21 January 2016

Resolusi 2016 : Baca Buku

Masih ingat postingan gua yang ini? Gua tulis postingan itu waktu masih hamil, dan di paragraf terakhir, gua bilang kalo ingin membiasakan baby J alias Jayden untuk belajar membaca sejak dini.

Waktu Jayden masih baby, gua suka bacain dia buku cerita menjelang tidur. Tapi begitu anaknya mulai bisa duduk, dan tangannya mulai aktif, gua stop bacain dia buku. Bukannya ga mau, tapi waktu itu dia lagi suka ngerobek-robek kertas. Tiap kali bacain buku, yang ada tangannya berusaha ngeraih buku dan ngerobek. Sayang bukunya, hahaha. Untung dia pernah dapet kado buku yang bahannya dari kain. Jadi ga bisa dirobek, bahkan aman buat digigt-gigit. Tadinya mau beli buku model kayak gitu beberapa biji, tapi dipikir-pikir, mending beli buku beneran. 

Sejak bisa jalan, ini anaknya mau muter melulu. Kadang gua agak parno sih, soalnya kalo di sekolah minggu, anak-anak lain cuma muter-muter di tempat, sementara Jayden bisa muterin satu ruangan. Tapi baca beberapa blog dan denger cerita temen, ternyata anak-anaknya juga pada ga bisa diem juga. Gua menganggap, Jayden lebih aktif ketimbang temen-temen sekolah minggunya. Turunan juga kali ya. Lah bapaknya juga pecicilan sana sini.

Satu-satunya media yang bisa bikin dia diem cuma TV. Kalo uda nonton TV, pasti anteng deh. Tapi keseringan juga kan ga bagus. Beberapa minggu lalu, gua iseng ngeluarin buku yang uda lama gua beli, buat kasih liat ke Jayden. Bukunya tentu buku cerita anak-anak, tapi dalam bahasa Inggris. Gua agak susah nemu buku dalam bahasa Indonesia yang tulisannya pendek-pendek dan gambarnya menarik. Dulu gua beli, pikir buat nanti Jayden belajar bahasa Inggris. Maklum, belinya pas diskonan, hahaha.

Di luar dugaan, Jayden bisa duduk diem dan anteng sambil buka-buka buku. Malah itu buku ga dirobek sama sekali. Emang ga selama kalo dia nonton TV sih. Tapi gua pikir, bisa bikin dia duduk diem selama 15 menit aja itu uda prestasi. Tanpa TV tentunya. Sekarang dia emang belom bisa baca, tapi pelan-pelan gua bikin dia tertarik sama buku. Minimal, bikin dia tertarik sama gambar-gambar yang ada di buku. Dari semua buku yang ada, dia paling suka sama gambar kucing dan mobil.

Sejak saat itu, gua mulai rajin lagi hunting-hunting buku anak-anak. Untungnya hal ini didukung ama si suami. Dia ngerasain banget manfaat dari banyak baca buku. Tentu yang isinya tulisan semua ya, bukan komik, hahaha. Sekarang Jayden punya ritual baru sebelum tidur, yaitu baca buku. Atau lebih tepatnya, liat-liat gambar yang ada di buku, hahaha.

Bouncer yang uda beberapa bulan dianggurin, akhirnya kepake lagi.


Baca buku sambil ngoceh-ngoceh sendiri.

Paling suka sama buku ini dan di bagian ini, banyak gambar mobilnya.

Baca buku bersama sebelum tidur.

Hasil ngoprek-ngoprek rak buku import di Carefour.

19 January 2016

Maji Kopihaus

Hari Minggu kemaren, karena gua dan suami ga ada pelayanan apa-apa, kami jalan-jalan ke daerah yang agak jauhan dikit. Abis kebaktian pagi, kami mampir dulu ke Gading buat nengokin temennya si suami yang abis melahirkan. Dari Gading baru cari makan siang. Buat makan siang, kami emang uda berencana buat mampir ke salah satu restoran temen di daerah Cakung. Kebetulan dari Gading ke Cakung kan ga gitu jauh. Pas jam-jam segitu jalanan juga belom terlalu macet.

Berbekal GPS (iya, GPS, kami bukan anak timur sih, hahaha) akhirnya nyampe juga di Grand Cakung Mall. Restorannya emang ada di Grand Cakung Mall, tapi di bagian luarnya, ga ampe masuk ke dalem mallnya. Namanya Maji Kopihaus. Waktu pertama kali denger namanya, gua pikir ini semacam coffee shop, tapi ternyata bukan, mereka jual makanan berat juga.

