25 September 2018

Hari Kedua Di Magelang - Jogja

Note : postingan kali ini akan ada banyak foto, jadi harap maklum kalo loadingnya rada lama. Untuk cerita di hari pertama bisa dibaca di sini.

Waktu tau akan ke Magelang, tentu kami masukin salah satu tempat wisata yang kayaknya ga boleh dilewatkan, yaitu Candi Borobudur. Tadinya gua mau masukin Candi Borobudur ini di itinerary hari pertama, tapi si suami bilang uda kesorean, jadinya digeser ke hari kedua. Lagian sepupu gua bilang di Magelang ga ada acara apa-apa selain resepsi malam, jadi dari pagi ke sore kami punya waktu buat jalan-jalan.

Di hari kedua ini kami uda bangun jam 7 pagi. Jayden mah kalo lagi jalan-jalan gini pasti semangat deh disuruh bangun pagi, coba kalo sekolah, alasannya banyak banget, hahaha. Karena jadwal kami hari agak padat, jadi Jayden ga berenang. Abis bangun langsung turun buat sarapan. Jayden tuh bukan tipe anak yang habis bangun langsung bisa makan, jadi harus beraktifitas dulu. Tapi karena waktunya rada ketat, gua tetep paksa dia buat sarapan. Pagi itu lumayan Jayden isi perut pake nasi goreng dan ngemil-ngemil sereal.

Selamat pagi. Aktifitas pagi ini baca buku dulu, tapi ga cukup buat bikin dia laper, hahaha.

Abis makan trus mandi dan siap-siap buat berangkat. Perjalanan dari hotel ke Candi Borobudur ga terlalu jauh, kalo ga salah sekitar 45 menit uda nyampe. Dan begitu masuk juga langsung dapet parkir. Tapi.....begitu turun dari mobil langsung diserbu penjual-penjual yang buat gua ganggu banget. Mending kalo cuma dua atau tiga, ini ada banyak banget. Jualan boleh, tapi kalo uda menjurus memaksa jadinya kan ga nyaman. Kalo kita uda bilang engga ya udahlah, lah ini masih diintilin ampe ke pintu masuk. Uda gitu yang paling epic, ada jasa dorong stroller ampe ke atas. Sebenernya enak sih ada yang dorongin gitu, tapi gua kan emak-emak parno, kalo amit-amit anak gua dibawa kabur gimana coba.

Setelah kami berhasil menyingkir dari penjual-penjual itu, si suami langsung menuju loket untuk beli tiket masuk. Gua lupa harganya berapa, tapi kalo ga salah sekitar 40rb deh. Sebelum masuk juga tas-tasnya diperiksa, jadi ga boleh bawa makanan. Tapi karena gua bawa Jayden, jadi snack-snack, air minum, dan susu ga diambil.

Di ujung itu loket buat beli tiket.

Pintu masuknya.

Akhirnya nyampe juga di Candi Borobudur.

Ibu hamil, balita, dan lansia lagi foto-foto dulu.

Selfie biar muka si suami ada difoto, hahaha.

Tadinya gua pikir untuk naik ke atas itu harus pake tangga, tapi ternyata ada jalanan khusus buat yang pake kursi roda atau stroller. Ga ampe atas banget sih, cuma di tengah-tengah gitu, tapi lumayan kan ga perlu naik-naik tangga.

Jalanan khusus stroller dan kursi roda.

Tapi cuma mentok ampe disini doang. Ke atasnya lagi ya harus naik tangga.

Ini pertama kalinya gua ke Candi Borobudur, hahaha.

Tadinya gua sempet jiper buat naik ke atas, soalnya kan bawa gembolan gede di perut, tapi uda nyampe koq kayaknya sayang ya ga naik ke atas. Pikir belom tentu nanti bisa balik lagi kesini. Akhirnya setelah meyakinkan diri sendiri, gua pun naik ke atas setapak demi setapak, hahaha. Jayden gimana? Tadinya gua uda minta si suami buat gendongin Jayden, tapi ternyata anaknya ga mau, dia memilih naik ke atas sendiri.

Nyokap gua juga gini-gini masih kuat naik ke atas. Sementara bokap gua karena kakinya sakit, jadi lebih memilih nunggu di bawah.

Foto dulu sebelum naik.

Tangganya lumayan tinggi dan bikin engap.

Ini entah si suami foto dari sisi mana.

Hebat banget ya dulu yang bikin ini, dindingnya bisa detail gitu.

Akhirnya nyampe di atas juga. Yeay!

Dulu katanya ada patung yang bisa disentuh, tapi sekarang uda ga boleh.

Begitu nyampe atas, gua langsung ngos-ngosan, hahaha. Uda gitu nyari tempat duduk kan ga ada, jadinya duduk di candi-candinya itu. Sebenernya ada tulisan dilarang duduk sih, tapi gua butuh banget duduk. Petugasnya juga ga negor gua, mungkin tau gua lagi hamil kali ya, soalnya yang lain pada ditegor, hahaha. Tapi emang begitu uda diatas, kayaknya bangga banget, baik sama diri sendiri, maupun sama Jayden.

