18 January 2017

Rabbit Hole : Hmmm...

Sejak punya anak, gua jadi lebih suka hunting buku buat anak ketimbang buat diri sendiri. Ke toko buku, langsung ngacir ke rak buku anak-anak. Ke pameran buku, yang dicari juga buku buat anak. Bahkan ngubek-ngubek online shop pun juga nyarinya buku buat anak. Nah, selama masa mencari itu, gua ga pernah ketemu buku dalam bahasa Indonesia yang bagus. Buku-buku anak yang bahasa Indonesia emang banyak, tapi yang kualitasnya setara dengan buku import kayaknya nyaris ga ada.

Beberapa waktu lalu, gua kenalan sama Rabbit Hole, pembuat buku untuk bayi dan anak-anak, melalui instagram. Waktu ngeliat feednya, gua tertarik banget dengan koleksi buku yang mereka buat. Sebagai catatan, si penulis buku ini psikolog anak, jadi harusnya dia mengerti banget tentang dunia anak. Dan emang setelah gua follow instagramnya, si Rabbit Hole ini banyak memberi pencerahan tentang dunia parenting, terutama untuk anak usia toddler. 

Karena tergoda dengan review yang bagus-bagus, akhirnya gua order satu buku mereka yang berjudul "Hmmm...." atau lebih dikenal dengan Buku Emosi. Gua tertarik dengan buku ini karena captionnya yang berisi demikian,

"Lewat buku ini, anak bisa mengenal 6 emosi dasar, yang nantinya akan berguna untuk ia dapat mengekspresikan dengan cara yang sesuai. Tidak mau kan kalau anak tidak mendapatkan keinginan, lalu langsung nangis meraung-raung atau marah membanting-banting benda? Tentu akan lebih memilih anak yang dapat mengungkapkan apa yang ia rasakan, daripada melakukan sesuatu yang desktruktif / merusak. Itu semua bisa terjadi jika akan bisa memiliki regulasi emosi yang baik. Dan cara paling awalnya adalah anak belajar mengenal emosi terlebih dahulu. Itulah tujuan utama dibuatnya buku ini.

Buku ini dilengkapi dengan halaman sentuh-rasa. Tujuannya agar emosi yang abstrak bisa lebih mudah dipahami anak dengan media yang sederhana dan kongkrit."

Ini kayak pas banget dengan kebutuhan gua. Jayden itu lagi dalam masa-masanya suka nangis atau teriak-teriak kalau dia mau minta sesuatu. Untungnya *amit amit deh* ga ampe guling-guling di lantai, tapi cukup bikin kesabaran gua nyaris tipis. Belakangan malah lebih parah, kalo misalnya dia mau melakukan sesuatu tapi ga bisa, pasti langsung nangis atau teriak. Gua uda berkali-kali sounding, "Jayden kalo mau minta apa-apa harus ngomong, bukannya nangis" atau "Jayden kalo ga bisa ga boleh nangis, tapi minta tolong mami atau suster" tapi ya gitu, udahannya kejadian lagi.

Waktu bukunya nyampe ke rumah, gua langsung suka banget! Kualitasnya bener-bener setara dengan buku import. Gambarnya menarik banget, tulisannya bahasa Indonesia semua dan pendek-pendek, persis seperti yang gua mau. Ceritanya juga sederhana dan mudah dipahami oleh balita. Uda gitu touch and feelnya bisa sekalian melatih sensory anak. Bener-bener ga akan nyangka kalo buku ini buatan orang Indonesia.

IDR 185.000. Worth it banget.

6 emosi dasar.

Jayden juga langsung suka dengan buku barunya. Apalagi dia merasa anak laki-laki di buku itu adalah dia, dan dia langsung bisa berekspresi sesuai emosi yang ada di buku. Mudah-mudahan setelah baca buku ini tantrumnya mulai berkurang ya. Gua sangat merekomendasikan buku ini, terutama buat bayi dan balita. Abis ini gua pasti akan order buku-buku mereka yang lain. 

Serius baca buku baru.

7 comments:

  1. Wah aku pengen beli buat B.
    Thanks for writing this ya :*

    ReplyDelete
  2. Adele juga punya nih ci...beli di rabbit hole juga... ada 3 buku, yg 1 buku (tentang transportasi)abis diuyel2, digigitin juga...2 buku lain (yg lebih gede, ada tempelan2 gitu yah buat sentuh2) disimpan deh buat dikasih pas umurnya udh cukup ngerti buat baca buku...nunggu adele seumur Jayden kali yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru yang buku tempelan gitu kayaknya bisa buat adele deh, bahannya susah buat diuyel2 hehehehe...

      Delete
  3. Kalau anaknya lagi emosi harusnya si mamanya kalem ya, nah aku kadangs ering kebawa ikut emosi juga haha :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak, seringnya ikut kebawa emosi, tapi sekali2 doang sih hehehehe... kalo jayden, emosiannya cuma sebentar... belom ampe bikin mata melotot uda kelar hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...