28 September 2015

Gigit-gigit Gemes

Menyusui itu bukan pekerjaan mudah, gua setuju banget. Kalo ada bilang nyusuin itu gampang, sini gua lempar pake breastpump, hahaha. Gua inget banget waktu awal-awal Jayden lahir, puting gua sempet lecet dan berdarah gara-gara pelekatan yang kurang pas. Setelah ke klinik laktasi, dan diajarin pelekatannya, acara menyusui uda mulai enak tuh. 

Tapi belakangan, acara menyusui jadi salah satu moment yang menakutkan gara-gara Jayden mulai gigit-gigit puting lagi. Dulu waktu nongol gigi atasnya emang sempet gigit-gigit, tapi cuma beberapa hari trus stop. Ga ngerti kenapa belakangan mulai gigit-gigit lagi. Tadinya gua pikir mau tumbuh gigi lagi, tapi ampe sekarang si gigi yang ditunggu ga nongol-nongol. Apalagi gigitnya dia tuh bukan gigit gemes, tapi gigit-tarik. Jadi pas mau dilepas tuh mulutnya dia ga buka lebar, akhirnya giginya nyangkut di puting gua dan ketarik. Rasanya ya ampun.....luar biasa deh! Hahahaha.

Gua pikir masa-masa ini akan segera berlalu, tapi ampe sekarang masih tetep berlangsung. Dan hampir tiap kali selesai nyusuin, puting gua pasti berdarah karena kena gigit. Gua stress banget. Jujur gua ngerasa menyusui bukan lagi jadi acara yang menyenangkan karena gua takut kena gigit. Lalu sampailah di satu titik gua mulai lelah dan ngomong ke suami, "Kalo gini terus aku nyerah deh" Silakan bilang gua cemen atau lemah, tapi ya emang kenyataannya gua uda ga kuat. 

Kalo uda begini, ada dua opsi yang bisa diambil. Pertama, gua jadi ibu e-ping, dimana kerjaannya mompa terus tanpa harus latch on, dan kedua beralih ke susu formula. Opsi pertama agak sulit, karena Jayden tidur malemnya pake nyusu. Berhubung dia ga mau minum pake botol, mau ga mau minum pake gelas. Kalo pake gelas kan ga mungkin sambil tiduran, bisa tumpah kemana-mana. Tapi kalo ga nyusu dulu, dia ga tidur. Ketambahan lagi, dia masih suka nangis-nangis tengah malem nyari susu. Makanya opsi pertama itu susah buat dijalanin. Satu-satunya jalan ya beralih ke susu formula.

Tapi gua ga serta merta langsung ke supermarket buat beli susu formula. Gua agak galau. Di satu sisi gua uda ga kuat, tapi di sisi lain gua masih pengen nyusuin Jayden. Bingung kan? Hahahaha. Tiba-tiba di tengah kegalauan ini, Tuhan kayak ngirim malaikat penolong.

Gua uda sering cerita masalah gigit-gigit ini ke beberapa ibu-ibu. Respon mereka beragam. Tapi kebanyakan dari mereka bilang anaknya ga kayak Jayden, dan putingnya juga ga ampe berdarah, paling cuma lecet-lecet. Durasinya juga paling dua minggu uda beres asal disounding terus. Gua uda berkali-kali sounding ke Jayden, tapi tetep aja digigit. Makanya gua sempet bingung, ini Jayden yang ga dengerin omongan gua atau apa sih. Sampe kemaren di gereja gua ketemu satu ibu yang punya pengalaman persis sama kayak gua. Waktu gua tanya berapa lama baru ga gigit, dia bilang sekitar empat bulan.

Empat bulan!

Gua yang baru tiga minggu aja uda mau nyerah. Ibu macam apa gua ini *hiks*

Setelah curhat panjang lebar ama si ibu satu ini, gua semacam dapet kekuatan lagi buat melanjutkan acara menyusui ini. Dan sekarang soundingnya uda bukan, "Jayden ga boleh gigit-gigit" lagi tapi....

"Jayden, kalo uda selesai, mulutnya dibuka lebar, biar nenen mami ga kegigit. Kalo kegigit mami kesakitan. Kalo sakit nanti Jayden ga bisa nenen lagi"

Mudah-mudahan berhasil. Mudah-mudahan ga ampe empat bulan. Mudah-mudahan segera beres. Dan mudah-mudahan giginya cepet nongol, hahaha.

PS : Selama gua kesakitan, si suamilah yang jadi ajang pelampiasan gua. Sampe beberapa kali gua gebukin dan jambak saking ga tahan ama sakitnya. Menurut si ibu, mencari pelampiasan emang membantu biar kita ga stress. Jadi peran suami dalam acara menyusui emang gede banget ya, hahahaha.

Hai suami... I love you *smooch* 

31 comments:

  1. buat anak yg kedua, gw full e-ping
    tiap orang beda masalahnya jadi santai aja hehee..
    semua ibu pasti mengusahakan yang terbaik buat anaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga latch on sama sekali ya ci? yang penting mah anaknya sehat ya hehehee...