Anak kecil berhasil naik ke atas sendirian tanpa digendong.

Ninggalin jejak dulu sebelum turun.

Mami dan baby E abis olahraga, hahaha.

Nanti kalo baby E ditanya uda pernah ke Candi Borobudur belom, jawabnya uda dong, waktu di perut mami, hahaha.

Kalo waktu naik Jayden minta naik sendiri, kali ini turunnya minta digendong. Emang turunannya itu agak sempit dan keliatan curam, jadi dia rada takut. Cuma masalahnya gua dan si suami kan masih nyangkut di atas, jadilah Jayden digendong sama nyokap gua, hahaha. Emak gua emang setrong lah. Emang gua dan suami kenapa nyangkut? Soalnya masih sesi foto, hahaha.

Maaf bumil kecentilan, hahaha.

Naik pelan-pelan, turun juga pelan-pelan.

Captured by si suami.

Bokap nunggu di area sini.

Untung nyewa stroller, penyalamat juga selama di Candi Borobudur. Tapi rodanya jadi agak kotor sih, cuma mending bisa dibersihin, tapi gempor harus gendong-gendong.

Kalo naiknya ada jalanan khusus stroller, turunnya ga ada. Sementara Jayden juga kayaknya uda cape, jadi tetep minta digendong. Untung turun masih lebih mending daripada naik.

Bumil ngos-ngosan, butuh duduk dulu sebelum melanjutkan perjalanan, hahaha.

Setelah itu kami langsung menuju pintu keluar. Masalahnya....dari pintu keluar ke tempat parkir tuh kami harus melewati orang-orang jualan. Ga masalah kalo deket, tapi ini jalanannya panjaaaaaaaaaannnggg banget. Bener-bener panjang ampe gua ga nafsu buat ngeliat jualan mereka. Mana uda cape, laper, haus, bawaannya pengen langsung duduk, hahaha. Pokoknya untuk nyampe ke tempat parkir tuh bisa setengah jam sendiri.

Pintu keluar terpanjang yang pernah gua lalui.

Awalnya gua pikir apa kita dijebak ya supaya disuruh beli jualan mereka, soalnya waktu nanya petugas di depan pintu, dia nyuruh kami lewat jalur ini. Tapi kata temen gua cuma ini satu-satunya jalan keluar. Lewat jalan lain bisa, tapi ujung-ujungnya ya tetep akan lewat jalan ini juga. Buat yang mau bawa balita ke Candi Borobudur, gua bener-bener saranin bawa stroller deh. Di dalem sih ada mobil-mobil yang bisa nganterin kita keluar, tapi harganya 150rb. Ya mending jalan lah walaupun jauh juga, hahaha.

Dari Borobudur, kami langsung makan siang, karena uda pada kelaperan semua. Kali ini kami makan di Omah Pring. Di tripadvisor, restoran ini menempati urutan no 1 di Magelang, dan reviewnya juga bagus-bagus. Tempatnya agak nyempil, dan ga akan nyangka kalo ada restoran disana.

Sepi banget ampe kami ragu apa bener disini ada restoran.

Pintu masuknya.

Tempatnya banyak lesehan. Bangku kursinya ada, tapi minim banget.

Sebenernya suasananya enak sih, apalagi pemandangan cakep, dan cuacanya lebih sejuk dibanding di Borobudur, tapi servicenya parah banget. Waktu kami dateng ga ada yang menyambut sama sekali, bahkan dikasih buku menu pun engga. Sampe kami harus nyamperin kasirnya baru dikasih buku menu. Uda gitu gua liat meja lesehan di sebelah kami, dari kami dateng ampe pulang ga diberes-beresin. Nyokap gua bilang, mungkin dulu bagus, tapi sekarang uda ga lagi.

Meja dan bangku depan yang bisa dipake.

Pemandangannya kayak gini, cakep kan.

Setelah abis panas-panasan di Borobudur, disini langsung berasa sejuk banget karena anginnya sepoi-sepoi.

Pilihan menu makanannya sendiri ga terlalu banyak, tapi yang jelas harganya murah meriah banget. Dan ini menu-menu yang kami order.

Nasi goreng. Tadinya gua pesenin ini buat Jayden, tapi ternyata pedes, jadi dikasih ke bokap gua. Rasanya lumayan enak.

Nasi ayam geprek. Akhirnya Jayden makan ini.

Nasi goreng gila yang ternyata juga pedes, tapi enak.

Jamur goreng. Ini juga enak dan kriuk-kriuk.

Sebenernya makanannya enak-enak, cuma keluarnya rada lama. Sayang banget ya, seandainya mereka bisa memperbaiki servicenya, restoran ini akan jadi tempat makan yang menyenangkan banget. Makanya pas kemaren gua dateng rada sepi, mungkin bener yang nyokap gua bilang, tempatnya uda kurang bagus.

