Celotehan Jayden #2

Celotehan Jayden #2

Di umurnya Jayden yang keempat ini sungguh menguji kesabaran mak bapaknya. Si suami yang biasanya sabar, penyayang, lemah lembut, dan rajin menabung aja bisa ngamuk ngeliat Jayden banting pintu cuma gara-gara nyari roket lego ga ketemu. Suami aja ngamuk, apalagi gua yang sehari-hari ngadepin dia yang modelannya begitu. Dan sekarang ga cuma bisa ngamuk, tapi juga bisa nyautin, dan nyautinnya tuh kadang bikin gua tambah kesel, tapi juga kadang bikin ngakak. Dan demi ada kenang-kenangan, gua post disini beberapa celotehan Jayden yang gua inget.

Bercanda.

Jadi Jayden tuh suka marah-marah kalo ada sesuatu yang ga sesuai sama keinginan dia. Contohnya kayak mainan. Meja ruang tamu tuh uda kayak semacam mini city yang dibangun Jayden. Ada rel kereta api, ada gedung, ada mobil macet, dan mainan-mainan lain yang rasanya pengen gua buang-buangin. Dan semua mainan itu ga boleh geser dikit, apalagi diberesin. Kalo dia pulang sekolah trus ngeliat ada yang hilang, dijamin bakal ngamuk. Kalo gua lagi lempeng sih diomongin baik-baik, tapi kalo gua lagi emosi ya ikutan ngamuk.

Suatu hari papinya beliin sikat gigi sama odol yang ada mainannya. Waktu Jayden tau, langsung deh dia ngerayu gua minta dibukain. 

"Mami, ini ekskavatornya boleh dibuka ga?"

"Engga kalo kamu masih ngamuk! Mami cuma mau bukain kalo kamunya uda good."

"Ini saya uda good koq. Tadi itu ngamuknya cuma becanda doang"

KZL!! Hahahaha.

Punyaku.

Jadi waktu TK A dulu dia punya temen sekelas namanya Ivonne, dan disinyalir si Ivonne ini bestfriendnya. Soalnya kalo ditanya bestfriendnya siapa, pasti selalu nyempil nama Ivonne. Sayangnya pas TK B mereka uda ga sekelas lagi.

Begitu Jayden TK B, gua mulai suka ikut nongkrong sama mamak-mamak yang lain. Akibatnya kalo salah satu anak mereka ulang tahun, Jayden jadi kecipratan dapet goodie bag dan mamak kecipratan kudu ngeluarin duit buat beli kado.

Suatu hari ada yang ulang tahun namanya Ivonne juga, cuma Jayden ga kenal karena ga pernah sekelas. Waktu gua kasih goodie bagnya ke Jayden, terjadilah percakapan ini...

"Jayden, ini ada goodie bag dari Ivonne."

"Ivonne yang mana mami?"

"Dari kelas lain, kamu ga kenal."

"Oooohhh.....bukan Ivonne aku ya."

Nak.... Itu anak siapa ngaku-ngaku punya kamu. Dimarahin mak bapaknya loh. Hahaha.

Badan Hilang.

Jadi sekarang Jayden ada pelajaran berenang di sekolahnya, dan tiap pulang gua nanya tadi berenangnya ngapain aja. Kemaren itu seperti biasa gua nanyain dong....

"Jayden, tadi berenangnya asik ga?"

"Asik mami."

"Trus berenangnya ngapain?"

"Berenang badan hilang."

"Hah!?"

"Iya...badannya hilang, yang nongol kepalanya doang."

Itu namanya ngapung sayang. Hahahaha.

Sebenernya masih banyak lagi celotehan dia yang kadang bikin kesel, tapi juga kadang bikin gemes, tapi gua lupa, hahaha. Nanti kalo inget harus buru-buru diposting nih biar ga lupa.

Siap-siap mau berenang gaya badan hilang, hahahaha.
Emily 7 Month

Emily 7 Month

Minggu depan uda mau 8 bulan, tapi gua belom update perkembangannya si Em di umur 7 bulan. Nasib anak kedua ya nak, hahaha. Jadi daripada nanti keburu basi, yuk mari kita update. Dan karena bulan ini kami ga ke dokter, jadi gua ga tau berat dan panjangnya berapa. Harusnya sih nambah ya, secara anaknya uda mulai makan. Jadi kita update seadanya dan seingetnya aja ya, hahaha.

