18 November 2016

Curhat Dulu

"Koq Jayden kurus ya?" atau "Jayden kurusan ya?"

Pertanyaan atau pernyataan itu uda sering banget gua terima. Saking seringnya, kadang hayati suka lelah. Tapi kan pernyataan kayak gitu serupa dengan "Jayden kecil ya?" jadi kurang lebih dua tahun sudah gua terus-terusan menerima pernyataan kayak gitu.

Gua ga akan complain atau marah hanya karena orang bilang Jayden kurus. Karena pada kenyataannya ya dia emang terlihat lebih mungil dibanding temen-temen seumurannya. Walaupun keliatan lebih tinggi juga, tapi sepertinya orang lebih peduli pada badannya yang mungil. Yang gua ga suka, kadang pernyataan kayak gitu diikutin dengan embel-embel "makannya susah ya?" atau "maminya pasti ga sabar kasih makan nih" atau "kurang makan protein kali". Yang awalnya gua biasa aja, jadi panas dong digituin.

Sekali lagi gua akan terima dengan lapang dada kalo emang itu yang terjadi. Tapi pada kenyataannya, uda beberapa bulan ini Jayden makannya lumayan gampang. Walaupun sesekali masih susah, tapi jauh lebih mending daripada dulu. Segala macam cemilan juga uda mulai mau. Kalo bangun tidur siang, dia pasti nyemil roti, biskuit, atau puding. Dan kalo makannya susah pun, gua dan suster berusaha supaya Jayden tetep makan.

Waktu masa-masa GTM dulu, ada beberapa ibu-ibu yang menasehati supaya biarinin aja kalo anak ga mau makan. Katanya nanti kalo laper pasti minta makan sendiri. Gua ga bisa kayak gitu. Selain karena takut Jayden sakit, gua yakin dia akan lebih memilih minta nenen ketimbang makan kalo laper. Makanya segala usaha gua tempuh supaya dia mau makan. Mulai dari nonton TV, makan sambil jalan-jalan, sampe beliin meja kecil biar ada suasana baru. Kalo uda usaha kayak gitu masih dibilang maminya ga sabaran, koq kayaknya sedih banget ya.

Sejak umur dua tahun, susunya mulai gua tambahin susu formula. Walaupun katanya anak ga mesti minum susu, tapi gua tetep usahain Jayden minum susu supaya ada kalsiumnya. Itu juga awalnya ga mau. Apalagi dari sejak pulang dari rumah sakit ampe dua tahun kan dia ga pernah nyicip susu formula sama sekali. Tapi gua tetep bujuk-bujuk supaya dia mau minum, dan lama-lama akhirnya mau juga, walaupun ga ampe yang tahap doyan banget. 

Dengan segala asupan 3x makan besar, 2x selingan, dan 2x minum susu, beratnya Jayden emang nambah, tapi dibarengin juga dengan tingginya yang nambah. Jadi walaupun digendong kayak uda berat banget, tapi bentuk badannya ya segitu-gitu aja. Tapi orang-orang yang baru pertama ketemu Jayden, pasti mikir kalo Jayden itu umur tiga, padahal mah baru umur dua. Itu karena tingginya uda hampir sama kayak anak umur 3 tahun. Baru 2 tahun, tapi tingginya uda hampir 1 meter. 

Mungkin mereka bisa komen kayak gitu karena ngeliat apa yang terjadi di luar. Emang kalo lagi di luar rumah, Jayden makannya agak susah, dan gua juga ga terlalu ngoyo maksa-maksa supaya dia makan. Yang penting uda masuk beberapa suap mah ya udahlah. Sebisa mungkin gua ga mau marahin anak di tempat umum. Tapi yang keliatan di luar kan beda dengan yang di rumah.

Jadi buat ibu-ibu senior, mohon kalo mau komen tuh coba dipikir-pikir dulu. Jangan cuma asal komen tanpa tau seluk beluk permasalahannya. Kami, para ibu-ibu junior itu sumbunya pendek loh. Disentil dikit aja, uda langsung panas, hahaha. Dan buat para ibu-ibu yang anaknya juga mungil, mari tetap semangat. Ada banyak hal yang harus dipikirin daripada sekedar mikirin kurus atau gemuk. Semangat!

Sekian curhat mami hari ini, hahaha.

Jayden dua tahun, lagi minum susu. Kali ini bukan susu produksi mami lagi ya, tapi susu produksi pabrik, hehehehe.