Interiornya didominasi warna coklat. Gua suka deh, tempatnya jadi keliatan cozy banget. Apalagi jendelanya full kaca semua, kayak cafe-cafe di Korea, hahaha. 

Displaynya banyak terpampang barang-barang jadul.

Kalo malem ada live musicnya. 

Ga ada live music, ada calon musisi mau nyanyi, hahaha.

Kalo ngeliat tempatnya, gua tadinya mikir makanannya seputar western food atau italian food, tapi ternyata murni indonesian food.

Mami, aku bingung mau makan apa. Aku mau semuanya.

Dan ini makanan yang secara brutal masuk ke perut.

Tempe Mendoan
IDR 20.000
Tempenya enak dan gede banget. 1 porsi isinya 3 biji. Pas kami dateng bertiga bareng si suster.

Tongseng Kambing
IDR 39.000
Ini enaaaaaaakkkk banget! Biasanya gua ga terlalu suka tongseng, tapi untuk yang ini, gua suka. Dagingnya banyak dan empuk. Kuahnya juga manis dan enak. 

Sate Ayam
IDR 36.000
Penampilannya lucu ya. Gua kalo makan sate, selalu mendapati dagingnya dikit. Tapi disini, dagingnya gede-gede dan banyak. Bumbunya juga uda dibalurin ke semua satenya. Puas banget makannya. Rasanya juga enak. Dagingnya empuk banget. Mereka juga jual sate kambing.

Ketoprak Gerobak
IDR 25.000
Ketopraknya juga enak loh. Persis kayak ketoprak abang-abang. Porsinya juga banyak banget.

Sepiring Surabi
IDR 18.000
Isinya ada keju, kacang, dan coklat. Dan ini juga enak banget.

Jaffle Coklat Keju
IDR 18.000
Tadinya gua pikir jaffle tuh waffle, ternyata roti bakar, hahaha. Rotinya juga enak, lembut dan garing. Kalo dikasih susu kental manis kudunya lebih enak lagi.

Teh Manis Dingin
IDR 6.000
Gua sempet mikir sekitar 5 detik, teh manis dingin itu apaan, hahaha. Biasa kan ngomongnya es teh manis. Tehnya enak, kayak ada rasa serehnya gitu.

Gua suka sama penampilan makanannya. Mereka menyajikannya diatas talenan. Bahkan piring dan mangkoknya pun ditaro di talenan. Talenannya juga warna coklat kayu, talenan jadul.

Overall, kami puas banget makan disini. Makanannya enak-enak, porsinya banyak, dan harganya juga ramah di kantong. Tempatnya juga enak banget buat nongkrong. Dan poin plusnya, restoran ini kids friendly. Karena selain ada baby chair, area merokoknya juga bener-bener ada di luar. Kalo kayak di restoran-restoran lain kan biasanya cuma dipisah pake sekat doang, yang mana asepnya tetep aja kemana-mana.

Sayang nih jauh dari rumah gua, kalo deket mungkin uda sering-sering gua samperin. Apalagi ampe akhir bulan ini ada disc 20%. Buat yang rumahnya di daerah Cakung dan sekitarnya, atau mungkin lagi mau main-main ke daerah Cakung, bisa mampir ke Maji Kopihaus.

*emak-emak pecinta diskonan*

Foto dulu ama ownernya.

Maji Kopihaus
Grand Cakung Mall
Jl. Sultan Hamengkubuwono IX Km 25
Cakung, Jakarta Timur

12 January 2016

CALIDOCA

Waktu pergantian tahun kemaren ini, untuk pertama kalinya gua ketiduran! Hahaha. Biasanya gua excited banget ngeliat kembang api dari balkon rumah. Bahkan tahun lalu pun gua masih melek di detik-detik pergantian tahun. Tapi tahun ini, begitu bangun tau-tau uda tahun 2016. Kayaknya gua kecapean abis mudik, makanya begitu kena kasur, uda blas langsung tidur.

