11 August 2015

Jayden 10 Month

Berat : 8,3 kg
Tinggi : 75 cm

Lagi-lagi beratnya cuma nambah 200 gram. Bulan ini emang masa-masanya dia mulai susah makan. Harus dikasih banyak mainan baru mau makan. Tapi kalo makanan yang dia suka, pasti mangap-mangap deh.


Demennya makan yang haram-haram, hahaha.

Nyokap gua masih aja bilang dia kurus. Emang anaknya segitu-gitu aja, tapi orang-orang pada bilang Jayden kayak anak umur setahun. Liat aja tingginya, uda kayak anak umur 15 bulan. Emang ini anak lebih milih memanjang ketimbang melebar. Tau sih kalo diet itu susah, hahaha. Lagian beratnya masih dalam batas normal koq, jadi gua tenang-tenang aja.

Bulan ini giginya uda nambah lagi 2 biji, jadi total ada 4 deh. Dan karena gigi atasnya uda nambah, jadi kalo nyusu suka gigit-gigit. Beuh...rasanya sakit banget. Kayak yang gua bilang, lecet-lecet waktu di awal menyusui dulu ga ada apa-apanya dibanding lecet kalo digigit. Waktu konsultasi ke kakak ipar, dia bilang pencet hidungnya. Tapi Jayden tuh gigitnya yang model gigit-tarik-lepas-emaknya meringis. Gua belom sempet pencet hidung, uda keburu dilepas duluan. Kalo uda kayak gitu langsung gua tutup sambil bilang, "Jayden ga boleh gigit-gigit, nanti kalo nenen mami sakit Jayden ga bisa nenen lagi" Beberapa hari ini uda mulai jarang sih, dan mudah-mudahan ga lanjut lagi.

Pamer gigi.

Sejak selesai liburan, dia mulai susah tidur siang. Emang pas liburan jadwal tidurnya dia jadi agak berantakan sih. Jadi kalo dulu abis mandi pagi trus tidur, sekarang abis mandi pagi maunya mainan dulu. Kalo dulu sebelum gua pergi masih bisa nidurin dia, sekarang gua pergi dia masih melek. Tidurnya malah kadang cuma sekali. Untung tidur malemnya masih teratur. Tapi masih suka nyusu di tengah malem, hehehe.  

Konsumsi ASIPnya masih segitu-gitu aja. Tadinya gua menduga dia ga suka ASIP yang beku trus dicairin, jadi gua kasih yang fresh. Kadang abis, kadang cuma minum dikit, kadang malah ga mau sama sekali. Yang penting dia mau nyusu langsung deh. Makanya biar perih karena abis digigit, ya tetep gua tahan. Mau ga mau, abis gimana lagi, daripada dia kurang asupan susu.

Belom bisa merangkak, masih merambat. Kadang kalo ngeliat anak seumurannya uda pada bisa merangkak gua jadi parno sendiri. Tapi gua mengingatkan diri sendiri kalo tiap anak perkembangannya beda-beda. Ga tau kenapa susah banget disuruh merangkak, padahal semua orang uda pada contohin supaya dia bisa niru. Kadang kalo lagi tengkurep, posisinya uda mau kayak merangkak, tapi bukannya merangkak malah duduk. Jadi merangkak belom bisa, duduk uda bisa, hahaha.

Sebenernya merangkak itu perlu ga sih? Gua pernah baca katanya bayi itu harus ngelewatin tahap merangkak, supaya melatih keseimbangan dan koordinasi tangan kaki. Tapi temen-temen gua juga banyak yang anak-anaknya ga merangkak dan langsung berdiri. Tapi ada juga yang bilang kalo uda bisa merambat pasti bisa merangkak. Emak pusing. Mari kita lihat bulan depan deh.


Joget-joget lalu duduk.

Karena uda bisa merambat, dia maunya ditaro di lantai dan merambat kemana-mana. Emang sejak kejadian dia jatoh itu, gua lebih banyak dudukin dia di lantai ketimbang di crib atau kasur. Tapi gara-gara itu, dia suka ngamuk kalo didudukin di stroller atau baby chair atau digendong, maunya di lantai dan merambat. Kadang naro dia di stroller bisa ampe 5 menit sendiri, penuh perjuangan *lap keringet*

Ngamuk duduk di stroller.

Iya, dia uda bisa ngamuk *lap keringet lagi* Kalo lagi mainan sesuatu trus dimasukin ke mulut dan kita ambil, dia langsung ngamuk. Ampe kapan sih fase-fase masukin barang ke mulut? Kadang gua ampe gemes sendiri, hahaha. Tapi dia gampang dialihkan. Jadi kalo lagi ngamuk terus dikasih mainan lain, berenti sendiri ngamuknya.

Lagi demen narik sama dorong apapun yang bisa didorong. Kadang suka merambat ke kursi trus tarik dorong kursi. Kadang tempat jemuran. Kadang bouncernya. Kadang meja juga mau ditarik dorong, tapi kan berat, karena ga bisa dia jadi kesel sendiri trus kabur, hahaha. 

Spot favorit, tempat jemuran trus mainin jepitan baju.

Uda bisa niru. Waktu kapan tetangga gua ngajarin dia bersiul, tapi karena dia ga bisa jadinya niup-niup. Trus karena suka ngeliat papinya pake body lotion (iya, papinya, hahaha), dia jadi suka gosok-gosokin tangan seolah-olah ikut pake body lotion. Trus suka ngeliat mami dan suster ngelap-ngelap lantai bekas ompolnya, dia kalo megang celana atau baju, ikut ngelap-ngelap lantai. Uda mulai kudu hati-hati nih bertingkah di depan si bocah, ga bisa sembarangan, salah-salah nanti ditiru.

