13 July 2018

Holiday School Program : Fun With Art

Kira-kira minggu lalu, guru les gambarnya Jayden kasih tau kalo akan ada holiday school program "Fun With Art". Kegiatannya diadakan hari Senin sampai Rabu kemaren, mulai dari jam 9 sampe jam 12. Gurunya bilang, anak-anak akan belajar painting di kanvas, belajar sulap, cooking class, dan makan bersama. Biayanya sekitar 100rb per anak, uda dapet kanvasnya dan makan siang. Tanpa pikir panjang, tentu gua langsung daftarin Jayden. Gua jadi punya me time selama 3 jam, dan ga perlu masak makan siang. Yeay!

Hari pertama Jayden belajar painting dan dapet mie goreng buat makan siang. Gurunya bilang Jayden keliatan enjoy. Makannya juga abis, walaupun gurunya bantu suapin, hahaha. Sebenernya Jayden emang uda bisa makan sendiri, cuma lama banget karena nyuapnya tuh dikit-dikit, makanya kalo di rumah suka gua suapin karena gemes banget liatnya, hahaha.

Painting di hari pertama. Tapi hasilnya belom bisa dibawa pulang.

Hari kedua ngelanjutin painting yang kemaren, dan dapet jagung manis keju buat makan siang. Di hari kedua ini moodnya Jayden ga begitu bagus, soalnya sebelum berangkat sempet nangis-nangis dulu gara-gara mainannya ada yang rusak. Gurunya bilang di kelas juga sempet nangis gara-gara apa gua lupa, tapi setelahnya mau ngikutin lagi. Kali ini makan siangnya ga abis. Waktu gua tanya kenapa ga abis, tau ga dia jawab apa...

"Temen-temen yang lain juga pada ga abis koq mami"

Jeng jeng! Koq jadi ikut temen-temennya sih, hahaha. Tapi emang dia ga begitu suka jagung-jagung yang kayak gitu, lebih suka dibikin sop. Pulangnya juga nangis-nangis kelaperan, akhirnya begitu nyampe rumah gua gorengin telor, makanan yang cepet dan gampang, hahaha.

Dan ini hasil karya pertama Jayden di kanvas. Background sama lingkaran-lingkarannya Jayden sendiri yang bikin, cabang pohonnya uda dipolain sama gurunya, dia tinggal nebelin aja.

Waktu gua posting ini di social media, ada temen gua yang nanya, "Anak lu kan cowo, kenapa dilesin gambar?" Heh!? Waktu ditanya gitu, gua bingung harus jawab apa, hahaha. Lagian koq aneh banget sih pertanyaannya. Kalo Jayden les balet, bolehlah dipertanyakan, lah ini kan les gambar, semua gender harusnya boleh dong. Karena menurut dia, anak cowo itu harusnya dibanyakin kegiatan fisik, seperti olahraga atau karate. Bahkan les piano pun dia bilang hanya untuk anak cewe.

Masalahnya...Jayden itu tiap hari selalu melakukan kegiatan fisik seperti lari-lari dan lompat-lompat, makanya gua butuh kegiatan dimana dia bisa duduk diem dan fokus. Salah satunya ya menggambar ini. Daripada anaknya coret-coret tembok rumah gua, mending dia coret-coret di kertas. Pas pulang les itu, papinya ada nanya, "Jayden seneng ga sih les sama Bu T?" dan Jayden jawab seneng. Case closed. Hahaha.

Lanjut. Di hari ketiga ini belajar sulap sama masak-masak, dan dapet nasi goreng buat makan siang. Waktu belajar sulap, gurunya bilang Jayden keliatan excited, cuma pas masak-masak itu dia agak bingung, "Ini kita mau ngapain sih?" hahaha. Tapi masak-masaknya bukan yang pake kompor, melainkan celup-celup biskuit ke lelehan coklat, trus ditaburin meses. Pantesan Jayden suka. Soalnya dulu di SBI pernah ada kegiatan masak burger, dan Jayden ga mau ikut sama sekali. Dia emang ga demen masak, demennya makan doang, hahaha.

Dan ini hasil masakannya.

Waktu gua mau minta, ga dikasih sama Jayden, dia bilang, "Ya ntar mami bikin aja sendiri." Dih koq pelit amat, hahaha. Akhirnya maleman dia bilang boleh, tapi satu aja. Trus pas papinya pulang, dibagi lagi satu biji, hahaha. Sisanya dimakan sendiri sama dia. Untung waktu gua posting ini ga ada yang nanya, "Koq anak cowo dikasih masak-masak?" hahaha. Tadinya kalo ada yang nanya gua mau jawab, "Lah itu bapaknya bikin kue loh" hahaha.

Makan siangnya juga kali ini habis. Gurunya bilang dia suka banget, soalnya nasinya dibentuk mobil-mobilan gitu. Masih tetep bantu disuapin biar cepet habis, tapi perbandingan makan sendirinya lebih banyak. Berarti ntar sekolah makanannya gua bentuk-bentuk gitu juga ah, hahaha.

Paling kecil sendiri di kelas. Sebenernya ada empat anak, tapi yang satu lagi uda dijemput. Sayang ada beberapa anak yang uda masuk sekolah, jadi banyak yang ga bisa ikut.

So far gurunya bilang Jayden enjoy banget, apalagi banyak temen-temen, dan sama sekali ga nyariin maminya. Good job deh. Soalnya ini pertama kalinya gua tinggalin dia selama itu, biasanya kan paling lama cuma 2 jam doang.

Sebenernya dari awal liburan gua uda nyariin holiday school program kayak gini, cuma tempatnya jauh-jauh semua. Dengan kondisi gua yang hamilnya ga karuan, kayaknya males banget kalo harus nyetir jauh-jauh, jadi anaknya di rumah melulu deh. Makanya gua seneng banget waktu guru lesnya bilang mau ngadain acara kayak gini, Jayden jadi punya kegiatan, dan gua jadi punya waktu buat santai-santai sejenak, hahaha.

