06 April 2017

Asam Urat

Weekend kemaren jadi weekend yang kurang menyenangkan buat kami. Bermula dari hari Jumat dimana si suami tiba-tiba bilang kalo kaki dia kayak sakit, dan sakitnya itu kayak terkilir gitu. Katanya sih gara-gara kelamaan pake sepatu boot. Belakangan emang kerjaannya si suami itu bolak-balik Bogor, dan masuk keluar hutan, jadi mengharuskan dia pake sepatu boot biar aman. Lalu dia bilang mau ke gereja, minta diurutin sama satpam gereja. Salah satu satpam gereja kami emang bisa ngurut, dan kata si suami sih, dia jago ngurut-ngurut kaki gitu. 

Hari Sabtunya kami sekeluarga kondangan ke tempat sodaranya si suami di Bogor. Kebetulan mertua juga ikut dateng. Dari Bogor, mereka ikut kami pulang ke Jakarta dan nginep di rumah sampe hari Selasa. Sebenernya dari jauh-jauh hari gua uda susun rencana buat jalan-jalan bareng mertua, tapi karena Jayden juga batuk pilek yang lumayan agak parah, jadi semua rencana bubar jalan. Emang belakangan cuacanya lagi ga enak banget, harus bener-bener jaga kesehatan kalo ga mau sakit.

Malemnya gua liat kaki si suami malah tambah bengkak. Menurut dia sih gara-gara tadi kondangan kelamaan pake sepatu. Emang setau gua kalo kaki bengkak gitu ga boleh pake sepatu. Tapi ya ga enak juga sih kondangan pake sendal jepit, hahaha. Gua inget dulu juga pernah kecengklak dan abis diurut itu emang agak bengkak, trus beberapa hari diurut lagi baru kempesan.

Hari Minggunya si suami uda jalan dari subuh ke gereja karena dia ada tugas di kebaktian jam 6. Lalu siangnya sempet anterin gua, Jayden, dan mertua pulang, lalu dia balik lagi ke gereja karena ada rapat. Untungnya yang sakit itu kaki kiri, dan karena mobilnya matic, jadi masih bisa nyetir pake kaki kanan. Hari Minggu itu, karena seharian pake sepatu, dan banyak dibawa jalan, jadi bengkaknya masih belom hilang. Malemnya dia minta satpam gereja lagi buat urutin. Pas pulang, gua liat bengkaknya malah makin parah.

Besokannya dia ijin ga masuk kantor. Bosnya nyuruh dia ke dokter tulang buat cek, takutnya ada yang retak. Untungnya ada mertua, jadi bisa bantu ngurusin suami, sementara gua ngurusin Jayden. Soalnya Jayden kalo lagi sakit nemplok terus sama maminya. Tapi sesekali masih mau sih sama mertua, cuma ya tetep lebih banyak nempok gua. Akhirnya siangan si suami ke rumah sakit di deket rumah ditemenin sama mertua.

Begitu pulang, dia ceritain kronologis selama di rumah sakit. Katanya begitu nyampe, ada suster-suster yang nawarin kursi roda buat si suami, tapi ditolak. Dia pengen tetep coba jalan. Dan emang selama kakinya sakit itu, otomatis jalannya jadi susah, sampe akhirnya bawa tongkat. Begitu ketemu dokternya, si suami dengan pedenya nanya, "Ini retak ya dok?" Dokternya lalu nanya, apa dia pernah jatoh yang ampe bunyi krek gitu. Tentu aja si suami jawab engga, karena emang dia ga pernah jatoh. 

Akhirnya si dokter pun menjawab rasa penasaran si suami dengan satu kalimat.....

"Ini mah kena asam urat!"

Dan hasil lab pun menguatkan pernyataan si dokter. Asam uratnya si suami lumayan tinggi. Dengan begitu dia harus menghindari berbagai jenis makanan seperti bayam, kangkung, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan masih banyak makanan lainnya. Sampai hari ini kakinya masih bengkak, dan kata beberapa orang emang kalo bengkak karena asam urat itu lama kempesnya. Dan ternyata, kaki sakit karena asam urat itu ga boleh diurut.

Suami....semoga kamu cepet sembuh ya *kiss kiss*

Foto kemaren siang.

23 comments:

  1. ya ampun bengkaknya parah banget ya...
    moga2 cepet sembuh yaaa

    ReplyDelete
  2. Adik gue juga kena asam urat parah, Mel. Bener-bener harus diatur banget dietnya. Malah sempet gak bisa jalan dia dulu tuh. Lu banyak baca-baca aja diet yang terbaik. Kalo hobi tahu tempe, lepasin dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya le, ini juga akhirnya pantang banyak makanan... saking banyaknya ampe bingung mau makan apa hahahaha...

      Delete
  3. waduh..bengkaknya lumayan parah y Ci..aku juga pernah asam uratnya tinggi tapi sekarang udah normal..
    Sementara hindari dulu makanan yg berbahan kedelai, sayur terutama brokoli jangan dulu, better makan yg direbus2..Pantangannya memang banyak hu..hu..hu..
    Semoga segera hilang y bengkaknya Ci :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... pantangannya banyak banget huhuhu... thank you ya...

      Delete
  4. cepet sembuh ya mel buat seno..

    ReplyDelete
  5. Emping juga nggak boleh Mel...harus atur pola makannya biar nggak kambuh. Sekali makan yg pantang itu bisa kambuh, kalau udah parah ada yg nggak bisa jalan (kaya orang kantor dulu).

    Cepet sembuh buat Seno yah Mel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emping dia jarang makan ci, seringnya ya sayur2 ijo kayak bayam, kangkung gitu, plus tahu tempe hahahaha...

      thank you ci...

      Delete
  6. hopefully udah makin mendingan ya mel! musti ganti pola makan ya kalo gini kayaknya yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal dia makan ga pernah yang aneh2, cuma kalo sayur ijo itu dimakan tiap hari juga ternyata ga bagus... thank you gill...

      Delete
  7. Wah muda2 bisa kena asam urat sampe parah gitu yah. Emang sebelumnya udah tau blm sih kalo ada asam urat? Dokternya hebat juga yah bisa langsung tau penyakitnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyakit sekarang mah ga kenal tua muda mel hahahaha... dulu waktu cek lab pernah ketauan sih kalo asam uratnya tinggi, tapi ga pernah ampe sakit gitu kakinya... kayaknya dari bengkaknya uda keliatan deh...

      Delete
  8. gw juga dulu kena asam urat, gara2 kebanyakan tempe hehe.. moga2 cepet sembuh y suaminya..

    ReplyDelete
  9. cepet sembuh suaminya yaa ci :)

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Cepat sembuh ya, emang kalau asam urat banyak pantangan makannya ya.

    ReplyDelete
  12. Cepet sembuh buat suaminya ya Ci, papaku juga asam urat susye bener emang makannya hahaha. Ampe dibikin jadwal gitu, mau-gak-mau jadi bosen deh daripada malah makin sakit. Sekarang kalo ke pasar belanjanya sekitaran sawi putih, wortel, labu siam, kacang panjang, timun, buncis, ceriwis, lettuce, pepaya, labu parang

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you ge... kacang panjang sama buncis juga bukannya ga boleh ya... ini aja si suami bilang makan uda ga nimat hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...