16 June 2016

Sah Jadi Emak-emak

Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah, makanya harus diabadikan di blog, hahaha.

Uda pada tau kan kalo sekarang kantong plastik harus beli? Nah, buat gua, 200 perak itu kemurahan. Sebenernya sejak peraturan itu dikeluarin, gua emang uda niat bawa kantong sendiri, tapi seringnya lupa, dan akhirnya beli deh. Gua mikirnya, ya udahlah, toh cuma 200 perak doang. Lagian keberadaan kantong plastik di rumah berfungsi banget sih, buang buang sampah. Jadi sampahnya langsung diangkut sama plastik-plastiknya, lebih praktis, tapi emang jadinya ga ramah lingkungan ya.

Tapi ga selalu belanja harus pake kantong plastik koq. Kalo cuma 2-3 item, gua lebih memilih cemplungin ke tas yang untungnya lumayan gede. Trus kalo item yang gede kayak diaper, gua lebih memilih buat tenteng daripada harus pake kantong plastik. Kadang-kadang juga ada yang dicampur-campur biar ga pake banyak-banyak kantong plastik, toh dari supermarket ke rumah paling cuma 5 menit.

Hari ini, gua bawa tas belanjaan sendiri dong *bangga* hahaha. Beberapa waktu lalu si suami bawa pulang tas gede, gua mikir lumayan nih buat dipake naro belanjaan. Sama si suami akhirnya ditaro di mobil. Tapi beberapa kali belanja, gua lupa kalo punya tas di mobil, akhirnya pake kantong plastik lagi deh. Hari ini akhirnya gua inget buat nurunin tas belanjaan, dan gua ga pake kantong plastik sama sekali, hahaha.

Sah jadi emak-emak.

Sebenernya gua bilang 200 perak itu kemurahan. Kalo emang niatnya buat mengurangi, mendingan dimahalin aja sekalian, jadi pas mau beli kan mikir-mikir. Emang sih, 200 kalo dikaliin beberapa kali belanja jatohnya lumayan juga, tapi tetep ga ampe yang mahal banget. Kalo misalnya 5000, dikaliin 10x belanja kan jadi mahal. 

Tapi tetep loh ada ibu-ibu yang super duper pelit buat ngeluarin 200 perak dan akhirnya pake kantong plastik yang buat buah. Gua gemes ngeliatnya. Kantong plastik buah itu kan daya tampungnya sedikit. Kalo belanjanya banyak, penggunaannya kan jadi melebihi kantong plastik biasa. Sama aja toh.

Mudah-mudahan abis ini gua bisa konsisten pake tas belanjaan sendiri. Maksudnya ga lupa bawa lagi. Demi bumi yang lebih baik, hahaha.

25 comments:

  1. sejak kantong plastik jadi bayar, gue uda bawa2 Mel tas kain ukuran gede di tas jalan2, hahahahaha.

    setuju Mel, harga 200 emank murah en sering x org gampangin "oh cuma 200 aja" nah kayak gini yang nanggung programnya kan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya kayak lu, bawa di tas, jadi ga pernah kelupaan hahahaha...

      iya, kayak gua, ya udahlah 200 perak ini hehehe...

      Delete
  2. sejak kantong plastik jadi bayar, gue uda bawa2 Mel tas kain ukuran gede di tas jalan2, hahahahaha.

    setuju Mel, harga 200 emank murah en sering x org gampangin "oh cuma 200 aja" nah kayak gini yang nanggung programnya kan :(

    ReplyDelete
  3. Gua malah bela2in beli kantong recycle nya ikea 2 biji mel hahahah. Abis mo beli tas trolley yg lg heitz itu mahal bener rasanya ga rela gua hahaa nunggu harga nya turun aja br beli :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga ga rela belinya, mending beli kantong plastik 200 perak hahahaha...

      Delete
  4. Hahaha, penyakitnya sama mel. Suka kelupaan bawa kantong / tas sendiri kl lg mau belanja.. :D
    mesti kayak ping2 nih, selalu siap tas lipet di tas jalan2..kl simpen di mobil, kadang suka males balik lg ke parkiran. Hahaha, ga blh dicontoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga kemaren simpen di mobil, makanya bisa pake hahaha... bener harusnya kayak pingping ya taro di tas biar ga kelupaan...

      Delete
  5. Iyah mel klo ke indomart guah suka lupa bawa plastik akhirnya jd beli juga.
    Bener sih kemurahan yak klo 200...
    Tp klo belanja bulanan yg banyak, guah lebih milih di kardusin en campur aja udh semua barang2nya...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua ribet kalo pake dus, di rumah jadinya numpuk juga... kalo kantong plastik kan paling engga berguna juga buat buang sampah hehehee...

