18 October 2018

Mendadak Mudik

Kira-kira awal bulan Oktober kemaren, kami sekeluarga mendadak mudik ke Banyumas. Sebenernya ga bisa dibilang mendadak juga sih, tapi sampai H-2 tuh kami masih maju mundur antara mau mudik atau engga. Pertimbangan awalnya kan mumpung Jayden libur sekolah, jadi bisa dimanfaatkan buat mudik. Selain itu bulan Desember nanti kami ga akan bisa mudik karena gua lahiran, jadi kesempatan satu-satunya ya pas Jayden libur sekolah ini. Jayden libur sekolah cuma 3 hari, jadi waktu kami untuk mudik juga ga lama.

Tapi...sepulang dari Jogja missnya Jayden bilang kalo Jayden suka nangis-nangis di kelas. Entah apa karena post holiday syndrome, atau karena suka ditegor sama missnya, atau karena mau punya dede, atau karena si suster uda balik lagi, gua juga ga ngerti. Tiap kali gua tanya kenapa nangis, dia cuma bilang, "aku ga bisa, aku ga mau sekolah lagi" lah kan gua jadi pusing dong. Trus gua jadi mikir beratus-ratus kali rencana kami untuk mudik. Apalagi mudiknya kan ga lama, dan naik mobil juga, jadi pasti bakal cape banget. Karena gua juga sempet mikir, apa Jayden nangis-nangis karena cape ya. Soalnya sehari setelah trip kami ke Jogja, kami tetep paksa dia buat masuk sekolah, pake acara berenang pula. Mungkin badannya masih cape, jadi pengaruh ke moodnya juga.

Setelah mikir panjang kali lebar kali tinggi, akhirnya kami putuskan untuk tetep mudik. Alasan utama tentu ketemu keluarga. Bapak dan ibu mertua kan juga pengen liat menantunya yang cantik lagi hamil. Sekalian kepulangan kali ini kami mau ngadain acara tujuh bulanan. Bukan acara yang heboh-heboh ya, tapi semacam pengucapan syukur gitu, sekalian minta doanya supaya nanti lahirannya lancar. Alasan kedua, supaya Jayden ngeliat sepupu-sepupunya sekolah, tentu dengan harapan dia juga jadi semangat ke sekolah. Alasan ketiga adalah ngambil sepeda, hahaha. Jadi ceritanya Jayden itu uda bisa naik sepeda, tapi kami belom beli-beli tuh sepeda. Kebetulan sepeda sepupunya di Banyumas uda ga kepake, karena mereka uda pake sepeda yang lebih gede lagi, jadilah dilungsurin ke Jayden.

Jayden libur hari Senin sampai Rabu, jadi kami rencana berangkat hari Minggu dan pulang hari Selasa, biar hari Rabunya Jayden bisa istirahat. Kenapa ga berangkat hari Sabtu? Soalnya Sabtu itu gua masih kerja, dan si suami juga ada pelayanan, jadi hari Minggu itu uda paling pas. Dan seperti mudik-mudik sebelumnya, kami berangkat setelah kebaktian di gereja. Tapi sebelumnya sempet mampir ke minimarket buat beli cemilan, persediaan air minum, sambil makan siang sebelum bener-bener jalan. Makan siangnya beli di depan gereja, tapi dibungkus, jadi makannya ya di mobil.

Perjalanan hari itu sempet kena macet di Bekasi, karena pembangunan LRT. Trus sempet stop di Starbucks juga buat kasih makan Jayden sekaligus ke toilet. Lalu di Bumiayu juga sempet kena macet karena jalanannya lagi dibenerin. Tapi selain itu semuanya lancar. Jayden juga karena uda makin gede, jadi makin anteng. Dan sekitar jam 6 sore kami nyampe di Purwokerto.

Karena perut uda laper, sebelum ke rumah, kami mampir buat makan malam dulu. Kali ini makan di Rumah Makan Kalibogor. Menurut si suami, restorannya selalu rame, dan ayamnya terkenal enak banget.

