17 September 2012

Macaron

Beberapa hari yang lalu, gua dapet kiriman dari seorang teman. Setelah dibuka, ternyata isinya makanan kecil yang lumayan ngetrend baru-baru ini. Mungkin ga sengetop Red Velvet atau Rainbow Cake, tapi keberadaannya cukup dicari dimana-mana. Namanya Macaron. Macaron ini sejenis kue, bentuknya kecil mungil, agak mirip kayak meringue, dan rasanya lumayan manis. Kata tante gua yang tinggal di Paris, saking ngetopnya makanan ini, orang-orang Indonesia yang kesana selalu nyari Macaron. Dan memang, makanan ini asalnya dari Perancis.

Gua pertama kali makan Macaron di Bakerzin, Central Park. Waktu lagi ngedate sama si ndud, lalu ngeliat ada makanan kecil-kecil yang warna-warni di bagian etalase cake, dan gua pun tergoda untuk membelinya, hahaha. Emang dasar ini mata ga boleh ngeliat yang gonjreng-gonjreng ya. Di etalasenya, ada macam-macam warna. Beda warna, beda rasa. Kayaknya pengen beli semuanya, tapi harganya mahal bo. Di Bakerzin, 1 Macaron Rp 8.500. Padahal bentuknya mah mungil banget. Tadinya mau beli satu buat nyobain, tapi agak tengsin juga, akhirnya beli dua dah. Gua lupa sih beli yang rasa apa.

Rasanya tuh manis banget. Buat gua, itu bener-bener manis banget. Katanya si ndud, rasa Macaron emang manis-manis gitu. Biarpun manis banget, tapi gua suka sama rasanya. Sayang ya harganya mahal banget. Temen gua bilang, bahan-bahan untuk bikin Macaron itu rada mahal, makanya harga jualnya pun juga mahal. Bisa sedikit lebih murah kalo mau bikin sendiri. Kayaknya gua kudu benerin skill bikin lasagna dulu kali ya baru nyoba bikin Macaron.

Beberapa minggu setelah beli Macaron di Bakerzin, gua menemukan toko yang menjual Macaron dengan harga jauh lebih murah. Toko kue yang ada di deket Hongkong Cafe (lupa namanya apa), Central Park, jual Macaron dengan harga Rp 6.000 saja. Beda 2.500 perak buat gua uda lumayan banget. Cuma, pilihan rasanya ga sebanyak di Bakerzin. Warna-warnanya juga ga semenarik di Bakerzin. Tapi packagingnya lucu. Disitu gua berani beli 3 biji, hahaha. Rasanya sama aja kayak di Bakerzin, manis-manis gitu. 

Macaron seharga Rp 6.000 yang ada di toko kue deket Hongkong Cafe.

Dan terakhir makan Macaron, waktu dikirimin sama temen. Ga tanggung-tanggung, dia kirim 5 biji bo, hahaha. Gua ampe sayang-sayang gitu makannya. Karena dibeliin, jadi gua ga tau rasanya apa-apa aja. Tapi ada satu yang rasa jasmine. Agak aneh di lidah. Berasa kayak makan pengharum ruangan, hahaha. Yang paling gua suka yang warna putih item itu.

Macaron yang dikasih temen.

Selain Bakerzin dan toko kue deket Hongkong Cafe itu, kalian juga bisa menemukan Macaron di Kem Chicks, Pacific Place. Cuma disitu harganya lebih mahal lagi. Kalo ga salah inget, Rp 10.000. Belakangan, banyak hotel-hotel mewah yang juga mulai menjual Macaron. Mereka juga menghadirkan Macaron dalam menu weddingnya. Entah harganya berapa, yang pasti bisa lebih mahal lagi. Makanan model kayak gini emang cocok ada di hotel-hotel mewah gitu.

Buat yang suka manis, mungkin bisa dicoba sesekali. Kalo ada yang mau kasih gua lagi juga boleh, hahaha. Selamat makan...

Tulisan ini juga bisa dibaca di komikmuda.com

7 comments:

  1. Just a correction.... sebenernya namanya macaron, bukan macaroon.

    http://en.wikipedia.org/wiki/Macaron

    kalo macaroon itu beda lagi:
    http://en.wikipedia.org/wiki/Macaroon

    :)

    ReplyDelete
  2. berarti itu toko kue juga salah dong hehehehe...

    ReplyDelete
  3. iya tuh. hahahaha. tokonya gak do research dulu sebelum nyetak ya... :P

    ReplyDelete
  4. Mel, coba tanyain ke penonton, eh maksudnya pembaca, siapa yang mau bawain elu Laduree punya macaron?? Hahahahaha....

    Bisa gila sendiri liatin lucu2nya itu macarons n kemasannya.

    ReplyDelete
  5. Laduree itu dimana? hehehe... jadi penasaran...

    ReplyDelete
  6. Laduree itu dari Paris, Mel... kali aja ada temen/ siapa gitu yang mau pergi ke sana, bs dititip. Itu kayaknya the most famous macarons in the world deh. Yang di sini itu semua kemasannya aja suka niru2 Laduree.

    Kalau di Asia sendiri gue sendiri gak yakin udah buka atau belum. Kalau nggak salah bakalan buka akhir tahun ini di HK.

    ReplyDelete
  7. wah... nanti kalo tante gua balik ke indo nitip ah hahahaha...

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...