25 October 2014

Cerita Tentang ASI

Cerita ini akan gua mulai dari kontrol terakhir ke dokter kandungan, hahaha.

Waktu tau gua akan dioperasi caesar, hal pertama yang ditanyakan si suami adalah mengenai IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Dan menurut dokter, proses IMD sulit dilakukan, mengingat ruang operasi dinginnya minta ampun, sementara si bayi selama di perut kan selalu hangat, takutnya nanti kena penyakit.......lupa nama penyakitnya apaan, hahaha. 

Dan memang, pas di ruang operasi itu dingin banget ampe gua menggigil gemeteran. Lalu ketika Jayden lahir, dia cuma disodorin ke gua buat dikiss-kiss pipinya. Ga ampe ditemplokin ke dada. Ga ada tuh adegan nangis mengharu biru kayak di film-film. Yang ada gua malah bingung, ini anak koq nangis kenceng banget ga berenti-berenti, hahaha.

Begitu balik kamar pasca operasi, Jayden dibawa ke kamar. Tapi berhubung gua masih teler di bawah pengaruh obat bius, gua belom bisa nyusuin. Jadi dibawa cuma buat dikasih liat ke gua. Nah, pas dibawa itu, susternya ada nawarin buat ngasih susu formula, dengan alasan...beratnya Jayden di bawah normal. Waktu itu si suami ga ada di tempat, dia lagi pergi ngurusin beberapa hal. Sementara gua, masih dalam keadaan teler setengah sadar. Akhirnya gua iyain tawaran susternya. Gua tau, bayi itu masih kuat kalo ga makan selama 2 hari. Tapi waktu itu gua mikirnya karena Jayden kecil banget. Belakangan gua sempet menyesal, tapi ya sudahlah.

Biarpun dia uda dikasih susu formula, gua tetep ke ruang menyusui buat nyusuin Jayden. Memang ga 3 jam sekali, tapi sehari bisa beberapa kali gua nyusuin. Tadinya gua berharap, dengan gua milih kamar sendiri, Jayden bisa rooming in sama gua. Tapi dengan banyaknya tamu yang dateng, gua biarinin aja deh dia di ruang bayi bersama bayi-bayi lainnya, kasian juga di kamar kalo banyak orang.

Bersyukurnya, di hari kedua, ASI gua langsung keluar. Tadinya sempet mikir, ini keluar apa engga ya. Tapi pas dipencet ama susternya, ada keluar cairan putih-putih. Rasanya seneng banget deh. Masalah banyak apa engga, gua ga tau ya, soalnya kan masih nyusuin langsung. Yang bikin gua kagok dalam menyusui adalah....gendongnya, hahaha. Gua ga pernah gendong newborn sama sekali. Mana Jayden mungil banget, dan kepalanya masih ogel-ogel sana sini. Untung Jayden nyusunya pinter banget, hahaha.

Begitu nyampe rumah, gua lalu bertekad untuk kasih ASI terus ke Jayden, tanpa dicampur-campur formula. Gua yakin koq, Jayden pasti bisa ndud. Sejauh ini sih ASI gua masih cukup. Bener-bener cukup, dalam artian ngepas banget. Jadi belom bisa nyetok-nyetok, karena begitu abis dipompa, langsung ludes diminum anaknya. Kadang kalo pompa bisa dapet 90 ml, kalo lagi hoki bisa dapet 130 ml. Entah apa karena baru 2 minggu jadi produksi ASI-nya masih segini, atau memang ini tergolong ngepas.

Masalah berikutnya yang terjadi adalah, ketika nyusuin langsung. Belakangan, tangannya Jayden ga dibedong. Abis kalo dibedong itu tangan bisa tiba-tiba nongol, jadi mendingan ga usah dibedong-bedong deh. Nah, ini anak ga bisa diem. Jadi ketika gua gendong, tangannya kemana-mana. Yang ada, susah buat gua masukin puting ke mulut. Kadang bisa ampe 5 menit sendiri baru bener-bener pas posisinya. Apa karena gua combine pake botol susu ya, jadi dia agak susah nyusu langsung. Atau anaknya yang kelewat aktif, hahaha.

Sekian cerita gua tentang ASI. Mudah-mudahan ASI gua terus keluar dan semakin banyak, biar gua bisa nyetok buat kerja nanti. Dan seperti biasa, sebagai penutup, gua pajang foto Jayden pas lagi bobo. Koq bobo melulu sih? Ya emang kerjaannya dia cuma nangis oek-oek, pup, pipis, nyusu, dan bobo, hahaha.

Kayaknya dia lebih pewe kalo bobo posisi miring kayak gini, hahaha.

38 comments:

  1. Kalo masih segede J mendingan elh nyusuin langsung terus2an every 2 hours Mel. Mompa sekali aja buat stock kalo malem2 lu teler biar Seno yang kasih. Tp overall untuk nambah stock ASI lu, better elu yg kasih langsung dr dada. Krn sedotan anak itu perangsang ASI yg paling efektif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua nyusuin langsung juga, cuma seringnya abis dia nyusu langsung pd gua tuh masih kenceng, jadinya gua pompa... tadinya itu hasil pompa mo buat gua stok, tapi abis nyusu langsung dan pompa dia nangis lagi, jadi kasih pake botol susu... tapi sekarang lagi coba stop pake botol sih...

