12 April 2019

Manfaat Baca Buku

Siapa disini yang bacain buku buat anak-anaknya? Saya! Hahaha. Gua termasuk orang yang ga suka baca buku, apalagi kalo bukunya tebel dan isinya tulisan semua. Bisa sih bisa, tapi cuma beberapa buku tertentu doang, seperti semua serinya Harry Potter. Bahkan buku JK Rowling yang bukan Harry Potter pun, gua hanya sanggup baca beberapa halaman pertamanya doang, hahaha. Kalo untuk buku Indonesia juga hanya buku-buku tertentu doang, seperti semua bukunya Raditya Dika atau semua seri My Stupid Boss. Buku yang dibaca bikin ngakak dan ga pake mikir.

Dari kecil gua emang ga terlalu dibiasain baca buku sama bokap nyokap. Sampai akhirnya gua mulai baca komik dan akhirnya ketagihan. Karena keseringan baca komik itulah makanya gua jadi rada "males" kalo disuruh baca buku yang isinya tulisan semua. Gua inget waktu pelajaran bahasa Indonesia dulu disuruh bikin ringkasan cerita dari sebuah novel. Kalo ga salah waktu itu gua pinjem novel Mira W, yang dibuat sinetronnya dan diperankan oleh Ari Wibowo. Lupa sih judulnya apaan, tapi yang jelas baru baca 3 halaman pertama gua uda ketiduran, hahaha.

Karena ga mau Jayden dan Emily kayak maminya, gua mulai membiasakan bacain buku ke mereka sedini mungkin. Dan agenda baca buku ini gua jadiin ritual sebelum tidur. Jadi abis ganti piyama, main-main sebentar, lalu baca buku, berdoa, dan tidur. Khusus Emily, nyusu dulu baru tidur, hahaha. Karena uda jadi kebiasaan, Jayden suka protes kalo gua uda matiin lampu kamar sebelum baca buku. Sejak Emily umur 3 bulan, dia juga mulai ikut kokonya baca buku. Jadi sekarang tiap malem sebelum mereka tidur, gua gendong Emily di tangan kiri, lalu tangan kanan megang buku, dan Jayden bersandar di bahu gua atau kadang duduk di sebelah Emily. Tapi kalo si suami ada di rumah sih dia yang bacain buku buat Jayden.

Kali ini gua mau sharing beberapa manfaat baik buat gua maupun buat Jayden dari baca buku tiap hari.
1. Menambah kosakata.

Ini mulai terlihat jelas waktu Jayden uda bisa ngomong. Ada beberapa kata benda yang dia tau gara-gara baca buku, terutama yang berhubungan dengan alat transportasi, seperti excavator, tractor, crane, dll. Sejak sekolah, Jayden ga pernah gua kasih nonton lagi, baik itu nonton youtube maupun TV kabel. Dia boleh nonton hanya kalo kami makan di restoran. Ketika Emily lahir gua mulai kelolosan lagi kasih dia nonton, tapi beberapa minggu belakangan ini uda mulai distop lagi. Dan pengganti nonton buat Jayden adalah baca buku, tentu semua buku yang berhubungan dengan alat-alat transportasi. Akibatnya dia jadi tau jenis-jenis pesawat seperti sea plane, atau jenis-jenis kapal seperti cargo ship atau air craft carrier, atau alat-alat transportasi lainnya.

Ini jadi memacu Jayden untuk bisa lebih kreatif agi. Sekarang dia uda bisa utak-atik bikin lego sendiri, dan bentuknya juga ga jauh-jauh dari kapal, pesawat, dan kereta api. Kalo lagi ngobrol dia juga bisa bilang mau naik maglev di Hongkong. Darimana lagi dia tau maglev kalo bukan dari buku. Tapi minusnya dia jadi kurang nyambung kalo ngobrol sama temen-temennya. Ketika yang lain ngobrolin Tayo, PJ Masks, Hi-Five, Jayden malah ngomongin army truck, hahaha.