36 comments:

  1. Kaleb juga suka dibilang kurus loh. Padahal dia makan 3x sehari, diusahakan abis, protein bermacam2, ngemil 2x sehari sering lebih, susu UHT 2x sehari, plus nenen. Tapi yah emang bukan tipe yang gemuk chubby. Sampai pernah gue kasih vitamin ini itu, ya segitu2 aja. Emang tipe badannya begitu sih. Tapi orang suka bilang, kok ringan ya, karena sepupunya pada gemuk. Kan, berasa kayak ga bener kasih makannya. Huhuhu. #malahcurhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gua beneran ada yang ngomong "maminya ga bener nih kasih makannya" kan sakit hati ya dengernya...

      Delete
  2. Yang semangat yaah ci..
    Hahhaha..
    Gua belom jadi mama siih..
    Jadi mungkin gak gitu ngerti..
    Tapi adek gua juga dari kecil punya postur tubuh yang lebih kecil dibandingin temen-temennya..
    Sekarang malah dia lebih tinggi menjulang..
    Gua ampe kalah..
    Hehehehe..
    Yang semangat.. Jia you!

    ReplyDelete
  3. Gw pernah komen Jayden kurus ga sih? *jadi takut*
    Tapi gw sejujurnya ga pernah ngerasa jayden kurus sih. Proporsional kok, lagian Seno kan juga kurus.
    Daripada Raka... kurus2 gitu sementara gw dan Benny bulet wkwkwkwk. Btw, kalo gw malah jujur terus terang ke semua orang kalo gw paling ga suka nyuapin loh. Jadi kalo anaknya ga mao makan ya udah sekarepmu... *jangan ditiru* *bukan mami teladan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ga pernah din, gua juga lupa saking banyaknya yang komen hahahaha....

      nah itu, gua ga bisa kayak gitu, gua lebih memilih bujukin jayden supaya makan ketimbang ngebiarinin aja...

      Delete
  4. Difoto keliatan sih kalo Jayden tinggi.. Gw suka heran sih sama orang2 yg cuma bisa liat hal yg kurang. Kenapa gitu susah banget buat muji ya?.. Toh kita emak2 juga pasti usahakan semua yg terbaik buat anak.. Semangatt ya Mel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kadang orang suka komen yang kurang tanpa melihat lebihnya ya...

      Delete
  5. Ya ya ya.... sabar, Mel. Memang tipikal orang Indo (termasuk saya) lah itu. Gak cuma ke bocah, ke orang dewasa khan juga suka nanyanya gitu, "Halo masbroh, kurusan ya keknya?" "Hai, Mbaksis, gemukan nih. Ihy!"
    Gak usah dimasukin ati. C juga hampir selalu dikomen orang, "Kecil ya anaknya." "Kurus ya anaknya." Sekalian aja akika jawab, "ya khan bapaknya boncel, masa minta anknnya genter?" Hahahahahahaha.... *Remes-remes dengkul

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... kalo cuma nanya "kurusan apa gemukan" doang sih gua ga masalah, cuma kadang suka ada embel2 yang bikin sebel....

      Delete
  6. Hai..salam kenal..semangat mommy mel..anak saya bryan juga tergolong kurus,padahal makan besar sehari 4x,susu 3x sehari,buah 1x,dan ngemil tiada henti..hehehe..jadi emang tergantung bawaan anak kali ya...pertama2 stress,lama2 bawa santai ajah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...asupannya lebih banyak dari jayden hihihi... kadang dibawa santai, tapi kalo lagi sensi suka kepikiran juga hahahaha...

      Delete
  7. Sebagai ibu dengan anak yang super kurus dan dianggap kurang gizi sama dokter anaknya gue sih udah kenyang dengan komentar seperti ini. Pada kenyataannya madeline memang kurus dan anaknya nggak doyan makan, apalagi minum susu. Dan gue udah pada di titik udah males nyuruh2 dia makan. Kalo dia bilang udah kenyang, nggak mau makan lagi ya udah gue hargai itu. Gue beranggapan dia udah cukup makannya. Toh kalo dipikir-pikir cuma orang dewasa aja yang makan sampe kekenyanyan. Padahal harusnya kan nggak boleh gitu, makan sampai cukup aja, ya seperti Madeline itu 😂 Dan yang paling penting juga adalah dia anaknya tetap lincah dan sehat. Berarti energi yang masuk cukup dong? Itu aja sih yang penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua ada di titik itu kalo lagi liburan doang hahahaha... gua juga mikir kalo anaknya tetep lincah dan sehat berarti ada asupan yang masuk... bener ya, harusnya makan ampe cukup bukan ampe kenyang...

