05 January 2016

Mudik Bersama Jayden : Prolog

Karena masih dalam suasana tahun baru, gua beserta suami dan Jayden, mau ngucapin.....

Happy New Year!

Semoga di tahun yang baru ini, kita semua selalu dipenuhi berkat. Tahun ini absen dulu nulis Melissa's Awards ya. Abis momentnya uda lewat juga, hehehe. Sebagai gantinya, gua akan cerita pengalaman mudik kemaren.

Terakhir kali kami mudik itu pas bulan Februari kalo ga salah. Jayden masih berumur 4 bulan. Mudik waktu itu enak banget. Jayden masih mau digendong siapa aja, masih betah duduk di carseat, kerjaannya masih nyusu doang. Giliran gua ama suami mau ngelayap, tinggal titip mertua. Ibu mertua mah seneng banget cucunya mau dititipin ke dia, hahaha.

Sejak mudik yang terakhir itu, kami belom pernah mudik-mudik lagi. Si suami sih uda pernah waktu bapak mertua masuk rumah sakit, tapi Jayden kan ga ikut. Pertimbangan kami, mendingan nunggu Jayden berumur satu tahun baru kami mudik lagi. Setidaknya, satu tahun itu, dia uda lebih siap buat perjalanan jauh. Soalnya waktu abis mudik dulu, seminggu kemudian dia kena radang. Dokternya bilang, penyebabnya bisa jadi akibat perjalanan jauh. Makanya kami berencana bulan Desember harus mudik. 

Rencana ini uda kami susun dari jauh-jauh hari, tanpa kami tau kalo ternyata ada banyak warga Jakarta yang juga pengen mudik. Sebelumnya suami uda bilang kalo kami akan berangkat pada tanggal 25 Desember siang. Karena tanggal 24 gua dan suami juga masih ada pelayanan, makanya tanggal 25 itu uda waktu yang pas. Si suami juga milih siang untuk menghindari ngantuk. Dua kali mudik malem, yang ada dia ngantuk berat.

Baca berita, dari tanggal 23-24 jalanan menuju luar kota macet semacet-macetnya. Kami sempet galau. Mau ditunda juga ga mungkin, bisa jadi anak durhaka nanti kalo ga pulang ke kampung halaman, hahaha. Minta mereka dateng ke Jakarta juga kondisinya ga memungkinkan. Tadinya mau diundur ke tanggal 26, tapi semua keluarga Banyumas uda menanti-nantikan kepulangan kami kali ini. Keponakannya si suami ampe uda menghitung hari, hahaha. Akhirnya kami nekad tetep jalan. Thanks to GPS, kami jadi tau arah mana yang macet dan arah mana yang lancar.

Tanggal 25nya, abis kebaktian natal jam 8 pagi, kami langsung berangkat. Begitu jalan, Jayden langsung disusuin di mobil dan ga lama langsung tidur. Sengaja emang kami pilih jam segini, karena pas sama jam tidurnya Jayden, hehehe. Perjalanan lumayan lancar. Sempet kena macet, tapi masih merayap. Pas jam makan siang, Jayden bangun, dan kami cari rest area buat makan siang.

Rest area di tol Cipali tuh ga kayak di tol-tol lainnya. Ga ada restoran apapun, cuma ada food court, dan asep rokok bertebaran dimana-mana. Uda pasti Jayden ga mungkin makan disitu. Kalo cuma satu dua yang ngerokok ya udahlah, ini hampir semua meja pada ngerokok. Akhirnya gua nanya petugasnya, ada ruangan yang non smoking apa engga. Petugasnya baik, dia nawarin supaya Jayden makan di kantor di deket pom bensin. Ruangannya berAC dan bebas asap rokok. Akhirnya Jayden makan disana deh.

Ngelurusin kaki dulu.

Kantornya persis deket pom bensin. Agak bau-bau bensin sih. Ya udahlah, masih lebih mending daripada asap rokok.

Model rest areanya kayak gini. Ga ada Starbucks, Solaria, apalagi KFC, hahaha.

Kelar makan siang, kami jalan lagi. Begitu masuk mobil, Jayden disusuin lagi dan ga lama langsung tidur lagi. Karena ada GPS, si suami uda tau rute mana yang macet, akhirnya kami muter lewat Pemalang. Sempet kena macet di Brebes-Tegal, tapi itu karena ada perbaikan jalan. Jadi lebih jauh sih, tapi jadi terhindar dari macet.

Pas uda bangun, ngeliat pemandangan di luar jendela, dan takjub ngeliat ayam. Di kota ga ayam sih, hahaha.

Di Brebes-Tegal, kami sempet berenti buat makan malam. Kali ini kami makan di Piringsewu. Yang suka ke daerah Jawa pake mobil, pasti tau restoran ini. Sayangnya pas kami dateng pas lagi rame, dan mereka kayak ga siap melayani pengunjung sebanyak itu. Harga makanannya juga menurut gua relatif mahal. Untung rasa makanannya masih lumayan enak. Yang penting perut kami keisi deh.