Ini tampak depannya.

Spesialis ayam goreng.

Dari gua dateng sampe pulang selalu rame.

Cuma penyajiannya rada lama, tapi sekali dateng langsung semuanya. Ayamnya asli enaaaaaakkkk banget. Empuk, tapi kulitnya agak garing-garing gitu.

Paru goreng. Sekilas mirip ikan asin ya, hahaha. Rasanya enak dan empuk.

Gua lupa ini sambel apaan, yang jelas enak banget.

Kalo ini sambel bawang. Rasanya lebih enak lagi, dan pedesnya juga mantep. Bibir ampe dower, hahaha.

Kol goreng. Makanan sehat yang akhirnya jadi ga sehat, hahaha.

Pete goreng. Kata si suami sih enak.

Selesai makan, kami lanjut jalan lagi. Di perjalanan tau-tau Jayden tidur. Padahal uda ditahan-tahan biar ga tidur, soalnya nanggung bentar lagi nyampe, tapi kayaknya uda ngantuk berat. Dan sekitar jam 8 malam kami nyampe di rumah mertua.

Dulu waktu hamil Jayden 7 bulan juga gua mudik buat acara tujuh bulanan. Dulu perjalanannya lebih lama karena sempet stuck kena macet juga di Bumiayu. Bener-bener stuck ampe lama banget baru kami bisa jalan. Tapi dulu gua ga ngerasa cape, dan kayaknya fisiknya lebih kuat. Tapi hamil kali ini beda banget, mungkin nambah umur, fisik juga uda ga kayak dulu. Begitu nyampe perut gua langsung berasa kenceng, pinggang sakit, dan kaki bengkak karena kelamaan duduk. Akhirnya ga lama gua langsung mandi, ngobrol sebentar, dan langsung rebahan.

Tapi sebelumnya gua minta si suster buat gantiin Jayden baju tidur, soalnya dia masih pake baju pergi. Dan waktu digantiin....tau-tau anaknya bangun. Anak bangun di tengah-tengah tidur malem itu semacam mimpi buruk buat ibu-ibu, hahaha. Tapi untungnya setelah main sebentar sama sepupu-sepupunya, dia mau disuruh balik lagi ke kamar dan tidur. Gua pun juga ikut tidur.

Besok paginya Jayden bangun sekitar jam 6. Jadi bisa ketemu sama sepupu-sepupunya dulu sebentar sebelum mereka berangkat sekolah. Gua? Tidur lagi! Hahaha. Mudik kali ini si suster tetep ikut kami kayak biasa, tapi dia ga lanjut mudik ke kampungnya, jadi tetep ikut nginep di rumah mertua. Lumayanlah ada yang bantuin gua ngurusin Jayden. Oiya gua lupa bilang kalo si suster balik lagi kerja sama kami. Tapi ini nanti gua ceritain di postingan lain aja ya.

Pagi itu Jayden dimasakin sarapan sama kakak ipar, sementara gua dan suami pergi sarapan soto nikmat yang setiap mudik ga boleh dilewatkan, hahaha. Apalagi kalo bukan Soto Gareng yang endang bambang itu. Soto Gareng di Banyumas ini ada dua cabang. Hari itu tempat yang biasa kami makan lagi ga jualan, jadinya kami makan di cabang yang satunya lagi. Tapi ga kalah nikmat koq, sama lezatnya. Cuma yang ini bumbu kacangnya dipisah, jadi bisa disesuaikan sama selera kita.

Soto Gareng. Soto yang ga boleh dilewatkan tiap mudik.

Setelah itu lanjut makan lagi, hahaha. Kali ini makan kupat tahu, tapi lagi-lagi bukan di tempat biasa kami makan, tapi di tempat lain. Gua lupa-lupa inget sih yang biasa itu kayak gimana, tapi kalo dibandingin sama kupat tahu Magelang, yang ini kuahnya lebih manis sedikit. Tapi rasanya sama-sama enak.