11 July 2018

Jolly Fields

Waktu libur lebaran kemaren, lagi-lagi nyokap ngajakin ke mall. Awalnya gua males banget kalo harus ke mall, kebayang pulangnya pasti cape banget, tapi karena libur lebaran uda hampir berakhir, jadi hayoklah. Kali ini kami cari yang rada jauhan dikit, tapi jalannya ga pake muter-muter. Mall apakah itu? Gandaria City! Hahahaha. Ini salah satu mall yang paling males gua datengin baik weekdays maupun weekend, karena macetnya ajubile. Untung kemaren jalanan masih sepi, jadi pulang pergi lancar jaya.

Pas di mall, tadinya Jayden mau naik cho cho train. Biasa...kalo pergi sama omanya mah apa-apa pasti dibolehin. Coba kalo berdua sama gua, jawabannya pasti selalu NO! Hahaha. Tapi deket stasiunnya cho cho train, ada playground yang dalemnya keliatan menarik banget, namanya Jolly Fields. Langsung deh anaknya melupakan cho cho train, dan minta main disana.

Jadi playground ini isinya biji-bijian gitu. Sekilas sih mirip jagung, tapi kata mbanya ini biji kacang ijo yang uda dikupas. Gua baru tau kalo warnanya kuning gitu, hahaha. Luasnya sih cuma sekuprit. HTMnya IDR 30.000 untuk 15 menit, dan IDR 60.000 untuk 1 jam. Buat gua ini rada mahal, karena tempatnya ga begitu gede dan mainannya terbatas. Tapi berhubung anaknya uda mupeng berat, jadi ya udahlah, hahaha.

Ini gua foto dari ujung. Jadi luasnya cuma segini doang.

Ada perosotannya.

Di sisi tengah juga banyak mainan kecil-kecil, tapi gua ga gitu jelas ada apaan aja.

Yang pasti banyak bola-bola bertebaran dimana-mana.

Ini kayaknya buat aktifitas mewarnai gitu.

Ada loker dan rak sepatu.

Harga segitu sebenernya uda free 1 pendamping, tapi kemaren gua ga ikut masuk. Pertama, karena gua ga bawa kaos kaki, sementara kalo beli disana tuh harganya lumayan mahal. Kedua, karena tempatnya cuma sejengkal gitu doang, jadi gua merasa Jayden bisa main sendiri tanpa ditemenin. Untungnya kemaren ga begitu rame, jadi Jayden bisa lebih bebas main. Gua kebayang kalo rame pasti ga nyaman banget.

Langsung girang lari-lari.

Banyak mainan kesukaannya.

Gua panggil-panggil pun ga peduli sama sekali, hahaha.

Pokoknya yang penting main deh.

Itu di belakang dia ada orang Korea. Jayden nyapa pake bahasa Indonesia, anaknya bengong, hahaha.

Sebenernya gua mupeng juga sih pengen ikut masuk, hahaha.

Secara konsep, tempatnya menarik sih. Buat anak umur 1-2 tahun kayaknya bagus buat melatih sensorik dan motorik halus, cuma sayang tempatnya kecil. Untuk kebersihan gua ga tau karena ga ikut masuk, tapi karena kemaren ga begitu rame, jadi harusnya masih oke. Buat yang mau main disini gua sarankan bawa kaos kaki sendiri dan bawa baju ganti. Soalnya bijinya itu masuk ampe ke dalem-dalem, hahaha. Langsung deh gua keluarin semua, dan dilap pake tissue basah.

Jayden happy banget sih main disini, tapi mungkin karena ga banyak mainan yang bisa dimainin, jadi begitu waktunya abis, ya dia dengan sukarela keluar, hahaha.

Jolly Fields
Mall Gandaria City
Jl. Sultan Iskandar Muda
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Telp 021-29052888

09 July 2018

2nd Pregnancy : 15 Minggu

Waktu hamil Jayden dulu, gua selalu rajin update perkembangannya setiap pulang dari dokter. Tapi hamil kali ini beda banget, padahal frekuensi gua ke dokter lebih sering daripada waktu hamil Jayden dulu. Demi menghindari rasa kecemburuan antar saudara, jadi marilah kita update.

Lalu gimana kehamilan kedua ini? Karena namanya juga kedua ya, mau ga mau gua jadi ngebandingin sama kehamilan pertama dulu. Jujur waktu awal-awal perlakuan gua ke si janin emang beda banget. Waktu hamil Jayden kan gua emang uda siap mental, dan emang uda pengen, jadi begitu tau gua hamil, gua langsung hati-hati, rajin ajak ngobrol Jayden, dan berasa excited banget deh. Tapi kali ini, karena gua lagi ga merencanakan kehamilan, jadi gua ga berasa excited. Uda gitu gua juga agak cuek, jarang ajak ngobrol, malah kayaknya lebih sering Jayden yang ajak ngobrol ketimbang gua.

Dan mungkin karena itu juga, memasuki minggu ke 7, gua dikasih mual yang parah banget. Mungkin si dede merasa pengen diperhatiin kali ya. Dibanding hamil Jayden dulu, hamil kali ini gua bener-bener mual yang ampe pengen muntah. Kalo dulu cuma eneg-eneg biasa doang, kali ini ampe hoek hoek. Cium bawang-bawangan langsung hoek-hoek, cium nasi mateng langsung hoek-hoek, makan ikan dan udang langsung hoek-hoek, minum susu juga langsung hoek-hoek, bahkan nelen ludah sendiri pun juga hoek-hoek, hahaha. Malah beberapa kali gua muntah di toilet. Kalo dulu gua frustasi karena ga bisa makan enak, kali ini rasa frustasi gua semakin tinggi, hahaha.

Padahal gua pengen banget nyobain menu-menu makanan kekinian kayak es kepal milo atau mie donut gitu, tapi ngebayanginnya aja uda keburu eneg duluan. Porsi makan juga bener-bener ga bisa banyak. Makan satu samyang aja uda langsung eneg dan berasa mual banget. Yang paling menyiksa tuh kalo kondangan. Bukannya rakus, tapi gua selalu suka mencicipi semua makanan yang ada walaupun sedikit-sedikit, biar kalo ada yang mau nikahan, gua bisa kasih referensi makanan apa aja yang enak. Tapi....sekarang baru makan dua stall aja uda berasa begah banget.

