09 March 2016

Pro Dan Kontra

Kalo ada yang bilang dunia ibu-ibu itu kejam, gua setuju banget. Sebelum memasuki dunia ini, gua emang uda tau hiruk pikuknya dunia ibu-ibu, tapi ga tau kalo ternyata sekejam ini, hahaha. Seakan-akan, pro dan kontra tentang cara mengasuh anak ga akan ada habisnya. Dan ternyata ga cuma cara mengasuh anak loh yang jadi pro dan kontra, tapi barang-barang bayi juga banyak yang jadi perdebatan. Postingan ini bukan bertujuan untuk nyinyir, tapi cuma mau berbagi cerita aja.

Apa aja sih barang-barang yang bikin pro dan kontra? Ini dia....

1. Botol susu

Kayaknya uda pada tau semua ya kenapa botol susu ini jadi perdebatan. Kalo dari yang gua alamin, Jayden pernah bingung puting waktu dia umur 4 bulan. Dia sempet ga mau nyusu langsung. Begitu gua sodorin, yang ada langsung dilepas trus nangis. Mungkin kalo waktu itu umurnya baru hitungan minggu atau 1 bulan, gua akan beralih jadi ibu e-ping. Tapi Jayden uda umur 4 bulan, gua ga rela kehilangan momen-momen dimana Jayden demen banget nempel sama gua. Apalagi gua kan kerja, ga bisa 24 jam sama dia terus. Akhirnya gua sempet ga kerja dua hari plus banjir sekitar 4 hari, jadinya gua bisa fokus nyusuin dia. 

Tapi emang dasar bandel, botol susunya tetep dipake, hahaha. Cuma sejak itu dia jadi agak susah minum pake botol susu. Dan puncaknya abis lebaran, Jayden bener-bener ga mau minum dari botol. Akhirnya disendokin atau glek glek glek dari gelas. Untung suster gua sabar. Ya, anggap aja gua beruntung, hehehe. Jadi kalo dibilang botol susu bikin bingung puting? Mungkin ada benernya juga. Tapi kalo dibilang bikin turun hasil perahan, entahlah...karena hasil perahan gua selalu stabil.

Sekarang Jayden masih nyusu langsung. Tapiiiiiii.......ada loh yang nyuruh gua campur, katanya biar nanti lepasnya ga susah. Gua sempet kepikiran buat campur, tapi dokternya bilang ga usah, ya gua ikutin, hahaha. Lagian kalo dipompa, hasilnya masih lumayan banyak koq.

2. Empeng

Gua pernah baca, cuma lupa dimana, empeng itu salah satu penyebab dari speech delay. Tapi ga tau bener apa engga. Anak-anak temen gua banyak yang pake empeng, dan mereka baik-baik aja. Jayden ga pernah pake empeng sih, karena........ga ada yang kadoin empeng! Hahahaha. Mungkin kalo ada yang kadoin, uda gua kasih empeng. Sebagai gantinya, dia jadi suka ngempeng sama gua. Ya, gua sih lebih milih ngempengin anak ketimbang denger dia rewel kalo perjalanan jarak jauh, hahaha.

3. Baby walker

Ini juga salah satu barang bayi yang jadi perdebatan. Waktu Jayden belom bisa jalan, dan ngeliat anak-anak seumurannya uda pada bisa jalan, gua sempet nanya ke dokternya tentang boleh engganya pake baby walker buat belajar jalan. Dokternya ga terlalu merekomendasikan penggunaan baby walker kalo fungsinya buat belajar jalan. Menurut dia, belajar jalan itu sebaiknya secara alami tanpa penggunaan bantuan alat apapun. Dan kalo mau pake alat bantuan, dia lebih rekomen walker yang didorong-dorong itu ketimbang baby walker. 

