20 September 2017

Jayden Ke Bali : Day 3

Cerita hari pertama bisa dibaca di sini, dan hari kedua bisa dibaca di sini. Untuk hari ketiga akan ada banyak banget foto, jadi harap maklum ya.

Waktu kami planning mau ke Bali, gua mulai cari-cari tempat wisata untuk anak, selain pantai tentunya. Pilihannya ada banyak banget, tapi berhubung Jayden kayaknya belom bisa dibawa ke waterpark, akhirnya gua persempit jadi tempat wisata yang ada binatangnya. Dan muncul tiga pilihan, yaitu Bali Safari & Marine Park, Bali Zoo, dan Bali Bird Park. Setelah baca review dan cerita orang-orang, akhirnya gua memilih Bali Safari & Marine Park.

Sebelum berangkat, gua beli tiketnya dulu di m-kuta.com seharga IDR 236.500. Yang gua suka dari m-kuta ini, kalo kita beli apapun, vouchernya ga perlu diprint, cukup dikasih liat via HP, trus beres deh. Lumayan mengurangi kerepotan gua, dan go green juga, hahaha. Voucher yang gua beli ini termasuk 1x safari journey, 1x fresh water aquarium, animal show, elephant show, bali agung show, 1x waterpark, dan 1x fun zone. Sebenernya yang lebih murah dari itu juga ada, yaitu safari explore seharga IDR 140.000, cuma ga bisa nonton bali agung show. Tadinya sempet galau sih mau beli yang mana, tapi setelah denger cerita orang-orang yang uda kesana, akhirnya gua beli yang uda include bali agung show.

Di hari ketiga ini, Jayden bangun sekitar jam 7 waktu Bali. Rencananya abis Jayden bangun, langsung makan, mandi, dan berangkat ke Bali Safari. Soalnya di vouchernya ditulis supaya kami dateng jam 10 pagi, sementara perjalanan dari hotel kesana tuh bisa 1,5 jam sendiri. Tapi kenyataan tak seindah harapan ya. Jayden bukan tipe anak yang begitu bangun bisa langsung makan. Uda mana selama dua hari di Bali makannya susah bener. Jadinya abis bangun tidur diajak jalan-jalan dulu ama si suster, baru dikasih makan. Itu juga makannya penuh perjuangan, hahaha. Akhirnya jam setengah 10 baru jalan, dan jam 11 baru nyampe Bali Safari.

Begitu nyampe, gua langsung ke tempat penukaran tiket. Antriannya lumayan banyak, tapi prosesnya cepet koq. Begitu dapet tiket, langsung masuk deh. Sebelum masuk, tasnya dicek dulu, kalo ada yang bawa makanan, pasti makanannya diambil. Untungnya Jayden masih diperbolehkan bawa botol minum, susu, dan beberapa biskuit. Ya lumayan lah buat dia cemil-cemil.

Foto dulu sebelum antri.

Sementara si boss duduk santai di stroller.

Setelah masuk, kami langsung antri buat naik mobil. Bukan mobil juga sih, semacam mini van gitu deh. Kalo Jayden bilangnya tiger bus, soalnya modelnya kayak bus-bus di video lagu The Wheel On The Bus sih, hahaha. Antriannya lumayan banyak, tapi cukup rapih dan teratur. Hampir semua pintu ada linenya, jadi kalo masuk ga perlu dorong-dorongan. Dan begitu tempat duduknya penuh, pintunya langsung ditutup. Perjalanannya ga terlalu lama, kayaknya sekitar 5 menit uda nyampe deh.

Banyak yang antri, tapi teratur.

Jayden girang banget naik tiger bus, hahaha.

Foto dulu dong.

Ini penampakan tiger busnya.

Dateng-dateng langsung disambut sama ini.

Nuansa Balinya berasa banget.

Ada jual souvenir juga. Tapi gua ga beli-beli, jadi ga tau harganya berapaan.

Bisa sewa stroller. Tapi gua sarankan kalo mau kesini mending bawa stroller sendiri. Selain kitanya ga cape, anaknya juga lebih nyaman.

Ada sewa transportasi juga.

Waktu nyampe, gua baru tau schedule shownya, jadi sempet merelakan untuk ga nonton Tiger Show. Soalnya Tiger Show itu mulai jam 11.15, sementara jam 11 kami baru nyampe. Akhirnya begitu masuk, kami langsung menuju ke Kampung Gajah buat nonton Elephant Show. Tapi ternyata di tengah-tengah perjalanan, Tiger Shownya masih ada. Tapi seatnya uda penuh, jadinya kami berdiri deh. Untung banget Jayden kooperatif mau duduk di stroller.

Yang nonton rame banget.

