30 May 2017

Hampir Lulus Toilet Training

Kenapa gua bilang hampir? Silakan baca postingan ini ampe selesai, hahaha *minta digeplak*

Dari Jayden lahir ampe sekarang, gua ada suster di rumah yang bantu ngurusin Jayden selama gua kerja, sekalian bantu nyuciin baju-baju Jayden juga. Karena ada yang bantuin, jadinya Jayden kalo sehari-hari ga pernah pake pospak. Pake pospak itu kalo bobo malem sama pergi-pergi doang. Kalo si suster pulang kampung baru full pospak, hahaha. Kata orang-orang, kalo ga full pospak harusnya lebih gampang buat toilet training, tapi kenyataannya ga juga tuh. Perjalanan toilet training Jayden ga semudah yang dibayangkan. Dan gua juga ga pernah bikin target kapan Jayden harus lulus toilet training, makanya agak dibawa santai.

Di postingan kali ini, gua mau sharing tentang perjalanan toilet training Jayden. Sekalian buat kenang-kenangan.

1. Gua mulai toilet training itu pas Jayden bisa ngomong kalimat yang agak panjangan, kira-kira pas umur 1,5 tahun. Gua suka bilangin, "Jayden, kalo mau pipis atau pupup harus bilang ya" dan gua selalu bilangin berulang-ulang. Sampai akhirnya pas Jayden umur 2 tahun 6 bulan dia baru bisa ngomong, "Mami...mau pipis" hahaha. Lama ya prosesnya. Selama itu seringnya bilang pas uda ngocor, hahaha. Itu kalo pipis, kalo pupup masih belom bilang, cuma kalo Jayden kira-kira uda diam berdiri mematung, itu tanda-tanda dia mau pupup, langsung deh buru-buru gua bawa ke toilet.

2. Urusan duduk di toilet juga ga mulus. Gua lupa kapan, tapi pernah ada masa dimana Jayden ga mau duduk di toilet. Kayaknya gara-gara trauma pupup keras, jadi dia takut duduk disitu lagi. Sebenernya di rumah ada pispot, tapi Jayden juga ga suka duduk disana, dulu waktu 1 tahun pernah didudukin yang ada nangis-nangis. Akhirnya gua beli buku tentang toilet training di online shopnya Dina. Gua pernah bahas di sini. Sebelumnya gua rutin bacain tiap malem, trus kalo kira-kira mau pupup, gua bawa Jayden dan buku itu ke toilet. Lumayan berhasil bikin traumanya hilang, dan akhirnya ampe sekarang jadi kebiasaan, kalo pupup kudu sambil baca buku, hahaha.

3. Dari Jayden umur 1 tahun, kalo di rumah si suster selalu rutin pipisin. Kadang-kadang kalo lupa sih kebobolan, tapi seringnya rutin dipipisin. Mulai dari umur 2 tahun, kalo pergi-pergi ke tempat kayak Indomaret, bank, atau Superindo, ga pernah pake pospak lagi. Sebelum pergi dipipisin dulu, dan sebelum pulang juga dipipisin. Lagi-lagi ini juga ga mulus-mulus amat. Jayden pernah pipis di Indomaret, Superindo, rumah tetangga, dan pernah pupup di supermarket import di deket rumah, hahaha. Makanya tiap kali ngajak Jayden pergi tanpa pospak, harus selalu sedia kain di tas. Cuma kalo pergi-pergi ke tempat kayak mall atau gereja masih dipakein. Soalnya kalo lagi asik main Jayden suka ga bilang kalo mau pipis. Makanya gua bilang hampir lulus toilet training.

4. Dari umur 1 bulan, Jayden selalu pake pospak pas tidur malem. Tadinya gua mau sok idealis ga mau pakein, cuma dipikir-pikir kasian juga anaknya kebangun-bangun melulu. Soalnya Jayden itu kalo uda bangun susah ditidurinnya lagi. Kecuali kalo uda pules banget, mau digantiin bajunya tetep aja ga bangun, hahaha. Tapi seringnya dia pipis pas lagi belom pules, jadinya tiap malem gua pakein pospak deh. Kira-kira seminggu yang lalu, Jayden selalu bangun dalam keadaan pospaknya masih kering. Jadinya tiga hari yang lalu gua nekat ga pakein pospak pas Jayden bobo malem. Tentunya sebelum tidur dipipisin dulu. Dan selama tiga hari ini, Jayden sukses tidur tanpa ngompol. Yeay! *lempar pospak* Mungkin karena dia uda sleep through the night juga kali ya, jadi ga pipis di tengah malem. Tapi.....malam ini tau-tau ngompol lagi, hahaha. Tepat pada saat gua nulis postingan ini Jayden ngompol, hahaha. Gpp lah, namanya juga belajar.