Dari situ kami mampir lagi ke Tahu Kupat Pak Pangat. Katanya tahu kupat juga merupakan makanan khas Magelang, dan yang terkenal salah satunya si Pak Pangat ini. Perjalanan dari Omah Pring ke Tahu Kupat lumayan jauh, jadi Jayden bisa tidur. Begitu nyampe juga Jayden masih tidur, karena ga tega banguninnya, jadi gua nunggu di mobil. Tapi biarpun di mobil gua tetep makan dong, makanannya dianterin si suami ke mobil, hahaha.

Tampak depan si Tahu Kupat Pak Pangat.

Kami nyampe sekitar jam setengah 3, jadi ga begitu rame. Katanya kalo jam makan bisa lebih rame lagi.

Dimasak di depan.

Rasanya enaaaaaakkkk. Tahunya garing dan lembut, kuahnya juga ga begitu manis, dan kupatnya juga lumayan banyak.

Selesai makan kami balik lagi ke hotel untuk istirahat dan siap-siap buat resepsi malamnya. Untungnya jarak dari hotel ke restoran tempat resepsi ga begitu jauh, sekitar 5-10 menit perjalanan, jadi kami masih punya cukup waktu buat istirahat. Tapi.....karena Jayden uda tidur, jadinya gua juga ga bisa tidur, hahaha. Begitu nyampe hotel gua kasih Jayden roti dan susu buat isi perut. Sementara si suami ke mall buat beli persediaan air minum. Sekitar jam setengah 6 kami baru jalan ke restoran.

Resepsinya diadakan di restoran Pakelan, salah satu restoran chinese food. Acaranya sendiri makan meja. Lumayan gua jadi ga perlu ngejar-ngejar Jayden, hahaha. Tempatnya juga lumayan gede dan makanannya enak-enak semua. Acaranya selesai sekitar jam setengah 10, dan setelah itu kami balik ke hotel.

Family.

Begitu nyampe hotel, Jayden langsung sikat gigi, ganti baju, dan tidur. Hari kedua ini emang lebih melelahkan dibanding hari pertama, jadi semua langsung pada tepar, hahaha.

Cerita hari ketiga di postingan berikutnya ya, tentunya ga kalah seru dong. Tungguin ya.

1. This comment has been removed by the author.

2. Mel, gue penasaran sama Omah Pring itu, soalnya gue belum pernah denger. Di Trip Advisor, gue liat no. 1 dan 2 itu buat resto di Magelang dipegang sm grupnya Plataran (Resto Patio dan Stupa). Omah Pring malah ga masuk di list resto sama sekali dan cm ada review sebiji. Apa jangan2 lu salah liat ya? Sayang jd waktunya kebuang ke tempat yg kurang oke plus makanannya jg kurang oke.

Nah bener kan, keluar dr Borobudur itu, penyiksaan. Apalagi si Abby waktu itu masih kecil kan, jalan segitu jauh alamakjannnn..

1. itu seno yang survey, gua mah iya2 aja hahahaha... gpp lah, kan ga semua liburan itu selalu dapet pengalaman yang menyenangkan, sekali2 ngerasain yang ga enak dikit...

3. Anak2 kecil tuh emg jauh lebih kuat drpd org dewasa ya utk soal jalan ... keponakan2 ku dulu ke sana seumuran Jayden jg ngga pake gendhong sama sekali naik turun candi sampe atas...plus jalan balik yg puaanjang itu...aku dulu ampir mau selonjor di rumput2 nya..tp ada tulisan ngga boleh diinjak... 😑

1. wah hebat keponakannya... jayden turunnya digendong, soalnya terlihat curam kan, dan pas keluar itu pas dia laper, kalo ga didudukin di stroller alamat rewel hahahaha... emang kalo jalan jauh gitu enaknya selonjoran ya...

4. Ya ampun...3 tahun berlalu ternyata jalan keluar dari Borobudur ke parkiran masih diputer2 lewat kios2 dan jauh jalannya hahahaha....ternyata setelah 3 tahun tidak ada perubahan
    Kalian habis beli tiket ke Borobudur jalan kaki juga yah Mel? Hebat loh padahal jauh banget kan, apalagi kalau panas...
    Salutlah buat bumil udah naik turun sampe atas, lumayan menguras tenaga kan hohoho

1. iya ci, kayaknya ga ada perubahan hahahaha...

jalan kaki ci, emang ada kendaraan yang nganterin ampe dalem ya? kemaren itu liat ga ada apa2, cuma ada kereta2an doang, tapi ga tau naik darimana hahahaha...

5. Pas terakhir ke jogja kt skip ke borobudur karena ud 2 kali kesini dan emang jalan keluarnya hrs ngelewatin toko2 cinderamata gitu ci. Hebat bumil kuat manjat borobudur, aku yg diri sendiri aja engap naik2nya hehe.
    Duh itu kupatnya menggiurkan sepertinyaa :D

1. ternyata bener ga ada jalan lain ya selain toko2 itu, soalnya kemaren koq kayaknya sepi2 aja, yang keluar cuma kita doang hahahaha...

aku juga ampe atas engap hahahaha... tapi kayaknya sayang kalo ga naik hahahaha...

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.