13 February 2019

Galau

Bulan Februari ini uda berlalu hampir setengah jalan, ini berarti sebentar lagi cuti gua mau abis, dan kegalauan pun dimulai. Galau apa sih emangnya? Galau antara mau stop kerja dan di rumah ngurus anak-anak atau tetep lanjut kerja. Dulu waktu cuma ada Jayden doang gua juga pernah galau, tapi gua tetep lanjut kerja. Alasan utamanya tentu buat nambah-nambah pemasukan rumah tangga, tapi di samping itu, kerja membuat gua lebih waras. Walaupun kerjaan gua ga jauh dari dunia anak-anak juga, tapi entah kenapa kalo ngadepin anak sendiri tuh kesabaran gua kayak tipis banget. Dengan gua kerja, otomatis waktu gua dengan Jayden jadi lebih sedikit, jadi begitu ketemu gua bisa sedikit lebih menahan diri untuk ga emosi. Tapi setelah ada Emily, kegalaun itu kembali datang, tapi kali ini pertimbangannya banyak banget.

Sebelumnya gua mau cerita dulu tentang asisten rumah tangga (ART) dan si suster yang kerja di rumah kami. Si suster ini kerja sama gua dari Jayden bayi, dan sebelum gua hamil dia sempet nyeletuk mau pensiun. Tapi karena gua hamil, dia memutuskan untuk tetep kerja dan ngurus dedenya Jayden, minimal sampai lebaran tahun ini. Karena si suster ngurusin baby, otomatis gua harus cari satu orang lagi untuk ngurusin Jayden. Cuma kan Jayden uda gede, ngurusin dia juga uda ga susah, paling ya kasih makan, mandiin, atau nemenin main. Karena itu gua nyari mba nginep buat kerja rumah tangga sekalian ngurusin Jayden juga.

Sejak opa meninggal, kami ga pernah lagi pake mba nginep, yang ada cuma mba cuci gosok yang pulang hari. Begitu Jayden lahir juga yang nginep di rumah cuma si suster, dan untuk kerjaan rumah tangga tetep pake mba yang pulang hari. Si suster juga mau bantuin nyuci piring, masak, rapihin baju, dll. Apalagi kalo malem gua yang full pegang Jayden, jadi si suster bisa kerjain yang lain.

Tapi lebaran tahun kemaren si suster mudik dalam jangka waktu yang lumayan lama, dan dia juga ga tau kapan bisa balik lagi. Karena waktu itu gua lagi hamil, nyokap berinisiatif cariin mba nginep buat kerja rumah tangga sekalian ngurusin Jayden kalo gua kerja. Sebenernya waktu itu ada mba pulang hari, tapi begitu kerjaan uda kelar ya dia pulang. Sementara gua butuh buat bantu ngurusin Jayden, karena saat itu kondisi gua cepet cape, dan si suami juga sibuk sama kerjaannya. Mari kita sebut si mba nginep ini dengan si bibi. Nah...si bibi ini umurnya uda tua banget, jadi kerjanya agak lama dan rada pelupa, tapi bersih. Karena uda tua, gua jadi ga gitu tenang ninggalin Jayden sama dia. Akhirnya gua tetep ngurusin Jayden, dan kerjaan si bibi ya cuma nemenin main doang, paling sama nidurin kalo gua kerja, tapi itu juga Jaydennya ga mesti tidur.

Lalu 3 bulan sebelum gua lahiran, si suster memutuskan untuk balik lagi kerja sama kami. Jadinya saat itu ada dua asisten yang tinggal di rumah. Mereka berdua ga pernah ribut dan baik-baik aja sih, cuma nyokap kurang sreg dengan si bibi. Salah satunya ya karena umurnya uda tua, jadi suka lupa ini itu. Akhirnya waktu si bibi mau pulang kampung, nyokap bilang biar dia istirahat dulu, nanti kalo kami contact lagi. Dengan kata lain si bibi kami stop.

Ga lama kemudian kami kedatangan mba pulang hari rekomendasi dari tante gua, sebut saja namanya mba E. Si mba E ini masih muda banget, tapi kerjanya kurang bersih dan ga bisa ditegor. Si suster kan orangnya bersihan, jadi kadang suka kasih tau kalo masih ada yang kurang bersih, dan si mba E ini dengan entengnya bilang, "Saya bisanya cuma segini, kalo ga suka ya kerjain sendiri aja." Dan puncaknya waktu ditegor nyokap, dia ga terima dan akhirnya memutuskan untuk stop kerja.