Begitulah kira-kira cerita toilet training Jayden. Kalo ditanya tips-tipsnya apa, gua sih ga punya tips khusus, yang penting konsisten, dan punya kesabaran seluas samudera, hahaha. Pernah ada masa dimana gua marah pas Jayden pupup atau pipis sembarangan. Lalu pernah juga ada masa dimana gua "hukum" dia dengan ga kasih nenen. Tapi lalu kemudian gua sadar, toilet training itu kan butuh proses. Sama halnya kayak waktu belajar jalan, kan ga serta merta langsung tiba-tiba bisa lari, pasti ada proses jatuh bangunnya dulu. Makanya begitu uda sampai di tahap ini gua seneng banget. 

Mudah-mudahan abis ini bisa bener-bener lulus toilet trainingnya ya, biar duitnya bisa dipake buat yang lain. Biar gua ga perlu lagi melototin supermarket mana yang pospaknya lagi promo, hahaha.


Anak mami uda gede *tiba-tiba mellow*

Update : Kemaren tgl 1 Juni 2017 untuk pertama kalinya Jayden ke mall ga pake pospak, dan berhasil ga ngompol sama sekali. Ada dua kali kami bawa dia ke toilet buat dipipisin, dan ada satu kali dia bilang sendiri kalo mau pipis. Besok Sabtu Minggu rencananya gua mau ajak ke mall lagi, mudah-mudahan sukses pergi tanpa pospak. Semangat!

15 comments:

  1. Eh, sama nih. C juga gasuka pake pispot dan apa tuh, extention buat toilet itu. Jadinya dia pernah kecemplung ke kloset karena bokongnya masih kurang gede. Hahahaha.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. toilet seat ya? kalo toilet seat jayden masih mau, cuma ya dulu sempet pernah ada masanya dia ga mau duduk disitu... tapi untung masa2 itu uda berlalu hahahaha...

      Delete
  2. Kaleb juga lagi toilet training sekarang trus pembelian pospak langsung menurun drastis. Gila senang banget ya uangnya buat belanja mami. Hahaha. Semangat jaden, semoga lepas pospak seger ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener! uangnya buat belanja mami hahahaha... semangat juga kaleb...

      Delete
  3. gua belum mulai toilet training malahan mel. wkwkwkwkwkw.. nanti aja tunggu bisa ngomong. wkwkwkw. *emak males*

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp poi, kalo gua baca2 start 1,5 - 2 tahun... jadi mulai di umur 2 tahun juga gpp hehehehe...

      Delete
  4. Gue jadi inget pas baru pindah sini, udah bagus-bagus bisa pipis sendiri, si Abby mendadak stress dan ngompol tiap hari di sekolah hahaha. Untungnya, habis gitu pas dia udah happy, balik normal lagi. Kalau eek kayaknya udah lama banget dia bisa bilang, gue even lupa loh apa pernah toilet trained dia soal eek, soalnya beneran ngga pernah eek sembarangan pas udah bisa komunikasi. Toilet training itu memang intinya consistency dari ortu (or pengasuh) sih. Actually semua hal intinya consistency (dan siapin kertas koran yang banyak, apalagi kalo rumahnya karpetan huahahaha).

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi gara2 baca cerita abby, gua jadi tau kalo anak stress itu bisa ngompol... untung sekarang uda normal lagi ya...

      rumah gua uda bau pesing dimana2, mulai dari kasur ampe sofa hahahaha...

      Delete
  5. Moga2 jadyden bisa cepet lulus toilet trainingnya ya ci :) lemayan tuh pospaknya bs buat keperluan lain. Kalo ud mamak2 beda seribu duaribu mah di perhatiin ya ( kasus kalo beli groceries ) LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nie, kalo uda jadi emak2 seribu dua ribu itu berharga... selisih dua ribu lumayan buat bayar parkir hahahaha...

      Delete
  6. Rasanya kalau nggak usah beli pampers lagi happyyyyy banget yah hahahaaa
    Semangat Jayden!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, rasanya seneng banget ga perlu beli pampers hahahaha...

      Delete
  7. pinter jayden! mami seneng ya duit pampers bisa buat yang laen hehehehe ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng banget gill... duitnya bisa buat shopping yang lain hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.