05 October 2016

2 Tahun ASI

Sebentar lagi Jayden berusia dua tahun, dan itu berarti, dua tahun sudah gua memberikan ASI ke dia. Rasanya ga nyangka bisa sampai ke tahap ini. Mulai dari yang tagetnya cuma 6 bulan, lalu 1 tahun, dan sekarang tau-tau uda 2 tahun aja. Kalo dipikir-pikir, gua ini tipe orang yang gampang menyerah, makanya gua merasa luar biasa banget bisa mencapai tahap ini. Dan sejak pulang dari rumah sakit sampe sekarang, Jayden belom pernah minum susu formula ataupun susu UHT. Susu UHT sih pernah gua beliin, tapi anaknya cuma minum seteguk doang, trus udah ga mau lagi.

Gua inget waktu hari pertama lahiran, gua dirundung rasa bersalah yang luar biasa banget karena membiarkan Jayden dikasih susu formula di rumah sakit. Makanya ketika pulang, gua bertekad untuk bisa full ASI ke Jayden. Tapi sempet ada masa-masa dimana gua galau dan pengen ngasih susu formula, apalagi Jayden kan mungil, mikirnya kasih susu formula biar montokan dikit. Tapi si suami mengingatkan kembali komitmen kita, akhirnya kembali ke jalan yang benar deh, hahaha.

Tapi titik puncak dimana gua pengen nyerah tuh masa-masa dimana Jayden suka gigit puting. Itu rasanya aduh......ga bisa diungkapkan deh. Apalagi puting gua sampe bolong gitu. Berbahagialah kalian ibu-ibu yang e-ping karena ga akan mengalami fase-fase ini. Gua sampe bilang sama si suami kalo uda ga kuat. Tapi nyatanya, gua ga rela juga kehilangan momen-momen nyusuin Jayden. Pada akhirnya naluri seorang ibu bisa melawan rasa sakit, hahaha.

Selain nyusuin langsung, gua juga tetep mompa karena gua kerja. Dan selama kurang lebih dua tahun ini, gua mompa pake pompa manual. Awalnya tangan pegel banget, tapi lama-lama uda biasa. Cuma jeleknya, kalo pas jam mompa, ga bisa sambil ngapa-ngapain, kerjanya cuma bisa mompa doang. Awal-awal gua rutin mompa abis nyusuin Jayden, karena ASIPnya itu bisa boost berat badan Jayden. Tapi lama-lama mulai berkurang frekuensinya. Dan setelah Jayden 1 tahun, gua cuma mompa dua kali doang, yaitu pagi bangun tidur dan sore setelah pulang kerja. Belakangan malah cuma 1 kali doang. Dan setelah tanggal 10 Agustus, gua stop mompa.

Dari awal emang Jayden ga terlalu suka minum ASIP, dia lebih suka nyusu langsung dari gua. Kadang-kadang gua suka sebel sih, uda mompa cape-cape tapi akhirnya kebuang. Tapi kadang gua memahami perasaannya. Seperti kita orang dewasa, tentu lebih suka makanan yang fresh kan ketimbang yang uda dipanasin. Karena itulah gua sempet rutin donorin ASIP sampe Jayden umur 1 tahun. Dan Jayden uda punya 2 saudara susu. Rasanya menyenangkan sih bisa membantu sesama ibu-ibu yang membutuhkan.

PR gua berikutnya adalah nyapih. Gua ga akan pakai metode oles yang pait-pait. Gua juga ga akan tipu-tipu anaknya. Gua hanya akan sounding dia sampai dia sendiri yang memutuskan untuk stop. Ga malu anaknya uda 2 tahun tapi masih nyusu? Engga! Toh gua nyusuin Jayden juga ga akan merugikan siapapun kan. 

Gua nulis ini bukan untuk sombong atau nyindir siapapun. Tapi sebagai kilas balik perjalanan gua nyusuin Jayden. Setelah ini, plis jangan tanya kapan punya anak kedua. Hayati lelah ditanyain melulu! Hahahaha. 

ASIP terakhir.

14 comments:

  1. Prokkk prokkk prokkk...#tepoktangan hebatt ciii...hehehe
    aku ryu asi sampe 8 bulan aja udah bersyukur banget...apalagi jayden bs sampe 2 tahun...mantappp...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga ga nyangka bisa ampe 2 taon, padahal target awalnya cuma 6 bulan doang hehehehe...

      Delete
  2. Selamat ya Mel berhasil nyusuin sampai 2 tahun :D Moga proses nyapihnya lancar ya, soale kalo gw baca2 ada yg Ibunya sndiri sbnrnya belum rela, jadinya suka ada drama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren2 gua emang belom rela, tapi menjelang dua tahun gua uda lebih siap hahahaha...

      Delete
  3. Wah, senengnya bisa berhasil ASI-in Jayden sampai 2 tahun Meeeeel, selamat yah :)

    Iya, dikasih tahu baik2 aja buat berhenti mimik biar gak ada 'drama' kayak jaman aku nyapih Fathir dulu hahaha..
    *anaknya emang suka dramatis*

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an ga ada drama pas nyapih nanti ya kak hehehehe...

      Delete
  4. Hebatttt melll.. selalu ada 2 sisi yang berbeda yaa. gua liat kasih asi lebih gampang daripada eping. tapi elo bilang.. bersyukur yang eping gak bakalan pernah digigit putingnya. ternyata bener juga sih. hahahaha.. :D

    sekali lagi congrat melll!! kapan punya anak lagi *diselepet behaa* hahahahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari segi praktis emang enakan nyusuin langsung, tapi pas digigit itu bener2 gua ga tahan hahahaha...

      *lempar beha ke epi* hahahaha...

      Delete
  5. Hebat lu mel...hahhaha plus minus mel, klo eping memang ndk perlu nyapih tp capek bangun buat mompa n cuci botol

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi dulu pas jayden masih asi doang, sebelum tidur gua masih mompa dulu... dan kalo di tempat kerja juga tetep nyuci pompaan biar bisa dipake lagi hehehehe.. karena gua kerja, jadi kan tetep harus mompa, buat jaga produksi juga...

      Delete
  6. Wohoo selamat ya mel berhasil full asix. Semoga gw kecipratan nih jd bisa nyusuin juga sampe 2 thn

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bisa mel, apalagi katanya anak cowo lebih suka nempel sama ibunya hehehehe...

      Delete
  7. . lah saya udah dua anak ditanyain terus.. ga nambah lagi ci? sepi lho rumah klo dah pada gede. (YA SITU AJA YANG GEDEIN!!!) MAUUUUU?? **sewot abis
    klo mo selepet beha, minjem ya behanya hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku aja uda lelah ci, apalagi cici ya... makin kesini pertanyaan itu semakin intens hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...