Btw jayden cucu pertama uti nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden cucu keempat uti hahahaha.. tapi kan ketemu setaon paling berapa kali doang, jadi mellow berat deh pas jayden balik ke jakarta...

      Delete
  3. lulusss...klo seumuran gini masih enak dibawa2 klo udah bisa duduk ampyun dah... tapi Zio pas ke jawa sih capek juga lho! bobox na pules baik di boil dan malam na hahahaha :)

    ReplyDelete
  4. Wih pinter ya jayden. Emang bawaannya anteng n ga takut orang kali ya Mel. Btw rambutnya uda keliatan tebel ya. Tambah ganteng

    ReplyDelete
    Replies
    1. entah emang bawaannya begitu atau belom kenal orang, mudah2an sih yg pertama hehehe... iya, rambutnya uda mulai tebel... tapi belakang bagian bawahnya masih licin hahahaha...

      Delete
  5. Wahhhh congrat mel...sukses berat yaaa
    iya sama ma epi, jayden itu cucu pertama kah dari kedua keluarga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari uti cucu keempat, dari keluarga gua cucu pertama :D

      Delete
  6. pinter amat si Jayden gak rewel...soto banyumas belom pernah nyobain ihh...di Jakarta ada ga mel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom pernah nemu sih ci di jakarta hehehehe...

      Delete
  7. yeahhh sukses ya trip nya... :) pinter dah jayden gak rewel ya...
    aduh lucu banget sih mel sampe mau dibawain ayam idup segala. huahahaha. kebayang serunya kalo lu beneran bawa ayamnya di mobil lu. huahahaha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngebayanginnya aja uda ngeri bawa2 ayam idup ke jakarta, yang ada nyampe jakarta nasibnya berakhir di piring kali tuh ayam hahahaha....

      Delete
  8. cii salam kenall...
    jayden anteng bangett yaa cii...^^
    roti goreng itu klo di jakarta nyarinya dimana ya cii? tiba2 kepengen itu... -_-"....

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, bikin ngidam orang hamil nih hehehehe... beli kue bantal aja, mirip2 koq rasa dan bentuknya...

      Delete
    2. ahhh cii...kmrn aku update status di path pengen roti goreng...akhirnya hari ini ada temen kantor ku yang bawainn....huhuhu jadi terharuuu....
      iyaa kue bantal juga mirip yaa..tp ga ada isinya klo kue bantal...

      Delete
    3. tapi kalo di banyumas roti goreng itu mirip kue bantal hehehehe...

      Delete
  9. Jayden pinter loh, anteng selama pulkam :)

    ReplyDelete
  10. Meeeel. lama gak mampir ke blog lo (walopun sering ngintip IG sih). Congrats ya atas kelahiran putranya *ish telat banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. feeeellll.... sibuk bikin sambel ya hihihihi... thank you :)

      Delete
  11. yeyyyy.. berhasil yaa.. jayden pintar yaa.. :) mel.. lama2 jayden mirip elo loh. hahaha.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pi, sekarang pada bilang jadi mirip gua... bagus deh hahahaha...

      Delete
  12. Senang ya punya anak gak rewel dibawa jalan.
    Nyetir kalo ngantuk mending berenti dulu, soalnya udah menyangkut nyawa.

    "Si ibu mertua lebih ekstrim, suruh kita bawa ayam." haha..saya suka itu. Itu typikal orang desa kayak ibu saya. Kalo mantu/cucunya senang disuruh bawa apa aja yang suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, perjalanannya jadi hati senang gembira karena anak ga rewel hehehe.. itu uda berenti beberapa kali buat dia tidur sebentar...

      hahahaha... emang si cucu demen sih ngeliatin ayam, tapi ya biarlah si ayam tetep di kampung hidup dengan tenang...

      Delete
  13. waaah jayden pinterrrrr, sukses ya kak mel mudiknya.. berarti udah lulus nih besok2 jalan2 lagi dong hihihih.. gemesin banget deh foto2nya jayden :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu uda kasih kode ke si suami biar diajak jalan2 lagi hahahaha...

      Delete
  14. Asikkk... ada keuntungan kan ya dibiasain di car seat hehehe. Eh iya Mel, kalau jalanan goyang2, justru anaknya mendingan di car seat. Krn car seat material yg baik akan menahan gempuran lebih baik drpd kita yang pegangin. Habis ini bs terbang naik pesawat deh yaaa.. asikkkk...

    Eh iya kok ga ada foto2 pesta nikahan di Banyumas sih. Pingin liat acaranya plus Jayden yg pake baju pesta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua takutnya dia eneg... gua aja agak eneg sama jalanannya... kalo digendong kan dipeluk jadi biar dia comfort juga ketimbang ditaro di carseat...

      ngemong bocah, ga sempet foto2 le hahahaha... lagian acaranya sama aja kayak di jakarta koq... baju pesta jayden ya kemeja ama jeans doang koq hehehehe...

      Delete
  15. lucu ade bayinya apalagi kalo dia lagi senyum ngegemesiiiiin :)

    ReplyDelete
  16. ikut seneng bacanya Mel :D Syukur ya berhasil, jadi dah bisa rancangin ut liburan selanjutnya dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. liburan selanjutnya uda dirancang dong.. tapi kali ini yang deket2 aja dah hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...