Itu baru makanan. Masih ada lagi yang lain, seperti sikat gigi langsung hoek-hoek, mandi lamaan dikit langsung hoek-hoek, naik mobil pake macet juga langsung hoek-hoek, bahkan jalan-jalan di mall pun juga hoek-hoek. Menyiksa banget ga sih, hahaha. Makanya gua jadi males kemana-mana, bawaannya pengen rebahan aja di rumah. Beraktifitas tuh jadi ga nyaman gara-gara mual yang berkepanjangan. Malah gua pernah muntah waktu lagi nyetir dalam keadaan macet. Makanya di mobil selalu sedia kantong plastik, hahaha.

Gua berharap begitu memasuki usia kehamilan 12 minggu, semua badai-badai ini akan berlalu. Karena waktu hamil Jayden ini, pas 12 minggu gua uda berasa rakus, hahaha. Tapi apa yang terjadi? Sekarang usia kehamilan gua uda 15 minggu, dan masih mual aja dong. Makan pun masih belom bisa banyak. Dan karena masih mual-mual, berat gua naiknya irit banget, cuma 0,3 gram doang, hahaha. Uda gitu waktu 10 minggu itu beratnya sempet turun 1 kilo.

Selain mual, masih ada keluhan-keluhan lain, seperti perut kenceng, perut sakit, sembelit, dan kepala pusing. Pokoknya kehamilan kali ini banyak banget deh keluhannya. Makanya waktu si suster pulang kampung tuh gua berasa stress banget. Begitu abis mandiin Jayden, perut gua langsung berasa sakit. Bahkan pernah sekali keluar flek saking kecapeannya.

Tapi selain keluhan-keluhan yang gua sebutkan diatas, gua bersyukur banget si dede tumbuh dengan sehat dan normal. Kemaren kami ke dokter, dan semuanya sehat. Detak jantungnya bagus, tangan dan kakinya juga uda keliatan. Dan seiring berjalannya waktu, gua mulai bisa menerima kehamilan ini dengan hati yang lebih terbuka. Apalagi kalo ngeliat Jayden kayaknya sayang banget sama si dede, hati kayaknya lebih hangat.

Lalu gimana Jayden? Di luar dugaan, ternyata ga butuh waktu lama untuk meyakinkan Jayden kalo dia sebentar lagi akan punya dede. Emang waktu pertama kali kami kasih tau, dia keliatan uda excited banget, tapi kan wujudnya belom keliatan, jadi kami merasa dia cuma seneng sesaat. Tapi ternyata engga loh, Jayden yang selalu rajin nyapa si dede tiap hari. Dia juga selalu cium-cium perut gua. Bahkan pernah waktu kami lagi nonton film, dimana ada adegan kejar-kejaran yang cukup menegangkan, dia tiba-tiba elus-elus perut gua sambil bilang, "De...takut ya? Ga usah takut ya de" hahahaha. Gemes banget sih.

Kemaren kami juga ajak Jayden ke dokter, dan dia excited banget waktu ngeliat gambarnya si dede di layar USG. Trus pas didengerin suara detak jantungnya, tiba-tiba Jayden bilang, "Dede...kenapa? Jangan nangis ya de" hahaha. Dokter ama susternya langsung ketawa. Tapi emang dari tahun lalu dia tuh uda minta-minta dede melulu. Dia selalu suka kalo ngeliat baby-baby gitu. Bahkan pernah ampe dibawa dalam doa, "Tuhan Yesus, Jayden mau punya dede" dan doanya pun dikabulin sama Tuhan, hahaha.

Untuk dokter, karena satu dan lain hal, kami memutuskan untuk ganti dokter. Rumah sakitnya sih tetep sama, cuma dokternya aja yang beda. Kebetulan pas liat list dokter di rumah sakit, ada nama dokter yang kayaknya ga asing, yaitu Dr. Radius. Gua jadi keingetan Py, langsung deh gua contact buat nanya-nanya. Dari pertama kali ketemu, kami uda sreg. Kayaknya uda agak tua, tapi belom tua-tua amat, mukanya juga masih enak diliatlah (penting! hahaha), dan keliatan sabar banget. Uda gitu si dokter ini buka klinik sendiri di daerah Mangga Besar. Agak lebih jauh sih dari rumah gua, tapi gua lebih suka ke klinik begini ketimbang harus ke rumah sakit. Plus...lebih murah! Hahahaha.

Trus uda ngidam apa aja? Kali ini ga pake acara ngidam-ngidaman, hahaha. Bener-bener beda deh. Dulu kayaknya gua pengen ini pengen itu, makanya berat gua naiknya drastis (dan ga turun-turun). Cuma ada beberapa makanan yang emang selalu jadi favorit, salah satunya ya bakmi. Gua curiga si dede kayak kokonya nih, doyan banget sama mie. Dan...kliniknya si dokter ternyata deket banget sama Bakmi Hoya. Salah satu mie B2 terenak yang pernah gua makan, hahaha.

Segini IDR 20.000. Gua bilang ini ga gitu mahal loh, soalnya mie ayam di deket rumah gua aja IDR 19.000. Rasanya? Nikmat banget deh.

Sebagai penutup, ini penampakan bumil sekarang. Jangan pada kaget ya liat gajah bengkak, hahaha.

Kalo pake baju yang agak gombrongan dikit, orang-orang masih ga ngeh kalo gua lagi hamil, hahaha.

Ini edisi kondangan. Mumpung baju lagi bagus, muka lagi kinclong, mari pepotoan dulu.

Sehat-sehat terus ya de. Mami, papi, dan koko Jayden uda ga sabar ketemu kamu. We love you.

06 July 2018

Kulari Ke Pantai



 
Cast :

Maisha Kanna : Sam
Lil'li Latisha : Happy
Marsha Timothy : Uci
Suku Dani : Dani

Sinopsis :

Sam, si anak pantai asal Rote-NTT, beserta ibunya, Uci, akan melakukan perjalanan darat berdua saja. Rencana perjalanan adalah dari Jakarta dengan tujuan akhir Banyuwangi, untuk menemui surder idola Sam di pantai G-Land. Namun sehari sebelum keberangkatan, sepupu Sam, Happy, yang sangat berbeda dengan Sam, berulah saat kumpul keluarga di Jakarta. Di hadapan banyak orang, Happy merendahkan Sam. Ibu Happy, Kirana, meminta Happy ikut dalam perjalanan Sam dan Uci dengan harapan ia bisa mengenal dan menghargai sepupunya lebih baik. Perbedaan keduanya membuat perjalanan darat dengan mobil menjadi penuh tantangan dan tidak sesuai rencana. Berbagai situasi tak terduga muncul dan berbagai karakter unik dan lucu mereka temui dalam perjalanan.