      Delete
    2. Kl abis nyusu j nangis n pd masih kenceng bisa jadi dia ngisep nya salah mel makanya masih laper. Gue setuju sih ma leony, sebisa mungkin isep langsung supaya asi nya terangsang n j makin pinter ngenyot PD. Semangat ya mell :)

      Delete
    3. bisa jadi, karena ya itu pi...gua belom nemu posisi yang bener2 pas... belakangan uda lumayan mendingan sih... ini uda beberapa hari gua stop botol susu, cuma sekali doang kasih pake botol...

      Delete
  2. jadi inget pas dulu si andrew juga susah nyusuinnya. bisa sampe setengah jam lho cuma buat biar dia bisa dapet posisinya. hahaha.

    moga2 asi nya lancar terus ya mel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga ampe setengah jam sih ko, cuma kadang2 ampe 5 menit sendiri hahahaha...

      thank you ko :)

      Delete
  3. Semoga terus lancar yah mel asinya.. :)

    ReplyDelete
  4. semoga lancar & semakin berlimpah ruah untuk ASI nya mel..hehehe

    ReplyDelete
  5. Sepertinya emang kebutuhannya si Jayden baru sgitu Mel, overtime akan semakin banyak kok susu yang diminumnya. Ga perlu khawatir. Kan lambungnya juga masih kecil. :D

    Semoga lancar terus kasih ASInya ya..

    ReplyDelete
  6. Gw mencatat nih mel...
    btw semoga ASI nya lancar yaa dan baby J cepet ndut dan sehatt..

    ReplyDelete
  7. waww.. mell.. gw telat nihh...
    Selamat ya! Jayden cakep deh...
    smoga lancar yaaa ASI nyaa ^^

    ReplyDelete
  8. smoga baby J sehat terus minum ASI...anak cowo biasanya banyak banget nyusunya mel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci... ini uda ga 2 jem sekali, kadang bisa 1 jem sekali hahahaha...

      Delete
  9. lancar2 yah ce ASInya, moga baby Jayden sehat2 teruss :)

    ReplyDelete
  10. Semoga makin hari makin banyak ya Mel ASI nya! :)

    ReplyDelete
  11. Semoga lancar2 ya ASInya Mel :)
    Katanya sih emang kalo ada pake botol susu, bayi bisa bingung nyari nya Mel hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya gua stop dulu penggunaan botol susu... padahal maksudnya memperkenalkan sejak dini, biar nanti gua kerja dia bisa nyusu dari botol susu... tampaknya terlalu dini hahahaha...

      Delete
  12. Mel pakai sambungan puting jd gampang deh menyusuinya. Sampai skrg aku pakai alat tsb, puting jd gampang terbentunknya, masuk ke alat tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baca di beberapa artikel, sambungan puting gitu ga bagus katanya kak... sejauh ini sih aku masih nyoba nyusu langsung...

      Delete
  13. Moga ASI nya lancar terus yah Mel :D Ijin nyimak dulu haha :D

    ReplyDelete
  14. Menyimak mel....semoga asi loe lancar jaya pas buat porsi jayden yaaaa

    ReplyDelete
  15. Setiap gw baca postingan tentang ASI gw pengen nangis. Jevan cuma gw kasi ASI 6 bulan karna dikantor full selama sebulan training program baru yang mengharuskan gw gak bisa bolak balik maternity room buat mompa. Asli berhenti gak keluar, sekarang kelar training gw masih berusaha minum dan makan booster ASI tapi tetep hasilnya NOL. Tapi gw masih berusaha untuk ngelakuin berbagai cara supaya ASI gw keluar. Walaupun ya kata nyokap n mamer gpp karna untungnya sekarang Jevan udah MPASI tapi tetep gw nyesek karna ngerasa berdosa gak bisa ASI lg #jadicurcol hikss

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6 bulan juga uda lumayan loh.... org2 ada yg cuma 2 minggu, sebulan... tenang aja, siapa tau ada keajaiban nanti asinya keluar lagi... ga usah merasa berdosa *pukpuk*

      Delete
  16. moga" asi u lancar terus yah mell... crita gmn rasanya jd mami donk mel...
    gw belum bs komen banyak ttg persusuan... hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti gua ceritain kalo uda sebulan ya, biar ceritanya banyak hahahaha...

      Delete
  17. Awal-awal emang susah nyari posisi enaknya. Tapi nanti pasti akan ada waktu dimana nyusuin itu enak. Gimana ya susah dijelasin, tapi kaya jadi gampang aja gitu, natural. Gue nggak inget sih kapan gue ngerasa nyusuin Madeline masuk fase enak. Mudah-mudahan lo & Jayden cepet memasuki fase enak itu ya. Semangat Mel!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an gua segera memasuki fase itu hahaha... skrg uda mendingan sih, cuma kadang masih suka berasa susah hahaha...

      Delete
  18. Baca blog ini ternyata jd banyak tau ttg newborn baby & asi via comment2nya juga..
    utk inspirasi foto, bisa tuh pasang foto baby J pas lagi ngeden.. hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga sempet difoto, uda keburu brot duluan hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.