08 March 2015

Sekedar Memberi Masukan

Kemaren Jayden diajak kondangan sama nyokap. Berhubung gudang susunya masih nemplok di badan emaknya, jadilah gua ikut, hahaha. Sebenernya bisa aja sih dia bawa ASIP, tapi kalo malam minggu gitu, gua emang pengen ngeluangin waktu buat dia, minimal Jayden bisa nyusu langsung, secara pagi ampe siang gua kerja. 

Gara-gara kondangan ini, gua jadi gatel pengen ngasih beberapa masukan buat para calon-calon penganten. Tentu ini berdasarkan pengalaman ngurusin wedding sendiri, dan hasil kondangan-kondangan di beberapa tempat. Kalo kemaren kan gua uda berbagi tips-tips tentang honeymoon, sekarang mari kita ngomongin resepsinya. 

1. Sebagai calon pengantin, tentu kalian dianggap sebagai penyelenggara acara, dan para tamu sebagai penikmat acara. Jika demikian, coba perhatiin masalah kapasitas ruangan. Gua sering dateng ke kondangan, dimana kapasitas ruangan dengan jumlah tamu tidak seimbang, jadinya sesak dan jalan aja susah. Dulu gua agak memaklumi si penyelenggara acara, tapi sejak gua kondangan bareng Jayden, gua merasa ga nyaman dengan tempat kondangan yang penuh sesak gitu. Sekarang Jayden masih bayi, jadi masih bisa melipir ke pinggiran, coba kalo uda gedean dikit dan bisa lari-lari, ngejarnya kan susah kalo jalan aja uda ribet. Jadi masalah kapasitas ruangan ini penting menurut gua, karena ini berhubungan dengan tamu-tamu yang kalian undang. Tentu kalian ingin tamu-tamu yang datang menikmati acara dengan baik kan, dan bukannya malah menggerutu.

2. Kalo tadi masalah ruangan, sekarang ke masalah catering. Catering yang baik, pasti akan mengundang kalian untuk test food, dan test food itu biasanya diadakan pada saat mereka lagi perform di salah satu wedding. Ketika sedang test food, jangan cuma sekedar mencicipi rasa, tapi perhatiin performa mereka juga. Ga usah ragu untuk ikut masuk ke weddingnya, bukan untuk numpang makan. Tapi coba perhatiin hal-hal yang lain, seperti kebersihan piring, gelas, dan sendoknya, lalu kesigapan orang-orangnya juga. Kalian pasti ga nyaman kan kalo makan sambil ngeliatin tumpukan piring kotor yang ga diangkat-angkat. Kadang kan suka ada tamu nakal yang suka naro piring kotor seenaknya, disinilah kesigapan si catering diperlukan. Jangan lupa sesuaikan jumlah makanan dengan tamu yang kalian undang, ada itung-itungannya koq.

3. Selain gedung dan catering, ada satu lagi elemen penting resepsi pernikahan. Dekorasi? Bukan! Terus apa dong? Entertainment! Hahaha. Mungkin karena gua dan si suami sama-sama suka musik, jadi tiap kali kondangan pasti memperhatikan musiknya juga. Usahakan, kalian punya list lagu yang akan dimainkan pada saat resepsi nanti. Kalo kalian menyerahkan sepenuhnya pada pihak entertainmentnya, tetap seleksi lagu-lagu yang akan mereka mainkan. Dan ingat, ga semua lagu romance cocok dimainkan di acara wedding loh. Contohnya, coba simak baik-baik terjemahan lagu "I Will Always Love You" ini....

If I should stay
Jika aku harus bertahan
I would only be in your way
Aku hanya mau bertahan di sisimu
So I'll go but I know
Maka, aku kan pergi namun kutahu
I'll think of you every step of the way
Di tiap langkahku ku 'kan selalu memikirkanmu

Chorus:
I will always love you
Aku akan selalu mencintaimu
I will always love you
Aku akan selalu mencintaimu

You, you, my darling you (mm)
Kau, kau, sayangku kau (mm)

Bittersweet Memories
Pahit manisnya kenangan
That is all I'm taking with me
Semua kubawa bersamaku
So goodbye please don't cry
Maka selamat tinggal, janganlah menangis
We both know I'm not what you
Kita berdua tahu aku bukanlah yang kau
You need
Kau butuhkan