Setelah pulang mudik, Jayden susah banget lepas dari gua. Waktu tanggal 31 siang, gua tinggal pergi, dia malah nangis kejer. Kata si suster, hampir dua jam Jayden nangis ga berenti-berenti. Asumsi gua, selama hampir seminggu kan dia nempel gua terus, makanya jadi susah lepas. Kalo asumsi si suami, Jayden kayak masih kebayang-bayang suasana kampung yang rame. Pas balik ke Jakarta kan rumah sepi tuh, makanya nangis. Jangan ngomong suruh ngasih ade ya biar rame, hahaha.

Akhirnya pas malam tahun baru, kami ajak dia ke gereja buat ikut kebaktian tutup tahun. Tadinya mau gua biarinin dia di rumah, biar istirahat, tapi nampaknya dia lebih butuh kumpul bareng ketimbang istirahat. Pas tahun barunya, kami ajak lagi ke gereja buat ikut kebaktian awal tahun. Abis itu misah, dia pergi sama bokap nyokap gua, sementara gua dan suami ke Gading.

Tadinya ke Gading buat ketemu temennya si suami, sekalian ngambi titipan. Tapi kami mampir dulu ke MOI. HP gua kan dari kapan tau uda lemot banget, plus baterenya cepet banget ngedrop. Umurnya uda 2 tahun juga sih, pikir uda saatnya dipensiunkan dan ganti HP baru. Makanya sekalian ke Gading, sekalian mampir ke MOI buat beli HP baru. 

Di MOI ini, ada salah satu temen gereja kami yang buka coffee shop. Namanya Calidoca. Letaknya di lantai 2 deket food court. Tempatnya sih stall gitu, tapi ada tempat duduknya. Mumpung ada di MOI, kami mampir ke Calidoca.


Menu di Calidoca ini cuma minuman doang, tapi jenisnya beragam, ga cuma kopi doang. Ada coffee, ada chocolate, ada yang diblended, bahkan ada yang dicampur minuman beralkohol.

Daftar menu. Gua suka sama konsepnya yang simple tapi keliatan klasik.

Minuman favorit.

Waktu kami nanya minuman apa yang jadi unggulan, ownernya merekomendasikan kedua minuman ini. 

Espresso Praline
IDR 28.000 (R)
Minuman ini campuran antara coffe dan chocolate. Rasanya enaaaaaakkkk! Campurannya tuh pas banget, dan berasa seger banget. 

Jack Boy
IDR 45.000 (R)
Minuman ini kopi yang dicampur sama Baileys. Dan ini juga enaaaaaaaakkk banget! Biarpun HOT, tapi panasnya masih bisa ditoleransi. 

Buat pecinta kopi, gua sangat merekomendasikan Calidoca. Ownernya juga ramah koq. Dia ga keberatan kalo kalian ajak ngobrol, hehehe. Sayang rumah gua jauh dari MOI, kalo deket mah bisa sering-sering mampir.

Ini sosok si owner yang lagi meracik kopi.

Dan si suami yang lagi order (sambil ngobrol).

Foto dulu ama ownernya.

Tadinya dari MOI, kami mau ke rumah sodaranya si suami dulu, tapi nyokap tiba-tiba nelpon dan bilang kalo Jayden rewel minta nenen. Akhirnya dari MOI, kami langsung pulang. Untung jalanan masih sepi. Ternyata Jayden rewel karena ngantuk. Selama di kampung kan tidurnya selalu pake nenen, makanya ribut. Sekarang uda back to normal lagi. Kalo mau ditinggal pergi uda ga nangis-nangis lagi, malah dia dadah-dadah *maminya yang nangis* Hahahaha.

11 January 2016

Mudik Bersama Jayden : Main Di Pantai

Sebelum mudik, gua sempet bilang sama suami, pengen bawa Jayden ke pantai. Selama ini dia sama sekali belom pernah ke pantai. Mau bawa ke Ancol, gua ama suami rada males, hahaha. Mau ke Bali, situasi dan kondisi lagi ga memungkinkan buat kesana. Akhirnya si suami bilang, nanti aja pas pulang Banyumas baru ajak Jayden ke pantai di Cilacap.

Pas mudik kemaren, kami uda menjadwalkan ke Cilacap di hari Senin. Keponakan-keponakan suami uda pada ga sabar. Niatnya kami berangkat jam 9 pagi, tapi semua, termasuk gua, pada kesiangan bangun, hahaha. Akhirnya jam 10an baru berangkat. Perjalanan dari Banyumas ke Cilacap sekitar 1 jam. Apalagi si bapak mertua nyetir uda kayak pembalap, hahaha. Untung selama di mobil Jayden nyusu lalu tidur. Ini anak emang kalo diajak jalan-jalan jarang rewel, hehehe. Begitu mendekati Cilacap dia baru nyampe.

