17 November 2015

Emosi Jiwa Di Jalan

Uda sekitar dua bulan ini gua nyetir mobil ke tempat kerja. Sebenernya dari awal beli mobil, si suami uda nyuruh gua nyetir. Cuma pas mobilnya dateng kan pas gua hamil, gua agak-agak males nyetir mobil. Lagian begitu perut mulai membesar, gua lebih suka naik busway, karena selain banyak jalan, di busway uda pasti dikasih tempat duduk, hehehe. Ampe Jayden lahir dan gua balik kerja, keterusan deh naik busway.

Cuma belakangan, gua uda ga terlalu nyaman naik angkutan umum. Akhirnya gua bikin SIM dan mulai nyetir deh. Untungnya mobil kami itu matic, jadi gua cepet belajarnya, walaupun sempet nabrak pager rumah, hehehe. Emang pas mau beli mobil, si suami mempertimbangkan matic supaya gua bisa pake. Dia lebih suka naik motor ketimbang mobil. Tapi sodara gua bilang sebenernya mobil matic lebih bahaya ketimbang manual. Makanya gua kalo nyetir ga berani ngebut kayak si suami, yang penting aman sentosa deh, hahaha.

Tapi dua bulan di jalanan, gua jadi memahami kenapa si suami cepet emosi kalo lagi nyetir. Si suami itu orang Jawa yang lumayan jarang marah, tapi kalo uda nyetir, dia bisa emosi jiwa. Di jalan tuh pasti ada aja orang yang bikin naik darah. Gua ambil contoh untuk alat transportasi yang paling banyak di jalanan, yaitu motor.

Motor itu paling gampang buat nerobos lampu merah. Apalagi kalo jalanan lagi sepi. Di depan pintu gerbang Green Garden yang mau ke arah Jalan Panjang kan ada lampu merah dan hampir ga pernah ada polisi disitu. Gua selalu berusaha menaati rambu-rambu yang ada. Jadi kalo merah ya gua berenti, kalo ijo ya jalan. Giliran lampu ijo, ya gua jalan dong, tau-tau dari samping bisa tiba-tiba ada motor lewat. Padahal harusnya itu motor berenti karena lampu merah. Uda dua kali gua hampir nabrak motor gara-gara mereka nerobos lampu merah. Mentang-mentang disitu ga ada polisi, jadi bisa seenak jidat.

Motor juga paling gampang buat jalan di arah yang berlawanan. Dan gua paling sebel kalo lagi enak-enak nyetir, tau-tau ada motor nongol dari arah yang berlawanan, padahal uda jelas-jelas itu satu arah. Paling sebel lagi kalo pas jalanan lagi macet, itu motor yang berlawanan arah malah bikin tambah macet, makin emosi jiwa deh.

Motor juga paling enak nyalip sana sini. Tapi kadang-kadang nyalipnya ga pake mikir dan ga pake tanda. Uda jelas-jelas jalanannya sempit, mereka kadang masih suka maksa lewat dengan kecepatan yang lumayan. Uda dua kali kaca spion gua ketutup sama motor lewat. Belom lagi kalo lagi enak-enak jalan lurus, tau-tau ada motor lewat dan belok. Duh, kalo mau belok ya dari jauh-jauh uda melipir dong.

Dan gua paling sebel sama pengguna motor yang ga pake helm. Koq kayak pada ga sayang nyawa ya. Belom lagi gua suka liat mba-mba yang diboncengin tapi helmnya ditenteng. Ya kalo sayang rambut lepek mending ga usah naik motor deh. Lebih sebel lagi sama orang yang lagi pacaran di motor, jalannya tuh super duper pelan dan di tengah. Kalo mau pelan ya di pinggir atuh.

Makanya kadang kalo ketemu motor-motor di jalan, mending gua ngalah deh. Daripada adu-aduan ama motor, tapi kalo kenapa-napa pasti yang bawa mobil yang disalahin. Sebenernya kadang mobil, angkot, dan bis juga suka bikin emosi jiwa, tapi intensitasnya ga kayak motor. Motor tuh jumlahnya banyak banget. Harusnya dibuat jalan khusus sendiri ya, biar lebih aman dan ga semerawut.