MP-ASI

Kalo anak kedua uda ga seexcited anak pertama ya, hahaha. Gua inget banget dulu Jayden ampe gua bikinin jadwal makan, dan beli bahan-bahan makanan khusus buat dia. Sementara Emily makan apa yang ada di kulkas, hahaha. Tapi emang yang bener sih yang kayak si Emily gini, karena pada prinsipnya menu MP-ASI itu menu yang sama dengan yang orangtuanya makan, hanya teksturnya aja disesuaikan.

Menurut dokternya Emily, sekarang dari awal makan uda harus dikasih menu lengkap. Menu lengkap disini maksudnya 4 bintang, yaitu ada karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur, dan jangan lupa lemak tambahannya. Dari sini gua belajar banyak hal baru. Contohnya kayak kabocha, dulu gua pikir masuk kategori sayur, ternyata dia masuk kategori karbohidrat, hahaha. Mungkin karena teksturnya agak padat kali ya, jadi diusir dari kelompok sayur-sayuran. Lalu buncis gua pikir sayur, ternyata protein nabati. Telor yang gua pikir protein nabati ternyata masuk kategori protein hewani. Pantesan kalo badan mau berotot harus banyak makan telor. Jadi pembagiannya tuh kayak gini...

Karbohidrat : beras putih, beras merah, atau beras apapun, kentang, jagung, kabocha, ubi.
Protein hewani : daging-dagingan, seafood, dan telor.
Protein nabati : kacang-kacangan, tahu, tempe, buncis, jamur.
Sayur : wortel, brokoli, kangkung, labusiam, tomat, sawi putih, kembang kol, dan sayur ijo lainnya.
Lemak tambahan : EVOO, unsalted butter, keju, dan minyak-minyak lainnya.

Sampai saat ini nyaris semua bahan uda dicobain Emily, termasuk udang, ikan, telor ayam, telor puyuh, dan lauk pauk lainnya. Sejauh ini sih ga ada reaksi alergi apa-apa, semuanya aman terkendali. Dan bubur yang gua bikin biasanya emang ga jauh-jauh dari menu yang gua masak hari itu. Misalnya gua bikin sop ayam, berarti Emily ikut makan daging ayam, wortel, kentang, paling tambah buncis atau tahu buat protein nabatinya. Atau kalo gua bikin sayur bayam, Emily juga makan bayam, tambah jagung, daging ayam atau babi, sama biasanya tahu sebagai protein nabati. Untuk lemak tambahan yang gua coba baru unsalted butter sama EVOO. Belom cobain yang lain, karena di lemari ada EVOO satu botol gede, jadi abisin dulu deh, hahaha. Butternya biasa gua pake buat numis-numis bawang, atau kadang gua cemplungin langsung ke slow cookernya, hahaha.

Oiya....alat masak memasak gua cuma satu, yaitu slow cooker! Hahahaha. Jadi semua bahan gua masukin ke slow cooker termasuk bawang-bawangan, begitu mateng langsung saring dan pisahin buat pagi ama sore. Ga kebayang kalo tanpa slow cooker, harus masak bekalnya Jayden, menu buat orang rumah, trus masak buat Emily, hidup gua bisa abis di dapur melulu, hahaha.

Sejauh ini sih makannya lumayan gampang. Ya kadang-kadang GTM juga sih, tapi mungkin karena dia bosen menunya itu-itu melulu. Cuma gua belajar dari pengalaman Jayden dulu, sekarang gua lebih longgar ke Emily. Kalo dulu Jayden kan gua strict banget, ga boleh pake gula garem, harus makan makanan rumah, ga boleh makan yang aneh-aneh, eh anaknya tetep aja susah makan. Jadi sekarang Emily gua bebasin dia makan roti, kue, mie, dan makanan-makanan orang gede lainnya. Tentu porsinya seuprit banget.

Pertama kali makan.

Makanannya uda abis tapi masih megangin sendok, hahaha.

Untuk jadwal makannya baru 3x, yaitu 2x makan besar dan 1x snack berupa buah atau biskuit yang diencerin. Porsinya waktu awal-awal cuma 2 sendok makan, tapi lama-lama gua tambahin jadi 3-4 sendok makan. Ga selalu abis sih, tapi biasanya cuma tinggal dikit doang.

BLW

Ini gara-gara ngeliat artis tersohor yang penuh kontroversi itu, gua jadi terapin metode BLW ke Emily. Tapi metode ini sebagai selingan doang. Tentu gua berharap dengan menggunakan metode BLW ini, Emily bisa cepet naik tesktur dan ga geli megang makanan, sekaligus melatih dia makan sendiri. Karena kokonya dulu agak lama naik teksturnya, dan ampe sekarang makannya masih disuapin.

