06 May 2016

Big Bad Wolf

Beberapa waktu yang lalu, gua baca-baca berita tentang pameran buku terbesar, yaitu Big Bad Wolf di ICE, Tangerang. Begitu liat liputan-liputan di social media, gua langsung mupeng pengen kesana. Buku-bukunya kebanyakan import, dan dalam bayangan gua, pasti banyak banget buku-buku buat Jayden. Emang kalo uda jadi emak-emak mah yang diinget anak ya. Ga juga sih, masalahnya gua kan agak pusing kalo baca buku yang isinya tulisan semua. Pake bahasa Indonesia aja uda puyeng, apalagi pake bahasa Inggris, jadi ya mau ga mau tujuannya buat anak, hahaha. 

Pas banget si suami ngajakin juga buat kesana. Sebagai pecinta buku, tentu aja dia ga akan melewatkan event ini. Tadinya dia ngajakin kemaren begitu pulang gereja, tapi gua agak ragu buat ninggalin Jayden. Dan sepertinya keputusan kami tepat, karena kabarnya siang-siang itu justru lagi rame-ramenya. Akhirnya kami berangkat tadi pagi.

Niatnya sih jalan jam 6, tapi pada kenyataannya jam 6 kami baru bangun, hahaha. Akhirnya kami jalan jam 7. Pagi tadi jalanan sepi banget. Perjalanan kesana juga lancar jaya. Sekitar jam 8 kami nyampe di ICE. Dan....parkiran mobil uda penuh aja dong. Pas kami parkir, malah uda ada orang-orang yang pulang sambil nenteng-nenteng plastik isi buku. Buset...ini antara mereka rumahnya deket-deket ICE, atau emang niat banget buat beli buku. Ada juga beberapa mobil dengan plat luar kota. Niat abis.

Parkiran mobil yang mulai ramai.

Pas kami dateng, uda mulai rame, tapi masih bisa ditoleransi tingkat keramaiannya. Buat para pecinta buku, dateng kesini bener-bener surga dunia banget deh. Kategorinya juga banyak banget. Ada fiksi, non fiksi, romance, design, resep masakan, dan masih banyak lagi. Kualitasnya juga bagus-bagus, dalam artian masih rapih, ga lecek sana sini, dan stoknya juga banyak. Buku bahasa Indonesianya juga ada, tapi dikit banget, paling cuma sekitar 10% doang, sisanya import semua.

Masih "agak" sepi.

Bisa milih ampe puas.

Buku masakan yang bikin mupeng.

Buku anak yang bikin kalap.

Karena tujuan gua cuma buku anak, begitu dateng gua langsung menuju ke tempat buku-buku anak, yang mana ternyata banyak banget jumlahnya. Board book aja bisa ratusan, dan bagus-bagus. Ga cuma story book, tapi ada juga pop up book dan activity book buat anak-anak. Kalo ngikutin kata hati sih gua pengen banget semuanya. Tapi mikir-mikir juga dompet dan lemarinya.

Untuk harga, paling murah 30rb dan paling mahal sekitar 100rb. Untuk ukuran buku-buku import, gua bilang itu tergolong murah. Board book di Gramedia aja paling murah 75rb, disini ada yang cuma 30rb. Tadinya banyak banget yang gua masukin ke keranjang, tapi begitu mau bayar, gua sortir lagi. Kalo beli semua mah bisa 1 juta lebih, hahaha.

Akhirnya gua ga beli board book. Gua pikir Jayden uda punya banyak board book. Yang gua beli cuma beberapa activity book buat nanti dia umur 3-5 tahun, sama beberapa story book yang akan gua simpen dulu ampe anaknya bener-bener ngerti baca buku. Gua pikir buku-buku import kayak gini akan sangat membantu dia kalo nanti belajar bahasa Inggris. Untuk buku-buku pengenalan huruf, bentuk, dan binatang akhirnya gua skip, toh dia uda banyak tau dari hasil nonton di youtube, hehehe.

Untung banget kami dateng pagi-pagi, karena begitu mau pulang, gua liat hallnya uda padet banget sama manusia. Gua ngeliatnya aja uda pusing, hahaha.

Lautan manusia.

Begitu siang, penuhnya uda kayak gini, untung dateng pagian.

Di luar juga ada beberapa counter makanan dan minuman. Gua ga tau harganya sih, karena ga beli juga. Tapi kayaknya better bawa makan dan minum sendiri deh. Pas masuk juga ga diperiksa tasnya. Cuma pas keluar, bon pembelian bukunya harus ditunjukkin.

Counter makanan dan minuman.

Dan waktu kami liat pintu masuknya, ternyata uda banyak orang yang ngantri masuk. Gila, animonya gede banget ya. Padahal ini buku-buku import loh. 

Mau ngantri masuk.

Pulangnya kami mampir ke AEON. Pikir mumpung lagi ada di daerah sana, jadi sekalian jalan-jalan. Sebelumnya uda janjian dulu sama bokap nyokap buat ketemuan disana, dan mereka bawa Jayden. Jadi kelar belanja buku, kami ngedate bareng si bos kecil deh.

Si bos kecil yang harus suka baca buku.

