20 April 2015

Jayden 6 Month

Berat : 7,1 kg
Panjang : 70 cm

Biarpun nembus angka 7, tapi bulan ini cuma nambah 200 gram, hahaha. Sebenernya gua agak bingung loh, kenapa yang diributin selalu berat badan, kenapa ga pernah ributin masalah tinggi badan. Nyokap gua selalu bilang Jayden kurus Jayden kurus. Padahal, kalo dibandingin sama temen-temen seumurannya, dia emang lebih kecil, tapi lebih tinggi loh. Dokter aja bilang, ini anak beratnya uda cukup, tapi karena tinggi, jadi keliatan kecil. Buat gua sih, berapapun berat dan tingginya, yang penting masih dalam batas normal, dan sehat. 

Bulan ini akhirnya kami melabuhkan hati ke satu dokter, hahaha. Ini uda yang terakhir dah. Abis ini ga gonta ganti lagi. Jadinya dokter mana? Kembali ke salah satu dokter yang pernah gua sebutin sebelumnya. Si suami uda sreg banget sama dokter ini. Orangnya ramah banget sama Jayden. Begitu dateng, dia selalu nyapa Jayden. Dan dia bukan nganggep kami sebagai pasien, tapi sebagai temen. Manggil gua aja bukan "Bu", tapi "Mel" hahaha, sok-sok kenal gitu. Kemaren aja begitu selesai vaksin, Jayden dikiss-kiss ama si dokter. Dan yang lebih penting lagi, gua BBM apapun selalu dijawab, biarpun jawabnya agak lama ya. Beberapa temen bilang, dia kalo lagi praktek emang ga pernah megang HP, makanya bales selalu lama, tapi pasti dijawab.

Kemaren Sabtu kan jadwal Jayden vaksin. Gua selalu deg-degan tiap dia vaksin, takut abis itu rewel. Pas gua tanya suster dan suami, mereka bilang Jayden baik-baik aja. Gua uda seneng tuh, ampe nulis status di FB. Tapi ternyata...malemnya dia rewel dong, ampe badannya anget. Hiks! Tapi gua inget beberapa temen pernah bilang, anak demam abis vaksin itu biasa. Biarpun uda pake obat yang anti demam, tapi tetep ada kemungkinan demam. Begitu gua BBM si dokter, dia cuma bilang, kalo suhunya masih dibawah 37,5 kasih ASI aja terus. Suhunya paling tinggi 37 sih, hahaha. Ampe minggu pagi masih demam tuh, tapi gua nekad bawa dia ke sekolah minggu, plus nemenin mami papinya rapat di gereja. Eh, pulang-pulang uda ceria lagi. Rewel cuma ngantuk doang. Hari ini mah uda normal lagi. 

Perkembangan terbesar dia bulan ini adalah...bisa telentang lagi, hahaha. Sekarang resmi sudah anaknya bisa guling-gulingan. Kalo makein baju susahnya ampun-ampun. Maunya tengkurep, uda tengkurep maunya telentang, uda telentang maunya tengkurep lagi *tepok jidat* Sekarang uda ga bisa ninggalin dia sendirian.


Guling-gulingan sama papi.

Tidurnya juga masih teratur. Cuma entah kenapa, belakangan jam bangunnya jadi lebih pagi. Biasa jam 6 baru bangun, sekarang bisa jam 5 uda melek ketawa-ketawa. Tapi kalo pagi mah urusan bapaknya dah, hahaha. Apa jam tidurnya harus dimalemin lagi ya? Tapi kalo uda jam 7 malem biasa dia uda nangis-nangis ngantuk, masa gua biarinin, hahaha. Tidur siangnya juga uda mulai teratur, cuma lamanya aja yang belom. Kadang bisa 2 jam blas, kadang cuma setengah jem. Tapi sejauh ini sih tidurnya dia cukup.