2. Mensukseskan toilet training.

Dulu pernah ada masa-masanya Jayden takut duduk di toilet kalo mau poop. Dia lebih memilih poop di celana ketimbang di toilet. Gua juga ga ngerti kenapa, padahal sebelumnya baik-baik aja. Bisa jadi mungkin ada trauma poop keras. Waktu itu segala cara uda gua lakukan supaya dia mau balik lagi duduk di toilet. Mulai dari pake toilet seat dengan karakter kesukaan Jayden, tempel stiker di dinding, sampai tim hore-hore supaya Jayden betah duduk lebih lama, tapi semuanya ga ada yang berhasil.

Sampai akhirnya gua beli buku tentang toilet training dengan karakter anak laki-laki. Jayden merasa anak laki-laki dalam buku itu adalah dia. Lalu gua bilang, "Jayden juga harus pinter, kayak Jayden yang ada di buku cerita" Ketika anaknya mulai menunjukkan tanda-tanda mau poop, buru-buru gua dudukin di toilet sambil bawa buku tentang toilet training ini. Lama-lama dia mulai berani duduk di toilet, dan sampai akhirnya bisa ngomong kalo mau poop. Tapi baca buku ini akhirnya jadi kebiasaan. Asal mau poop, mesti harus pilih buku dulu buat dibawa ke toilet, hahaha.

3. Mempermudah waktu sounding buat disapih.

Jayden nyusu sama gua hampir 3 tahun, dan disapihnya tuh susah banget. Gua uda sounding-sounding bahkan dari sebelum dia umur 2 tahun, tapi tetep aja anaknya susah lepas. Lalu menjelang 3 tahun, gua mulai bacain buku dimana tokoh utamanya tidur sendiri. Gua bilang, "Tuh....si ini pinter loh bisa tidur sendiri ga pake nenen, Jayden juga jangan mau kalah" Awalnya sih masih tetep minta nenen, tapi gua sounding terus-terusan sampai akhirnya Jayden lepas nenen. Walaupun berenti nyusunya sebelum umur 3 tahun, tapi dia baru bener-bener berhenti minta nenen ketika gua hamil. Jadi kalo mau nyapih, kuncinya adalah sabar dan konsisten.
Kira-kira itulah beberapa manfaat yang bisa gua sharing. Karena gua liat Jayden suka baca buku, maka gua daftarin jadi anggota perpustakaan di gereja. Hampir tiap minggu begitu selesai sekolah minggu, dia langsung ngacir ke perpustakaan. Walaupun kadang gua bosen ya, buku yang dipilih itu lagi itu lagi, hahaha. Di sekolahannya juga murid-murid ada jadwal pinjam satu buku seminggu sekali, dan orangtuanya juga boleh pinjam dua buku. Dan sebenernya di perpustakaan sekolahnya banyak buku-buku bagus, tapi yang dia pinjam mesti ga jauh-jauh dari alat-alat transportasi. Paling temanya aja yang beda-beda, misalnya minggu ini buku tentang stasiun, minggu depan buku tentang masinis, dan minggu depannya lagi buku tentang jenis-jenis kereta api, hahaha.

Buku-buku yang dipinjam Jayden di perpustakaan.

Ini buku yang gua pinjem buat dibaca Jayden. Isinya bagus, tentang merapihkan apa yang dimilikin. Lumayan jadi bisa bikin Jayden mau beresin mainannya.

Gua senang Jayden suka baca buku. Dan tiap bulan gua selalu usahain bisa beli satu buku buat Jayden. Uda gitu sekarang ketambahan ada Emily, gua jadi bisa mulai koleksi buku-buku princess, hahaha.

Kalo kalian suka baca buku apa?

10 April 2019

Sehat Bersama Heavenly Blus Greek Yogurt

Sebagai ibu menyusui, gua wajib memperhatikan setiap makanan yang masuk ke perut. Walaupun pada prinsipnya ibu menyusui itu boleh makan apa saja selama tidak ada reaksi alergi dari si bayi, tapi gua tentu harus memperhatikan kuantitas dan kualitas ASI yang dihasilkan. Kuantitas ASI bergantung pada supply dan demand, tapi kualitas ASI ini yang harus diperhatikan. Dari apa yang gua baca, ASI mengambil gizi-gizi terbaik dari si ibu. Itu sebabnya ibu menyusui harus makan makanan bergizi, terutama makanan yang tinggi protein. Karena manfaat protein bagi ibu menyusui tuh penting banget buat tubuh.