Pameran ini dibuka 24 jam ampe tgl 8 Mei, tapi kabarnya diperpanjang ampe tgl 9 Mei. Dan beberapa tips dari gua buat yang mau kesana :

1. Jangan bawa anak kecil. Kalo buat gua, tempatnya ga terlalu nyaman buat anak kecil. Ga ada hiburan juga buat mereka. Kalo pun mau bawa, better bawa stroller. Biar mereka bisa duduk nyaman di stroller dan ga perlu desak-desakan. Kalo anaknya uda agak gedean sih mungkin mendingan ya, bisa dibilangin supaya jangan pisah dari orangtua.
2. Siapin budget. Karena melihat banyak buku bagus ternyata bisa bikin kalap dan budget pun membengkak. Jadi sebelum pergi, hitung-hitung dulu mau ngeluarin berapa duit.
3. Bawa uang cash, karena antrian di bagian cash only jauh lebih cepet daripada yang pake kartu kredit. Tapi kalo pake kartu kredit mandiri bisa dicicil 3 bulan kalo ga salah.
4. Dateng sepagi mungkin, jangan semalem mungkin. Asumsi gua, orang-orang lebih kuat begadang daripada bangun pagi, hahaha.
5. Bawa tas gede atau mungkin koper kalo mau beli buku dalam jumlah banyak, karena trolleynya sering abis. Tadi si suami langsung menuju kasir, jadi begitu ada trolley yang uda ga kepake langsung dia ambil.
6. Jangan lupa bawa cemilan dan minuman. Jangan ampe laper dan dehidrasi gara-gara kalap milih buku.

Happy hunting semuanya dan....happy holiday!

22 comments:

  1. pasti lah animo nya banyak banget secara buku import nya murah gitu. kalo di toko buku kan buku import mahal2 ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ko, untuk ukuran buku import, ini itungannya murah banget...

      Delete
  2. Astagaa,hebat yaa yang bangun pagi2 untuk berburu buku. Tapi mending jalan pagi2 daripada kena macet...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, aku sengaja bangun pagian buat kesana, dan untung pagian, siangan dikit uda macet banget...

      Delete
  3. Aduhhh beruntung yah Mel bisa beli buku buat Jayden dengan harga murah trus nggak terlalu rame :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, hoki banget hehehehe... pas banget lagi, ngantri di cash only ga terlalu lama...

      Delete
  4. Iya niiih, kayaknya di Jakarta lagi heboh banget sama Big Bad Wolf itu, timeline ku rame sama yang abis pada belanja buku disini Meeel :)

    Dapet buku apa aja niiiih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan activity book kak, kayak mewarnai, stiker book, belajar nulis... buku cerita sih beli, tapi beberapa doang hehehehe... beli buku buat investasi hehehehe...

      Delete
  5. Bosen gw baca tulisan orang-orang tentang Big Bad Wolf ini. Gw yang di Surabaya cuman bisa melongo lantaran tempatnya kejauhan.

    Share dong buku hasil buruan lu, Mel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa tau someday mampir ke surabaya juga hehehehe...

      cuma activity book sama beberapa buku cerita doang buat si bos kecil hehehehe...

      Delete
  6. gw kira buku nya buku kuno gitu, soalnya biasa kan buku import murah, buku jadul. ternyata kalo gw liat orang2 punya, bukunya baru2. jadi pengen kesana, sayang udah ga sempet :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga jel, bukunya baru semua... positive thinking, ga kesana berarti dompet aman... karena kalo kesana dan lu pecinta buku, dijamin kalap hahahaha...

      Delete
  7. iya, share dong dpt buku apa aja mel.. kepo nih haha
    awalnya gw kira bukunya gak gitu bagus loh, kalo tau bagus mah dari minggu2 lalu udah kesana. Giliran udah heboh di medsos udah keburu males, males antri dan males desek2an haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma activity book sama beberapa buku cerita buat si bos kecil mel hahahaha... yang model begini gua cari2 di gramed, jarang ada yang gambarnya bagus...

      ambil positivenya, males kesana berarti dompet lu aman hehehehe...

      Delete
  8. ahh seriusan 24 jam ci..? kemarin sempet kepikiran mao kesana, tapi bingung klo ngajak baby takut rewel..untung ga jadi kesana ya, liat fotonya aja udah banjir bener manusianya..hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya 24 jam... kalo kesana emang sebaiknya jangan bawa baby, kasian disana rame banget, plus ga ada hiburan juga buat dia...

      Delete
  9. beneran buka 24 jam ya berarti.. tadinya mau ke sana tapi batal gara - gara jauh n pada bilang rame parah.. masuk antri, pilih buku antri, bayar antri, keluar antri..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya 24 jam... sebenernya kalo dateng pagian ga terlalu rame, masuk ga antri, keluar juga ga antri, paling antri bayar doang, tapi kalo cash only ga terlalu lama...

      Delete
  10. Gue denger rame begitu langsung mundur teratur. Hahahah... padahal ngeliat orang-orang share bener2 bikin mupeng. Apalagi si kutu buku Lung. Tapi memang cuma 2 kata yang bisa bikin kita mundur...RAME BANGET.

    ReplyDelete
    Replies
    1. si suami juga kutu buku, makanya dateng pagi2 untuk menghindari keramaian hehehehe...

      Delete
  11. Setuju ci, aku sama koko kirain kalo pergi malem bakal sepian, ternyata orang-orang pada hebat banget ya. Jadilah kita pergi jam 10 malem eh rameeee. Jam setengah 1 malem pas aku pulang aja masih banyak yang bawa anaknya pake stroller ato digendong, ngubek-ngubek buku. Gileeeee hahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, orang2 kayaknya lebih kuat begadang ketimbang bangun pagi, makanya kemaren pergi pagian hehehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.