Difoto si suami dari kejauhan.

Selesai deh shownya.

Selesai nonton tiger, kami langsung nonton Elephant Show. Mulainya kalo ga salah jam 12. Karena kami dateng duluan dibanding yang lain, jadi masih dapet best seat. Ya yang paling the best sih ada lagi, tapi itu reserved. Kayaknya yang harga tiket masuknya lebih mahal lagi yang bisa dapet the best seat.

Masuk wilayah yang banyak gajahnya.

Foto dulu sebelum mulai nonton.

Selfie dulu dong.

Di tengah-tengah pertunjukan, tiba-tiba Jayden nangis. Ga ngerti kenapa, tapi kayaknya sih kaget gara-gara gajahnya kan tiba-tiba ngangkat kaki gitu. Ampe ga enak sama penonton yang lain. Akhirnya gua bawa ke belakang supaya diem. Ga lama akhirnya diem sih, tapi gua jadi ga tau kelanjutan kisah si gajah, hahaha. Malemnya gua tanya, tadi kenapa nangis, dia bilang kaget, bukan takut, hahaha.

Elephant show.

Selesai nonton show, bisa foto bareng gajah. Tapi bisa ditebak...Jayden takut! Ya sama penyu yang kecil aja dia takut, apalagi gajah yang gede gini.

Bisa naik gajah juga kalo mau, tapi harga tiketnya lebih mahal. Gua cek di m-kuta sih IDR 400.000.

Animal feeding ini juga ada jam-jamnya.

Selesai nonton Elephant Show, kami langsung menuju Tsavio Lion buat makan siang. Sebenernya selain Tsavio Lion ada restoran lain juga, tapi sepupu gua bilang, di Tsavio Lion ini kita bisa makan sambil ngeliatin singa. Selain itu rasa makanannya juga enak dibanding restoran lain.

Ada area khusus pejalan kaki. Ini Jayden uda laper banget, soalnya tadi pagi cuma makan oatmeal doang.

Nyampe!

Begini penampakan restorannya. Jadi kayak restoran di tengah-tengah hutan gitu, hahaha.

Tapi kami ga bisa duduk persis di deket kaca, soalnya itu khusus tamu-tamu yang order all you can eat. Kayaknya menu all you can eat itu include di tiket masuk deh, tentu yang harganya lebih mahal lagi. Akhirnya kami duduk di tengah-tengah, tapi masih bisa jalan-jalan ke kaca buat liat singanya.

Ini singa-singanya. Tapi Jayden ga terlalu tertarik liat singa.

Dia malah lebih tertarik liat ini. Ada yang tau ga ini binatang apaan?

Tuh kan. Padahal liat singa lebih menarik loh nak, hahaha.

Ada zebra bus lewat. Tiap kali Jayden susah makan dan si bus ini lewat, gua selalu bilang "kalo mau naik bus ini harus makan dulu" Lumayan sih bikin dia buka mulut, hahaha.

Dan ini menu-menu yang kami order. Karena uda kelamaan, jadi gua uda lupa harganya berapa aja. Ya lumayan mahal sih, tapi standard tempat wisata lah.

Sop ayam buat Jayden. Rasanya enak banget. Dengan iming-iming naik bus, Jayden lumayan lahap makannya. Tapi porsinya ga sebanyak kalo makan di Jakarta. Ya udah deh, uda bagus masih mau makan.

Nasi goreng buat si suster.

Sop buntut goreng buat si suami.

Fettucini carbonara buat gua.

Gua lupa ini apaan. Kayaknya sih kopi susu, hahaha.

Ice Tea.

Biasanya kan makanan di tempat wisata gitu ga terlalu enak, tapi yang ini beda, enaaaaaaakkkkk banget! Kami puas banget makannya. Pokoknya kalo ke Bali Safari, wajib banget makan di Tsavio Lion. Cuma minusnya, restorannya terlalu sunyi, hahaha. Maksudnya tempatnya tenang banget. Bagus sih buat yang emang suka dengan ketenangan, tapi buat gua emak-emak dengan balita yang suka petakilan sana-sini jadi repot banget. Kan jadi ga enak kalo misalnya Jayden nangis atau teriak-teriak. Untung si binatang kecil itu cukup lumayan bikin Jayden anteng, hahaha.

Muka-muka kenyang.

Selesai makan, kami langsung menuju Bali Theatre untuk nonton Bali Agung Show. Di tengah-tengah perjalanan ketemu white tiger, jadi mampir foto dulu deh. Seperti biasa, Jayden ga terlalu tertarik dengan binatang-binatang model begini.

Cakep banget ya.

Ini si suami yang foto, katanya tigernya lagi ngulet.

