22 March 2018

Rencana Liburan Tahun Ini

Sebagai seorang istri yang ditugaskan untuk mengatur keuangan rumah tangga, gua selalu membuat berbagai perencanaan, termasuk perencanaan liburan, hahaha. Kalo nurutin kata hati sih pengennya pergi jalan-jalan melulu, tapi sekarang kan gua harus ngitung-ngitung budgetnya dulu. Pergi liburan emang bukan prioritas utama, tapi sesekali perlu untuk refreshing sekaligus family time. Makanya kalo ada rejeki lebih, gua selalu alihkan untuk pergi liburan.

Kalo tahun lalu kami sekeluarga pergi ke Bali, tahun ini kami mencari destinasi yang lain. Kebetulan tahun ini sepupu gua ada yang mau nikah, dan calon suaminya itu orang Magelang. Selain pesta di Jakarta, mereka juga akan menyelenggarakan resepsi di kota asal calon suaminya. Sepupu gua ngajakin kami untuk dateng ke resepsinya yang di Magelang. Dia bilang mau menyediakan akomodasinya, jadi kami cukup nyari tiket pesawatnya aja. Pikir lumayan bisa sekalian liburan juga. Karena Magelang letaknya deket banget sama Yogyakarta, jadi gua cari tiket pesawatnya ke Yogyakarta.

Beberapa bulan lalu, Jayden dapet hadiah miniatur pesawat Garuda Indonesia dari temen kami. Gara-gara mainan itu, Jayden berkali-kali bilang pengen naik pesawat Garuda. Tapi ya, Garuda itu harganya lumayan, hahaha. Emang ada harga ada rupa sih. Dulu gua pernah ke Surabaya naik Garuda, dan pesawatnya emang beda dari yang lain. Landingnya mulus, tempat duduknya lebih luas, dapet makanan walaupun hanya berupa roti, dan ada TVnya juga, hahaha.

Tulisannya ampe ilang saking sering dimainin.

Setelah gua pertimbangkan, kenapa ke Yogyanya ga naik Garuda aja. Emang harganya lebih mahal, tapi sebanding dengan apa yang ditawarkan. Gua ga perlu pusing mikirin makanan buat Jayden, karena uda pasti dapet makan. Jayden juga ga perlu takut bosen karena bisa nonton TV. Dan yang paling penting, jatah bagasinya lebih banyak. Emang anak makin gede harusnya lebih ringkes, tapi kalo keluar kota gitu kan kadang harus prepare banyak hal, yang akhirnya bikin bawaannya jadi lebih banyak.

Waktu lagi browsing-browsing, gua ketemu sama Skyscanner, yang merupakan situs pencarian tiket pesawat, hotel, dan penyewaan mobil. Tadinya gua pikir Skyscanner ini sama kayak situs-situs lainnya, tapi ternyata beda. Skyscanner ini mengumpulkan berbagai informasi harga dari berbagai situs lain seperti Tiket.com, Trip.com, dan bahkan web airlinesnya sendiri. Gua ini tipe orang yang kalo mau beli tiket pesawat harus compare dari berbagai sumber. Sebisa mungkin gua cari yang termurah. Dan Skyscanner ini menghemat waktu gua banget, karena gua jadi tau yang mana yang paling murah. Skyscanner ini juga ada aplikasinya di playstore, jadi bisa buka via HP.

Bisa cari tiket pesawat, hotel, dan sewa mobil. Lumayan ga perlu nyari-nyari info tentang penyewaan mobil lagi, tinggal cari di Skyscanner.


Buka via HP.

Berhubung akomodasi uda diurusin, gua jadi bisa fokus buat nyari tiket pesawatnya aja. Dan karena niatnya naik Garuda, jadi tiket yang dicari ya tiket pesawat Garuda Indonesia. Harganya emang rada mahal dibanding yang lain, tapi karena liburan kali ini ga keluar biaya nginep, maka budget hotelnya bisa dialihkan ke tiket pesawat.

Kali ini pilih jam pergi yang lebih santai.

