07 August 2015

Ayah ASI

Karena terinspirasi dari Ka Dani dan dalam rangka memperingati World Breastfeeding Week, gua mau berbagi sedikit kisah tentang peranan si suami.

Waktu hamil, gua uda bertekad untuk ASI. Si suami? Ya namanya laki-laki ya, itung-itungan ekonomisnya kenceng. Apalagi kalo uda berbau gratisan, dia pasti dukung deh, hahaha. Karena itu gua ajak dia ke klinik laktasi dan gua beli buku Catatan Ayah ASI (recommended book), supaya dia dapet ilmu yang cukup.

Ketika Jayden lahir, peranan si suami bener-bener gede banget buat gua. Ketika gua stress dengan bekas jahitan yang masih nyut-nyutan kalo dibawa jalan, dia bantu sendawain Jayden, bantu gantiin popok pas Jayden pipis atau pup. Ketika masa-masa growth spurt, dimana gua memiliki ketakutan ASI gua ga cukup, gua melampiaskan kekesalan gua ke si suami, dengan memaksa dia nemenin gua nyusuin pas tengah malem. Gua ga peduli besok dia kerja, pokoknya bangun dan temenin gua. Kalo diinget-inget, gua kejam banget ya, hahaha. Tapi percayalah, si suami bangun dan duduk di sebelah gua, lalu tidur lagi, hahaha. Tapi itu uda cukup buat gua.

Lalu ketika lebaran kemaren, dimana ga ada suster, dia bantu ngerjain berbagai kerjaan rumah, supaya gua bisa fokus ngurusin Jayden. Dia tau, gua ga biasa ngerjain urusan rumah tangga, makanya dia yang handle. Urusan nyapu, ngepel, nyuci baju, nyetrika, beres semua ama si suami. Kadang-kadang dia juga bantu nyuciin segala perabotan makannya Jayden. Dan kalo gua lagi masak atau makan, dia bantu nidurin Jayden.

Sekarang, gua mulai memasuki fase gigit-menggigit. Asli sakit banget. Kayaknya sakit waktu awal-awal menyusui jadi ga ada apa-apanya dibanding sakit kalo digigit. Kalo dulu berdarah cuma sekali, ini uda berdarah berkali-kali, tapi masih bisa gua tahan. Si suami ikut bantu sounding ke Jayden supaya ga gigit-gigit nenen maminya. Trus kalo pas lagi digigit ada si suami, dia minta Jayden supaya minta maaf ke mami. Gua percaya, anak bayi itu walaupun belom bisa ngomong tapi uda ngerti.

Mungkin semua yang gua sebutin diatas kedengerannya biasa, tapi buat ibu menyusui, dampaknya tuh gede banget. Gua yakin, kalo waktu itu gua ga paksa si suami buat bangun nemenin, mungkin gua uda nyerah. Jadi kalo ditanya tentang Ayah ASI, gua uda punya dong, hahaha.

Happy breastfeeding buat semua ayah dan ibu. Buat yang ngasih susu formula, ga usah berkecil hati, kalian tetap orangtua yang hebat. 

Father and son moment.

15 comments:

  1. Zio walo udah enggak mo nenen semenjak 7m, tapi dia itu klo liat g ganti baju suka minta liat nenen, kadang di cicip2 trus mendadak kemarin lagi main2 bisa minta nenen, dikasih digigit bentaran udahan.. g sih jadi takut ini anak gigit2 buat mainan jadi nangih aja wakakakaka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua kalo abis digigit langsung tutup baju sambil bilang kalo mau nenen ga boleh gigit2... biar ga keterusan digigit... sakit banget soalnya hahahaha...

      Delete
  2. wah hebat senooo.. gua juga lagi sounding2 masalah ayah asi ke Jp, biar dia nanti juga bisa bantu gua.. karena tau sendiri kan yah.. asi itu banyak halangan dan rintangan dari orang2 terdekat. hehehe.. :) semoga gua bisa melewatinya yah mel.

    ReplyDelete
  3. Meeeel...
    Iya banget kalo Ayah sangat berperan dalam proses ASI Mel...
    Aku pun berasa banget Abah banyak ngasih suport moral ketika aku galau..yang mana sering banget galaunya..bhahahaha...

    Semangat terus ngasih ASI nya buat Jayden yah Mel, proses gigit2an itu emang berat banget lah, tapi kalo berhasil kelewatin rasanya legaaaa banget deh...
    ASI kan investasi yang tak ternilai harganya buat anak2 kita :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga dulu sering banget galau kak hahahaha... iya nih, sekarang berasanya berat banget... sakitnya ga nahan hahahaha...

      Delete
  4. Support dari suami itu memang komponen terpenting dalam mendukung sang ibu. I didn't know what to do without him at that moment. So many pressures from outside due to the size of Abby. Untung punya suami yg selalu semangatin, bahkan bantu melawan org2 yang seenaknya main nyuruh2 kasih formula cm dengan alesan spy gendut. Look at my baby now, kayaknya termasuk bongsor untuk usianya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama... jayden juga sering disuruh kasih susu formula biar gendut... sekarang sih dia tetep ga gendut, tapi tingginya uda kayak anak umur 15 bulan hahahaha...

      Delete
  5. Bener banget Meeeel. Peranan suami juga ga bisa diremehin waktu menyusui (well waktu sepanjang jadi bapak sihya). Hahaha. Agak narsis statement ini keluar dari komen seorang suami juga. Wkwkwkwk.
    Soal ngomongin itu, samaaa, dulu kami juga ngomongin A biar gak gigit-gigit dan buat minta maaf Mel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak... walaupun bayi belom bisa ngomong, tapi harus tetep dibilangin supaya minta maaf ya...

      Delete
  6. idem mel, peran suami pas qta ngasi asi ke anak itu penting bgtttt!!! qta pasti butuh support en masukan positif dari org terdekat salah satunya suami :)
    semoga Jo nanti juga selalu support gue yah mel, skrg2 lagi sering ngasi info/tuker pikiran pentingnya peran suami dikala asi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus support dong...kalo dia ga mau keluar duit buat susu formula hahahaha...

      Delete
  7. Setuju mel...wlpn tujuan awal budi dukung gw full asi karna alasanny cetek klo bisa gratis kenapa harus bayar? gelooo dah hahahha tp dengan gw tenteng dia ke klinik laktasi trus dia ada baca bbrp artikel ttg asi jadiny ngerti asi penting bgt dan dukung gw full asi, semoga dukunganny ndk cuma cinta sesaat dan dimulut aja tp berlanjut sampai babyny lahir hahahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan para suami mendukung emang alasan utamanya itu hahahaha...

      Delete
  8. Iya ya, suami org paling dekat dgn kita skrg.. Jadi pasti dukungannya bakal ngasih spirit yg luar biasa.

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.