Jayden juga sekalian ganti baju tidur. Gua uda wanti-wanti si suster, tiap kali pergi malem, biasain bawa baju tidur di tasnya. Jadi kalo tidur di mobil, nyampe rumah tinggal langsung taro. Soalnya ini anak kalo uda kebangun, susah nidurinnya lagi.

Begitu beres semua, kami langsung jalan lagi. Lagi-lagi abis disusuin, Jayden langsung tidur lagi. Gua seneng banget deh, selama perjalanan Jayden anteng banget di mobil. Ya rewel-rewel dikit sih ada, tapi asal kasih mainan atau nenen, pasti diem. Selama di mobil emang dia jadi lebih banyak nyusu, dan gua juga selalu kasih, biar anaknya anteng, hahaha.

Dan setelah menempuh kurang lebih 12 jam perjalanan, akhirnya kami nyampe Banyumas juga. Bapak, ibu, kakak ipar, semuanya serempak pada nanyain Jayden, hahaha. Nasib kalo uda ada anak ya, mantunya ga laku, hahaha.

Begitu nyampe, langsung ditaro di kasur.

Abis itu ngobrol-ngobrol sebentar, mandi, dan langsung tidur. Si suster nginep dulu di rumah, baru besok pulang ke kampungnya. Kebetulan kampungnya dia di Jogja, sekitar 3 jam dari Banyumas. Emang tiap kali mudik, si suster juga ikutan mudik. Toh ada ibu mertua yang bantuin gua.

Bersambung....

16 comments:

  1. kadang suka was was ya ci klo bawa anak kecil perjalanan jauh naik mobil takut rewel...fiuhh untung jayden anteng selama perjalanan..ditunggu cerita di kampung halaman..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... sebelum pergi tuh uda deg2an takut dia ribut di jalan... eh ternyata anteng terus hehehehe... tapi anteng juga karena banyak nenen hahahaha...

      Delete
  2. Wahh Jayden udah jalan-jalan jauhh juga yaa...hehehe. Untung gak rewel di jalanan, kadang suka panik kalo bawa anak kecil nangis sepanjang jalan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ci... dia baik banget ga pake rewel... tapi ga rewel juga karena sering disumpel nenen hahahaha....

      Delete
  3. Waah Jayden pinteer ya. Kalo rewel mami nya puyeng deh :D
    Iya untung kemarin ga kejebak macet ya Mel, aduh nightmare banget lah apalagi anak anak.
    Eh di Cipali ada resto Pringsewu juga kok di rest area nya, di rest area kedua dari pintu tol. Kalo mampir di rest area pertama setelah masuk pintu tol emang kacrut banget tuh. Udah rame, kotor banyak sampah, aduuh aku mau pipis aja sampe urung loh karena jijay :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rest area yg kemaren kayaknya rest area yg kesekian deh hehehe.... soalnya bener2 dipasin ama jam makan siang... kemaren gua ke wc yg ada di kantornya itu, bersih hehehehe....

      Delete
  4. Wah Mel kalo sampe 12 jam jalan dan anak anteng itu rejwki banget dweh. Pinter Jayden ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak... mami papinya seneng banget anaknya anteng selama perjalanan hehehehe....

      Delete
  5. Udah secape ini... ternyata baru nyampe doang ceritanya Mel hu hu hu hu. Eh tapi mending lah lu 12 jam udah sampe Banyumas. Temen gue 12 jam baru sampe Cikampek! Jadi emang tetep harussss disyukuri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset 12 jam nyampe cikampek... temen gua juga ada... 22 jam perjalanan hehehe... ini juga seno ngeliat GPS makanya terhindar dari macet...

      Delete
  6. hihih amazed liat ayam ya...
    si andrew juga amazed banget pas di jakarta ngeliat ada ayam di jalanan. di sunter ada tuh ayam di jalanan. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... jayden mah liat binatang apapun selalu amazed... di area rumah aku ga ada ayam ko, adanya kucing dan anjing hehehehe...

      Delete
  7. Seneng deh yah Mel ternyata Jayden anteng selama mudik jadinya tenang kl lain kali mau mudik2 lagi. Siapa tau sekalian jalan2 area Jawa hehehe.

    Happy New Year Mel & Family.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jalan2 area jawa nunggu dia agak gedean dikit deh hehehe...

      Happy new year juga ci...

      Delete
  8. Di kota lebih sering ketemu ayamnya di KFC ya hahaha :P
    Syukurlah ya jalanannya relatif lancar dan ga ada drama berarti selama perjalanan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha iyah... jarang ngeliat ayam hidup... iya liv, untung banget jalanan lancar dan ga ada drama hehehe... drama2 dikit sih ada cuma bisa diatasin hehehehe....

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...