Karena ga lama lagi gua mau lahiran, si suster bilang coba sekalian aja cari mba nginep. Tapi waktu itu nyari sana sini ga dapet-dapet, sampai akhirnya si suster nanya temennya dan ada yang mau kerja. Sebut saja namanya mba Y. Si mba Y ini lebih muda dari mba E, malah bisa dibilang masih anak-anak. Orangnya ga banyak omong, tapi kerjanya so far so good. Si suster sih bilangnya kurang bersih dikit, tapi buat gua yang agak jorok dikit mah masih oke lah. Tapi....seminggu kemudian dia minta berenti kerja. Alasannya ga bisa jauh dari nyokapnya.

Ga lama kemudian nyokap memutuskan ambil dari penyalur dengan bayaran 2,5 juta. Terlalu mahal sih emang, tapi waktu itu kami uda hopeless karena ga dapet-dapet juga. Sama penyalur ini dikasihlah si mba YU. Menurut si penyalur, mba YU ini uda pernah kerja rumah tangga, tapi si mba YU ngaku kalo dia belom pernah kerja sama sekali. Gua ga tau dia kerjanya gimana, karena orangnya cuma beberapa hari doang di rumah. Gua lupa sih alasan dia stop kenapa, tapi kalo ga salah karena kangen anaknya.

Karena masih ada jaminan, kami minta mba baru sama si penyalur, lalu datanglah mba S. Si mba S ini orang chinese dan Kristen. Sepintas sih keliatannya baik, tapi lagi-lagi menurut si suster kerjanya kurang bersih. Si suster ini orangnya emang rada dominan, jadi dia suka bilangin ke mba-mba yang kerja di rumah gua kalo ada yang kurang bersih. Si mba S ini kurang suka dibilangin kayak gitu. Ya mungkin dalam pikiran dia, sama-sama kerja koq ngatur-ngatur. Dan lama-lama gua liat si mba S ini kerjanya makin ga beres. Akhirnya mungkin karena ga tahan dan berantem melulu ama si suster, mba S pun memutuskan untuk stop kerja sama kami.

Setelah drama ART yang keluar masuk, si suami usul supaya gua stop kerja dan fokus ngurusin anak-anak. Dia bilang gua kerja dari rumah aja, salah satunya bantuin dia jualan roti. Saat itu gua masih punya pemikiran untuk balik kerja, karena kayaknya gua sama sekali ga ada bakat buat jualan. Seandainya kerja dari rumah pun, gua tau pasti susah karena Jayden tuh nemplok banget sama gua.

Akhirnya setelah lama ga ada mba, nyokap berinisiatif untuk contact si bibi lagi, dan pas banget saat itu dia lagi nganggur. Dari sekian banyak mba, si bibi lah yang klop kerja bareng si suster. Ya ga klop-klop banget sih, tapi minimal dia mau ngerjain kalo si suster minta tolong. Uda gitu dulu dia kan pernah megang Jayden walaupun cuma sekedar mandiin atau temenin main, jadi paling engga uda tau Jayden anak yang kayak apa. Akhirnya si bibi balik lagi kerja sama kami. Dalam bayangan gua, harusnya uda pas, suster megang Emily, si bibi megang Jayden.

Tapi......Jayden ga mau diurusin bibi sama sekali. Waktu kapan kami semua lagi ribet, gua minta si bibi mandiin Jayden, tapi Jayden ga mau dimandiin sama bibi. Dia lebih milih dimandiin gua atau suster. Begitu juga dengan makan, ga mau sama sekali disuapin si bibi. Sekarang gua masih cuti, jadi bisa ganti-gantian ama suster. Kalo gua megang Jayden, si suster megang Emily, begitu juga sebaliknya. Trus gua mikir, nanti kalo gua balik kerja gimana dong. Emang sih Jayden uda umur 4, uda ada hal-hal yang seharusnya dia bisa kerjain sendiri, tapi saat ini dia lagi masa-masanya beradaptasi dengan kehadiran Emily. Hal-hal yang dulu dia bisa kerjain sendiri, bisa tiba-tiba jadi ga bisa. Contohnya kayak makan, dulu dia bisa makan sendiri, tapi sejak ada Emily, dia selalu minta disuapin. Dan gua bukan tipe ibu yang membiarkan anak ga makan kalo ga mau makan. Uda makan banyak aja beratnya tetep dibawah, apalagi ga makan.