Sinopsis diambil dari Cineplex.

Review :

Ketika orang-orang mereview film "si semut" gua malah mau nulis tentang film Kulari Ke Pantai ini, hahaha. Ini akibat si suami janji sama Jayden mau ngajakin nonton film pantai, ditagihlah terus sama anaknya. Sampe Jayden bilang, "Papi koq ga pulang-pulang? Katanya mau nonton film pantai" hahaha. Begitu terus ampe gua bosen dengernya. Dan akhirnya semalem kami ada kesempatan buat nonton juga.

Gua menaruh harapan tinggi sama film ini. Apalagi dengan adanya nama Mira Lesmana dan Riri Riza yang dulu sukses membuat film Petualangan Sherina, bikin gua merasa film ini pasti akan bagus. Tapi apa yang terjadi? Secara keseluruhan gua merasa ceritanya kurang dalem. Entah apa karena ini film anak-anak, jadi masalahnya kurang digali lebih dalam. Tapi buat gua, konfliknya kurang greget, ga ada klimaks, bahkan akhir dari permasalahannya pun ga jelas. Mau ga mau gua jadi ngebandingin sama Petulangan Sherina yang walaupun ceritanya juga sederhana, tapi baik alur maupun konfliknya menarik untuk ditonton.

Gua juga ga nangkep chemistry antara Sam dan Uci sebagai ibu dan anak. Malah gua suka dengan karakter Happy di film ini. Masalah yang dia hadapin lebih kompleks, mulai dari ga suka sama Sam, sampai akhirnya dia harus keluar dari comfort zonenya. Cuma ya itu, konfliknya lagi-lagi nanggung. Jujur gua ga nangkep film ini mau bercerita tentang apa. Tentang ibu dan anak, tapi nanggung. Tentang kedekatan antar sepupu juga nanggung. Semua serba nanggung, hahaha.

Tapi....film ini terselamatkan dengan pemandangan alam Indonesia yang ciamik banget. Mulai dari pantainya, sawahnya, gunungnya, semuanya diambil dengan angle-angle yang memanjakan mata. Apalagi waktu ada adegan surfing, gila itu keren banget, bikin gua kangen sama pantai. Untuk lagu-lagunya juga enak didenger, cuma sayangnya kurang ngeblend sama filmnya, dan gua berasa lagunya kurang anak-anak. Kata si suami, mungkin anak-anak jaman sekarang genrenya kayak gitu kali ya.

Kalo mau dibandingin sama Petualangan Sherina sih jauh banget, tapi karena bioskop kita uda lama ga ada film anak-anak kayak gini, jadi bolehlah ditonton. Siapa tau menurut kalian malah filmnya bagus, hahaha. Sebenernya selain ini ada film anak-anak lain, judulnya Koki-koki Cilik. Tapi waktu Jayden ditanya, mau nonton film masak-masak apa film pantai, dia jawabnya film pantai, ya wes deh, hahaha. 

Lalu Jayden gimana? Di beberapa adegan dia lumayan excited, tapi ada beberapa adegan yang dia keliatan bosen. Tapi untungnya nonton film anak-anak, yang berisik bukan cuma Jayden doang, ada beberapa anak-anak lain yang juga berisik, hahaha. Soalnya sepanjang film banyak pertanyaan keluar dari mulut Jayden, "Happynya dimana mami?" atau "Kacamatanya Happy kenapa diambil mami?" atau "Mobil vannya mana mami?" uda gitu suaranya kenceng banget pula, hahaha.

04 July 2018

Chung Gi Wa & Paletas Wey

Siapa disini yang masih menanti kedatangan ART atau suster? Saya! Hahaha. Sebelumnya si suster emang uda bilang, kalo lebaran kali ini dia minta ijin pulang agak lamaan, karena suaminya mau dioperasi. Uda pasti balik sih, cuma dia ga bisa mastiin waktunya. Gua jadi harap-harap cemas. Bukan karena takut ga balik lagi, cuma dengan kondisi gua sekarang, ngurusin Jayden jadi ga maksimal.

Sebenernya ngurusin Jayden sekarang uda enak banget. Dia bisa makan sendiri, tidur sendiri, sikat gigi sendiri, dan kadang-kadang sirem-sirem badan sendiri pas mandi, cuma....anaknya tuh kudu dibilangin terus, "Jayden ayo suap lagi!" atau "Jayden gigi atasnya disikat" atau "Jayden beresin mainan" yang ada gua bukan cuma lelah fisik, tapi juga lelah mental. Ketambahan lagi beberapa hari yang lalu dia demam ampe 39, dan begitu sembuh, anaknya jadi tantrum parah, yang ada kerjaan gua marah-marah melulu tiap hari.

Uda gitu tahun ini si suami sibuk dengan bisnis barunya, jadi ga bisa bantuin gua. Gimana mau bantuin kalo pergi pagi pulang malem, bahkan hari minggu pun harus kerja karena ngejar setoran buat hari Senin. Gua minta dipijitin aja, ga berapa lama ketiduran. Mau complain juga ga bisa, apalagi ini urusan kerjaan, dan berhubungan dengan masa depan keluarga. Kalo dibilang cape, gua yakin dia juga cape, tapi kayaknya gua yang lebih banyak ngeluh ketimbang dia, hahaha. Sampe pernah di satu titik, kami ribut saking capenya. Untung ributnya ga pake lama-lama. Tapi sesekali kalo dia di rumah, dia masih mau mandiin atau kasih makan Jayden. Lumayan gua bisa leha-leha sejenak.