Begitu uda selesai dipilih, urusan pembayarannya langsung diarahkan ke situs yang termurah, yaitu situsnya Garuda sendiri. Gua belom bayar, karena harus minta persetujuan suami dulu, hahaha. Si suami sih uda tau kalo kita mau ke Yogyakarta, tapi belom tau kalo akan naik Garuda. Pikir sebelum ngomong, gua harus cari tau dulu harga tiketnya berapa, biar nanti ngomongnya enak, hahaha.

Di Skyscanner ini, gua juga bisa memantau harganya. Cukup tinggalin email, nanti mereka akan kirim email ke kita kalo ada perubahan harga tiket. Sampai sekarang sih belom ada email apa-apa dari mereka, yang berarti harganya belom berubah. Mudah-mudahan si suami setuju ya, biar Jayden ada pengalaman baru naik Garuda, hahaha.

Selesai urusan tiket pesawat, mulailah gua nyusun itinerary selama berada disana. Ternyata di Yogyakarta banyak banget tempat wisata untuk anak, dan salah satunya adalah Museum Dirgantara. Disana ada 36 jenis pesawat terbang termasuk pesawat tempur, 28 diorama menarik, dan beragam koleksi bersejarah lainnya. Anak-anak juga bisa masuk ke dalam pesawat dan melihat kokpit itu kayak apa. Kebayang Jayden pasti demen banget deh. 

Selain itu di Magelangnya sendiri, uda pasti kami akan ke Candi Borobudur. Percaya ga, gua belom pernah ke Candi Borobudur loh, hahaha. Kalo ke Yogyakarta kayaknya uda pernah waktu masih kecil dulu, tapi gua ga inget apa-apa. Ingetnya cuma beli kaos dagadu doang, yang mana ternyata kekecilan, hahaha. Makanya liburan kali ini harus banget pergi ke Candi Borobudur.

Dan sebagai istri soleha yang butuh refreshing, gua juga uda mulai planning liburan di tahun 2019 nanti, hahaha. Destinasinya masih di Indonesia. Kenapa harus di Indonesia? Karena Indonesia tuh luas banget. Ada banyak banget tempat yang belom gua jelajahi. Selain itu gua juga pengen mengenalkan berbagai macam tempat wisata yang ada di Indonesia ke Jayden. Biar dia tau, kalo negeri tempat dia dilahirkan ini luas dan indah banget.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

10 comments:

  1. wahh cici uda plan liburan aja ya, lumayan uda menghemat akomodasi ya,, anggap aja duit akomodasi yg di hemat itu buat nambah duit tiket ya ci..
    hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener... hitung2 bisa naik pesawat yang agak mahalan hahahaha...

      Delete
  2. Wasek ke jogja jgn lupa ke tempo gelato sama beli pukis jumbo yaakkk, lemayan lah ongkos hotel di buat ke pesawat :D hehe wah ud planning liburan 2019 aza nih ci :)

    ReplyDelete
  3. Di dekat Museum Dirgantara ada juga perpustakaan yang lengkap banget. Cocok banget juga sama anak-anak. Tempat mbacanya asyik. Ada juga studionya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... terima kasih infonya... nanti saya masukin ke list deh...

      Delete
  4. Di dekat Museum Dirgantara ada juga perpustakaan yang lengkap banget. Cocok banget juga sama anak-anak. Tempat mbacanya asyik. Ada juga studionya.

    ReplyDelete
  5. Klo butuh itinary, kebetulan baru nulis tentang Jogja wkwkkwk, dan harusnya ada 1 post lg tentang Jogja yg blm gw post (karena gw ke jogja 2x taon lalu) . Klo ada waktu bole ke Candi Prambanan juga, trakhir ke jogja gw kesana menurut gw worth it bagusss dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... ini pas banget ci teph... lumayan buat nambah2in referensi pas nyusun itinerary ya...

      Delete
  6. bener banget Indonesia itu luas dan cantik, kaya keberagaman. Gak habis-habis untuk dijelajahi

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...