Selama menyusui, gua selalu merasa lapar, apalagi kalo Emily nyusu terus-terusan. Dan sering banget gua kelaperan di jam-jam nanggung, misalnya sebelum jam makan siang atau sebelum jam makan malam. Padahal gua uda sarapan pake nasi dengan lauk pauk dan sayur, tapi tetap aja beberapa jam kemudian merasa kelaparan.

Sekarang sarapannya begini. Sepotong roti uda ga nampol di perut.

Jadi sekarang kalo pergi kemana-mana tuh harus bawa snack di tas. Kalo dulu sih seringnya bawa snack yang banyak MSGnya, tapi sekarang kan ga bisa, karena selain ga sehat, snack kayak gitu juga ga bikin kenyang. Dan karena gua lagi menyusui, tentu harus pilih snack yang sehat dan bernutrisi bagi tubuh, supaya ASI yang dihasilkan juga berkualitas.

Gua memilih Heavenly Blush Greek Yogurt sebagai snack andalan disaat lapar. Kebetulan gua emang doyan banget sama yogurt. Dan menurut apa yang pernah gua baca, yogurt ini punya banyak manfaat, terutama bagi ibu menyusui, salah satunya untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Nah...greek yogurt ini bukan yogurt biasa. Greek yogurt mengandung lebih banyak protein, karena dibuat melalui proses penyaringan, sehingga lebih kental. Karena greek yogurt ini tinggi protein, otomatis kita akan merasa kenyang lebih lama.

Manfaat greek yogurt untuk ibu menyusui kayak gua bukan cuma sekedar untuk sehat doang, tapi juga untuk tulang. Menurut dokter laktasi yang pernah gua kunjungi, ibu menyusui itu selain harus banyak makan makanan yang tinggi protein, juga harus cukup kalsium. Greek yogurt ini juga mengandung kalsium tinggi, sehingga bagus dikonsumsi selama menyusui.

Greek yogurt di Indonesia diproduksi oleh Heavenly Blush, dan terdiri dari dua jenis, yaitu bentuk cup dan ready to drink. Yang bentuk cup ini disajikan dengan potongan buah, dan dilengkapi dengan sendok kecil, jadi ga perlu lagi repot cari-cari sendok. Kemaren gua beli yang bentuk cup dengan 3 varian topping yang berbeda. yaitu granola, strawberry, dan peach. 

Peach, strawberry, dan granola.

Ini yang strawberry.

Kalo ini yang peach.

Yang ini granola.

Tekstur yogurtnya bener-bener kental, porsinya cukup banyak, dan rasanya juga enak. Dari semuanya gua paling suka yang strawberry, karena manisnya pas banget di mulut, dan buahnya terasa segar. Bentuknya juga ga terlalu besar, jadi bisa dibawa kemana-mana. Lumayan buat cemilan di mobil sambil nungguin anak pulang sekolah.

Menyusui atau tidak, rasanya kita perlu lebih smart untuk memilih snack yang sehat. Dengan tagline "Greek Yogurt tinggi protein, kenyangnya bernutrisi", Heavenly Blush Greek Yogurt ini jadi salah satu snack sehat andalan gua. Yuk dicoba!

Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba Heavenly Blush Greek Yogurt.

03 April 2019

Unimom Mezzo Breastpump

Setelah kemaren mereview electric breastpump merk Spectra Q Plus, kali ini gua mau bahas manual breastpump yang gua pake selama ini.

Waktu hamil Jayden dulu, gua sempet berkunjung ke klinik laktasi di Carolus, dan disitu diajarin caranya merah pakai tangan. Waktu itu tentu baru teori doang, belom bener-bener dipraktekin, karena payudaranya kan belom boleh diapa-apain. Atas dasar itu, tadinya gua berniat ga mau beli breastpump apapun, tapi beberapa temen ngingetin kalo merah pake tangan itu susah. Jadinya gua mulai kepikiran untuk beli breastpump. Karena berniat buat merah pake tangan, jadi gua ga mau beli breastpump yang mahal-mahal, takutnya sayang nanti ga kepake. Sementara yang harganya masuk di kantong ya breastpump yang manual semua, jadilah gua beli manual breastpump tanpa tau kesulitan pemakaiannya seperti apa, hahaha.

