26 September 2016

Cuci Mobil

Masih inget cerita gua tentang Sekolah Bina Iman (SBI)? Setiap bulan itu ada tema besar yang diajarkan ke anak-anak. Kalo bulan lalu tentang "saya dan mama", maka bulan ini tentang "saya dan papa". Harusnya sih, papinya juga ikut hadir. Tapi dari tiga pertemuan yang diminta, papinya Jayden cuma bisa dateng minggu lalu doang. 

Di setiap sesi selalu ada aktifitas bersama orangtua sambil melatih motorik, baik motorik kasar maupun motorik halus. Sebelumnya pernah ada aktifitas "ayun-ayun bersama mama" lalu ada juga "naik kuda bersama papa". Nah, pas papinya Jayden bisa dateng, pas ada aktifitas "cuci mobil bersama papa". Di minggu sebelumnya gurunya uda kasih pengumuman supaya bawa kanebo. Waktu gua dikasih tau tentang aktifitas itu, gurunya uda minta supaya mobil kami dipinjemin buat dicuci anak-anak. Gua dan suami sih ga ada masalah. Jadinya aktifitasnya adalah "cuci mobilnya Jayden" hahahaha. 

Sayangnya hari itu moodnya Jayden ga gitu bagus. Mungkin karena paginya dia makan ga terlalu banyak, jadinya pas belajar agak laper, soalnya minta nenen melulu, biasanya kan ga pernah. Disuruh nyanyi ga mau, padahal biasanya dia selalu semangat ngikutin gerakan gurunya kalo nyanyi. Disuruh maju buat ayat hafalan juga ribut. Cuma pas sesi Firman Tuhan aja mau duduk dengerin ceritanya. Padahal hari itu pertama kalinya si suami masuk nemenin Jayden dari awal ampe abis.

Serius dengerin cerita tentang Bapak Yairus.

Tapi....pas aktifitas cuci mobil langsung semangat dong. Pokoknya Jayden tuh, kalo uda berhubungan dengan air mah pasti semangat deh, hahaha.

Lapnya diperes dulu mami.

Mulai lap-lap mobil. Yang bersih ya nak.

Sharing ember.

By the way, pas KTB bulan lalu, gua dikasih tau tentang konsep kepemilikan. Jadi kalo misalnya anak kita punya mainan dan dia ga mau minjemin temennya, ya udah ga usah dipaksa. Begitu juga sebaliknya, kalo anak kita mau minjem mainan punya temennya dan si temen itu ga mau minjemin, ga usah ngatain pelit. Ibaratnya kayak kita punya duit, tentu kita ga akan sembarangan kasih pinjem duit kan. Makanya gunanya anak-anak sekolah itu, selain untuk bersosialisasi, juga untuk sharing mainan yang bukan milik mereka. 

Kalo masalah rebutan mainan juga sama, katanya kalo anak-anak lagi rebutan mainan, kita jangan langsung misahin, tapi biarinin dulu. Biar anak belajar untuk mempertahankan haknya. Karena itu berguna pas gede nanti, biar dia ga gampang dibully. Tapi jangan kelamaan juga, kalo kira-kira uda menjurus ke fisik, langsung dipisahin. Tapi konsep sharing tetep harus ditekankan terus. Masuk akal juga sih. Jayden emang tipe anak yang ngotot kalo mainannya direbut. Makin direbut, makin dia berambisi untuk ngambil, hahaha. Tapi ga akan nangis, apalagi main fisik.

Lanjut lagi ke foto-foto cuci mobil, hahaha.

Lap terus ampe bersih. Lumayan sekalian melatih motorik halus, serta koordinasi mata dan tangan.

Ampe ban-bannya juga dilap.

Cuci mobil bersama papi.

