15 September 2015

Jayden 11 Month

Postingan kali ini lumayan banyak foto dan video. Mamake lagi rajin motretin dan ngerekam tingkah laku si bos kecil, hahaha. Karena bulan ini ga ada jadwal imunisasi, jadi ga tau berapa berat dan tingginya. Tapi kalo diliat secara kasat mata sih, badannya segitu-gitu aja. 

Makannya masih mood-moodan. Minggu lalu uda mulai agak mendingan, uda mulai mau mangap-mangap. Eh minggu ini GTM lagi. Padahal kalo uda masuk mulut tuh dikunyah, ga pernah disembur, dilepeh, atau diemut, cuma pas mau masukin sendok ke mulut tuh susahnya ampun-ampun. Dibilang trauma ama sendok kayaknya ga juga. Kalo dibilangin isinya air putih dia mau buka mulut. Bayi gua yang doyan makan lagi entah kemana, hahaha. Mudah-mudahan nafsu makannya segera kembali deh.

Gara-gara Jayden GTM, gua yang tadinya idealis jadi realistis. Akhirnya gua merelakan Jayden makan ga di ruang makan, makan sambil nonton TV, makan sambil digendong-gendong. Ya daripada ga makan sama sekali. Gua yang tadinya stress lalu diingatkan sama si suami kalo ini kan MPASI - Makanan Pendamping ASI, yang berarti kebutuhan ASInya masih yang utama. Jayden masih ASI, berarti harusnya masih aman. Feeling gua sih, dia GTM karena mau numbuh gigi. Daripada mikir yang jelek-jelek, mending mikir gitu aja deh, hahaha.

Giginya emang masih empat biji, tapi di bawah uda nongol putih-putih dua biji, tinggal nunggu keluar. Gua gemes koq ga keluar-keluar. Soalnya berasa banget giginya gatel. Dari yang tadinya uda ga pernah gigit-gigit puting, belakangan suka gigit-gigit lagi. Ga cuma puting maminya, tapi semuanya digigitin juga. Mulai dari bantal, boneka, bola, mainan, handuk, diaper, botol. Pokoknya semua yang bisa digigit pasti digigit deh. 

Gusi gatel, gigit mainan aja deh.

Bulan ini Jayden perdana gua kasih telor. Sebelumnya sempet nanya dulu ke dokternya, katanya kalo ga dicoba mana kita tau ada alergi apa engga. Iya juga sih. Malah dari umur 6 bulan uda boleh dikasih telor, cuma gua kan cari aman ya. Ternyata anaknya doyan dan baik-baik aja. Makin kesini makin keliatan makanan apa yang dia suka. Jayden paling doyan makan ayam, jagung, bayam, kabocha, babi, kentang. Kalo buah dia paling suka alpukat, pepaya, dan mangga. Paling ga mau makan ikan. Persis bapaknya, hahaha. Jadi inget, waktu hamil gua paling eneg kalo makan ikan.

Jayden uda bisa minum pake sedotan loh. Ga diajarin, tau-tau bisa sendiri. Katanya kalo yang terbiasa nyusu langsung emang cepet bisa minum pake sedotan. Kalo botolnya diisi air putih, dia doyan banget, tapi kalo diisi ASIP langsung ga mau. Konsumsi ASIPnya masih segitu-segitu aja. Kalo dikasih sih diminum, cuma ga banyak. Makanya sekarang gua cuma mompa dua kali. Kalo hari Minggu malah cuma satu kali. Mompa demi menjaga produksi aja biar ga surut.

Jayden juga uda ga mau dianggap bayi lagi, hahaha. Kalo tidur suka tiba-tiba merayap dan geletakin kepalanya di bantal gede. Kalo makan juga ga mau pake bib. Kalo dipakein bib pasti ditarik-tarik. Minum ASIP juga uda ga mau pake botol susu. Jadi kalo ga pake sedotan ya pake gelas. 

Bobo di bantal mami.