      Delete
  2. Semangatt ya mel...jayden kan anak pinter...pasti ngerti nanti lama2 kalo dibilangin...hehehe...emg jadi ibu itu perjuangan yaa...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. perjuangan banget... makanya belom siap mental kalo disuruh nambah lagi hahahaha...

      Delete
  3. mel, dulu gw klo digigit gw pencet hidung anaknya, otomatis dia kaget trus nglepas mulutnya (soalnya kan dia gabisa napas dr hidung jadi mesti buka mulut buat napas). nah setiap dia gigit gw konsisten pencet hidung sambil gw sounding gaboleh gigit. untungnya mempan hehehhe jadi anak gw dua2nya kapok ga perna gigit lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. si jayden dipencet hidungnya malah makin kenceng gigitnya hahahaha... dulu mempan sih kalo disounding, cuma belakangan ga mempan... tapi sekarang uda mulai berkurang sih gigit2nya...

      Delete
  4. Mel, cuma baca aja dada gw dah ngilu masak.. Hebat ya Mel perjuangan Ibu itu.. Smoga cara yg baru diajarin ini berhasil ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang perjuangan ibu itu luar biasa dah hehehe...

      Delete
  5. Moga2 gak digigit lg ya abis ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiiinnnn *doa yang kenceng biar ga digigit lagi*

      Delete
  6. Moga2 gak digigit lg ya abis ini...

    ReplyDelete
  7. smangattt mel!! semoga cara yang baru lebih efektif ya mel :)

    ReplyDelete
  8. Hiiii Mel, salam kenal.. gue juga busui dan sampai sekarang se bayi saya 8 bulan belum bergigi, jadi belum kejadian ke gue.. T.T moga-moga cara baru manjur dan Jayden kapok gigit lage ya.. =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang... ga semua bayi gigit2 koq... ada juga bayi yang ga pernah gigit hehehehe...

      Delete
  9. Salam kenal mb Mel..
    sy jg masih busui,, padahal baby ny udah 2th 2bln (berat 16kg)..haha..doyan bgd ni baby :p
    & prnah ngalamin d gigit2 puting smpe brdarah..
    sring nangis, smpet frustasi smpe mo brenti :D
    yg bikin sy kuat n trus ngASI,, yakni, kbanggaan akan seorg ibu, krn sy murni ASI, baby ny shat, n jrang skt ;)
    Sy sllu bhgia n bangga, klo ada yg trkagum-kagum dgn baby qu, yg montok krn ASIX ^^
    SMANGAT ngASI !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, salam kenal :) thank you sharingnya... ternyata daku tak sendiri hehehehe...

      Delete
  10. iya mel, kalo pas digigit pencet aja idungnya. Biasanya langsung lepas sih.
    Kalo menurut gw bayi itu gak ngerti kata "jangan". Kalo bilang jangan malah diikutin kebalikannya. Jadi bener banget tuh kata temen lo, bilang aja buka mulut yg gede. semoga dia lama2 ngerti ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. si jayden dipencet hidungnya malah makin kenceng gigitnya hahahaha...

      iya ya, gua juga berasa tiap kali bilang jangan dia malah lakuin... tapi kan ga mungkin gua bilang "gigit gigit" hahahaha...

      Delete
  11. semangat mbak semoga gak di gigit lagi :D

    ReplyDelete
  12. Baby K yg blm punya gigi aja suka gigit gigit pake gusi nya...langsung gue tutup lapak. lumayan sakit juga. Gak kebayang kalo sampe berdarah gitu Mel....*bacanya ikut sakit*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pake gusi sakitnya cuma ngilu doang... kalo pake gigi beneran sakit hahahaha... tenang nan, ga semua bayi suka gigit2 koq hehehe...

      Delete
  13. Banyak yah kejadian pas menyusui suka di gigit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak banget dan itu umum terjadi koq...

      Delete
  14. astaga hahaha. Jayden jgn gigit2 dong nak. kasian papimu :)

    ReplyDelete
  15. zio sih enggak ada sampe gigit2 di klo ngenyotnya kenceng aja, tau2 niplenya lecet, perih2 trus berkerak kek luka kering gitu, tapi besoknya g kasih lagi, kadang kulit kering yang itemnya ilang wakakakak *mama ga jelas* sampe dia ogah nenen, dia ga pernah gigit sih ^^ hwaiting~

    ReplyDelete
    Replies
    1. niple lecet juga pernah, tapi ga separah kalo digigit hahahaha... kalo berdarah juga katanya masih aman sih... ya kalo ga dikasih, bingung nenennya gimana hahaha...

      Delete
  16. Meeeel...
    Aku pun dulu suka digigitin Fathir sampe berdarah Meeeel...
    Dan emang itu rasanya dahsyat banget laaaah hehehe...

    Tapi memang buatku fasenya gak terlalu lama, gak sampe sebulan kok kalo gak salah mah...
    Kalo dia mulai gigit gemes, suka aku bales aja pencet gemes gitu idungnya biar dicopot gigitannya bhahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah si jayden kalo dipencet hidungnya malah makin kenceng gigitnya hahahaha... ini juga uda ada tanda2 hampir berlalu sih kak *semoga* hehehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...