10 August 2017

Aktivitas Tanpa Gadget

Waktu libur lebaran kemaren kan si suster pulang kampung, otomatis gua yang handle semua keperluan Jayden, termasuk masakin makanannya. Ya kalo lagi pas makan di restoran sih Jayden ikut makan, tapi kan ga pagi siang sore kami makan di restoran terus, jadi mau ga mau gua harus masak. Untung si suami ga kerja, jadi dia bisa bantu-bantu gua ngurusin Jayden. Cuma masalahnya, Jayden lebih sering ngintilin gua ketimbang si suami. Misalnya gua pagi-pagi lagi masak, dia pasti maunya deket-deket gua, yang ada gua pusing kalo ada Jayden di dapur. Jadi solusi terakhir adalah....nonton youtube! Hahaha. Sungguh gua salut bener sama ibu-ibu rumah tangga tanpa ART atau nanny yang bisa ngurus anak tanpa anaknya dikasih nonton. Kalian hebat.

Gua ga anti banget sih sama youtube. Apalagi dari youtube, Jayden jadi tau semua huruf, angka, warna, dan lagu-lagu nursery rhymes. Cuma gua ngerasa dulu itu Jayden kebanyakan nonton ketimbang mainnya. Makanya dari sebelum lebaran pun gua mulai membatasi waktu nontonnya. Jadi anggap aja waktu lebaran tuh karena liburan, jadi bebas boleh nonton lebih lama, hahaha. Begitu si suster balik, waktu nontonnya gua batasin lagi.

Ada banyak banget aktivitas indoor atau outdoor yang bisa dilakukan tanpa gadget. Tentu selain main mobil-mobilan ya, hahaha. Dan ini dia listnya...

1. Berenang.

Ini kayaknya aktivitas Jayden yang selalu muncul di blog gua ya, hahaha. Belakangan acara renangnya uda mulai gua rutinin jadi seminggu 2x. Sebenernya ga berenang beneran sih, cuma main air di kolam renang doang. Abis ban berenangnya belom dibenerin sih sama si suami, jadi tiap kali ke kolam renang Jayden bawa bola doang. Niatnya tahun depan Jayden mau gua lesin berenang. Karena menurut gua, berenang itu merupakan skill yang paling penting.

Asik jalan-jalan di air.

Sambil main bola.

2. Main sama tetangga.

Menurut gua, akrab sama tetangga itu bisa jadi poin plus dalam hidup kita. Beruntung gua tinggal di kompleks perumahan yang tetangganya baik-baik. Ya kadang ada sih satu dua yang rese, dan seringnya karena masalah parkir mobil, tapi ga pernah dibawa ke hati, jadi santai aja. Lagian hidup bertetangga mah jangan sampe ribut-ribut. Kalo seandainya amit-amit ada apa-apa, kan yang pertama kali bisa tolongin kita ya tetangga. Contohnya dulu waktu opa gua jatoh, susternya si opa langsung buru-buru ketok-ketok rumah sebelah buat minta bantuan.

Makanya gua juga membiasakan Jayden untuk kenal dengan lingkungan di sekitar rumah. Dari bayi, gua uda minta si suster untuk rutin ajak Jayden jalan-jalan keliling kompleks pagi dan sore. Belakangan nambah lagi waktu si suster beli sayur atau beli jamu, hahaha. Apalagi anak-anak di kompleks gua itu ada yang beda suku dan agama, jadi untuk mengajarkan tentang toleransi lebih gampang. Gua juga membiasakan Jayden untuk berteman dengan siapapun, tanpa mengenal suku dan agama. Malah sekarang dia uda bisa minta main di rumah tetangga, hahaha.

Main bubble sama kakak.

Main sama kakak di gang sebelah.

Ini foto yang gua ambil sebelum anak itu nyemplung ke got, hahaha.

Petik-petik bunga sama cici.

3. Baca buku.

Sampe sekarang gua masih konsisten bacain Jayden buku sebelum tidur, baik sebelum tidur siang atau sebelum tidur malem. Jayden juga masih konsisten minta baca buku pas lagi pupup, hahaha.

Beberapa bulan lalu, gua masukin Jayden jadi anggota perpustakaan di gereja. Seumur-umur gua jarang banget masuk perpustakaan, dan semenjak Jayden jadi anggota, malah hampir tiap minggu gua rutin nyetor muka di perpustakaan, hahaha. Tadinya gua pikir karena perpustakaan gereja, jadi buku-bukunya pasti buku rohani semua. Tapi ternyata engga juga, mereka punya buku Thomas And His Friends, Bob The Builder, Mickey Mouse, Sophie The First, dll. Koleksi filmnya juga beragam. Tiap selesai sekolah minggu, Jayden pasti mampir ke perpustakaan.

Baca buku juga merupakan bonding antara papi dan anaknya.