Sejauh ini keliatannya dia emang suka makan makanan apapun yang ada di tangan. Malah sekarang mulai sok gede, dikasih bubur cuma makan dikit, giliran dikasih nasi putih atau roti malah mangap-mangap melulu, hahaha.

Berawal dari suka megang sendok sendiri.

Lalu dimasukin ke mulut. Akhirnya mami kasih makanan beneran buat dimasukin ke mulut.

Makan brokoli penuh nafsu, hahaha.

Buburnya uda abis, trus lanjut makan biskuit dua biji. Hebat lah. Hahaha.

Gerogotin kembang kol. Kalo ini kayaknya dia kurang suka, soalnya cuma digigit sedikit trus ga mau lagi.

BAB

Karena uda makan, otomatis pupnya jadi lebih padat. Sejauh ini belom ada makanan yang bikin pupnya keras sih, kecuali pisang. Entah kenapa tiap kali makan pisang ngedennya tuh bisa ampe muka merah. Jadi cuma dikasih dua kali trus stop deh. Padahal Emily doyan banget makan pisang. Kayaknya anak-anak gua ga ada yang cocok makan pisang ya. Jayden tiap kali makan pisang mesti batuk, sementara Emily malah sembelit, hahaha. Tapi besok-besok pengen cobain lagi sih. Karena pisang itu termasuk salah satu buah yang gampang banget kasihnya, tinggal dikerok doang, hahaha.

Muka kenyang makanya ketawa.

Ga lama kemudian mukanya berubah jadi gini, hahaha.

Sorenya dia ngeledek, baru ganti pospak ga lama kemudian pup. Mbok ya nunggu lamaan dikit gitu, hahaha.

Motorik

Dibanding Jayden, Emily ini emang lebih kalem. Dulu Jayden umur 7 bulan uda guling-guling trus jatoh dari kasur, sementara Emily males banget disuruh tengkurep. Padahal anaknya uda bisa, dan uda suka miring-miringin badan, tapi malah balik terlentang lagi. Makanya ninggalin Emily di kasur jauh lebih tenang daripada Jayden dulu, hahaha. 

Belom bisa merayap, apalagi merangkak. Kayaknya ini anak ga suka tengkurep gitu deh. Soalnya tiap kali ditengkurepin ga lama kemudian pasti tidur dan nangis meraung-raung, jadi boro-boro bisa merangkak, hahaha. Gara-gara anaknya agak mager, sekarang siang-siang sering gua tengkurepin sambil gua contohin merangkak kayak gimana. Mudah-mudahan bulan depan uda bisa deh. Uda bisa duduk tanpa sandaran. Dan sejak bisa duduk, anaknya suka nangis kalo ditidurin. 

Tengkurep sebentar doang, ga lama kemudian nangis. Giliran telentang dia ketawa-tawa, hahaha.

Muka happy uda bisa duduk tanpa sandaran.

Tapi kemampuan motorik halusnya jauh lebih baik. Uda bisa reflek ngambil benda apapun yang ada di dekatnya, dan paling demen mainin minyak telon, baby cream, plastik tissue basah, lalu dimasukin ke mulut. Kalo mainannya ditarik langsung nangis. Gua mulai kasih aktivitas yang melatih sensorik, kayak pegang-pegang es batu, remes-remes kertas, atau main-main sama spaghetti, yang akhirnya dimasukin ke mulut, hahaha.

Koko & Adik

Kata siapa nunggu anak uda gede baru bisa berantem? Sekarang uda bisa! Hahaha. Berantemnya bukan yang adu mulut, tapi rebutan mainan. Yang paling sering sih karena kokonya jail rebut mainan yang lagi dipegang si dede, lalu nangis deh dedenya. Begitu juga sebaliknya, kalo kokonya lagi pegang mainan dan duduk di sebelahnya, dedenya langsung berusaha ngambil, dan teriaklah si koko. Tapi makin kesini makin keliatan kalo Jayden sayang banget sama Emily, walaupun kadang sayangnya membahayakan nyawa dedenya ya, hahaha. Contoh misalnya kalo lagi gemes, itu kepala dedenya bisa diunyeng-unyeng, trus tangan dan kakinya suka digigit saking dia gemes. Jayden juga bilang uda ga sabar pengen liat Emily cepet gede, biar bisa lari-lari bareng. Nanti mami yang pusing ngejar-ngejarnya, hahaha.