Kupat tahu. Enak dimakan panas-panas.

Lalu kami pulang, dan istirahat. Tepatnya gua sih yang istirahat, alias tidur lagi, hahaha. Mudik kali ini beneran kondisinya ga sekuat hamil pertama dulu. Gua cepet cape, cepet ngantuk, dan bawaannya pengen rebahan melulu. Apalagi di Banyumas juga panas, walaupun ga sepanas Jakarta, tapi bikin gua pengen tidur melulu.

Siangan setelah anak-anak pulang sekolah, kami jalan lagi ke Purwokerto bareng ibu mertua dan kakak ipar juga. Kebetulan mumpung lagi mudik, sekalian gua juga mau cari souvenir buat ulang tahun Jayden, katanya di pasar gitu banyak dijual mainan-mainan. Tapi jangan bandingin pasarnya kayak di Jakarta ya, yang di Purwokerto itu mirip-mirip kayak Glodok gitu.

Tadinya gua mau beli puzzle, tapi ternyata barangnya kosong. Trus sempet kepikiran juga antara mau kasih papan tulis kecil, atau kinetic sand, atau lego kecil-kecil. Sebenernya harganya murah banget sih, tapi kalo dikaliin 50 anak ya lumayan juga. Akhirnya setelah ngubek sana-sini, gua pun beli playdoh kecil buat dibagi-bagi. 1 pack gitu isi 12, dan 1 anak mau gua kasih 2 biji. Harganya? Hampir separo harga di Jakarta. Gua tau ibu-ibu males banget kalo anaknya main playdoh, tapi menurut missnya Jayden, playdoh itu bisa melatih kekuatan tangan loh, hahaha. Dan waktu Jayden bagi-bagi goodie bag kemaren, keliatan anak-anak seneng banget waktu tau dalemnya ada playdoh.

Setelah dapet apa yang gua mau, kami pun pergi makan siang. Mungkin lebih tepatnya makan siang menjelang sore kali ya, hahaha. Kali ini kami mampir ke restoran langganan temennya si suami, yaitu Bakmi Gareng. Pokoknya tiap ke Purwokerto harus banget makan disini.

Bakmi kuah punyanya si suami. Katanya ini lebih enak dibanding yang dia makan di Jogja. Kuahnya lebih gurih.

Nasi goreng punya sepupunya Jayden.

Mie goreng punya gua. Belajar dari pengalaman di Jogja, kali ini ga ada deh makan bagi dua sama Jayden, biar dia pesen sendiri, hahaha.

Setelah itu kami pulang dan siap-siap buat persekutuan sorenya. Kayak yang gua bilang, tujuh bulanan kali ini lebih ke acara pengucapan syukur, karena gua boleh melewati tujuh bulan kehamilan, sekaligus berdoa supaya lahirannya nanti lancar. Persekutuannya di rumah, dan cuma undang tetangga sama temen-temen deket doang, jadi ga gitu banyak.

Itu penampakan ibu hamil yang uda sangat bengkak, hahaha.

Pembawa Firman.

Sebelumnya kakak ipar uda bantu beliin nasi kotak buat dibagi-bagiin, jadi selesai persekutuan bisa langsung makan. Abis itu lagi-lagi gua langsung mandi dan rebahan, sekalian ajak Jayden tidur juga. Awalnya susah sih, apalagi sepupu-sepupunya masih pada on semua, tapi siangnya kan dia ga tidur, jadi harus tidur lebih awal. Setelah agak sedikit dipaksa, akhirnya dia mau masuk kamar, dan ga lama langsung pules. Begitu juga dengan maminya. Beneran deh mudik kali ini gua keliatan males banget, tapi gimana dong, badan kayak berasa cape banget, hahaha.

Besokannya lagi-lagi kami bangun jam 6 pagi. Kali ini gua bener-bener bangun karena harus beres-beres buat balik ke Jakarta. Rencana awalnya sih jam 11 uda berangkat, tapi gua uda feeling kalo bakalan molor banget. Tau sendiri yang namanya orangtua jarang ketemu anak, sekalinya ketemu kayaknya susah banget buat pisah.