Akhirnya nyokap cariin ART nginep buat bantu-bantuin gua. Dan Puji Tuhan kemaren kami kedatangan mbak baru. Orangnya sih uda lumayan tua, tapi sepintas keliatannya baik. Mudah-mudahan feeling gua ga salah. Sebenernya kami uda ada mbak cuci gosok yang pulang hari, tapi dia di rumah cuma ampe jam 10, setelahnya tetep harus gua yang manasin makanan atau cuci piring. Belakangan gua suka ngerasa perutnya sakit, jadi lebih butuh banyak rebahan ketimbang berdiri lama-lama di dapur. Makanya dengan adanya mbak baru di rumah, mbak cuci gosoknya gua stop. Karena yang handle Jayden semuanya masih gua, si mbak baru ini bisa sekalian ngerjain pekerjaan rumah tangga. Paling bantu jagain Jayden kalo gua kerja. Tapi gua kerja juga paling 2-3 jam uda pulang. Mudah-mudahan si mbak betah deh di rumah gua.

Lalu si suster gimana? Si suster tetep kerja sama kami. Toh sebentar lagi kan Jayden akan punya dede, dan gua tetep butuh dia buat bantuin ngurusin dedenya Jayden. Soalnya bulan Juli ini Jayden akan mulai sekolah, jadinya gua akan ribet anter jemput Jayden. Tadinya dia uda mau pensiun, tapi begitu tau gua hamil, dia memutuskan untuk tetap kerja sama kami, paling engga sampe lebaran tahun depan. Gua sedikit lebih lega lah.

Begitulah sekilas info mengenai si suster dan ART, hahaha. Sekarang mari kita masuk ke postingan yang sesungguhnya.

Seperti yang gua bilang, lebaran tahun ini kami ga keluar kota. Karena ga keluar kota, kami pun jalan-jalan ke mall. Sebenernya lebaran sepi begini enakan ke mall yang rada jauhan dikit ya dari rumah, tapi apa daya...gua malas! Hahaha. Jadinya kami ke mall yang deket dari rumah, yaitu Central Park Mall. Hahaha. Kebetulan hari itu suami ga kerja, jadi bisa seharian sama kita. Yeay!

Begitu nyampe, pas jam makan siang. Dan kami memutuskan makan di Chung Gi Wa. Gua inget dulu banget pernah makan di Chung Gi Wa, tapi lupa-lupa inget rasanya kayak gimana. Yang di Central Park ini ga ada lesehan, tapi interiornya mirip-mirip, banyak didominasi warna coklat.

Harganya lebih murah sedikit dari Born Ga.

Side dish. Ga sebanyak Born Ga ya, tapi rasanya lumayanlah.

Kimchi!

Ini salah satu yang gua suka, hahaha.

Dan ini menu-menu yang kami order. Kebanyakan sih order yang haram-haram, hahaha.

Japchae
IDR 105.000
Rasanya lumayan, cuma agak sedikit berminyak.

Jumuluk
IDR 195.000
Ini daging sapi, katanya sih short rib. Dagingnya empuk, dan rasanya juga enak.

Samgyeopsal
IDR 97.000
Ini pork belly. Sebenernya rasanya biasa aja, tapi karena crunchy, jadinya tetep enak dimakan, hahaha.

Boltegsal
IDR 99.000
Ini pork cheek. Biasa si suami sukanya pesen yang aneh-aneh. Dan gua merasa porsi daging babinya lebih banyak daripada daging sapi, padahal lebih murah loh. Rasanya gimana? Enaaaaaaaakkk banget! Juicy dan empuk. Jayden lebih doyan ini ketimbang sapi, hahaha.

Yangnyeom Gui
IDR 97.000
Ini daging babi pake Chung Gi Wa special's sauce. Menu terakhir yang kami order, dan emang ga salah save the best for the last. Rasanya lebih enaaaaaaakkk lagi. Dagingnya empuk, bumbunya berasa, gurih, dan endes banget di mulut. Jayden malah lebih doyan lagi, ampe gua kayaknya ga rela bagi-bagi Jayden, hahaha.

Mami....aku mau makan dagingnya dong.

Kalo dibandingin sama Born Ga, tentu lebih enakan Born Ga. Tapi karena dari segi harga murahan Chung Gi Wa, jadi buat gua masih okelah. Dan kemaren itu kami bener-bener kayak pesta daging, pokoknya puas banget lah, hahaha. Servicenya juga oke.

Sebelum pulang, kami mampir dulu ke counter Paletas Wey di lantai dasar. Buat yang ga tau, Paletas Wey ini es krim, dan menu andalan mereka adalah buah-buahan. Pusatnya sih di Bali, tapi uda buka cabang di beberapa mall di Jakarta. Sebenernya gua uda ngiler berat waktu ngeliat instagram salah satu artis, tapi baru kesampean makan sekarang.

Wild Berries
IDR 32.000
Rasanya bener enaaaaaaakkk banget! Walaupun dicampur susu, tapi ga begitu manis dan ga bikin eneg. Uda gitu karena ada buah berriesnya, jadi ada rasa asem-asem seger. Next gua pengen coba yang buah-buahan ah.

Lagi-lagi es krim gua diembat si bos kecil, hahaha.

Muka mami ga rela bagi es krim ke anak, hahaha.

Hari itu gua pulang dengan riang gembira. Walaupun begitu nyampe rumah langsung hoek hoek lagi gara-gara naik mobil, tapi seneng karena ditemenin si suami seharian. Dia juga seneng karena bisa quality time bareng keluarga. Jayden juga seneng karena bisa seharian bareng papinya.

28 June 2018

Satu Malam Di Cirebon

Sebelum bulan Juni berakhir, gua mau cerita tentang acara jalan-jalan kami ke Cirebon awal Juni kemaren. Dan karena uda hampir basi, jadi banyak detail yang gua lupakan, hahaha. Warning! Postingan ini akan sangat panjang dan banyak fotonya, jadi siap-siap ya.

Dari awal bulan Mei nyokap ribut pengen ngajakin Jayden naik kereta api ke Cirebon. Katanya dia punya sepupu disana, jadi kita bisa nginep di rumahnya. Nyokap emang orang Cirebon, walaupun lahirnya di Jakarta, tapi pernah beberapa tahun tinggal di Cirebon. Sejujurnya gua agak males, karena sejak hamil, untuk pertama kalinya dalam sejarah, gua males banget jalan-jalan. Bawaannya tuh pengen ngendon aja di rumah. Bahkan ke mall pun ga nafsu, hahaha. Tapi kasian juga ngeliat Jayden, dari kapan tau dia uda ribut pengen naik kereta eksekutif.