Chorus:
I will always love you
Aku akan selalu mencintaimu
I will always love you
Aku akan selalu mencintaimu
You, you, my darling you (mm)
Kau, kau, sayangku kau (mm)

I hope life treats you kind
Kuberharap hidupku kan baik-baik saja
And I hope you have all you dreamed of
Dan kuharap kau gapai semua mimpimu
And I wish to you joy and happiness
Dan kudoakan agar kau gembira dan bahagia
But above all this, I wish to you love
Namun yang terpenting, kudoakan kau dapatkan cinta

Repeat Chorus (3X)

You, darling I love you
Kau, sayang aku cinta kau
Oh, I'll always, I'll always love you (oo-oo)
Oh, aku 'kan selalu, aku 'kan selalu mencintaimu (oo-oo)

Menurut kalian, apa lagunya cocok dinyanyiin di resepsi pernikahan? Selain itu, sebisa mungkin pihak entertainment juga mengiringi prosesi masuk kalian. Kalo bisa sih jangan pake CD. Kalian kan uda bayar mereka, jadi biarkanlah mereka berkreasi untuk menghasilkan musik yang indah untuk mengiringi prosesi masuk kalian. Dan lagi, musik live itu bikin prosesi masuk jadi lebih manis ketimbang CD. Ini sih kalo menurut gua, hehehe. Dan kalo ada sodara atau teman yang mau nyumbang nyanyi, sebisa mungkin jangan on the spot. Selain bikin pusing pihak entertainment, kalian juga harus tau mereka akan nyanyi lagu apa. Jangan sampe lagu "Someone Like You" dinyanyiin di resepsi kalian loh.

4. Wedding jaman sekarang pasti ada photoboothnya. Emang photobooth ini menarik sih. Berkat photobooth, gua jadi tau siapa-siapa aja yang uda dateng ke resepsi gua. Dan sebagai tamu, gua juga suka majang foto-foto hasil photobooth, secara kami orang yang males nyetak-nyetak foto, hahaha. Tapi...balik lagi ke kapasitas ruangan, kalo emang ruangannya ga memadai, ya ga usah dipaksa. Jangan sampe kehadiran photobooth malah bikin ruangan yang tadinya sempit jadi makin sempit. Dan lagi, photobooth ini optional koq, ga ada pun, ga jadi masalah.

Segitu aja sih masukan-masukan dari saya. Ingat, untuk resepsi, utamakan kenyamanan tamu terlebih dahulu. Karena kalo tamu nyaman, hati senang, ga ada yang menggerutu, acara pun pasti berjalan lancar. Buat para bride & groom-to-be, selamat mempersiapkan pernikahan ya. 

OOTD Jayden ke kondangan.

33 comments:

  1. Baru aja pas abis sincia gue kondangan ke salah satu hotel bintang 5 di Jkt. Gue tau banget kapasitas hotel itu paling 1200 org buat ballroom sama foyernya, tapi diisi ada kali 2000 org. Sumpek.. sesek... ga bisa napas... Abby nangis. Udah deh juara. Gue cm makan trs lgsg kabur.

    Kalo soal lagu, several years ago gue ud pernah nulis jg soal pemilihan lagu yg ngaco total cm berdasarkan judul. Ya gitu deh.. gagal paham.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan, kalo bawa anak kecil, kondangan di tempat yang penuh dan sesek itu jadinya malah ga nyaman... kalo sekarang kan jayden masih bisa digendong, jadi masih bisa melipir ke pinggiran, ga tau deh nanti kalo uda bisa lari hahahaha...

      kebanyakan orang2 milih hanya dari judul yang keliatannya romantis, tanpa memperhatikan lirik lagu tersebut...

      Delete
  2. Iya kapasitas ruangan itu masalah bgt. Tp gak tau juga apa pengantin nya yg ngundang nya over atau tamu nya yg ngajak ngajak nya kebanyakan. Hahahaha.