Bulan ini dia makin susah minum pake botol. Kalo anak-anak seumurannya uda minum 150 ml, dia dikasih 100 ml aja kadang suka ga abis. Apalagi kalo gua yang ngasih, dilepeh-lepeh sama dia. Dan kalo gua ada di rumah, dia malah sama sekali ga mau nyusu pake botol merk apapun. Padahal dotnya uda disesuain sama umurnya. Emang gua pernah baca ada yang namanya reversed cycling, dimana bayi cuma minum ASIP sedikit, dan akan balas dendam minum banyak pas nyusu langsung sama ibunya.

Makanya kalo gua pulang, biarpun abis minum dari botol (dan masih ada isinya), dia nangis-nangis minta nyusu langsung. Gua juga pernah baca, kalo ngasih ASIP itu memang sebaiknya pas ga ada ibunya. Kalo ada sumbernya yang langsung, tentu dia akan menolak dari sumber lain. Pinter nih anak, hahaha. Di satu sisi gua seneng sih, berarti dia pengen deket-deket sama gua. Tapi di sisi lain sebel juga, uda mompa cape-cape, malah kebuang. Jadi kadang-kadang ama suster disendokin atau langsung glek glek pake gelas. Jayden uda jago loh minum dari gelas, hahaha.

Sekarang dia lagi masa-masanya ambil barang apapun yang ada di deketnya lalu masukin ke mulut, termasuk bajunya sendiri. Kadang-kadang ada bantal di deket dia pun langsung diambil dan masukin mulut. Pokoknya sekarang apa-apa dimasukin ke mulut deh. 

Ga ada apapun yang bisa diraih, narik baju aja deh buat dimasukin mulut.

Akhirnya dikasih biskuit buat dimakan. Tenang, ini uda lewat 6 bulan koq, pas uda waktunya makan, hahaha.

Makin bawel dan makin ga bisa diem. Ga bisa diemnya ini nih yang bikin beratnya jadi seret, hahaha. 


Cuma sesama bayi yang ngerti dia ngomong apa.

Uda mulai didudukin, tapi masih disenderin. Kalo duduk sendiri tanpa senderan dia masih belom bisa. Tapi kalo lagi tidur, dia bisa ngangkat-ngangkat pantatnya sendiri, seolah-olah mau bangun sendiri tapi ga bisa, hahaha. Trus uda bisa ngesot pake perutnya. Jadi kalo pas tengkurep, dia bisa geser badannya sendiri pake perutnya. Ngerti kan maksud gua? Hahaha.

Duduk-duduk santai dulu di sapi.

Masih ileran, hahaha. Tapi produksi ilernya uda ga sebanyak bulan-bulan sebelumnya. Dokter bilang sebentar lagi giginya numbuh dua biji di bawah. Pantesan apa juga dimasukin mulut. Siap-siap sebentar lagi acara nyusu penuh drama.

Pose imut dengan iler di tangan, hahaha.

Belakangan dia mulai aware dengan lingkungan sekitar. Jadi kalo lagi nyusu beduaan aja di kamar, tiba-tiba papinya masuk dan ngajak ngobrol gua, dia bisa tiba-tiba lepasin puting trus nengok ke arah papinya. Seakan-akan pengen ikut ngobrol. Trus kalo lagi dicuekin gitu, dia bisa tiba-tiba teriak seolah-oleh minta diajak ngobrol, hahaha. Uda banyak gaya deh pokoknya.

Yang paling menyenangkan hati adalah...ini anak gampang banget ketawa. Ampe temen gua pernah bilang, "anak gua susah banget ketawanya, anak lu malah gampang banget ketawa ya" Ketemu siapapun juga ketawa-ketawa, ya asal ga ngantuk dan ga laper, hahaha. Seneng banget deh. Bukan bermaksud menjadikan anak itu badut, tapi seperti layaknya orang dewasa, kita pun seneng bukan kalo ketemu orang yang ramah. Kalo kata orang gereja, Jayden itu happy baby, selalu tertawa dalam keadaan apapun, hahaha.

Dikerjain mami papinya pun tetep aja ketawa, hahaha.

