17 March 2017

Duduk Diam Sebentar

Beberapa waktu yang lalu, gua diskusi sama suami mengenai Jayden. Kami berdua memang sepakat untuk ga akan masukin Jayden ke sekolah sampai dia berumur 3 tahun. Apalagi anaknya kan lahir di bulan Oktober, jadi umurnya nanggung. Sebenernya kalo mau, tahun ini uda bisa masuk playgroup, cuma karena umurnya belom 3 tahun, jadi ga gua masukin dulu. Ya emang cuma kurang beberapa bulan sih, tapi beberapa bulan itu efeknya lumayan loh.

Lagipula gua liat anaknya juga belom siap. Kalo di SBI dia belom bisa ngikutin perintah. Misalnya disuruh duduk di bangku, dia mau sih duduk tapi cuma sebentar trus muter-muter lagi. Sampe di laporan evaluasinya selalu ditulis "Jayden berjalan-jalan di dalam kelas" dan tulisan jalan-jalan itu uda diperhalus, aslinya mah lari-lari, hahaha. Gua bisa bayangin kalo dia sekolah dan anaknya masih suka seenaknya lari sana-sini, yang ada gurunya akan mencap dia dengan anak yang ga bisa diem. Dan gua juga bisa bayangin tiap hari dia akan dimarahin gurunya. Daripada anaknya jadi trauma ke sekolah, jadi mending gua nunggu sampe dia siap.

Karena Jayden belom sekolah, si suami sempet nyeletuk, kenapa gua ga coba ajarin sendiri aja di rumah. Kebetulan temen gua sempet posting video waktu anaknya lagi sekolah, dan di video itu anaknya lagi belajar nuang-nuang air. Lah...ini mah aktivitas yang dulu suka gua kasih ke Jayden, hahaha. Gara-gara itu, gua jadi kepikiran lagi buat kasih aktivitas yang melatih motorik gitu. Sekalian ngajarin Jayden buat duduk diem walaupun cuma sebentar.

1. Pindahin air pake spons.


Awalnya mau meres-meres spons, tapi emang dasar anaknya ga sabaran, dia main langsung tuang semua, hahaha. Sisi positifnya, Jayden tau yang mana yang lebih cepet kelar, hahaha.

2. Tuang kacang hijau ke tempat cetakan es batu.


Gua nyiapinnya pake sendok, dan awal-awal Jayden masih mau pake sendok. Tapi lagi-lagi karena anaknya ga sabar, sendoknya dibuang dan nuang pake tangan. Belom semuanya keisi langsung minta udahan, hahaha. Gpplah biarpun cuma sebentar doang.

3. Masukin sedotan sesuai warnanya.


Ini kayaknya aktivitas yang ga terlalu menarik buat dia. Mulut gua uda pegel ngasih perintah, tetep aja dia ga mau, yang ada malah sedotannya dihambur-hamburin. Belakangan mulai mau dan uda ngerti, cuma belom semua sedotannya dimasukin, dia lari-lari lagi. Kalo liat di instagram, aktivitas kayak gini berguna untuk pengenalan warna. Sebenernya kalo untuk warna sih dia uda tau semua (thanks to youtube! hahaha), cuma gua pengen aktivitasnya bervariasi aja, hahaha.

4. Warnain apel pake stiker merah.


Karena anaknya seneng tempel-tempel, jadilah gua kasih aktivitas ini. Tapi ya mentok nempel stikernya cuma segitu doang. Gua pikir besoknya mau dilanjutin lagi, tapi ternyata engga. Jadi ampe sekarang, warna merah di apel itu ya cuma segitu aja, hahaha.

5. Nyapu kacang hijau.


Kalo gua baca, aktivitas ini berguna buat melatih ketrampilan hidup. Ya kali aja kalo uda jago bisa bantuin gua nyapu-nyapu gitu, hahaha. Tapi kayaknya Jayden ga terlalu tertarik pake sapu. Yang ada sapunya dibuang, trus dia masukin sendiri pake tangan. Belakangan malah minta gelas, mau masukin di gelas, hahaha.