      Delete
  8. Anakku juga dikomenin sama Mel, biarin ajalah, asal jangan disimpan lama di hati komen2 yg ga enak. Anak 2 tahun kan sdh beda dg bayi/anak dibaawah 2 tahun. Klo bayi ya gemes gemuk lucu dsb, pasti gemuk krn bayi kan belum banyak aktifitasnya. Anak sdh bisa lari apalagi tambah usia bakalan ga bisa diam bergerak melulu, biar dikasih makan 10 piring juga bakalan energinya cepat keluar lagi hehe :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga salah satu faktor yang bikin jayden susah gemuk... walaupun makannya banyak, tapi aktifnya juga ampun2... abis makan lari2 lagi, jadi kalorinya kebakar lagi hahahaha...

      Delete
  9. Aduh emang orang mah bisanya cm ngejudge yahh. Hehehe. Ga tau perjuangan kita yg sebenernya. Pasti yg tadinya sabar jd kese banget digituin. Mertua gw jg baru2 ini bilang cheryl kurus katanya. Ga kira2 loh. Pdhl berat di atas rata2, di kelas malah paling tinggi hhaha. Ngeselin yah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sebel kalo ada keluarga yang ngomong... nyokap gua salah satunya yang ga pernah berenti ngomong jayden kurus... emang keliatan kurus sih, tapi beratnya masih dalam batas normal...

      Delete
  10. hahaha jangan dimasukin ati mel... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lagi good mood emang biasa aku cuekin ko hehehehe...

      Delete
  11. Kayanya gw bentar lg bakal dapet komen kaya gini nih mel... si Edel juga makannya susaah sekarang...diemut lama banget uda gitu suka lepeh2...sekarang ini BB nya uda mulai stuck lama naiknya hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. disiapin jawabannya ka dari sekarang hehehehe...

      Delete
  12. Ci sama kaya ryu, sering terima coment badannya kurus tapi tinggi, makannya banyak nyusu juga banyak tapi gak bisa gemuk yang sampe gemyor gitu....oh ya trus juga kalo ketemu dibilangnya udah umur 2 tahun ya, padahal baru 1 tahun...haha ambil positifnya aja deh, yang penting anak kita sehat-sehat ya cii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yang penting sehat deh... sekarang lebih penting ngurusin kelakuannya daripada fisiknya hahahaha...

      Delete
  13. akuh mel akuh mel. hahahahaha. lelah hayati. gua suka celetukin. yang penting sehat ajalah.. kurus apa kaga cuma keliatannya doank kan. kalo gendut jg sakit2an buat apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga suka nyeletuk gitu... biarin kurus yang penting aktif hahahaha....

      Delete
  14. mungkin maksudnya baik mel...perhatian gitu,..tapi kesrimpet penyampaiannya jadi serasa memojokkan...*gua serasa ahli tafsir...hehheehe. Yang penting Jayden sehat selalu dehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang antara perhatian dan kepo beda tipis ci hehehehe...

      Delete
  15. Sama ci, Jevan jg dibilang kurus bgt padahal badannya emng lbh tinggi dr anak seumurannya..
    Bener ya awal2 anak dibilang kurus krn ini itu kita mah diem aja tp ko krn keseringan trs yg ngmg jg orgnya itu2 aj yg ad bkin gemes haha..
    Sabar ci, yg pnting Jayden sehat selalu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul nola...yang penting anak kita sehat dan aktif ya...

      Delete
  16. duh mel.. *puk puk puk*
    kesannya mamanya gak usaha banget ya ngegendutin anak..
    gw jd ikutan harus hati2 nih kalo komenin anak org :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya... kesannya gitu ya mel... gua juga sejak punya anak jadi lebih hati2 juga kalo mau komenin anak orang, kita komenin yang bagus2 aja deh hehehehe...

      Delete
  17. Orang Indo kan antara perhatian, kepo, sama penghinaan, biasanya beda tipis. Tinggal kita aja kudu santai nanggepinnya jangan dimasukin hati hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lagi bener sih ga dimasukin ke hati le, tapi kalo lagi cape atau sensi, bisa jadi kebawa pikiran hahahaha...

      Delete
  18. Setelah jadi emak2 rempong gw jg jd lebih sadar kalo komen2 ngasal yg kadang2 ga ada maksud apa2 bisa jadi sensitif bgt buat orang lain. Apalagi soal anak. Kayanya emang kalo ga mau muji mending ga usah komen haha. Gw juga wkt itu pernah dikomenin soal berat badan axel pas awal2 dia baru lahir dan dibanding2in sm bayi seumuran dia. Trus gw jd kesel haha.

    Emang kalo jd emak2 musti banyak belajar sabar yaa.. semangat mel! Yg penting jayden hepi2 n sehat2 terus yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga sejak punya anak jadi lebih hati2 kalo mau komenin anak orang hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...