Akhirnya gua minta si suami untuk beli tiket kereta api di Tokopedia, untuk perjalanan tanggal 1-2 Juni. Kebetulan tanggal 1 itu kan hari libur, dan tanggal 2 hari Sabtu, jadi pas lah. Waktu pergi itu, kehamilan gua memasuki usia 10 minggu. Gua jadi inget, dulu waktu hamil Jayden, di umur 10 minggu gua jalan-jalan ke Singapore, dan begitu nyampe sana mual-mualnya hilang. Jadi kali ini gua berharap, begitu nyampe Cirebon, mual-mualnya hilang juga, hahaha.

Pas tanggal 1, kami semua uda bangun dari jam 6 pagi, dan jalan dari rumah jam 7 pake go-car. Walaupun keretanya berangkat jam 9, tapi kami pengen tiba lebih awal di stasiun untuk sarapan dulu. Rombongan yang pergi sama kayak biasanya, ada bokap, nyokap, si suster, gua, si suami, dan Jayden. Begitu nyampe, kami sarapan dulu di Bakmi GM. Kayaknya gua baru kali ini makan di restoran yang ada di stasiun, ternyata tempatnya ga begitu luas ya, malah cenderung sempit.

Bos kecil pun ikut sarapan mie, salah satu makanan favoritnya.

Sekitar setengah 9, kami langsung masuk ke kereta. Sebenernya agak kecepetan sih, karena begitu masuk Jayden nanya melulu, "Mami...ini uda mau jalan belom?" hahaha. Tapi kalo mepet juga takutnya repot.

Pose dulu sebelum berangkat. Akhirnya naik cho cho train juga.

Mereka berdua yang paling semangat ke Cirebon, hahaha.

Akhirnya pas jam 9 keretanya berangkat juga. Kali ini kami naik Argo Jati yang eksekutif. Jayden excited banget sepanjang perjalanan. Awal-awal duduk manis, tapi begitu uda mau nyampe mulai ga betah, dan sesekali jalan sana-sini, hahaha. Cuma selama 3 jam perjalanan, dia ga mau pipis. Gua suruh pipis pas lagi berenti pun ga mau sama sekali. Ya udahlah, begitu nyampe stasiun langsung dipipisin.

Asik ngeliat pemandangan.

Sekitar jam 12 kami nyampe juga di Cirebon. Begitu nyampe gua ga terlalu perhatiin detail stasiunnya, karena yang mau jemput kami uda nyampe, jadinya kami buru-buru keluar.

Tapi dibandingin Purwokerto, stasiun Cirebon ini keliatannya lebih kecil.

Kami dijemput sama sepupunya nyokap, yang akan gua panggil si tante, hahaha. Si tante ini punya dua anak laki-laki yang uda pada menikah semua, jadinya di rumah dia ada dua kamar kosong. Makanya waktu nyokap bilang kita mau ke Cirebon, si tante langsung menawarkan untuk nginep di rumahnya. Yang mana keputusan ini bagus karena menghemat biaya hotel, tapi juga ternyata kurang tepat karena suaminya itu ternyata perokok berat. Nanti gua ceritain detail ya.

Dari stasiun, kami menuju rumahnya si tante untuk naro barang-barang, sekaligus istirahat sebentar. Setelah ngobrol-ngobrol santai, kami pun pergi untuk makan siang. Kali ini kami makan di Empal Gentong Mang Darma. Jujur untuk trip kali ini, gua ga terlalu survey-survey amat makanan yang terkenal apa dan dimana, cuma tau sekilas beberapa tempat doang. Untuk lokasi Empal Gentong Mang Darma ada dimana, mohon maap gua juga lupa, hahaha.

Yang pasti sebelahnya ada Alfamart, hahaha.

Yang masak ada di depan.

Ternyata empal gentong itu mirip-mirip soto santan ya, cuma bedanya dia pake lontong. Dagingnya bisa isi daging semua, atau campur babat, kikil, dan segala jenis kolestrol lainnya, hahaha. Untuk harga, sekali lagi mohon maap, saking kelamaan nulis, gua uda lupa harganya berapa.

Gua pesen yang campur. Sekali-kali gpp lah, hahaha. Rasanya asli enaaaaaaaakkkk banget! Dari segala kuliner di Cirebon, gua paling suka sama empal gentong. Jayden juga doyan, cuma makannya pake nasi putih, hahaha.

Cabenya pake cabe bubuk.

Dari situ kami menuju ke Strawberry Cafe & Bakery, yang merupakan milik salah satu anaknya si tante. Untuk bakerynya, selain juga roti-rotian, mereka juga jual oleh-oleh khas Cirebon kayak manisan gitu.

Lagi-lagi gua lupa letaknya dimana.

Roti-rotian yang dijual. Lumayan kami beli beberapa buat sarapan besok.

Dan gua menemukan ini! Ya ampun ini jajanan gua waktu sekolah dulu. Begitu nyampe Jakarta gua berasa nyesel cuma beli satu biji. Padahal harusnya ga boleh makan micin banyak-banyak ya, hahaha.

Ini roti-roti yang kami beli.

Untungnya selama kami di Strawberry, Jayden tidur siang di mobil, jadi lumayanlah. Pas begitu kami selesai belanja, Jayden bangun. Dari situ kami mampir ke restorannya si tante, namanya Warung Makan GSP. Ini sekeluarga kayaknya pada punya usaha semua, baik usaha kuliner, maupun usaha yang lain. Kami mampir kesini karena kebetulan si tante ada urusan sebentar, jadi sekalian liat-liat.

Yang gua inget, ini tempatnya agak masuk-masuk ke dalem gitu.

Tempatnya gede banget, ada kolam ikan dan mini playgroundnya. Jayden ga bisa ngeliat playground kayak gitu, langsung deh dia ngacir kesana, hahaha.

Ada lesehan, tapi juga ada tempat duduknya.

Ngeri-ngeri sedap kalo bawa balita ke tempat model gini, takut anaknya nyemplung, hahaha.

Dari yang tadi nyawa belom ngumpul karena baru bangun tidur, langsung girang deh.

Gua pesen es jeruk nipis yang seger banget. Hamil kali ini emang demennya yang asem-asem seger.