Dia juga kalo diajarin apa-apa cepet nangkepnya. Ga langsung dipraktekin saat itu juga, tapi beberapa hari kemudian. Jadi dia kayak ngerekam dulu di otaknya, baru dipraktekin, hahaha. Contohnya tetangga gua kemaren itu ngajarin dia gaya mata genit. Anaknya mah cuma melongo doang. Eh, tiba-tiba kemaren itu dia kedip-kedipin matanya. Trus waktu kapan dia ngeliat gua sipit-sipitin mata pas lagi minum lemon. Eh, waktu kemaren dikasih pepaya dia ikut sipit-sipitin mata, padahal mah itu pepaya ga ada asem-asemnya, hahaha.


Mata genit.

Pas 6 bulan kemaren juga uda gua kasih makan. Tentang MPASI ini nanti akan gua posting terpisah. 

Mami, aku siap makan nih.

Happy 6 month sayang. Tetap selalu jadi anak yang ceria ya. Mami papi love you.

40 comments:

  1. Happy 6 month Jayden. Tenang aja Mel. Abby jg ga bisa nyusu banyak. Dulu itu kalo ASIP cuma 80 ml doang sekali mnm. Ga bs banyak2. Malah banyaknya dr makanan lgsg embul deh. Semoga Jayden makannya pinter jadi cepet embulnya n ga dibawelin org lagi hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal dulu bisa loh le 120 ml dan cuma nyisa dikit, makin kesini dia lebih milih gentong emaknya ketimbang botol hahaha... mudah2an jayden ketularan abby deh embulnya hehehe...

      Delete
  2. Jayden tinggi banget Mel, Ben 9 bulan nih 71 cm doang. Berat badan naik dikit banget sama spt Jayden naik cuma 200 gram, bulan lalu juga naik segitu krn gak bisa diem gerak melulu.

    Ada fasenya minum susu sedikit, klo sdh 3 hr begitu selanjutnya aku kurangin tuh, spy gak sayang kebuang mulu. Berikutnya normal lagi banyak minumnya. Ya namanya anak serba berubah deh, termasuk jam tidur kadang berubah, yang penting teratur sudah bagus tuh :) . Jayden sehat terus ya nak, kapan-kapan kalau ketemu Ben maen bola yaa :) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, si dokter juga bilang kalo ini anak tinggi makanya keliatan kecil hehehehe... ga bisa diemnya ini ya yang bikin beratnya ga naik banyak...

      uda sebulanan ini minum susunya dikit, tapi kalo nyusu langsung sih mau, cuma ga tau banyak apa ga hehehehe...

      kalo ben ke jkt, nanti main bola bareng yuk hehehehe...

      Delete
  3. btw gw pernah baca komen lu di foto apa gitu yang bilang : iya kamu tahu itu instan tapi nyokap yang beliin bla bla bla.. haha takut dijudge ya? santai aja lah say... instan itu perlu kok dan ga selamanya jelek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan ada ci ibu2 yang idealis banget makanan anaknya kudu homemade semua hehehehe...

      Delete
  4. Mel, kalo gw yg ngeliat Jayden ga kurus koq..masih gembul tuh pahanya belipet2...wah sekarang uda banyak gayanya yaa, lagi sedeng lucu2 nya mel nih si Jayden...hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyokap gua yg sering bilang dia kurus, padahal menurut gua juga ga kurus hahahaha... iya nih, lagi lucu2nya, bikin gemes hehehe...

      Delete
  5. Happy 6 Month Jayden...ndk kurus aah mel, udh berisi kok jayden, lagian klo kegemukan ndk bagus jg kan hehehhe...semoga sukses menu mpasinya ya mel trus di share di blog hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bapaknya juga ga demen jayden gendud2, takut ga lincah nantinya hahahaha... nanti pasti gua share...

      Delete
  6. ah jadi inget masa2nya Zio waktu menuju 6M hahahaha :)

    ReplyDelete
  7. happy ulbul Jayden :D
    Jayden ga kekurusan kok mel, pas malah gue liatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga ngeliatnya pas, nyokap gua aja yang suka ribut hahahaha...