Kalo ditanya "Jayden mana?" dia bakal nepuk-nepuk dadanya, hahaha. Kalo disuruh salaman, dia bakal ngasih tangannya, trus kalo disuruh toss, dia bakal nepok-nepok tangan kita. Tapi paling jago mah kalo disuruh mata genit atau nunjukkin gigi, uda pasti bakal nyengir deh, hahaha. Cuma ya itu semua dilakukan kalo mood dia lagi bagus. Dalam artian, ga ngantuk.

Sit like a boss. 

Jayden juga uda ngerti cara nunjukkin sayangnya. Jadi kalo dibilang "Sayang mami atau papi" dia bakal nempelin jidatnya ke muka kita, atau nemplokin kepalanya ke badan kita. Ah, itu moment yang berharga banget. Kadang kalo pagi-pagi gua masih melok guling, dia bakal melongok dari balik guling dan senyum. Gimana maminya ga meleleh coba disenyumin cowo ganteng pagi-pagi, hahaha.

Selama 10 bulan ya sayang. Sehat terus, selalu ceria, jangan terlalu galak-galak deh, dan kamu selalu jadi kebanggaan mami papi. We love you son.

25 comments:

  1. Jaydeeeen! Makin gede makin ganteng ih kamuuuu :-*

    ReplyDelete
  2. Aiiiih...
    Jayden lucuuuuuu!
    Emang usia segini lagi lucu2nya Mel, karena lagi masa eksplorasi banget, tapi ya itu deh...lagi cape-capenya jugaaa hehehe...

    Gak usah terlalu khawatir sama berat badan selama Jayden masih aktif mah yah Meeel...nyantai aja :))

    Dan aku ingeeeet dulu Fathir sering banget merangkak ribut sendiri ngejar2 semut...trus dimasukin mulut...bhahaha...

    Sepertinya dulu pernah kuposting juga deh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kakak! lagi cape2nya hahahaha...

      aku ga khawatir sih, soalnya kan masih batas normal... tapi neneknya yang khawatir hahahaha...

      buset kak... semut hahahahaha...

      Delete
  3. Mel, nathan juga gak merangkak kok. langsung merambat dan jalan. hehehe.. :D malah sekarang udah bisa jalan dan lari,, dia malah ngerangkak. wkwkwkwkwkw.. Yang kadang gua gemes sendiri karena fase merangkak itu udah lewat banget. ahaha..

    gak usah kawatir masalah BB mel. selama sehat dan masih termasuk normal. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan... setau gua emang banyak anak yang ga merangkak hahahaha... gua ga khawatir sih, cuma neneknya yang khawatir hahahaha...

      Delete
  4. wah jayden udah tau namanya ya.. pinter... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari beberapa bulan lalu uda tau ko... kalo namanya dipanggil dia uda nengok hahahaha...

      Delete
  5. Montok yah, baru 10 tahun kaya yang udah 2 tahun :D

    ReplyDelete
  6. cepet ya Mel uda 10 bulan, bntr lagi ultah setaun Jayden :)
    makin ganteng Jayden mel en kalo tentang BB jangan terll dipusingin mel, yang penting Jayden sehat2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih...cepet banget tau2 bentar lagi setaon hahahaha... gua ga pusing koq wi, yang lain malah yang pusing hahahaha...

      Delete
  7. Jayden makin pintar ya nak, gemes pengen cium :) . Adikku paling kecil ga merangkak Mel, dia langsung jalan. Tiap anak beda2 sih, biarin aja fasenya Jadyen berjalan sesuai dg dirinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you kakak :) ada efeknya ga ya kalo ga merangkak? aku kadang biarinin aja sih, tapi kadang worry juga hehehehe...

      Delete
  8. ga berasa bentar lagi jayden udah mau 1 thn ya.. :D

    nanti kalo jayden udh bs jalan, stroller nya bs dipake buat bobo kalo lg jalan2 di luar ya..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...bentar lagi uda 1 tahun hehehehe... sekarang juga suka dipake bobo kalo kebetulan dia bobo di luar hehehe...

      Delete
  9. Jayden, cepet bgt ya ud mw 1 tahun aja.. :)
    Iy mel, slama berat badannya normal n sehat" aj, kyknya nyokap" demen bgt bayii" montok hihi.. jayden ga kurus kok :), kan jayden tumbuh ke atas bukan kesamping omah.. hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih...bentar lagi uda mau 1 tahun... cepet hahahaha...

      emang nyokap2 demennya yang montok... padahal segitu aja gendongnya uda pegel hahahaha...

      Delete
  10. Mel kebayang perihnya.. huhuhu.. Wahh udah 10 bulan ya :D Ehh bagus dong kalo tumbuhnya ke atas, jadi ga perlu minum susu tambahan lagi klo dah gede.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...ga perlu minum susu tambahan lagi hahahaha... ga usah dibayangin py, nanti malah takut hehehe...

      Delete
  11. Wuah, udah lama gak mampir, jayden udah 10 bulan,...emang tiap anak beda ya mel, si baby K, baru lancar tengkurep di akhir bulan 6, dan blm lancar balik telentang nya...tapi udah bisa tepok tangan sendiri. Kadang gue juga suka parno gitu, tapi di sabarin aja deh,...selama dsa nya masih ok, g berusaha percaya aja ama si kucrit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kan, kita emak2 kadang suka parno ya... kemaren dokter gua juga bilang gpp kalo ga merangkak... ya udahlah... gua juga biarinin aja hahahaha...

      Delete
  12. Fase semua masuk mulut masih akan sangat lama lewatnya Mel.. Hahaha. Si Jo skrg juga masih suka segala dicip2. Hihihi

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...