12 May 2017

Keliling Jakarta Naik Bis Tingkat

Hari ini libur! Bulan ini ternyata masih ada hal yang menyenangkan, yaitu....banyak tanggal merahnya! Hahahaha. Sesuai janji kami sama Jayden, setelah naik transjakarta kemaren, kalo ada hari libur lagi kami mau ajak naik bis tingkat. Buat yang belom tau, bis tingkat ini merupakan bis gratis yang dikeluarkan oleh Pemprov Jakarta dan dikelola oleh PT. Transjakarta sebagai sarana keliling kota Jakarta. Penggagasnya siapa? Tentu saja Pak Ahok. Nah...belom tentu kan di jamannya Pak Anies nanti bis ini akan terus beroperasi, siapa tau malah dihilangkan. Makanya sebelum itu terjadi, kami merasa harus naik sekarang.

Sebelum berangkat, tentu kami browsing-browsing dulu rute dan haltenya. Rutenya sendiri ada 5. Ada yang arah ke kota, ada yang ke bunderan HI, dan yang terbaru ke Kalijodo. Buat lebih lengkapnya bisa liat gambar di bawah ini.

Ini rute-rutenya.

Ini rute yang terbaru. 

Setelah liat gambarnya, kami memutuskan untuk naik dari Gedung Kesenian Jakarta (GKJ), biar bisa parkir mobil disana. Tapi ternyata dari GKJ harus turun di Juanda baru bisa naik lagi ke arah yang lain. Tadinya uda mau naik dari Juanda sih, cuma kalo di Juanda ga tau harus parkir mobil dimana, hahaha. Sempet kepikiran mau naik transjakarta, cuma si suami abis itu harus latihan di gereja, jadi ya udahlah naik mobil aja, biar dapet semuanya.

Abis parkir mobil di GKJ, kebetulan bisnya langsung dateng, jadi kita nyebrang ke haltenya. Eh...uda nyebrang-nyebrang petugasnya bilang cuma bisa dua orang. Lah...kita kan berempat ama si suster, jadi nunggu bis berikutnya deh. Tadinya sempet mau jalan kaki dari GKJ ke Juanda, tapi koq kayaknya jauh, jadi mendingan nunggu lah, hahaha. Untung ga pake nunggu lama bis berikutnya uda dateng. Oiya, buat yang mau naik, kita cuma bisa naik dari halte yang ada tanda city tournya.

Karena abis ini langsung turun, jadi duduk di bawah dulu.

Sepi, bersih, nyaman, dan dingin.

Setelah nyampe di Juanda, kami harus turun dulu baru bisa naik lagi, dan naiknya juga dari tempat yang uda disediakan. Jadi ga boleh turun trus naik lagi, harus ngantri dulu. Dan begitu nyampe, yang ngantri uda banyak banget, hahaha. Tadinya gua pikir kalo pagi-pagi itu masih sepi, paling rame setelah jam makan siang, tapi asumsi gua kayaknya salah, hahaha.

Jeng jeng...uda rame banget. 

Minusnya, jalur antriannya ga dikasih line, jadi agak berantakan. Uda gitu pas bisnya dateng, orang-orang pada dorong-dorongan masuk supaya bisa duduk di atas. Untung Jayden digendong si suami, jadi kebagian duduk di atas, hahaha.

Yeay! Duduk di atas.

Selfie dulu sebelum jalan.

Peraturan di bis ini cukup ketat. Ga boleh ada yang berdiri, makanya pas di GKJ petugasnya bilang cuma dua orang yang boleh masuk, karena tempat duduknya uda penuh. Ga boleh makan dan minum juga, bahkan waktu ada anak kecil makan pun ditegur sama petugasnya. Kaki juga ga boleh naik.

Bangku atas yang penuh. 

Sebenernya paling enak duduk di depan, cuma si suami kalah cepet, hahaha.

Ga lama bisnya jalan. Kami naik yang rute BW 1 yang ke arah kota. Sebenernya kami ga milih rute sih, mau rute yang mana aja ayo, karena tujuan awalnya kan emang cuma mau naik bis tingkat doang. 

Menikmati pemandangan kota Jakarta.

Mami, itu ada bis gandeng.

Lewatin istana negara.

Patung kuda. Keliatan ga kudanya? Hahaha.

Nih kuda-kudanya, hahaha.

Dan lewat Balai Kota yang masih rame. 

Masih banyak bunga-bunga. Duh...jadi sedih lagi, huhuhu.

Buat yang mau ke Kalijodo bisa turun di halte ini.

Hayo ada yang tau ga ini patung siapa?

Setelah muter-muter, akhirnya nyampe di Kota Tua. Tadinya gua pikir bisnya bakal muter terus, tapi di Museum Bank Indonesia diturunin semua, dan disuruh naik lagi dari BNI 46. 

Selfie dulu sebelum turun.

Ini gua foto dari depan BNI 46. Antriannya sedikit lebih rapih, tapi tetep rame.

Tadinya kami mau balik ke GKJ lagi naik bis tingkat, tapi waktu liat antriannya rame sementara perut uda pada kelaperan, akhirnya pesen go-car, hahaha. Jayden jelas girang banget, apalagi bisnya jalannya lumayan lambat, jadi dia bisa menikmati. Hampir sepanjang jalan dia nyanyi The Wheel On The Bus melulu, hahaha.

Saran gua, kalo mau naik mending dari Juanda, karena di Juanda ini kayaknya poolnya. Hampir semua rute startnya dari sini. Biarpun ngantri ga usah takut karena jumlah bisnya cukup banyak. Mudah-mudahan sih di periode gubernur berikutnya, bis tingkat ini tetap ada. Sayang kalo dihilangkan.

Dan waktu nulis ini gua jadi mikir....banyak banget orang yang rame-rame pengen naik bis tingkat gratis ini, tapi yang bikin supaya bis tingkat ini ada, malah di penjara. Miris!

10 comments:

  1. seru yah mel, kita bisa berenti di titik2 tertentu kan yaa? pengen nih nyobain. hehehe.. asik kali yaa.. gua masih penasaran pengen ke kalijodoh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi di titik2 sesuai rute... gua juga belom pernah nih ke kalijodo, pengen kesana juga...

      Delete
  2. Seru ya naik City Tour ini. Padahal rutenya sering kita lewati, tapi sensasinya beda pas naik City Tour.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sensasinya beda, apalagi kalo duduk di atas... seru banget...

      Delete
  3. Mel, di dalemnya ga ada tour guide atau audio yang jelasin tempat2nya ya? Jadi bener2 cuma muterin rute aja? Gw pengen ajak Raka sih, tapi sama kaya lo, gw bingung parkir mana. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada din, jadi bener2 cuma muter2 doang... kalo bawa mobil bisa parkir kayak gua kemaren di GKJ, atau di sekitaran balai kota... tapi enakan sih naik dari juanda... fero dulu sempet kasih saran, naik grab aja ke haltenya hahahaha...

      Delete
  4. wah seru banget naik bis tingkat.. kapan gitu kita pernah mau naik.. tapi rame terus akhirnya gak sanggup nunggu-nya (karena abisan muter2 pake busway jadi capek juga).

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemaren juga antrinya rame banget ci, cuma karena uda kadung nyampe dan uda janji juga sama anak, ya nunggu deh hehehehe...

      Delete
  5. Kalimat terakhirnya buat sediih lagi cii...
    #cemberut

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...