      Delete
  8. Happy 6months Jayden! Duh iya banget ya kenapa ortu selaluuu aja komennya anak kurus kurus. Si cheryl tinggi banget dan beratnya sama kaya berat anak ndut yg ga tinggi, tp tetepp aja dibilang kurus. Heran! *numpang curcol jadinya hahaha

    Jayden ketawanya manisss banget. kalo diajak foto studio enak nih, fotografernya ga repot bikin ketawa huehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. *toss dulu* mereka masih menganggap yang gendud itu lucu dan menggemaskan hehehehe...

      pengen ajak foto studio, tapi nanti deh nunggu anaknya bisa duduk hehehehe...

      Delete
  9. Entah kenapa liat perkembangan anak itu kok cepet bgt ya, kaya Jayden tau-taunya udh 6bulan aja..
    Jevan dulu jg sempet berhenti ileran tapi skrg diumur setahun ilerannya banyak lagi, kalau liat org makan dia ikut buka mulut juga hahaa.
    Sehat-sehat terus ya Jayden, makannya yg byk n nyusunya juga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, gua juga berasa koq cepet banget tau2 uda 6 bulan hahaha...

      Delete
  10. Whoaaaa...
    Jayden sudah mulai beranjak dewasa yah Meeel..
    *mulai lebay komen nya hehehe...*

    Kayla ama Fathir juga punya foto persis kayak Jayden yang nongol dari balik bed cover gitu lho Meeeel...unyu banget :))

    Semakin besar emang peningkatan berat badan bakal semakin berkurang Mel, soalnya Jayden kan udah mulai aktif guling2 sana-sini, jadi nyantai aja siih...
    Dan tenang banget yah kalo udah dapet dokter yang cocok di hati dan perhatian ama kitanya :))

    Sehat2 terus yah Jaydeeen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih kak, mulai beranjak dewasa *apus air mata*

      yang aku baca juga gitu, kalo uda bisa guling2an, beratnya ga naik banyak karena uda banyak gerak... yg penting sehat deh...

      Delete
  11. Happy ulbul Jayden.. :)

    gak kurus kok mel. tiap anak perkembangannya beda2 yah. yang penting sehat, ceria. hihihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyokap tuh yang selalu ribut dia kurus hahahaha... buat gua juga yg penting sehat...

      Delete
  12. haha.. iya tuh, dsa juga cocok2an..
    dari foto2nya keliatan, jayden gampang ketawa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, emang anaknya gampang ketawa hehehe...

      Delete
  13. Happy 6 mos Jayden sehat2 dan murah senyum terus... asyik nih udah mulai makan2 buah sama bubur susu :)
    Itu pahanya Jayden montok gitu kok Mel, kl kurang berat kaya paha Monat cuman segede ceker ayam 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga cuma buah sama bubur susu ci, tapi sayur juga hehehehe... yang penting mah anak kita sehat ya ci hehehehe...

      Delete
  14. jayden makin lucu, terutama waktu mata genit..di hampir semua fotonya jg lagi senyum / ketawa mulu.. sehat2 selalu ya jayden.. :)

    ReplyDelete
  15. "Suhunya paling tinggi 37 sih" ---> lah jadi selama ini lo kalo bilang jayden demam tuh masih di bawah 37??? Hahahaha.
    Eh Mel, teorinya... kalo anak ditidurin lebih pagi, malah bangunnya lebih siang. Gw ga ngerti kenapa kaya gitu, tapi gw liat sih bener. Dicoba aja. Cape juga ngeladenin bocah jam 5 pagi. Tapi mungkin Seno malah menikmati? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bilang jayden demam kalo dahinya dipegang berasa anget wahahahaha... kemaren ini emang 37, yang sebelumnya pernah lebih dari 37, tapi ga pernah ampe 38 hehehehe...

      jayden kayaknya tidur jam berapapun, jam bangunnya selalu stabil hahahaha... seno menikmati sih harusnya, secara tiap kali dia pulang jayden uda bobo...