Semoga kemesraan ini jangan cepat berlalu.

Selamat 7 bulan ya Emily sayang. Di umur 7 bulan ini mami makin bersyukur banget punya kamu, karena ternyata punya bayi di umur segini tuh gemesin banget, hahaha.

Pake baju bekas koko, hahaha.
#dapurmamimel : Bekal Jayden Bulan Juli

#dapurmamimel : Bekal Jayden Bulan Juli

Tahun ini tahun kedua Jayden sekolah, sekaligus tahun terakhir di TK. Kalo dibilang waktu cepat berlalu ya mungkin ada benernya. Karena rasanya baru kemaren gua kedebag kedebug nyari perintilan buat Jayden sekolah, dan tau-tau sekarang anaknya uda TK B, lalu tahun depan uda SD. Mamak mellow. Hiks...

Karena ini tahun kedua, persiapannya ga seheboh tahun lalu. Paling yang ganti baru cuma tas doang, karena tas dorong dia yang lama uda rusak. Dan sekarang dia uda mau pake tas ransel. Sisanya masih pake tahun lalu punya, termasuk seragam, hahaha. Tinggal satu tahun doang, kayaknya rugi ya kalo harus beli lagi. Lagian bentuk tubuhnya ga terlalu berubah banyak, paling nambah tinggi doang. Jadi semua bajunya masih pas di badan, tapi ngatung, hahaha.

Semester ini Jayden masuk siang, sesuai harapan gua. Kenapa? Karena selain gua harus nyiapin bekal buat Jayden, gua juga harus nyiapin makanan buat dedenya. Kebayang bakal rempong banget kalo Jayden masuk pagi. Nanti semester depan masuk pagi kan dedenya uda 1 tahun, mudah-mudahan sih uda bisa makan makanan orang gede, jadi ga perlu bolak balik masak.

Bulan Juli ini Jayden cuma belajar 1,5 jam aja, jadi bekalnya cuma berupa snack doang. Snacknya tentu yang agak berat dan bikin kenyang. Kalo abis ya bagus, ga abis juga ya udahlah. Tahun kedua gua lebih legowo, hahaha. Dan karena sekarang uda ga ada suster, otomatis gua yang harus nyiapin bekalnya Jayden. Jadi #dapurmamimel kali ini tentang bekalnya Jayden selama bulan Juli.

Untuk memudahkan gua dalam memasak dan belanja, gua bikin menu plan selama seminggu. Kalo menu orang gede masaknya ganti-gantian ama si mba. Kebetulan dia emang bisa masak. Tapi untuk bekalnya Jayden, sebisa mungkin gua yang masak, karena anaknya agak picky, jadi gua harus masak semua yang dia suka.

Ini contoh meal plan gua selama dua minggu ini. Template dari instagramnya mbak gesi.

Gua ga foto semua bekalnya, karena kalo pagi tuh ribet banget. Jadi ya foto seingetnya aja. Dan ini beberapa bekal sekolahnya Jayden yang berhasil gua abadikan di blog. Sekalian gua share resepnya ya, tapi resep ala kadarnya, hahaha.

Kroket nasi. Gua cuma bawain tiga biji doang, dan abis semuanya. Bikinnya sih ga susah, cuma lumayan makan waktu.

Bahan-bahannya cuma nasi, daging giling sapi (atau bisa juga diganti smoked beef, sosis, kornet, yang penting potong sekecil mungkin biar buletinnya gampang), parutan wortel atau sayur lainnya, keju, susu, tepung terigu, bawang putih, mentega, dan bumbu-bumbu seperti gula garem atau kaldu.

Cara masaknya gampang, cuma tumis bawang putih dengan mentega, lalu masukin daging, sayur, nasi, keju, susu, tepung terigu, bumbu-bumbu, dan aduk-aduk ampe agak kentel. Tau kentelnya darimana? Ngaduknya agak susah dan pegel, hahaha. Lalu bentuk bola-bola, celupin ke telor dan tepung roti, dan goreng ampe mateng.

Buat yang anaknya susah makan nasi atau sayur, boleh juga dicoba. Ini menu praktis kalo gua lagi males nyuapin Jayden. Jadi dia tinggal nyomot makan doang.

Chicken nugget & potato cheese ball. Karena cuma "snack" jadi karbonya pake kentang aja. Nuggetnya sih abis, tapi kentangnya sisa satu doang. Kayaknya sekarang dia kurang suka kentang begini, padahal dulu favorit loh.