      Delete
  6. Haha curang dong kalo pake plastik buat buah... Hahaha

    Disini kudu bayar 10 cents kalo mau pake kantong... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya makanya... sama aja kan, judulnya plastik juga...

      Delete
  7. kadang soalnya belanjannya suka spontan kayak abis ngegym mo beli pisang di car4 haha... tas gym gw skr juga imut, akhirnya beli deh kantong.
    tapi kasirnya juga suka ga konsisten. kadang uang plastik ga dimasukin. kadang iya. haha jadi ya sutralaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya belakangan ada beberapa supermarket yang plastiknya uda ga bayar deh ci...

      iya, susahnya yang kalo mau belanja spontan gitu ya... harusnya taro di tas ya ci biar ga kelupaan hehehe...

      Delete
  8. Sebelum 200 perak itu diberlakukan, aku udah suka bawa kantong sendiri, tapi trs muncul tren kantong recycle yang bisa ancur dalam 3 bulan kalo dikubur di tanah, alhasil jadi mikir ah pake kantong juga gpp lah kan bisa cepet ancur :P hihihi
    Tapi 200 perak ini emang masih kemurahan sih, mbok ya jadi 2000 gitu misalnya, pasti lebih mantep hasilnya, pada bawa kantong sendiri. Itu ibu-ibu yang pake plastik buah kok parah banget sih -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ada kantong plasti kayak gitu ya? aku baru tau hehehehe...

      iya bener, 200 perak buat aku juga kemurahan, kalo dimahalin dikit kan jadi bisa sukses programnya...

      Delete
  9. aih beneran ada ibu2 yang pake kantong pelastik buah? ngenes banget liatnya...ya owoh...ckck
    aku juga suka lupa sih bawa kantong sendiri klo ke supermarket jadi ya mao ga mao bayar aja deh, trus emang kepake juga kantongnya buat buang diapers bekasnya ryu ato buat kantong tong sampah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mana plastik buahnya banyak pula... penyakit ya, suka lupa bawa kantong sendiri hehehehe...

      Delete
  10. sebenernya kita buang sampah kan masih pake kantong plastik ya, jadi pengurangan penggunaan kantongnya dimana dong? gw jd sering kehabisan kantong sampah yg kecil, gara2 suka sok2an gak mo beli kantong nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih, gua belom dapet pengganti lain buat buang sampah selain kantong plastik... stok kantong plastik di rumah juga masih banyak hehehehe...

      Delete
  11. Di sini 10 cent bayarnya kalau di supermarket, tapi ada juga yang kasih gratis, cuma biasa supermarket yg lebih mahalan. Gue sih udah komplit tuh tas kain ada kali 10 biji di mobil hahahaha. Udah kebiasaan bawa sejak pindah sini, dan begitu dari supermarket, langsung dr troli masukin ke bagasi mobil sudah di dlm kantong. Jd gampang juga nuruninnya. Di sini, kantong plastik sampah khusus. Satunya 2 dolar. Kalau buang sampah tanpa plastik tsb, tukang sampahnya ga bakalan angkut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 sama ya harganya 10 cent... gua juga akhirnya taro di mobil, jadi ga kelupaan hahahaha...

      Delete
  12. Eh di lawson yg kmrn ikutan kantong plastik berbayar, terakhir gua belanja malah mas2 kasirnya bilang kantong plastik kita udah ga berbayar bu.. hahahaha.. gagal.
    Kayanya mereka lebih ribet di sistemnya klo plastik aja pake bayar.

    G sendiri kadang klo perlu ya bayar sih. Tp klo bisa masuk tas ya masukkin tas. Ga pernah inget buat bawa2 tas sendiri. *oops*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya emang di beberapa supermarket kantong plastik uda ga bayar... iya, gagal deh programnya hahahaha...

      gua juga dulu mana pernah inget bawa tas sendiri hahahaha...

      Delete
  13. Gue naksir tas belanja 4 set yang buat trolley Mel tp lihat harganya kayaknya kurang worth it, gitu doank 200rebu *pelit* alhasil kl belanja bulanan selalu nanya dl ke kasirnya ada kardus apa enggak, kl pake kardus kan gak bayar hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga sebenernya naksir, tapi harganya ga kuat, mending beli kantong plastik 200 perak hahaha... kalo pake dus juga akhirnya numpuk di rumah, pikir mendingan kantong plastik akhirnya kepake juga hehehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...