Uda jago naik tangga, hahaha. Sekarang maunya naik tangga melulu. Tadinya gua mau pagerin itu tangga, tapi dipikir-pikir biarinin aja deh. Naik tangga kan juga melatih motoriknya. Cuma ya gua uda wanti-wanti si suster, dia kudu ngikutin kalo Jayden lagi naik tangga. Jangan dibiarinin sendirian.

Mami, aku mau naik dulu ya.

Tuh, aku bisa kan mami *mami lap keringet*



Masih inget kegalauan gua bulan lalu dimana Jayden belom bisa merangkak? Bulan ini uda mulai bisa merangkak, cuma anaknya males. Kadang uda merangkak selangkah dua langkah, lalu balik ngesot lagi. Padahal bukannya lebih enak merangkak ya, hahaha. Tapi sekarang sih ngesotnya uda mulai berkurang, dan uda ga males lagi merangkak. Gua jadi lega. Seengga-engganya, dia ga ngelewatin fase merangkak, hahaha. Emang agak telat sih dibanding temen-temen seumurannya, tapi sekali lagi, perkembangan tiap anak kan beda-beda *menyenangkan diri sendiri*



Uda mulai berdiri kalo ada pegangan, tapi belom bisa merembet. 

Sehari sebelum ulang bulannya yang ke 11, bisa berdiri tanpa dibantuin.

Kalo ditaro di crib pasti langsung berdiri.

Suka ngintipin kolong bangku, kolong ranjang, kolong meja makan, dan kolong-kolong lainnya, hahaha. Kadang-kadang kalo lagi main bola dan bolanya masuk ke kolong bangku, dia langsung ngintip. 

Ada duit ga ya? 
 
Uda mulai ngoceh bababa, wawawa, dadada, jajaja, tapi belom bisa mamama. Ngoceh mamama kalo kepepet. Kayak kemaren, dia ditaro di crib, sementara kami semua sibuk beres-beres karena mau pergi ke gereja. Anaknya langsung bilang "mama" tapi abis itu diajarin ampe mulut pegel tetep yang keluar bababa, hahaha. Nanti mami ga kasih nenen loh *ngancem*


wawawawa...


Abaikan backsound di akhir video

Tapi uda bisa kiss-kiss mami papi. Cuma ya tergantung moodnya dia. Kadang-kadang kalo dia uda bangun sementara mami papinya masih tidur, tau-tau dia mendaratkan bibirnya di pipi mami. Kalo mami pulang, Jayden langsung minta gendong dan kiss mami. Seneng banget deh rasanya. Terus kalo mami pamit mau pergi kerja, anaknya langsung nangis. Uda ngerti kalo mau ditinggal pergi. 


Sabar ya nak. Doain mami dapet duit yang banyak biar bisa nemenin kamu di rumah.

Demen sama mobil-mobilan. Waktu kapan gua bawa dia main di fun world. Awalnya takut, cuma lama-lama demen. Tapi demennya sama mainan yang ada setirnya. Kalo sama kuda-kudaan tetep takut, hahaha. Sekarang kalo ada benda yang bulet, pasti diputer-puter sambil bilang "ngeng ngeng"

Mami mau dianterin kemana?


Nyetir bareng papi.

Genit! Hahahaha. Ampun deh. Jadi kalo ngeliat cewe cakep, dia pasti mainin mata sambil mamerin gigi. Tapi giliran sama tante-tante atau om-om, mukanya tanpa ekspresi gitu, hahaha. 

Kalo deket sama cewe, mukanya happy bener.

Giliran ama cowo, mukanya biasa aja, hahaha.

