24 October 2018

2nd Pregnancy : 30 Minggu

Minggu ini kandungan gua memasuki usia 30 minggu. Kalo menurut aplikasi berarti uda masuk trimester ketiga, yang berarti....kurang lebih 2 bulan lagi gua bisa ketemu baby E. Rasanya gimana? Campur aduk kayak es campur, hahaha.

Di trimester tiga ini, hal yang paling gua takutkan adalah masalah tensi. Karena waktu hamil Jayden dulu kan gua punya riwayat tensi tinggi, yang mana akhirnya pengaruh ke berat badan Jayden, makanya kali ini gua concern banget sama tensi. Puji Tuhan waktu minggu lalu ke dokter, tensinya normal. Mudah-mudahan normal terus ampe lahiran nanti.

Tapi yang paling membahagiakan adalah....berat badan gua cuma naik sedikit, hahaha. Pokoknya dari awal hamil ampe sekarang, beratnya cuma naik 8 kg doang. Moga-moga ampe lahiran ga nembus 10 kg ya, hahaha. Kaki juga ga bengkak. Bengkak sedikit sih, tapi ga separah dulu. Kalo dulu gua harus beli sepatu 1 nomor diatasnya, kali ini masih bisa pake ukuran biasa. Mungkin juga karena tensinya normal, jadi kakinya ga bengkak. Soalnya dokter yang dulu bilang, kalo kaki bengkak bisa jadi karena tensi tinggi.

Cuma gua ngerasa perutnya lebih berat daripada waktu hamil Jayden dulu. Uda gitu kalo seharian abis beraktivitas, perutnya langsung berasa kenceng, dan kakinya kayak kaku gitu. Kalo kayak gitu gua harus tiduran, tapi tidur miring ke kiri, dan biasanya sih berakhir dengan tidur beneran, hahaha. Tapi besok paginya badan jadi lebih fit. Perut ga berasa kenceng lagi, dan kaki juga uda kembali normal.

Minggu lalu kami ke dokter, dan semuanya normal. Berat badannya si dede sesuai dengan umurnya, kepalanya juga uda di bawah, dan ga ada lilitan. Pantesan gua suka ngerasa perut bagian bawahnya tuh sakit kayak ditusuk-tusuk gitu. Temen gua bilang, bisa jadi karena kepalanya uda di bawah, dan ternyata bener. Makanya gua berasa perutnya agak berat di bawah. Soalnya waktu hamil Jayden dulu kan, usia kandungan segini kepalanya masih di atas, jadi gua ga ngerasain yang kayak gini.

Tendangannya si dede juga makin intense. Dan yang paling lucu, si dede uda bisa merespon kokonya. Jadi kalo Jayden lagi ngajak ngobrol si dede, dia bisa tiba-tiba gerak, hahaha. Karena kepalanya uda di bawah, jadi gerakannya lebih banyak di perut bagian atas. Dan kalo dia uda nendang, gua kayak berasa....apa ya, sulit untuk dideskripsikan sih, tapi kayak ada yang neken-neken dari dalam perut gitu. Uda gitu kalo dia lagi gerak-gerak, gua bisa tiba-tiba merasa pengen pipis, hahaha. Makin kesini emang frekuensi ke toilet jadi makin sering.

Di kehamilan kedua ini gua juga ngerasa lebih bersih. Kalo dulu waktu hamil Jayden kan muka jerawatan parah, kulit pada hitam-hitam, dan kaki juga pada gatel-gatel, tapi kali ini beda. Muka sih sesekali suka jerawatan, tapi ga parah kayak dulu. Kulit juga masih pada mulus, bahkan stretch mark di perut juga ga parah kayak dulu. Kaki juga ga gatel-gatel sama sekali. Bisa jadi karena hamil anak cewe ya, jadinya lebih bersih. Uda gitu gua jadi berasa lebih centil dibanding dulu. Dulu mah boro-boro dandan, bedakan aja engga. Tapi kali ini masih sesekali pake BB cream, bedak, dan lipgloss kalo pergi-pergi

Tapi di trimester tiga ini gua ngerasa makin cepet cape. Dulu waktu hamil Jayden kan jalan masih gagah perkasa, tapi sekarang jalan uda kayak nenek-nenek, ga bisa cepet, hahaha. Makanya bersyukur banget kami pergi ke Jogja waktu di trimester kedua. Karena selain mual uda hilang, nafsu makan juga uda balik, perut juga belom terlalu berat buat dibawa jalan. Dan kalo ngomongin makanan, hamil kali ini emang ga serakus dulu. Sama-sama cepet laper, apalagi kalo bangun tengah malam, tapi kali ini gua cuma minum susu doang untuk menghilangkan rasa lapar. Porsi makannya juga ga segila dulu. Mungkin juga karena ini makanya berat badan gua naiknya ga berlebihan.