Agenda pagi itu sebelum sarapan adalah pijat-pijat. Siapa yang dipijat? Tentu Jayden dan maminya, hahaha. Pokoknya itu agenda wajib tiap kami mudik. Soalnya di Jakarta, apalagi di daerah rumah gua, nyari tukang pijet tuh susah banget, makanya kegiatan ini selalu dimasukin ke agenda tiap kami mudik. Setelah itu baru kami pergi sarapan. Dimana? Lagi-lagi di Soto Gareng, hahaha. Tapi kali ini bareng Jayden. Lumayanlah Jayden pagi itu makannya banyak. Emang makin gede makannya makin gampang sih, tapi harus disuapin, kalo disuruh makan sendiri alasannya banyak banget.

Begitu kami nyampe rumah, ibu mertua lagi nyuciin sepeda yang mau dibawa pulang Jayden. Katanya semua rodanya uda pada diganti sama yang baru, jadi uda kayak sepeda baru lagi. Jayden tentu girang banget. Selama ini dia cuma main sepeda di sekolahan doang, kali ini bisa main sore-sore di rumah juga.

Sok-sok benerin roda, hahaha.

Akhirnya punya sepeda baru juga.

Langsung dicobain.

Main sepeda sama bude, soalnya cici dan oohnya belom pada pulang sekolah.

Lalu kami mampir ke toko batik sebelah rumah. Ini juga semacam agenda yang ga boleh dilewatkan tiap kami mudik, hahaha. Kali ini sekalian gua nyari batik ukuran gede buat dipake ke gereja atau kondangan, jadi abis lahiran bisa dipake lagi.

Belanja batik di hari batik nasional.

Setelah itu kami pulang, beres-beres, dan siap-siap berangkat ke Jakarta. Sebelumnya ibu mertua uda beliin segala cabe dan bawang-bawangan buat dibawa pulang, hahaha. Harga barang-barang disana emang jauh lebih murah daripada Jakarta, dan lebih seger juga, jadi tiap mudik mesti bawa begituan. Trus ibu juga uda siapin berbagai cemilan supaya kami ga kelaperan di jalan. Dan sebelum pulang, kami pamit-pamit dulu ke tetangga.

Foto sama aung dan uti.

Walaupun cuma 3 hari, tapi Jayden girang banget di Banyumas. Uda lebih gede, jadi bisa ikut main bareng sepupu-sepupunya.

Kakek dan cucunya.

Waktu mau jalan pulang, mukanya Jayden keliatan sedih banget. Berkali-kali dia bilang ga mau pulang, masih mau mainan di Banyumas. Mudik kali ini emang keliatan dia lebih happy sih, apalagi uda bisa ikut main bareng sepupu-sepupunya. Tapi gimana dong, kami tetep harus pulang sesuai jadwal, demi menghindari drama hari pertama sekolah setelah liburan, hahaha.

Sebelum bener-bener berangkat ke Jakarta, kami mampir lagi ke toko kelontong milik sodara. Disitu gua beli susu, oreo, dan biskuit coklat buat goodie bag Jayden. Kenapa harus beli disitu? Tentu karena harganya lebih murah. Susu kotak kecil di Jakarta bisa 3000, sementara disana 2500. Walaupun cuma beda 500, tapi kalo dikaliin 50 biji kan lumayan juga, hahaha.

Trus mampir juga ke restoran ayam geprek di sebelahnya, yang juga punya sodaranya si suami. Tapi kami ga makan siang disana, cuma beli take away buat bekal makan malam nanti.

Liat harganya dong.

Ini penampakan dalamnya.

Ini salah satu menu yang mereka sajikan. Ceban doang loh, hahaha.