Gua lupa siapa, tapi waktu itu ada yang merekomendasikan merk Unimom. Unimom ini ada beberapa tipe. Untuk yang electric kalo ga salah ada tipe Allegro dan Forte, sementara yang manual cuma ada tipe Mezzo. Karena gua niatnya beli yang manual, jadi gua beli yang tipe Mezzo. Waktu itu gua beli di salah satu baby shop di mangga dua dengan harga sekitar IDR 250.000.

Ini sparepartnya, termasuk botol dan dotnya. 

Dapet dudukannya juga supaya bisa berdiri dengan baik.

Kelebihannya :
1. Perintilannya ga begitu banyak, jadi kalo dibawa pergi ga ribet. Walaupun gua punya electric breastpump, tapi kalo pergi-pergi tetep bawanya yang manual. Pernah sekali coba bawa yang electric, gua malah lupa bawa selangnya, hahaha.

Semua cukup dimasukin ke satu cooler bag.

2. Botolnya standard neck, jadi bisa pumping pake botol yang lain. Dan yang paling penting, tutup botolnya itu warna pink, hahaha.
Pake botol kaca ini juga bisa.

3. Pengosongan payudara lebih maksimal. Gua diajarin ama si suster, kalo pake manual, sambil dipumping, payudaranya sambil dipijat-pijat. Jadi kita tau bagian-bagian mana aja yang masih ada aliran ASI-nya. Kadang kalo cuma dipumping biasa uda ga keluar, tapi begitu dipijat ternyata masih ada yang keluar.

4. Karena manual, jadi bisa pumping dimana aja tanpa perlu nyari colokan atau bawa-bawa powerbank.

Pumping di mobil sambil nunggu Jayden pulang sekolah.

5. Tarikannya selalu memancing datangnya LDR. Selama gua pake manual, LDR-nya selalu dateng, kecuali kalo gua lagi kelaperan, hahaha.
Kekurangannya :
1. Pegel. Apalagi kalo pertama kali pake manual, pasti pegel banget. Tapi kalo uda terbiasa pegelnya jadi agak berkurang dikit sih.
2. Lama. Kalo lagi ga begitu penuh biasanya bisa 15-20 menit untuk dua payudara, tapi kalo lagi penuh bisa setengah jam sendiri.

3. Valvenya mudah robek, dan tuasnya juga gampang patah. Untuk valvenya dikasih satu lagi buat cadangan, tapi tuasnya cuma satu. Dulu cari sparepartnya kan rada susah, jadi gua beli satu set lagi. Jadinya gua punya 2 set manual breastpump dengan merk yang sama. Soalnya kalo mau beli merk lain takutnya ga cocok.

4. Gua ga tau kenapa, tapi kalo pasangnya kurang pas suka netes-netes. Trus bentuk corongnya juga bikin kita harus duduk rada bongkok.
Tapi terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, selama pumping buat Jayden dulu, gua cukup puas sama performanya. Cuma emang pegelnya itu yang bikin malesin sih. Tapi enaknya pake manual, kalo pumping subuh-subuh tuh jadi ga ngantuk, sementara kalo electric kan kita ga ngapa-ngapain, jadinya malah ngantuk.

Sama kayak electric, untuk manual ini gua ga pernah cobain merk lain, jadi ga ada perbandingan. Tapi kalo baca reviewnya di forum-forum, tipe electricnya juga lumayan oke sih. Harganya juga lumayan murah dibanding merk breastpump lainnya. Buat yang bingung mau beli merk yang mana, mungkin Unimom ini bisa dipertimbangkan.

Cooler bag hadiah dari orangtua murid, teman setia kalo lagi pergi-pergi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

© Free Blogger Template. Designed By El Design