      Delete
  16. yay udah bisa guling2an ya... :)
    jayden kayaknya suka ketawa ya mel... lucu... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko, bikin dia ketawa gampang hehehehe...

      Delete
  17. Salam kenal ya, and numpang komen
    Udah biasa kalo ama2 emang doyan anak yang ndut2. Tolak ukurnya adalah gendut sama dengan sehat, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mereka anggap gendut sama dengan sehat, padahal kan ga selalu ya hehehehe...

      Delete
  18. Halo salam kenal Mel...numpang komen juga ya...
    Ak juga skr pnya baby umur ga beda jauh ama Jayden jg...babyku 6bulan 2minggu...wktu masuk 6bulan berat badan jg naik seuprit doank (100gr) jadi 7.1kg panjang 70cm (sama persis ama Jayden).
    Dan soal minum susu juga sama persis...dulu bisa habis 120ml bahkan kadang lebih skr malah 120ml ada sisa...dan kalau malam hari diatas jam 9 cuma minum 60ml-80ml saja. Sebelum baca post kamu ini ak dah galau 1minggu lebih soal ini...dan ternyata Jayden jg seperti ini...jadi agak tenang...mungkin emang perubahan d bulan k 6 ini seperti ini ya...soal perkembangan motorik baby ku jg sama ama Jayden...pokoknya baby ku ama Jayden byk bgt kemiripannya...soal murah senyum jg sama hihihi...
    O ya ak senang baca postingan kamu...sangat memberi masukan buat ak...
    Ak tunggu postingan mu soal MPASI ya...
    Happy ulbul Jayden...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... toss dulu sama jayden... punya temen nih dia hehehe... cuma jayden masih nyusu langsung, jadi aku pikir...biarpun dia minum asip dikit, tapi kalo langsung bisa banyak hahahaha... anggaplah gitu, daripada stress ya hahahaha...

      Delete
  19. happy ulbul Jaydenn!!
    gw mau komen tapi udah disebut2 smua diatas hahaha

    1. soal instan - gapapalahh klo biskuit babychoice gitu, bahkan gw juga dulu kadang kasi bubur instan HappyBellies kok. yang penting kan gw baca isi kandungannya apa2 aja, gapake pewarna dll ya cukup aman lah ya. prinsip gw sih yang penting bukan indomi instan heheheh. Mungkin dulu pas anak pertama gw lbih idealis yah, maunya homemade2, tp percayalah anak gw yg gede juga sama seringnya batuk pileknya dgn anak2 yg makan serba instan :P Oya ini opini gw aja yah, kembali lg masing2 ibunya mau kasi makan apa ke anaknya

    2. soal minum susu berkurang - banyak baby yg begini, seperti dua anak gw ternyata dua2nya emang ga bgitu doyan susu. jadi mulai 6 bulan keatas uda aga susah minum susu. Yang gede umur 7-8 bulan stop gamau ngedot sama skali, yang kecil ini umur 10 bulan mogok juga gamau ngedot lagi. alhasil dua2nya minum susu pake sendok, plg ya cm 150ml skarang si james tiap kali minum (itu aja uda pegel nyendokinnya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. aku pikir juga gpp lah sekali2 kasih yang instant hahahaha... ga terlalu idealis banget... yang penting kan ga sering2 hehehe...

      2. jayden masih mau minum dari dot sih asal ga ada aku... kalo ada aku, dia ga mau sama sekali... jadi kadang aku suruh suster minumin langsung aja pake gelas... uda lumayan bisa sih hehehe...

      Delete
  20. Ngga papa lah iler ya Jayden, yang penting anglenya wokeh! Mueheheh :P

    Bulan depan pasti makin lucu nih tingkahnya, Mbak. Dan berat badannya bakalan nambah lagi. Yeeeeey! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makin hari makin banyak tingkah dan makin lucu... mudah2an nambahnya lumayan hehehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...