Seharusnya sekarang gua uda bisa belanja-belanja, tapi sejujurnya...gua bingung harus belanja apa, hahaha. Kayaknya semua punya Jayden masih pada bagus-bagus, bahkan masih ada beberapa kado dulu yang dusnya belom dibuka. Paling nanti yang gua beli baju pergi-pergi doang. Masa anak cewe keluar rumah pake baju cowo, kan aneh, hahaha. Tapi emang punya anak cewe harus kuat iman ya. Tiap hari ngeliatin instagram, koq baju anak cewe lucu-lucu semua. Apalagi gua lemah sama yang lucu-lucu. Belom ada yang dibeli sih, tapi cuma ngeliatin doang uda bikin gua laper mata, hahaha.

Lalu Jayden gimana? Katanya kalo uda mau punya dede biasanya jadi lebih manja. Untungnya itu ga terjadi sama Jayden. Nemplok sama gua sih masih, tapi ga ampe yang nangis-nangis kolokan gitu. Malah kalo gua pulang, dia selalu nyamperin, peluk gua, kiss perut gua, sambil bilang, "mami...dede lagi ngapain?" Jayden juga keliatan excited banget menanti kelahiran dedenya. Waktu kemaren ambil rapot missnya bilang kalo Jayden suka cerita dia mau punya dede, bahkan ampe missnya tau nama dedenya siapa, hahaha. Kali ini uda ga ada rahasia-rahasia lagi deh, hampir satu kompleks tau nama dedenya siapa. Pokoknya kalo mau tau namanya siapa, silahkan tanya Jayden, hahaha.

Dan seperti biasa...sebagai penutup gua mau kasih liat penampakan bumil yang terakhir.

Lagi-lagi foto di kondangan.

Kondangan berdua doang. Jayden lebih milih pergi ke mall sama omanya ketimbang ke kondangan. Hiks...

Sehat-sehat terus ya dede E. Sabar-sabar di perut mami ampe waktunya lahir nanti. Mami, papi, dan koko Jayden love you.

8 comments:

  1. Bagus Mel naiknya cuma dikit. Gue pas hamil Tilly, naiknya jg dikit... Pas 2 trimester pertama! Bahkan sampai masuk trimester 3, dikasih tau anak gue rada kecil, baru dah makan banyak banget, tp tetep naiknya lbh dikit drpd pas Abby dulu. Sehat terus ya, Mel. Sering2 kondangan biar bs dress up haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena tensi lu tinggi kali le jadi pengaruh ke berat babynya, soalnya waktu hamil jayden juga dulu gitu...

      thank you le... iya nih, musim kondangan jadi bisa dress up hahahaha...

      Delete
    2. Nah, dulu tuh ternyata salah ukur dokternya. Jadi sebenernya anak gue normal, cuma dibilang kecil gara2 salah ukur, makanya gue jd disuruh makan banyak hahaha. Rugi2in aja nambah2in berat di guenya haha.

      Btw, lu dulu apa kena preeklamsia atau cm sekedar tekanan darah naik? Kalau tekanan darah naik sedikit pada saat kehamilan itu biasa, dan ngga ngaruh ke BB bayi, kecuali beneran kena preeklamsia.

      Delete
    3. kayaknya ga ampe preeklamsia deh... soalnya masuk trimester 3 itu tensinya berkisar antara 130an, bawahnya gua lupa berapa... tapi begitu masuk minggu ke 32 kalo ga salah, baru melonjak ke angka 160... dari situ beratnya jayden stuck ga naik2... makanya pas uda genap 38 minggu langsung dilahirin...

      Delete
  2. Sehat dan lancar sampe lahiran yaa ci :)

    ReplyDelete
  3. Sehat terus mommy dan baby ya Mel

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...