Dari situ kami melanjutkan perjalanan ke Bali Theatre. Begitu pintu dibuka, kami diminta drop HP, karena selama pertunjukan ga boleh foto atau rekam. Berbekal pengalaman waktu nonton Elephant Show, gua milih tempat duduk agak pinggir, biar kalo Jayden nangis atau takut bisa langsung buru-buru keluar. Tadinya sempet worry, karena gelap kan, dan takutnya ada suara-suara yang bikin kaget kayak di bioskop gitu, tapi ternyata engga. Jayden cukup menikmati pertunjukannya, malah menjelang selesai dia tidur, hahaha.

Dan shownya bener-bener bagus banget. Saking bagusnya, si suami ampe nangis pas awal-awal nonton. Emang buat yang suka nonton teater, pasti berasa emosional banget. Dan buat yang orang awam kayak gua juga merasa terhibur banget. Mulai dari lighting, kostum, make-up, sampe musiknya, semuanya keren banget. Ga nyesel deh beli tiket lebih mahal sedikit.

Gua suka sama design papannya, khas Bali banget.

Foto dulu sebelum masuk teater.

Setelah itu kami nonton Animal Show yang letaknya ga jauh dari pintu keluar Bali Theatre. Animal show ini ada dua kali show, yang pertama jam 10.30 dan yang kedua jam 16.00. Jayden lebih enjoy nonton show yang ini, karena banyak binatang kecil-kecil kayak kucing, tikus, dan monyet, hahaha.

Animal show.

Pesan terakhirnya mak jleb banget.

Muka bahagia abis liat burung-burung terbang di atas pohon, hahaha.

Selesai nonton Animal Show, kami langsung menuju Terminal Toraja buat safari journey. Ini yang uda ditungg-tunggu sama Jayden daritadi, naik tiger bus! Hahaha. Oiya, selama disana ga perlu takut nyasar karena papan petunjuknya jelas banget. Trus toilet juga ada dimana-mana.

Papan petunjuknya.

Ini dia si tiger bus yang uda ditunggu-tunggu Jayden.

Yang naik ga gitu banyak, mungkin karena uda sore kali ya.

Safari journey ini mirip-mirip kayak di Taman Safari, cuma ini naik bis, bukan naik mobil sendiri. Gua lupa sih Taman Safari kayak gimana, yang jelas ini tempatnya gede banget. Uda gitu ada tour guidenya juga yang menjelaskan informasi tentang masing-masing binatang. Jayden gimana? Dibanding liat binatang, dia lebih girang dengan tiger busnya, hahaha.

Tour guide.

Kayak bener-bener ngelewatin hutan ya.

Gua suka konsep tempatnya, bisa ngeliat binatang tanpa si binatang itu dikandangin.

Ada hotelnya juga. Katanya kalo pagi dibangunin sama suara harimau. Gua ga berani membayangkan berapa ratenya per malam, hahaha.

Dari situ kami langsung menuju Fresh Water Aquarium buat liat ikan. Disini Jayden gua turunin dari stroller supaya dia bisa lari-lari. Kasian juga daritadi duduk melulu. Koleksi ikannya ga terlalu banyak, tapi cukup bikin Jayden girang. Selain binatang yang kecil-kecil, dia emang suka banget liat ikan.

Salah satu koleksi ikannya.

Girang bisa lari-lari.

Setelah itu kami pun pulang. Sebenernya masih ada waterpark, tapi uda sore banget. Kalo ga salah kami keluar itu sekitar jam setengah 5. Sama kayak waktu masuk, keluarnya juga naik tiger bus. Abis itu Jayden say bye-bye sama tiger bus, hahaha.

Buat yang punya anak kecil, terutama anak-anak yang uda sekolah, gua rekomen banget ke Bali Safari ini. Tempatnya edukatif banget, uda gitu gede, bersih, dan ga bau sama sekali. Tadinya si suami sempet misuh-misuh, katanya ngapain jauh-jauh ke Bali malah ke kebun binatang. Eh...malah kayaknya dia lebih excited ketimbang Jayden, hahaha. Kalo kesini gua sarankan dateng sekitar jam 10, jadi bisa nonton shownya lebih awal. Dan kayaknya harus satu hari sendiri baru puas, hahaha.

Dari Bali Safari, kami menuju ke hotel buat jemput bokap nyokap untuk dinner bareng. Tadinya gua berharap, dengan perjalanan 1,5 jam tuh Jayden bisa tidur, tapi ternyata engga. Malah anaknya seger banget. Akhirnya gua kasih cemilan supaya perutnya ga kosong-kosong amat.