Mulailah kegalauan itu datang. Terbersit pikiran untuk stop kerja dan stay di rumah aja. Minimal kayak yang suami bilang, gua kerja aja dari rumah, antara terima murid les di rumah atau bantu suami jualan. Apalagi suster bilang kan dia uda disuruh anaknya untuk pensiun kerja, berarti ada kemungkinan tahun ini jadi tahun terakhir dia kerja sama kami, walaupun itu belom pasti juga. Tapi apa iya gua bisa jadi ibu rumah tangga gitu? Jujur gua agak pesimis, tapi si suami mendukung penuh kalo seandainya gua memutuskan untuk stay di rumah. Sementara kalo gua balik kerja, kasian Jayden pasti terabaikan.

Masih ada setengah jalan lagi sebelum bulan Februari ini berakhir. Mudah-mudahan gua bisa segera memutuskan yang mana yang terbaik buat keluarga kami. Sekian curhatan ga penting gua malam ini, hahaha.

Sumber kegalauan gua.

9 comments:

  1. Semoga dapat pencerahan terbaik ya Mel :D Kalau Adikku resign akhir Feb ini stl 10 thn kerja di bank. Dia ada bisnisnya yg sdh hasilnya sdh bagus banget, galaunya sih ya krn pembantu ga ada yg nginep, sedangkan 2 anaknya sekolah, klo pulang sekolah kan harus ada yg nungguin dirumah.
    Pembantu yg skrg hanya kerja 5 jam aja tiap hari diluar masak, trus pulang dia jam 12 siang. Trus adikku sdh bbrp kali ambil prt dari penyalur, rugi biaya ngambilnya sekian juta, blm 3 bln pada minta berhenti, pernh ada juga yg ngabur ngitu aja :D .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan galau karena pembantu sih kak... dan bener banget, ngambil dari penyalur rugi, uda ambilnya mahal, mba2nya juga pada ga bener kerjanya...

      Delete
  2. Aku bacanya aja bisa ikutan galaauu hahaha Semoga ketemu jalan yang terbaik ya ci. Semuanya ada pro kontra sih, when you gain something you have to lose something gitu kali ya huhuhu. Kayak aku juga kadang suka mikir kalo salary suami mencukupi mah, pengen ah kerja dari rumah. Tapi kalo inget interaksi sosial di kantor yang ngupi2 cantik di pantry, mampir ke meja temen kantor buat ngegosip, ribet-ribetnya dll, kok ya kayaknya bakal kangen ngantor hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya mikirin pemasukannya juga sih, tapi si suami bilang dia akan berusaha mencukupi, plus ngedorong aku banget supaya bisa kerja dari rumah aja... tapi ya kalo kerja di rumah ga bisa ngopi2 cantik ya hahaha...

      Delete
  3. Mel, kegalauan lo sama dengan kegalauan gw setiap hari. wkwkwk. biasalah, dilema buibu bekerja. Dari dulu pengen resign tp sampe sekarang masih di kantor aja nih gw wkwkwk..

    Semoga keputusan yg lo ambil adalah keputusan yang terbaik ya Mel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya gua juga galau tapi tetep berakhir gua balik lagi kerja... tapi kali ini rasanya beda... kayaknya harus berguru sama lu yang tiga anak nih hahahaha...

      Delete
  4. semoga aja dapet keputusan yang terbaik mel..

    ReplyDelete
  5. Mel, kalau gue boleh saran, cobain deh... cobain jadi ibu 2 anak, urus sendiri semua di rumah tanpa bantuan suster. Buat gue, it's pretty enjoyable loh. Kalau belum pernah dicoba kan nggak tau bedanya. Nah kalau ternyata gak betah, baru deh coba balik lagi ke workforce. Daripada galau2 hehehe.

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.