4. Main lego.

Gua pernah beliin Jayden lego abal-abal sebagai kado natal, dan baru mulai rutin dimainin beberapa bulan ini. Sebelumnya dia ga terlalu tertarik sama lego. Cuma karena namanya lego abal-abal, jadi ada beberapa bagian yang suka susah lepas pasangnya, dan malah bikin Jayden jadi emosi, hahaha. Uda gitu lego kayak gini ga terlalu bisa dibikin macem-macem. Sempet kepikiran untuk beliin duplo sih, apalagi ngeliat Jayden lumayan tertarik sama lego. Tapi ya duitnya lagi dipake buat yang lain. Mudah-mudahan nanti ada rejeki deh buat beli yang asli, bukan yang abal-abal, hahaha.

Lagi bikin double decker bus.

Katanya mau bikin kolam renang.

Hasil karya pertama Jayden.

5. Main playdoh.

Dulu Jayden sempet jijik sama playdoh. Boro-boro dimainin, megang seuprit aja sama sekali ga mau. Dan baru mulai mau main ya belakangan ini. Kayaknya sejak main ke rumah tetangga dan si tetangga punya playdoh deh, jadi dia mau ikut-ikutan main playdoh. Dan yang paling penting, Jayden bisa duduk anteng banget waktu main playdoh. Ya abis itu PR banget sih bersihinnya, tapi gpplah, demi anak belajar, hahaha.

Tapi dia belom bisa kreasi macem-macem, cuma asal megang-megang doang.

Anteng!

Dulu megang segitu aja uda jijik, hahaha.

6. Tempel-tempel stiker.

Ini aktivitas mengenal warna sekaligus melatih motorik halus yang gua siapin. Cuma butuh kertas origami, stiker bulet-bulet, gunting, dan double tape. Untuk aktivitas pertama, Jayden gua suruh tempel stiker bulet-bulet ke kertas origami yang warnanya sama. Kertas origaminya gua tempel di dinding, biar Jayden gampang nempelnya.

Ga nyampe setengah jam uda selesai, hahaha.

Untuk aktivitas kedua, kertas origaminya gua gunting jadi empat bagian, lalu dibelakangnya gua kasih double tape. Tugasnya Jayden tentu ngeletekin double tape, lalu tempel di warna yang sama. Untuk anak-anak yang belom bisa ngeletekin double tape bisa jadi tantangan tersendiri. Tapi Jayden mah uda jago, gara-gara tiap minggu kalo mau nempelin absen di SBI harus ngeletekin double tape dulu, hahaha.

Gua gunting jadi segini.

Butuh waktu lebih lama daripada yang stiker bulet-bulet.

Dan bener semua tanpa salah. Yeay!

7. Melakukan pekerjaan rumah tangga.

Ini bukan eksploitasi anak ya, tapi emang Jaydennya sendiri yang mau, hahaha. Dan memang ada beberapa tugas yang wajib dia kerjakan. Contohnya kalo abis mandi atau tukeran, baju kotornya harus dimasukin sendiri ke keranjang kotor. Lalu kalo abis makan, piring kotornya taro sendiri di tempat cucian kotor. Lalu beresin mainan sendiri, lap-lap sendiri kalo dia tumpahin minuman atau pipis sembarangan. Omanya pernah bilang kasian, tapi menurut gua malah perlu loh. Kan gua sebagai orangtua ga bisa mendampingi dia terus selamanya. Ada saatnya Jayden harus bisa sendiri, ya mulai ngelatihnya harus dari sekarang.

Ngepel dulu sebelum berangkat SBI.

Sikat-sikat kamar mandi. Sekali lagi...ini anaknya yang mau loh, hahaha.

Begitulah kegiatan-kegiatan Jayden tanpa gadget. Tapi ya kalo lagi pergi-pergi, apalagi ke kondangan, gua kasih nonton deh. Daripada anaknya lari-lari naik ke pelaminan, mending duduk nonton biar anteng, hahaha.

8 comments:

  1. wah bagus tuh kalo suka nyikat kamar mandi. hahaha.

    gua paling gak suka ama playdoh. karena suka ada serpihan2nya yang ketinggalan trus bikin rumah kotor. :P jadi kalo di rumah gua, no playdoh! hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang playdoh susah sih bersihinnya... biasanya aku main di atas mat kayak gitu, jadi bersihinnya tinggal di lap2 kain basah doang...

      Delete
  2. Pinter jayden ^^ bener banget tuh anak2 hrs bs berenang ! huhu ak gak bisa berenang soalnya haha. Banyak aktivitas bermanfaat yaa tanpa gadget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nie, anak2 penting banget bisa berenang menurut aku, jadi kalo amit2 kenapa2 di laut, bisa nyelametin diri sendiri...

      Delete
  3. Wah, ini ide bagus buat anak yang udah gedean ya. Kita jadi orangtua secara nggak langsung jadi puasa gadget dulu dan nemenin anak, ya.

    Btw, kayaknya jaman sekarang nggak cowok nggak cewek suka main Lego, ya, apalagi Duplo itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, orangtuanya juga harus puasa gadget... ya paling buat foto2 doang hahahaha...

      lego kayaknya emang dimainin sama semua anak... tapi jayden punya bukan duplo, tapi lego abal2 hahahaha...

      Delete
  4. Rajinnya Jayden.. Suka sama semua listnya :D

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...