Untuk dinner, kami makan di Bale Udang Mang Engking. Alasan pertama karena gua dapet free voucher buat makan disana, yang kedua karena waktu gua browsing-browsing, restoran ini masuk ke dalam kategori 10 restoran paling enak di Bali. Tapi kayak ekspektasi gua ketinggian ya.

Ini menu yang gua dapet dari voucher. Lumayan banyak sih, tapi porsinya paling cukup buat dua orang doang.

Ikan gurame.

Mie goreng.

Gua lupa ini apaan, hahaha. Gini nih kalo kelamaan baru ditulis.

Kopi hitam buat si suami.

Ini penampakan restorannya.

Rasanya kurang begitu enak kalo buat kami. Jayden juga ga mau makan sama sekali. Makan sih, tapi dikit banget. Entah karena makanannya ga enak, atau emang uda ga nafsu makan. Akhirnya dia cuma cemilin jagung, bakwan, dan makan sedikit mie.

Selesai makan, kami langsung balik ke hotel. Di tengah-tengah perjalanan Jayden tidur. Ga pake rewel, ga pake nangis, tau-tau blek tidur. Emang dasar uda cape juga ya. Nyampe hotel, langsung badannya dilap-lap dan digantiin baju tidur. Itu semua dilakukan dalam keadaan Jayden tidur, hahaha.

Setelah itu giliran mami papinya yang pacaran, hahaha. Sama kayak hari kedua, di hari ketiga ini gua dan suami keluar hotel buat jalan-jalan. Kali ini kami mampir buat makan gelato.

Menikmati malam terakhir di Bali.

Makan gelato disini.

Ini pricelistnya.

Pengen semuanya.

Ini punya gua.

Ini punya si suami.

Abis itu kami jalan kaki lagi, dan menemukan kedai gelato lagi yang kayaknya lebih menggiurkan. Jadinya mampir lagi deh, hahaha. Perut ini selalu ada tempat dong buat dessert. Apalagi ini kan malam terakhir di Bali, jadi dinikmatin deh, hahaha.

Lebih kecil dari sebelumnya.

Dan lebih enak. Kali ini satu cup buat berdua.

Gua uda "bengkak" banget, hahaha.

Abis itu sempet mampir ke salah satu toko wine. Tadinya si suami pengen beli salah satu wine yang direkomendasiin temen, tapi ga ada botol kecil, adanya botol gede semua. Akhirnya beli heineken aja deh, hahaha. Lalu balik hotel, mandi, dan tidur. Hari itu berasa cape banget. Tapi ga tau kenapa ya, kalo liburan tuh biarpun cape tapi capenya kayak ga berasa. Mungkin karena kalo liburan tuh hati senang dan ga ada beban pikiran kali ya. Kecuali mikirin anak yang susah makan, hahaha.

Cerita hari keempat ditunggu ya. Yang pasti hari keempat lebih pendek koq dibanding ini, hahaha.

1. Bagus ya bali safari ini... Dan gw juga denger denger bali agung show itu bagus banget. Pengen nonton...

1. bagus banget ko, dan bali agungnya juga bener2 bagus banget... kalo ke bali sama anak kecil kayaknya wajib banget kesini...

2. wahh gua belum pernah ke bali safari nih...bagus juga ya. ahh selalu seru kalo ke bali

1. kalo ke bali niatnya buat ke pantai emang ga perlu ke bali safari sih ci... aku kesini juga karena ada jayden hehehehe...

3. Sama belum pernah ke bali safari nih, penasaran ama bali agung shownya deh. Kalo tempatnya kurleb ky taman safari yaa ada show2nya gitu.

Ke bali klo gk cobain gelato gk afdol ya, itu yg trakhir gaya gelato ada jg di PIK ci :) enak jg menurut ak

1. kalo nanti uda punya anak, wajib banget ke bali safari hehehehe... ini jauh lebih bagus daripada taman safari...

aku jarang main ke PIK hahahaha...

4. seru ihh Mel baca jalan2nya Jayden ini, anak happy emak bapaknya juga happy :) pengen ah ajak B nanti tapi tunggu gedean dikit lagi deh.

gue mupeng loh Mel pengen ke bali safari ini, kayaknya seru deh

1. ayo ping, kalo ke bali bawa anak wajib banget ke bali safari...

5. Namanya anak2 biasanya suka Mel kalau dibawa ke zoo walaupun nggak semua binatang mrk demen setidaknya ada beberapa pasti yg mereka tertarik hahahaaa jadi pasti bakalan enjoy yah hehehee

Gelatonya bikin mupeng...

1. iya ci, jayden lumayan tertarik sama ikan dan binatang2 kecil, jadi ga nyesel ajak dia kesana hahahaha...

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.