Bisa manggil orang. Jadi kalo ada siapapun yang mau dia panggil, pasti teriak "aaaaa". Bisa niruin suara papi ngorok, hahaha. Bisa salaman, bisa high five, tapi yang paling jago mah mata genit, hahaha. Jayden ampe terkenal di komplek rumah sebagai bayi mata genit. Tiap kali keluar pagi-pagi atau sore-sore dan ketemu oma-oma, pasti yang pertama kali disuruh tuh mata genit, hahaha. Uda bisa lipat tangan kalo mau berdoa. Dan paling demen main air. Mandi itu jadi salah satu kegiatan favoritnya. Tiap kali mandi, kakinya pasti gedubrak-gedubrak. Sekali-kali pengen mami bawa ke kolam renang nih. Selalu girang kalo diajak jalan-jalan. Kalo uda pake baju rapih tapi belom pergi-pergi, pasti ribut, hahaha.

Cuma diajak ke restoran aja uda girang.

Tiap denger musik apapun, pasti badannya goyang-goyang. Musik apapun. Bahkan kalo kita bikin musik sendiri dari tepuk-tepuk meja atau tepuk tangan, dia pasti goyang-goyang. Jadi inget waktu Jayden masih di perut, tiap kali ada suara musik, terutama musik yang upbeat, pasti gerak-gerak heboh, hahaha. 

Uda mulai diajarin pup di toilet. Jadi kalo kira-kira mukanya ngede mau pup, langsung buru-buru gua buka celana dan dudukin di toilet. Sebenernya ama si suster dari bulan-bulan lalu uda digituin, cuma kadang gua suka males, hahaha. Bulan ini mami mulai rajin. Anaknya ya kadang betah kalo emang bener mau pup, tapi kadang suka ga mau, akhirnya malah ga jadi pup. Yang penting uda dikenalin kalo pup itu di toilet.

Makin kesini makin banyak gayanya. Makin ga bisa diem. Dan makin banyak tingkah laku yang bikin mami papi senyum-senyum.

Happy 11 month Jayden sayang. Tahun depan kamu uda bukan baby lagi ya. Mami papi love you. Sehat-sehat terus ya.

16 comments:

  1. hi mel.. salam kenal..

    begitu nongol disini trus mao protes aja *minta digampar* di kata-kata terakhir maksudnya "bulan depan udah bukan bayi lagi ya"? lol..

    ReplyDelete
  2. Wah...lagi lucu2nya yaa jayden..gemes jadinyaa deh..
    Kayanya emg stiap anak kecil pasti mengalami fase males makan yaa? Ponakan gw juga lagi susah banget dikasi makan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga yang makannya lancar terus ampe gede hahaha...

      Delete
  3. Ah tau-tau udah mau setahun aja nih Jayden. Abis gini tinggal belajar jalan deh. Sehat-sehat terus ya Jayden.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini lagi belajar merambat aunty hehehehe... thank you :)

      Delete
  4. Haha gw jadi inget gw pernah posting juga tuh foto2 Raka lagi ngintip2 bawah ranjang/meja kaya Jayden. Wah kayanya udah musti turunin lagi tuh crib nya. Ntar lompat loh kaya Raka *nakut2in* hahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... toss dulu ama koko raka... nanti aja deh nuruninnya, kalo dia bener2 uda bisa jalan hahahaha...

      Delete
  5. iya kalo anak lagi naik tangga, yang jaga gak boleh meleng ya...

    lucu banget si jayden suka ngintipin kolong... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus kudu ada yang jagain ko... makanya aku uda wanti2 si suster...

      Delete
  6. cepet amat sih ya mel..tau2 udah merayap-rayap di tangga gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, cepet banget... besok tau2 uda bisa lari ahahahaha...

      Delete
  7. waa bntr lagi setaun ya mel Jayden, cepet ya :)

    aduhhh Jayden, tau ya cewek cakep trs lsg bisa mata genit, hahahaha. moga Jayden ga GTM sering2 ya mel

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, bulan depan uda setaon...

      berarti jayden cowo banget wahahahaha... iya, semoga balada GTM ini segera berlalu...

      Delete
  8. Mel, serem kalau anak mulai naik tangga ya, takut jatuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya selalu dijagain dari belakang non...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...