    Plg parah dulu gw pernah pergi kondangan yg nunggu lift nya aja sejam sendiri. Lift nya cuma satu soalnya. Sementara ada 2 wedding. Gila Gak sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, kalo masalah tamunya yg ngajaknya kebanyakan itu lain lagi ceritanya, tapi setidaknya si pengantin udah berusaha memberikan yang terbaik untuk kenyamanan si tamu hehehehe...

      aku juga pernah ngantri lift buat kondangan, dan akhirnya diijinin lewat lift belakang, lift darurat gitu hahahaha...

      Delete
  3. Iya kapasitas ruangan itu masalah bgt. Tp gak tau juga apa pengantin nya yg ngundang nya over atau tamu nya yg ngajak ngajak nya kebanyakan. Hahahaha.

    Plg parah dulu gw pernah pergi kondangan yg nunggu lift nya aja sejam sendiri. Lift nya cuma satu soalnya. Sementara ada 2 wedding. Gila Gak sih.

    ReplyDelete
  4. iya tuh, yang lagu penting banget. Gw juga dulu satu2 ngecekin playlistnya mereka. Walopunnnnnnn.. on the day gw udah sama sekali gak denger sih mereka nyanyiin lagu apa.. apakah sesuai dengan playlist apa ngga ya gak tau juga :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu wedding kemaren, gua juga ga denger itu entertainment mainin lagu apa hahahaha... tapi jaga2 kalo ada tamu yg kritis macam gua hahahaha...

      Delete
  5. yah masalah ruang di g juga jadi masalah... secara yah MIL nyetak lagi undangan sendiri... g nikah itu orang na bilang kapasitas 1500 yang kek na menurut g palingan 1000 doank atau min. 1200 klo orang na berdiri merapat, klom ditambah booth makanan.. jadi pas g nikah, g ga bisa muter-muter di depan aja wakakaka... katanya di belakang si rame :)
    klo lagu jujur g aja ga tau lho apa aja yang di nyanyiin wakaka... ada di kasih list sih, cuma banyak yang bilang biasanya pasti akan melenceng si tukang musiknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kadang2 masalah terletak di orang tua hahahaha... makanya dulu gua sengaja nyari gedung yg bener2 luas ruangannya, karena uda pengalaman ga enak dateng ke kondangan yg jalan aja susah hahahaha...

      gua juga ga denger sama sekali mereka nyanyiin apa, mungkin sibuk salaman kali ya hahahaha... tapi ya, jaga2 aja kalo ada tamu kritis kayak gua hahahaha...

      Delete
  6. Setuju banget mel.. ruangan, makanan, dan entertainment itu penting banget.. makanya waktu gua ngadain resepsi.. gua juga gak mau sesek2. karena gua juga pernah diposisi masuk keruangan yang sesek serba gak enak.. akhirnya abis makan 1 macem trus pulang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dulu....gua masih bisa terima sih dengan ruangan yang penuh sesek... menggerutu, tapi ga langsung pulang juga... sekarang sejak ada jayden, selain menggerutu, bawaannya emang jadi pengen cepet2 pulang juga hahahaha...

      Delete
  7. Wah bener bgt nih Mel, dr skrg juga gw dah mikirin. Semoga kejadian dilapangan nanti sesuai yg diharapkan :D Makasih sudah diingetin Mel. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo uda hari H, cuma bisa pasrah dan berdoa hehehehe... sekarang dimaksimalkan dulu aja persiapannya...

      Delete
  8. thank you buat masukan nya mel. :D

    gw jg pernah dateng ke kondangan yg jumlah tamu nya membludak.
    walhasil, penganten masih prosesi potong kue, tamu udah desek2an buat ambil pondokan. pake dorong2an pula sampe pondokan mau rubuh. letak pondokan pun semuanya diatur di 1 sisi doang, yaitu sisi kanan.
    jadinya sepanjang hall, semua tamu desek2an di sisi kanan.
    gila bgt dateng ke kondangan macem begitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masih acara tapi tamu uda mulai ambil makanan, disinilah letak peran si catering.. ada baiknya yg jaga catering menolak dengan halus atau menutup semua makanan sampai mc benar2 mempersilakan makan... kalo dessert2 gitu, tutup plastik ampe rapet... tapi catering juga harus bener2 sigap waktu ngasihin makanan, biar antrian ga numpuk... kalo masih desek2an juga, berarti tamunya bandel hehehehe...