Foto dulu sebelum pulang. Yang moto si suster.

Tadinya kita mau nyemil-nyemil disini, tapi karena jamnya deket buka puasa, mereka lagi agak ribet menyelesaikan pesanan untuk buka puasa. Jadinya kita langsung pulang buat mandi dan istirahat sebentar.

Begitu nyampe rumah, kami langsung naik ke atas untuk istirahat. Kamar kami emang ada di lantai 2, sementara kamarnya si tante di lantai 1. Jayden juga langsung mandi, dan ganti-gantian sama lain, karena kamar mandinya cuma satu, hahaha. Begitu selesai mandi, si suami bilang kalo ada si om (suaminya si tante) di bawah, langsung deh gua samperin. Dan waktu gua turun, si om lagi ngobrol sambil asik ngerokok di ruang makan. Buru-buru deh abis salaman gua naik lagi ke atas. Sebenernya gua bisa sedikit tahan sama asap rokok, cuma karena lagi hamil, jadi agak sensitif. Jayden juga gua "kurung" terus di atas. Soalnya sejak itu gua ngerasa Jayden jadi agak batuk.

Setelah semuanya beres, kami langsung berangkat untuk pergi makan malam. Tapi sebelumnya Jayden makan dulu di rumah. Tadi siang kan gua pesenin satu porsi buat Jayden, karena ga abis, jadinya dibungkus bawa pulang. Sorenya dia makan sisaan empal gentong dulu, sambil nunggu yang lain selesai mandi. Makan malam kali ini kami makan di Strawberry Cafe. Jadi kalo tadi siang mampir ke bakerynya, sekarang mampir ke cafenya.

Nah...disini gua ngerasa suasana agak kurang enak. Karena makan bareng perokok, jadinya kami duduk di area outdoor, termasuk Jayden juga. Tapi Jayden sama suster di meja lain, biar ga terlalu deket sama asap rokoknya. Gua mau coba memisahkan diri, tapi kayak ga enak karena makannya satu menu dibagi rame-rame, jadi terima nasib deh. Untung si om duduk rada jauhan dari gua, jadi agak mendingan dikit.

Menu di Strawberry ini beragam sih. Gua lupa-lupa inget spesialisnya apaan, tapi yang gua inget menu andalannya ada di bistik sapi. Ini menu-menu yang berhasil gua foto.

Ramen pesenan si suami.

Misoa. Yang ini lumayan enak karena ada ebi dan minyak wijennya lumayan berasa. Jayden juga doyan.

Kentang goreng, cemilan si suami dan Jayden, hahaha.

Selain ini kami masih order banyak banget, cuma gua lupa apaan, dan ga difoto juga, hahaha. So far makanannya enak-enak, cuma micinnya berasa banget, soalnya abis itu leher gua uhuk uhuk melulu. Lagian rasanya gurih banget sih.

Sekitar jam 10 malam kami minta ijin untuk pulang duluan. Soalnya kepala gua uda berat banget, dan Jayden juga harus tidur. Begitu di mobil, gua berasa mual parah. Entah karena makanan, atau karena asap rokok, yang jelas malam itu bawaannya pengen langsung tidur. Tapi hari itu tidur ga nyenyak banget karena Jayden tengah malem batuk-batuk ampe bangun. Sebelnya lagi, kali ini si suster lupa bawa obat-obatannya Jayden, dan gua juga lupa buat ngingetin.

Besok paginya gua minta si suami beliin bubur buat Jayden. Soalnya di hari kedua ini kami mau kulineran lagi, dan gua merasa makanannya kurang cocok buat Jayden yang lagi batuk gini. Makannya lumayan sih, cuma abis itu batuk-batuk ampe muntah, keluar semua deh makanannya. Disuruh makan lagi uda ga mau.

Begitu semuanya beres, kami pinjem mobilnya si tante untuk pergi makan. Pemberhentian pertama adalah...Nasi Jamblang Mang Dul.  

Keliatannya sepi, tapi di dalem lumayan rame.

Untung kami dateng pagi-pagi, katanya makin siang makin rame.

Gua agak sulit mendeskripsikan apa itu nasi jamblang, yang jelas disana ada lauk yang bisa diambil semau kita. Lauknya macem-macem sih, mulai dari sate-satean, pepes, tahu, tempe, kerang, ayam, dan lain-lain.

Ambil sendiri yang mana yang kita mau.

Segala daging-dagingan juga ada.

Ini nasinya, mirip nasi kucing ya. Kalo cowo mungkin makan tiga baru nampol. Tapi kemaren gua cuma ambil satu. Maklum...masih mual-mual sisa semalem, jadi ga bisa makan banyak.

Ini menunya gua. Ada pepes jamur, sate udang, cumi, dan tahu goreng. Rasanya? Enaaaaaaakkkk! Hahahaha. Lauk-lauk lain yang gua cobain juga enak-enak.

Nyokap mejeng dulu.

Dari situ kami mampir lagi ke tempat nyokap dulu tinggal, katanya di seberangnya ada nasi lengko enak. Atas dasar nostalgia, kami langsung meluncur kesana.

Ini jalanannya.

Namanya Nasi Lengko Pagongan, letaknya persis di Jalan Pagongan.

Tempatnya luas dan mejanya banyak.

Ini namanya nasi lengko. Enak! Mirip-mirip kayak ketoprak, cuma bedanya nasi lengko ini pake nasi.

Sate kambing. Agak sedikit keras, tapi ga bau, dan enak banget.

Kata nyokap ini kecap manis enak banget. Pabriknya ada di seberang nasi lengko ini, dan dia pun beli dua botol, hahaha.

Yang moto si suami.

Untung sebelumnya Jayden uda makan bubur di rumah, soalnya kalo ikut kita-kita makan, gua bingung dia makan apa kalo lagi batuk begini. Selesai makan, kami langsung menuju ke Toko Sinta, tempat yang katanya menjual oleh-oleh Cirebon. Setelah sempet muter-muter, akhirnya kami parkir di ujung jalan, dan jalan kaki ke Sinta.

Masih rada sepi dan cuaca ga terlalu terik, jadi jalan kaki masih okelah.