Resep nuggetnya gampang, cuma aduk-aduk daging ayam giling, keju, wortel (atau bisa diganti sayur lainnya), bawang putih parut, telor, tepung terigu, air, gula garam atau kaldu bubuk. Atur kekentalannya ya. Kalo kekentalan bisa ditambahin air, atau kalo terlalu cair bisa ditambahin terigu. Tau kentelnya darimana? Ya kira-kira lah, hahaha. Maaf ga membantu. Setelah itu kukus, lalu potong sesuai selera, celupin ke telor dan tepung roti, lalu goreng ampe mateng. Kalo ga mau langsung digoreng juga bisa disimpen di freezer sebagai stock.

Kalo kentangnya juga gampang. Tinggal rebus kentang, ancurin, tambahin tepung terigu, bawang putih parut, gula garam atau kaldu bubuk. Lalu bentuk bola-bola, dan di tengahnya kasih keju. Kalo gua pake keju kraft yang quick melt, biar kalo digigit kejunya leleh di mulut, hahaha. Setelah itu celupin ke telor dan tepung roti, trus goreng deh.

Pada prinsipnya sih bahan dan cara masaknya mirip-mirip semua, cuma tinggal ganti-ganti bahan sesuai selera doang. 

Padahal enak loh, hahaha.

Mini pizza. Maaf nyomot dari instastory, karena foto aslinya ternyata keapus, hahaha.

Ini juga menu paling gampil, karena rotinya beli jadi di supermarket, hahaha. Toppingnya gua masak dulu pake tumisan mentega dan bawang putih. Kalo gua pake daging giling, smoked beef, jamur, dan saos pasta. Sebelum dikasih topping, rotinya gua panggang bolak balik dulu sebentar, baru abis itu kasih topping dan taburin keju. Jangan lupa teflonnya ditutup dan panggang dengan api kecil.

Jayden emang doyan pizza, dan selalu minta mampir tiap kali ngelewatin Pizza Hut. Daripada makan mahal-mahal di Pizza Hut, kan mendingan makan pizza buatan mami, hahaha. Waktu ditanya, enakan Pizza Hut atau pizza mami, dia bilang dua-duanya. Berarti bikinan mami ga kalah ama Pizza Hut dong, hahaha.

Trus minggu depannya dia minta dibawain pizza lagi.

Sushi roll. Lagi-lagi nyomot dari instastory karena foto aslinya keapus. Ga ngerti koq bisa keapus. Mungkin kepencet pas lagi dimainin Jayden kali ya.

Ini menu paling ga ribet. Cuma tinggal dadar telor doang, trus gulung-gulung pake nasi dan nori, hahaha. 15 menit juga kelar. Tapi jangan lupa, waktu dadar telor kasih garem atau kaldu bubuk dikit biar ada rasanya, hahaha.

Cheesy meatballs & omelet jamur.

Meatballsnya gua uda bikin dari malem, jadi pagi tinggal digoreng doang. Ini pake daging sapi giling, tepung sagu, bawang putih parut, gula garem, lalu bentuk bola-bola. Di tengahnya gua selipin keju melted, jadi begitu digigit langsung berasa kejunya. Kemaren itu sih gua goreng, tapi bisa juga dicemplungin di sop atau semur.

Omelet jamur. Tapi kalo di bekalnya Jayden gua gulung-gulung.

Ini gua pake jamur champignon sisaan pizza, lalu potong kecil-kecil dan cemplungin di telor, lalu didadar deh. Jayden sih suka, karena pada dasarnya dia emang suka telor.

Macaroni balls & chocolate milk.

Resepnya mirip kroket nasi, cuma nasinya diganti makaroni, hahaha.

Roti panggang isi coklat. Ini cuma roti tawar kasih meses trus panggang di teflon, hahaha.

Kira-kira begitulah bekalnya Jayden selama bulan Juli ini. Mulai bulan Agustus sekolahnya uda 3 jam, dan jam pulangnya lumayan siang, jadi harus bawa nasi dan lauk pauk. Lalu tiap hari Senin harus bawa sayur dan buah yang uda ditentuin dari sekolah. Ribet ya, hahaha. Mudah-mudahan gua bisa update tiap minggu ya bekal-bekalnya Jayden.

Hari kedua sekolah.

Yang ini ga mau kalah, pake tas ransel mau ikut koko ke sekolah, hahaha.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Copyright © 2014 Everything What I Want To Share , Blogger