05 May 2018

Upik Abu Masak Udang

Sejak ada susternya Jayden di rumah, gua jadi jarang mengunjungi dapur, alias jarang masak. Kenapa? Karena si suster jago masak, jadi urusan dapur dia yang handle semua. Dulu waktu Jayden masih MPASI, gua masih masuk dapur buat ngurusin segala menu-menunya Jayden, tapi sekarang Jayden kan makannya uda ikut menu orang dewasa, jadi apa yang suster masak, ya itu yang Jayden makan. Ini bukan berarti gua pemalas loh ya, hanya saja dari awal si suster emang uda menawarkan diri buat masak, jadi ya gua merasa terbantu sekali.

Kira-kira beberapa hari yang lalu, tiba-tiba gua pengen banget makan udang. Kebetulan nyokap abis beli udang, jadi pas di kulkas ada stok udang. Tadinya pengen makan udang rebus biasa, tapi koq kayak kurang menarik. Lalu timbullah ide untuk bikin udang saos kacang. Karena ini ide dari gua, otomatis yang eksekusi juga harus gua. Dan ini berarti....upik abu back to kitchen! Yeay! Hahahaha. 

Tapi bukan Melissa namanya kalo ga bikin menu yang aneh-aneh. Soalnya waktu denger udang saos kacang, si suami agak mengernyitkan dahi, walaupun dia tetap menyemangati istrinya, hahaha. Masalahnya...walaupun gua suka bikin menu yang aneh-aneh, tapi gua orangnya males ribet. Gua inget dulu pernah pengen coba masak ketoprak, jadi begitu tau harus ngulek kacang dan sebagainya, gua jadi males. Mendingan beli jadi aja deh, hahaha. Kali ini juga sama, ngebayangin harus ngulek-ngulek kacang koq kayaknya males banget. Sebenernya bisa pake blender sih, tapi kan kurang afdol ya. Di tengah-tengah kebingungan, gua pun kepikiran, kenapa ga pake selai kacang aja ya, hahaha.

Kebetulan di rumah ada selai kacang merk Skippy, jadilah gua pake itu buat bumbunya, hahaha. Kedengeran aneh ya? Tapi sebenernya ga juga loh, waktu gua liat di websitenya, ternyata Skippy peanut butter ini bisa jadi kreasi menu makanan apapun. Mulai dari cemilan seperti kue, biskuit, minuman, bahkan sampai jadi bumbu gado-gado. Informasi baru nih buat gua, karena biasanya kan cuma dipake buat selai roti doang. Tapi emang dari semua merk selai yang ada, selai Skippy ini merupakan merk yang paling sering gua beli.

Ada coklatnya, tapi gpp lah, anggap aja sebagai pengganti gula, hahaha.

Karena ini menu dadakan dan ala kadarnya, bahan-bahannya juga simple banget, cuma udang, bawang putih, dan selai Skippy sebagai pengganti kacang. Selain itu harus siapin minyak, jeruk nipis, dan garam. Simpe banget kan.

Bahan-bahannya.

Setelah semuanya beres, mari kita mulai masak-masaknya.

1. Udang dicuci bersih dan dilumurin jeruk nipis sedikit biar ga bau amis. Selain jeruk nipis bisa pake lemon juga sih, cuma kan lemon mahal ya, hahaha.

2. Lalu udang direbus sampai matang, dan dikasih garem sejumput. Kuahnya jangan dibuang, bisa dipakai buat nanti masak. 

Udang yang lagi direbus.

Buat yang ga suka ribet, mungkin sebelum direbus buntutnya bisa dibuang dulu. Tapi gua lebih suka rebus sekalian semuanya, kaldu udangnya juga nanti lebih berasa. Lanjut.

3. Potong-potong bawang putih, lalu tumis dengan minyak panas. Setelah harum, masukan satu sendok selai Skippy, lalu tuang kuah rebusan udang, dan kasih garem sedikit biar ada rasa gurih-gurihnya. Koreksi rasa, kalo uda pas, baru masukin rebusan udangnya. Aduk-aduk sebentar, lalu angkat, dan sajikan.

Dan ini dia hasilnya....

Taraaaaaaaa!

Rasanya gimana? Ternyata enak loh. Emang agak kemanisan dikit karena gua kasih selai kacangnya kebanyakan, tapi so far rasanya pas di lidah. Si suami juga bilang enak, tapi dia cuma makan sedikit doang, soalnya udangnya diabisin gua, hahaha. Ya kan yang kepengen makan udang tuh gua, bukannya dia.

Sekian cerita upik abu kali ini. Tunggu edisi-edisi berikutnya. Emang ada? Harus ada dong, gua kan pengen coba resep-resep aneh yang lain, hahaha.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

8 comments:

  1. interesting... udang pake bumbu kacang ya... gak kebayang juga sih rasanya gimana. hehehe.

    good luck buat kontes nya ya mel!

    ReplyDelete
    Replies
    1. suprisingly, rasanya enak ko hahahaha...

      thank you...

      Delete
  2. Hm...lmyn ya?!? Aku kg dulu sering masak spaghetti peanut butter pake skippy...trus kalo pingin batagor atau gado2, pas bumbu dr indo abis...satu2nya jg pake skippy...walaupun ngga seenak kalo pale bumbu asli dr indo...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...boleh juga nih bikin spaghetti peanut butter hahahaha...

      Delete
  3. jadi penasaran rasa udang pake bumbu kacang. abis kacang identik sama gado2 dan teman2 hahaha

    ReplyDelete
  4. Keluarga aku juga suka pakai selai kacang untuk bumbu gado-gado. Tapi beli pindekaasnya yang nggak ada merknya gitu. Mungkin yang itu lebih nggak manis, Mel...

    Lucu juga nih pindekaas pake udang gini ehehe...thank you share resepnya ya...

    ReplyDelete
  5. Skippy nya jadi spt pengganti kecp manis ya Mel? :d Penasaran juga sama rasanya :D .

    ReplyDelete
  6. Ga kebayang udang pake skippy hahah tapi menarik banget ga nyangka kalo skippy ga cuma buat olesan roti tok

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...