Suasana di Toko Sinta. Lantai 1 menjual aneka macam manisan dan makanan kering lainnya. Sebenernya ga boleh dicoba, tapi entah kenapa kemaren mbak-mbaknya memperbolehkan kami untuk nyoba, hahaha.

Lantai 2 menjual batik-batik.

Dan kerajinan tangan lainnya.

Ini plang tokonya.

Disini kami lumayan ngeborong banyak makanan dan beberapa batik buat Jayden sekolah nanti. Dan disini juga Jayden sempet ilang. Padahal lagi batuk, tapi lari-lari mah tetep ga berenti. Waktu kami di lantai 2, tiba-tiba kami kehilangan Jayden. Di tengah-tengah kepanikan, tiba-tiba ada suara anaknya dari lantai satu manggil "Mami....!!!" Ternyata dia turun sendirian ke lantai 1. Padahal beberapa menit sebelumnya gua masih liat dia di lantai 2. Duh! Bikin jantung copot aja.

Di luar Toko Sinta, ternyata ada yang jual tahu gejrot. Mendengar nama makanan yang satu ini, tentu kayaknya ga boleh dilewatkan. Akhirnya kami beli deh, hahaha.

Itu tukang tahu gejrotnya.

Emak sama anak mejeng dulu dong.

Nyam nyam. Rasanya? Tahunya enak sih, garing dan lembut, tapi kuahnya kurang cocok di lidah gua. Kayaknya uda terbiasa sama tahu gejrot yang di Jakarta kali ya.

Setelah itu kami pun pulang ke rumah untuk beres-beres dan packing. Lagi-lagi begitu kami nyampe si om lagi ngerokok dengan santainya di ruang makan. Gua dan Jayden langsung buru-buru ke atas. Uda gitu selama diatas Jayden batuk-batuk melulu ampe nangis. Kasian banget deh liatnya. Kayaknya ini liburan paling tidak menyenangkan buat Jayden.

Seketika itu juga, gua merasa keputusan kami untuk nginep di rumah si tante rada salah. Nyokap juga ga tau kalo si om itu perokok berat. Gua ga ngerti juga Jayden batuk karena makanan atau karena sering terpapar asap rokok. Akhirnya gua dan Jayden bener-bener ngendon di atas melulu, sama sekali ga turun ke bawah. Biarin deh dibilang ga sopan juga. Kesehatan lebih penting. Jayden juga makan siang di lantai dua, padahal ruang makannya ada di lantai satu.

Siangnya gua dan suami memutuskan untuk pergi ke mall, sekalian kami bawa Jayden juga. Kebetulan kemaren pas kami lewat Cirebon Super Block Mall, gua liat ada logo Ta Wan. Pikir beli bubur di Ta Wan buat makan malam Jayden, sekalian cari obat batuk disana.

Kami nyampe pas jam makan siang, dan parkiran lumayan penuh. Untung ga berapa lama dapet juga. Begitu nyampe, kami langsung ngacir ke food court untuk makan siang. Gua berharap bisa nemu mie koclok disana, tapi ternyata ga ada. Akhirnya beli mie di salah satu stall. Lumayanlah sama-sama mie, hahaha.

Ini mie punya gua. Lumayan rasanya enak.

Ini punyanya si suami. Gua lupa ini apaan, hahaha.

Selesai makan, si suami ke Ta Wan untuk beli bubur, si suster makan, sementara gua nemenin Jayden di Fun World. Trus sempet mampir ke Century buat nyari obat batuknya Jayden, tapi ga ketemu. Ya udahlah. Akhirnya kami pulang.

Begitu nyampe rumah, kami langsung packing-packing, dan mesen go-car. Sebelumnya si tante emang uda minta maaf, dia ga bisa nganterin ke stasiun karena mau pergi sekeluarga. Jadwal kereta kami itu jam 4 sore, sementara jam 3 kami masih di rumah, hahaha. Katanya dari situ ke stasiun deket sih, ga nyampe setengah jam uda nyampe. Akhirnya ga lama mobilnya dateng. Masalahnya si suami kan mesen mobil yang rada gedean, tapi yang dateng itu city car lagi. Jadilah kami semua empet-empetan di mobil, hahaha.

Perjalanan ke stasiun sempet kena macet dikit, kami semua uda deg-degan, tapi untungnya nyampe tepat waktu. Langsung deh si suami buru-buru print tiket, trus gendong Jayden, dan kami lari-lari ke kereta, hahaha. Waktu nyampe ga bisa menikmati stasiun, pulangnya juga ga bisa, hahaha.

Padahal lagi batuk, tapi masih mau disuruh senyum.

Papinya mau ikutan foto.

Pulangnya kami naik kereta Tegal Bahari kelas eksekutif. Kali ini keretanya kurang bagus. Entah banyak batu-batu di rel atau gimana, yang pasti perjalanannya sedikit bikin dag dig dug. Secara kenyamanan juga beda jauh sama Argo Jati.

Begitu kereta jalan, Jayden langsung blek tidur di pangkuan gua. Sempet mau dipindahin ke suster, tapi anaknya langsung melek bangun dan bilang ga mau.

#momlife.

Di tengah-tengah perjalanan pindah ke bapaknya.

Sekitar jam 7 malam, kami pun nyampe di Jakarta. Si suami langsung pesen go-car lagi, dan ga lama kami nyampe di rumah. Begitu nyampe rumah, perut gua langsung berasa sakit. Bawaannya pengen mandi dan tiduran. Jayden juga sempet dipaksa makan bubur dulu sebelum tidur.

Jujur liburan kali ini gua kurang begitu menikmati. Ternyata harapan selama di Cirebon mual hilang itu ga terjadi sama sekali. Yang ada gua malah makin mual, dan kepala jadi pusing. Ketambahan Jayden batuk, jadi bikin gua makin senewen. Untungnya makanan disana enak-enak, setidaknya ada hal yang menyenangkanlah untuk dikenang. Si suami uda bilang, lain kali kalo mau ke Cirebon mending nyetir sendiri dan nginep di hotel. Kitanya juga lebih bebas. Tapi kayaknya gua ga akan ke Cirebon lagi dalam waktu dekat, yang penting uda tau Cirebon itu kayak apa.

Akhirnya....selesai juga ceritanya. Mudah-mudahan yang baca ga ngos-ngosan ya, hahaha.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...