6.  Pindahin es batu pake capitan.


Kalo yang ini langsung bisa. Cuma kalo es batu kan makin lama makin kecil, dan makin lama makin susah dicapit, begitu es batunya jatuh, dia ngamuk. Belakangan ini anak emang suka ngamukan *elus-elus dada*

BONUS : outdoor activity.


Jayden demen banget main perosotan. Sayangnya di deket rumah ga ada taman. Ada sih taman, tapi ga keurus gitu, yang ada malah buat tempat parkir mobil. Coba itu taman dibersihin trus dibikin kayak RPTRA gitu, gua pasti bawa Jayden kesana tiap hari. Akhirnya sesekali gua ajak Jayden ke tempat kerja, kebetulan di deketnya ada playground. Lumayanlah buat bakar-bakar energi.

Aktivitas selanjutnya....nanti gua update lagi ya, hahaha.

13 comments:

  1. rajin mel... :D
    kalo belum masuk sekolah coba masukin kelas2 toddler aja... yang kayak seminggu sekali atau dua kali gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelas toddler gitu harganya lumayan ko hahahaha... pikir cukuplah seminggu dua kali ke SBI sama sekolah minggu...

      Delete
  2. Hahaha aku ketawa ngakak Ci pas bagian, "Belakangan ini anak emang suka ngamukan *elus-elus dada*" #sungkem x))

    Kalo adek bungsuku gak ngerti deh, kyanya waktu kecil gada yg nyuruh dia nyapu kadang pagi2 udah pegang sapu aja.. karena sering ngeliat ART kali ya hahaha. Jayden mo nyapu beneran aja gak? x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sapu beneran sih dia mau, cuma seringnya bukan bantuin malah bikin tambah berantakan hahahaha... padahal gua tau maksud hati mau bantuin hehehehe...

      Delete
  3. rajinnn lu mell.. gua masih males nih. hahaha. mungkin krn masih gua anggep kekecilan yaa. jadi gua gak ajarin dari sekarang. hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga mulai waktu jayden umur 2 taon... waktu masih seumur clay mah belom mulai hehehehe...

      Delete
  4. Mel, gimana kalo kegiatannya jgn tiap hari ganti, Mel? Yang gue alamin sendiri sih, anak2 itu kunci ngajarinnya mmg konsistensi, jadi mgkn bisa dicoba kegiatan yang sama beberapa kali sampe anaknya enjoy (plus mahir) dan akhirnya bs lbh lama duduk n konsen. Anak kecil mmg bosenan, tp kita jgn layanin hahahaha. Semoga Jayden tambah mahir kegiatannya dan lbh bs duduk lamaan ya. Plus, montessori itu sifatnya "following the adults". Lu jangan bosan2 kasih contoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitu ya, nanti gua coba deh beberapa hari kegiatan yang sama... bukannya montessori itu follow the child ya? hehehehe...

      Delete
    2. Mel, mgkn pengertian follow the childnya yg hrs diluruskan. Nih gue ksh quote yg dimaksud follow the child itu utk montessori.

      “‘Follow the child’ does not mean let the child do what he wants. It is simply an acknowledgment that the child has his or her own pattern – that we need to take into account where the child is at, rather than impose our idea of what the child should learn now.”

      Kalo disimplify tuh gini, drpd elu yg ajarin macem2 and impose macem2, elu follow interest dia. Nah gimana cara dia follow interest? Ya dengan lu ksh contoh kehidupan sehari2, sehingga interest dia keliatan dimana by following what you do. Baru lu expand kesukaannya dia itu.

      Delete
  5. Rajin banget mbak mel.. Aku sekolahin anak dari umur 2 karena anakku paling ga bisa duduk diem. Nyerah sebelum berjuang. hehe. salam kenal btw

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah disekolahin ada progressnya ga? justru aku ga mau sekolahin dulu karena anaknya ga bisa duduk diem hehehehe...

      Delete
  6. Coba suruh ronce sedotannya mel. Biar lebih menantang.

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.