Sekarang gua paham kenapa banyak orang bilang jalanan bisa bikin emosi jiwa, hahaha.

32 comments:

  1. Sabar yah mel.. begitulah jalanan ibu kota.. apalagi motor.. hahaha.. tapi emang enak bawa manual (kalo gk macet), kalo macet enakan matic.. wkwkw.. semangat mel.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu gua pernah bawa manual dan nabrak mobil orang, sejak itu jadi agak takut bawa... ribet ama kopling, gas, gigi, rem heheheh... semangat!

      Delete
  2. Yang penting sabar dan inget keselamatan diri sendiri aja Mel. Meskipun lihat motor itu rasanya pengen nabrak aja. hahaha.. *emosi jiwa juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sekarang kalo ama motor mendingan ngalah deh... daripada kenapa2 bisa runyam hehehehe...

      Delete
  3. sekarang mah kalo masih waras bisa ngalah mel....kalo ikut2an kagak waras, bisa tiap hari berantem di jalanan...wkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. sabar-sabar ya cii ngadepin pengendara motor yang gak punya pikiran #emosi jiwa..hahaa ya walopun gak semuanya...yang penting kitanya gak ikutan ugal2an..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ga semuanya, tapi karena jumlah motor banyak banget, jadi emosinya ama motor hahahaha...

      Delete
  5. gue selalu jadi penumpang mel di mobil tow angkot, en walo jadi penumpang pun greget rasanya sama pengendara motor. suka seenak udel mrk di jalanan. kalo pun (amit2) sampe ada urusan sama pengendara motor biasanya qta selalu jadi pelakunya en mereka korban padahal belum tentu qta yang salah kan.

    sabar2 ya mel en banyak ati2 di jalan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua kalo penumpang tau beres doang hehehehe... kadang suka sebel sih emang ama motor, tapi sebelnya ga kayak kalo lagi nyetir hahahaha...

      Delete
  6. Begitulah klo kitanya bawa mobil..sebelnya ama yg bawa motor. Tapi kalo lu bawa motor, sebelnya ama yg bawa mobil. Jadi ya yg penting intinya jadi pengendara yg baik aja mau bawa kendaraan apa juga.

    Kalo gua sih lebih sebel ama mikrolet sama kopaja. Itu bener2 kaya jalanan (raya) punya kakek nenek moyangnya. Dan kalo udah salah dan kita klaksonin dia nya tinggal kasih jempol doank. Dih !!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua ga pernah bawa motor na hehehehe...

      angkot2 itu emang kadang nyebelin sih, apalagi kalo tiba2 berenti di tengah jalan seenaknya gitu, cuma intensitas mereka bikin gua sebel ga sebanyak motor hahahaha...

      Delete
  7. Motor emang paling paling Mel. Jangankan buat yg bawa mobil, buat yang jalan kaki pun sama nyebelin dan bahaya nya. Gue sering punya pengalaman gak enak sama motor cuma gara2 mereka ignorat. Ujungujungnya sih yang waras ngalah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... gua pernah tuh, jalan kaki di trotoar tau2 diklaksonin motor... lah, kalo secara peraturan kan mereka yang salah... wong trotoar buat pejalan kaki, bukan buat motor.. grrrr... hahahaha...

      Delete
  8. Kalau udah lama2 juga udah biasa Mel. Jauh lebih enak nyetir matic drpd manual. Jauhhh banget especially di Jakarta yg macet parah. Tar kalau udah biasa, lu cari deh stasiun radio favorit. Kl gue suka 101 Jakfm. Emosi jiwa berkurang, pengetahuan lagu baru bertambah hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa ama motor2 yang ga tertib? hehehehe.... gua juga lebih comfort nyetir matic daripada manual hehehe... kalo gua seringnya dengerin delta fm, banyakan lagu jadul hahaha...