Setelah itu baru kami berangkat. Kalo perginya lewat Bumiayu, kali ini pulangnya lewat Pemalang, rute yang disukain si suami. Sebenernya pemandangannya bagus banget sih, cuma karena jalannya berkelok-kelok, jadi bikin gua mabok. Tapi kalo lewat Bumiayu takutnya macet, karena jalannya kan lagi dibenerin.

Salah satu pemandangan yang berhasil diabadikan.

Perjalanan pulangnya lebih lancar. Malamnya sempet berenti di pom bensin buat makan malam, sekaligus Jayden digantiin baju tidur. Setelah itu juga beberapa kali berenti buat pipis dan istirahat sebentar. Cuma abis itu gua ga tahan banget sama ngantuknya. Biasanya gua masih tahan, jadi bisa ngajak ngobrol si suami biar dia ga ngantuk. Tapi kali ini bener-bener ga tahan, dan begitu bangun tau-tau uda di deket rumah. Begitu nyampe rumah, gua langsung mandi dan tidur. Berasa cape banget.

Mudik kali ini berasa beda banget sama mudik waktu hamil Jayden dulu. Kali ini gua berasa lebih sering cape, trus perut juga sering kenceng, pinggang sering sakit, dan lebih sering pipis juga, hahaha. Tapi walaupun cuma 3 hari, gua seneng karena akhirnya kami memutuskan untuk mudik. Gua liat Jayden happy banget disana. Setelah itu masuk sekolah tetep ada drama sih, tapi setelah ngerayain ulang tahun di sekolah dan dapet banyak kado, dia jadi lebih semangat ke sekolah. Mudah-mudahan selalu semangat terus deh, biar mami ga capet tua karena marah-marah melulu, hahaha.

1. Kayaknya tiap anak yang udah mulai sekolah ada fase "nggak mau sekolah lagi" ya. Rata-rata temenku yang anaknya udah sekolah juga begitu. Semoga Jayden semangat lagi ya ke sekolahnya. Biar tambah pinter :D

Sehat-sehat terus bumil. Bentar lagi lahiran ya ci?

1. kayaknya sih emang setiap anak ada fase itu, tapi karena ini anak pertama, aku jadi bingung kudu ngapain hahahaha...

lahirannya nanti bulan desember... amin amin... thank you ya...

2. wah mertuamu kayanya happy banget tuh didatengin anak mantunya :D
    gw ngiler liat ayam gorengnya, ntar kapan2 mampir ah klo pas roadtrip juga :D

1. kami emang jarang mudik, jadi sekalinya bisa mudik, mereka happy banget... ayo mampir banyumas purwokerto, banyak makanan enak loh hahahaha...

3. Fokus ngeliatin foto2 makanannya, keliatan enak2 bangett Mel :D . Si Ben klo lebih dr 3 malam nginep dirumah omanya bawaannya jadi sedih mewek aja gitu, omanya juga sama sih pernah bilang sedih hehe.. klo sekolah sdh mulai dingin begini si Ben sering sakit, bakalan sering bolos. Spt pagi ini bangun tidur panas ya udah ga usah sekolah eh siangan ceria lagi dan ga panas :D .

1. berarti sama ya, suka mewek kalo pisah dari opa omanya... jayden ga pernah bolos sih, sakit juga kalo batuk pilek dikit ya tetep masuk... makanya waktu pulang dari jogja dia nangis2 gitu, aku bingung hahahaha...

4. Jayden kayaknya lebih cocok sama makanan2 dari tempat asal Seno dan sekitarnya ya, Mel. Mungkin di rumah kudu masaknya model2 gitu juga biar lahap.

Itu mana tahan harga makanan2nya terjangkau banget. Di Jakarta ceban kalau di Chinese resto lumayan bagus cm dpt nasi putihnya doang haha. Bisa puas2in wiskul sampe begah deh.

1. kalo di rumah sih apa aja mau, cuma kalo pergi2 yang agak susah... tapi emang waktu ke jogja itu makannya lebih lahap dibanding ke bali ama cirebon, bisa jadi karena rasanya cocok di lidah dia...

emang disana harganya murah2 banget le hahahaha...

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.