      Delete
  9. Gw setuju mel, masalah kapasitas ruangan ma performa org catering....udh ruangan sesek trus yang tugas angkut piring kotornya malas masyaallah apa jadinya itu, bisa2 dimana2 kita liat piring kotor yaa, rasanya ngurusin kawinan gt kudu realitis banget ya jgn maksain sesuatu ntar jd ndk enak kedepannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mir, kudu realistis... kalo emang budgetnya cukup untuk small party, ya ga usah dipaksain... gua ga pernah protes kalo ga diundang temen kawinan, mungkin emang budgetnya ga cukup buat ngundang gua hehehehe...

      Delete
  10. Hahaha itu lagi i will always love you orang kadang cuma suka denger reff nya doank ya, ga bener2 diteliti lagu tentang apa :D
    Gw jg pernah tu dateng ke kondangan tamu di dalem udah lebih2 dari pasar malem ga bisa jalan bok. Makanan jg udah pada abis semua pdhal belom lama dr acara mulai. Sungguuuhh terlaluu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kadang malah cuma ngeliat dari judulnya yang romantis, padahal mah kalo ditelusuri...ga cocok banget buat wedding hahahaha...

      gua malah pernah, acara belom selesai tapi uda pada nyerobot ngambil makanan hahahaha...

      Delete
  11. betul banget tu soal kapasitas ruangan.. sebagai orang pendatang, gw masi asing dunk ama kondangan di jakarta yang berdiri... itu beberapa taun lalu.. seiring waktu, karena sering kondangan juga, akhirnya pernah ngerasain yang penuh banget, antri pondokan sampe ngalahin antrinya yang mau salaman ama pengantinnya.. masi baru 10 mins pondokan dibuka eh uda pada habis... keterlaluan mah itu namanya..

    gw juga termasuk orang yang detailed apalagi pas milih2 lagu, gw dengerin satu2 tu lagu... padahal pas acara banyak lagu yang diluar playlist tapi diputerin juga... swt =='

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di surabaya makan meja ya roll? kalo disini mah emang rata2 orang nyerbu pondokan semua, makanya pas nyusun menu ama orang catering, pondokannya dibanyakin hahahaha...

      kedengeran ya pas acara? gua pas hari H uda kayak budeg, ga denger mereka main apa hahahaha...

      Delete
  12. Udah lama banget gw ngga ke acara resepsi mel. Tapi gw males klo hrs antri panjang buat makan pondokkan hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak bawa anak, gua juga males antri....antri buat photobooth aja uda males hahahaha...

      Delete
  13. wahhh masukann elu mah udah pasti berguna nihh buat parang calon penganten mel....emang harus dipertimbangkan tuh kapasitas ruang sama jumlah undangannya, jangan sampe tamunya jadi ngomel2 karena gak nyaman yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci... kalo tamunya ngomel kan jadinya ga nyaman...

      Delete
  14. Bener...bener semua, tapi gua kira dari preambulenya elo mau bahas toilet yang friendly untuk baby atau nursery room hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang aku nemu di tempat kondangan ada nursery room ci hahahaha...

      Delete
  15. huahahaha setuju semua kak mel, apalagi yg soal lagu, aku juga krn emang suka musik ya jadi kalau kondangan merhatiin banget tuh entertainment. kadang berasa ih ini kan lagu putus atau galau2an malah dimainin cuma mungkin krn judulnya doang yg tentang cinta2an gitu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan re, buat kita yang demen musik, pasti perhatiin entertainmentnya... entah itu penyanyinya, musiknya, atau lagunya haahaha...

      Delete
  16. Iya tuh yang soal lagu, kadang judulnya aja kliatan cocok seperti "Marry Me" nya Bruno Mars. Padaal klo diperhatikan liriknya, sebenernya ga cocok buat wedding. Ada lirik begini: 'It's a beautiful night, we're looking for something dumb to do, hey baby I think I wanna marry you" trus ada lagi "If we wake up and you wanna break up that's cool. No, I won't blame you. It was fun, girl"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, marry me juga tergolong lagu yang lumayan sering diputer di kawinan hahahaha...

      Delete
  17. Eh iya bener! Kadang ke kondangan suka sebel kesesekan, apalagi kl ada tamu laen yang riweh kesenggol ngoceh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya iya...padahal kan nyenggolnya juga ga sengaja ya...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.