      Delete
  9. aku dulu naik motor tp lama2 jiper ngeliat kelakuan pengendara motor lain. akhirnya keberanianku menguap dan hilang sama sekali, hahaha. mending ngangkot/naksi/dianterin dah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, yang naik motor aja jiper ama motor hehehehe... aku juga kadang lebih milih naik angkot... cuma belakangan naik angkot uda ga senyaman dulu... *emang pernah nyaman ya* hehehehe...

      Delete
  10. haha.. tapi jalanan ibukota jika dibandingkan dengan jalanan kota medan amburadul sapa ya? gue inget bgt kata-kata orang kalo uda jago nyetir di jalanan kota medan, nyetir dimana aja gk masalah lol.. tapi kudu hati2 ya mel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua belom pernah ke medan, jadi belom bisa membayangkan... tapi katanya medan emang amburadul sih hehehehe...

      Delete
  11. Selamat anda layak dapat bintang karena kesel hahhahaa, kl gw udah sampe tahap bohwat sama mereka itu. Setelah gw telaah taxi, bajaj, mobil, angkutan tampaknya sebal sama motor karena yah gitu deh jarang yg tertib walaupun angkutan nggak tertib. Telaah kedua semua pengguna transportasi baik itu yg membawa atau penumpang sama2 sebal sama pendemo karena bikin macet jalanan. Jadi kalau gw simpulkan yg bikin gemes org kebanyakan pemotor nggak patuh sama pendemo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tampaknya banyak ya yang sebel ama motor... jumlah mereka banyak banget sih ci heheheh...

      Delete
  12. Gue bawa mobil matic dari tahun 2006, baik-baik aja kok sampe sekarang Mel. Di Jakarta menurut gue nggak bisa ngebut-ngebut banget, kecuali kalo tengah malem di jalan tol, jadi matic/manual nggak ada bedanya sih. Dan gue merasa kalo udah bisa nyetir di jalanan Jakarta, bisa nyetir di mana aja. Karena jalanan Jakarta ganas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepupu gua sih yang bilang... katanya matic lebih bahaya daripada manual... gua sih lebih mikir comfortnya aja...

      Delete
  13. ah.. nggak selamanya ibu-ibu hamil dikasih tempat duduk di busway. kalau isinya orang-orang bermoral gak bagus semua kayaknya gak bakal dikasih :")
    saya juga suka keki sama pengendara motor yangnggak hobi pakai helm. apalagi yang hobi perboden. udah perboden, nggak pakai helm pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, emang ga selamanya... tapi untungnya waktu hamil selalu dikasih duduk hehehehe...

      emang ya, naik motor ga pake helm kayak ga sayang nyawa...

      Delete
  14. hahahaa gua disini yang relatif lebih tertib aja masih suka emosi jiwa. si andrew sampe suka protes kenapa gua suka marah2 kalo lagi nyetir. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... emang jalanan selalu bikin emosi ya ko...

      Delete
  15. Iya, emang bikin emosi jiwa, gue yang ga nyetir aja bisa ikutan sebel ngeliat orang-orang yang bawa kendaraan itu seenak jidatnya :|

    ReplyDelete
  16. ya kmaren ini juga ada motor dr arah berlawanan jalannya super kenceng (gw biasa aja), ehhh uda deket gw tiba2 motornya meleng ke gw dan nyrempet mobil gw sampe meninggalkan bekas baret lumayan panjang. Karena gw kesel bangettt dan esmosi, langsung gw turunin kaca mobil sambil gw tereakin tu orang: mas kalo nyetir yg bener donkk!!
    Trus gw tinggal jalan lagi krn gw buru2 mau anter anak les dan lagipula mobil gw kan sudah asuransi. seandainya ga asuransi pun, mana mungkin sih mobil nagih duit sama si motor meski dia yg salah?
    abis itu aja gw aja aga heran kok gw td brani turunin kaca mobil n tereakin sgala. jelas2 gw cewe, lumayan putih, kok nereakin mas2, klo gw mala balik dimassa gimana coba (bagaimanapun mobil yg slalu salah kan). Tapi itu namanya esmosi jiwa sama motor, jadi gw yg kalem bisa marah juga :P

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...