Sebelum ke pantai, kami mampir dulu ke salah satu stall penjual seafood buat beli makanan. Seafood disana seger-seger dan murah meriah. Stallnya ada banyak, tapi belom tentu semuanya enak. Kebetulan kakak ipar punya stall langganan.

Stall penjual seafood. 

Stall Khoeron, stall langganan keluarga.

Ibu mertua dan kakak ipar lagi milih-milih seafood. 

Kelar milih, kami jalan lagi buat nyari tempat. Jangan dibayangin kami makan di pinggir pantai kayak di Jimbaran ya. Pinggir pantai, tapi lesehan, hahaha. Pas nyampe, pas jam makan siang. Dan ini seafood-seafood yang tadi dipilih.

Udangnya enak. Biasa kalo makan udang kulitnya selalu gua lepas kali ini gua makan semuanya, cuma buntutnya doang gua buang, hahaha.

Cuminya juga enak dan empuk.

Ikan bakar. Ini juga enak. Dagingnya banyak.

Motong kepitingnya beda ya kayak di Jakarta. Kepitingnya juga enak. Bumbunya meresap. Cuma saosnya ga sebanyak di Jakarta yang ampe banjir-banjir.

Dan ini menu favoritnya si suami, lobster! Lobsternya enak banget. Dan harganya super duper murah. Kalo ga salah segini cuma 50rb. Pokoknya ga nyampe 100rb deh.

Selama di Banyumas, gua rada ga nafsu makan gara-gara Jayden ga mau makan. Emang ya kalo uda punya anak segalanya jadi berubah. Gua yang doyan makan, bisa ga nafsu makan gara-gara anak, hahaha. Tapi ngeliat seafood-seafood ini, nafsu makan gua kembali seperti semula. Apalagi Jayden makan siangnya juga lumayan banyak, walaupun ga abis.

Kelar makan, baru deh kami main-main ke pantai. Koq ke pantai siang-siang? Biarinlah kena matahari siang sekali-kali, hahaha. Pantainya juga jangan dibayangin kayak pantai di Bali ya. Yang di Cilacap ini pasirnya pasir hitam, tapi lumayan bersih loh. Cuma ya tetep aja, ada sampah satu dua biji. Duh, kapan ya orang-orang Indonesia bisa bener-bener menjaga alam dari sampah?

Jalan-jalan di pantai sama aung.

Selama di pantai, ekspresinya Jayden lempeng doang. Ga ketawa, tapi juga ga nangis. Mungkin karena baru pertama kali, dia bingung kali ya. 

Main air sama papi.

Sama-sama lagi menghitamkan kulit, hahaha.

Mejeng dulu sama mami.

Keponakan-keponakan tercinta.

Ga kebayang kalo gua punya anak tiga kayak si kakak ipar. Anak satu aja uda megap-megap, hahaha.

Ini penampakan pantainya. 

Kelar main-main air, kami langsung bilas-bilas dan ganti baju. Di deket pantai ada kamar mandinya. Lumayan bersih loh, airnya juga ga kotor. 

Abis ganti baju, sambil nunggu yang lain beres, Jayden muter sana-sini. Kayak yang gua bilang di post sebelumnya, selama disana, ini anak uda kayak nambah 4 batere, super duper ga bisa diem. Karena gua juga cape ngejar, akhirnya gua "kekep" pake cukin, hahaha. Gua minta ibu mertua pakein, hahaha.

Pertama kali pake cukin.

Selama disana, gua beberapa kali diajarin. Tapi emang sejak bisa jalan, dia rada ga suka digendong. Baru beberapa lama digendong, uda nangis-nangis minta turun. Sekarang kalo disuruh make lagi belom tentu bisa, hahaha.

Bapak dan ibu mertua. Mejeng dulu sebelum pulang.

Keluarga dari Jakarta juga foto dulu. Tapi ada bos kecil yang nangis-nangis minta nenen, hahaha.

Gua lupa kami pulang jam berapa, yang pasti jam setengah 5 uda ada di rumah. Selama perjalanan pulang juga Jayden tidur lagi. Kalo ada yang bilang Jayden enak dibawa jalan-jalan, iya banget. Asal selama di mobil disusuin, dia pasti anteng deh, hahaha. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...