Kelar cuci mobil langsung ganti baju. Sebelumnya emang uda dibilang suruh bawa baju ganti. Jayden gua gantiin semua ampe ke diaper-diapernya. Abis itu langsung cuci tangan dan makan bersama. Kali ini lumayan banyak makanannya yang masuk. Biasanya mah paling cuma beberapa sendok doang. Gua emang kalo lagi di luar gini ga mau maksa. Sebisa mungkin gua ga mau marahin anak di tempat umum.

Menunya sop makaroni.

Anak-anak lain makan pake sendok, dia nyomotin wortel pake tangan. Emang makan pake tangan itu paling nikmat sih ya, hahaha.

Suasana di kelas kalo lagi makan bersama. 

Sebenernya Sabtu kemaren juga papinya bisa nemenin sih, cuma karena Jayden batuk jadi kami absen SBI deh. Sebenernya sih batuknya batuk biasa doang, Jaydennya juga tetep ceria, lari-lari sana sini, cuma kami ga enak takut nularin anak-anak lain. Tapi temen gua sempet nyeletuk gini,

"Nanti...tunggu anak lu uda sekolah dan bayarannya 1 juta sekian, pasti lu ga akan peduli apakah batuk pilek anak lu akan nularin apa engga. Asal badan ga demam, dan anaknya kayak biasa, mending sekolahin aja. Daripada ga masuk kan kita yang rugi, uda bayar mahal-mahal"

Iya juga sih. Hahahaha. 

12 comments:

  1. hihi comment temenmu pas bgt mel.. aku lg mrasa "dirugikan" sekolah gara2 little f belom bole mask skolah krn abis cacar air, hrs tgu bersih sih krn tkt nularin pdhl anaknya udh baik2 aja dan 10hr d rmh, pdhl bayar spp full udh 2jt an wkwwk bete yah hahaha #jadicurcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata bener ya ci, kalo uda sekolah biarpun cuma batuk pilek harus tetep masuk, biar ga rugi hehehehe...

      Delete
  2. Daripada nenen, mendingan si Jayden dibawain snack yang dia suka aja Mel. Boleh ngga makan snack pas lagi jam sekolah? Pas dibawa mobilnya udah dalam keadaan bersih dong ya Mel? Hihihi. Jadi pura-pura doang bersihinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum mulai kelas uda gua kasih buah, cuma ga abis... kalo uda mulai, uda ga boleh makan lagi, soalnya ntar siang kan dapet makan... iya dong, mobilnya uda dibersihin dulu hehehehe...

      Delete
  3. Jadi kalo misalnya anak kita punya mainan dan dia ga mau minjemin temennya, ya udah ga usah dipaksa. - Betul bngt, sebagai kakak yg dari kecil disuruh ngalah mulu sama Ade, hal itu akan gw terapin ke L.. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener py, sebagai anak sulung jangan terus2an diminta ngalah terus... ada kalanya si adik juga harus ngalah...

      Delete
  4. Ngemeng-ngemeng, mobil siapa bok yang dicuci sama Jayden? Lucu ih, masih bocah udah bisa detail gitu.

    ReplyDelete
  5. Mantap banget masih kecil sudah diajari nyuci mobil.
    Bagaimana perasaan anak-anaknya ya Mbak, apakah mereka benar-benar senang?
    thank dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya bukan diajarin cuci mobil, tapi intinya dari kecil uda diajarin untuk bantuin orangtua... anak2 sih kalo aktifitasnya berhubungan sama air pasti seneng hehehehe...

      Delete
  6. Duh, Jayden rajin banget cuci mobilnya...
    Bisa sekalian ajarin cuci piring Mel, biar beban emaknya agak terangkat gituh hahaha..
    *emak kejam!*

    Naaaah, itu baru mau aku posting tuh tentang konsep sharing dan rebutan terutama berkaitan sama adik-kakak hehehe...tapi gak jadi2 terus postingnya, abis yang punya blog kebanyakan nge-drama sih hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuci piring pasti diajarin tapi nanti dulu... kalo sekarang yang ada emaknya makin pusing kalo piring2 pada pecah hahaha...

      ayo posting kakak, biar kami-kami bisa belajar hehehehe...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...