Batas usia anak harus bisa jalan itu di umur 15 bulan. Kalo kurang dari 15 bulan, ga usah terlalu khawatir. Jayden bisa jalan di umur 14 bulan. Katanya berenang juga bisa bikin anak cepet jalan. Kalo yang ini mungkin ada benernya, karena ga lama setelah Jayden berenang untuk yang kedua kalinya, dia langsung bisa jalan setapak dua tapak.

4. Bouncer

Tadinya gua pikir penggunaan bouncer ini ga ada masalah apa-apa, tapi ternyata jadi perdebatan juga. Gua taunya waktu gua posting foto Jayden lagi ditaro di bouncer, dan kalo ga salah, waktu itu umurnya baru 1 bulan. Menurut temen gua ini, bouncer ga bagus buat tulang punggung bayi. Gua sih ga tau bener apa engganya, tapi saat itu gua mengaminkan kalo Jayden akan baik-baik aja. Apalagi sempet ada masa-masa dia bisa tidur pules kalo ditaro di bouncer. Anak tidur pules itu anugrah banget loh, hahaha. 

Sekarang sih bouncernya uda bener-bener pensiun karena anaknya uda ga betah lagi duduk di bouncer. Tapi sepanjang dia duduk di bouncer ampe sekarang, so far ga ada masalah apa-apa. Malah mainan yang digantung itu bikin dia cepet belajar menggenggam dan bikin mata lebih fokus.

5.  Bantal guling

Waktu gua posting hadiah bantal guling dari nyokap, sempet ada komentar-komentar kalo bayi sebaiknya jangan tidur pake bantal, apalagi guling. Penggunaan bantal guling katanya bisa mengakibatkan SIDS. Ketika Jayden lahir, dia sih tidur ga pake bantal, karena bantal yang dikasih nyokap ternyata terlalu tebel. Jayden kan lahir dengan berat dibawah normal, jadi bentuk kepalanya emang mungil banget. Beda sama bayi yang diatas 3 kg.

Tapi waktu umur 1 bulan, Jayden mulai tidur pake bantal. Tapi bantalnya yang tipis banget. Itu juga gara-garanya gua mulai belajar nyusuin sambil tiduran, jadi kepala anaknya dikasih bantal biar enak, dan punggungnya diganjel guling. Cuma anaknya emang model yang ga betah dikasih bantal. Begitu uda muter sana sini, kepalanya uda lepas dari bantal. Gua lupa sejak kapan, tapi Jayden kalo tidur uda ga pernah pake bantal guling, apalagi selimut, hahaha.

6. Dan masih banyak lagi......

Kalo dilist mah ga ada habis-habisnya. Ini gua tulis top five barang bayi yang selalu jadi perdebatan di kalangan ibu-ibu, terutama ibu-ibu senior dan ibu-ibu junior macam gua, hahaha. Gua sih mikirnya simple, selama penggunaan barang-barang itu bisa bikin anak lebih tenang dan si ibu lebih bahagia, kenapa tidak. Ingat, happy mommy happy baby! Hahahaha.

17 comments:

  1. Setujuhhhh ciii...
    gue juga ga terlalu peduli sama omongan orang...
    selama anak g nyaman dan itu aman, oke2 aja lah..

    oh ya berarti bener ya berenang itu bikin anak bisa cepet jalan...hehe abis ini jadi pengen ajak ryu renang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga ga terlalu peduli, walaupun kadang agak kepikiran juga hahahaha...

      katanya sih gitu... jayden abis diajak berenang dua kali langsung bisa jalan beberapa langkah... ga tau karena berenang apa bukan hehehehe...

      Delete
  2. Betuul sekali mel..gw pake botol susu, pake empeng, pake bouncer, dan bantal guling...tapi gw percaya semuanya aman2 aja...toh jaman kita juga pake begituan tp gak knp2 juga...memang benar dunia ibu2 itu kejyaaam...terlalu banyak dihakimi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru karena jaman kita ga kenapa2 itu makanya ibu2 senior suka pada ikut campur alias nyinyir sama ibu2 junior macam kita hahahaha...

      ga cuma terlalu banyak dihakimi loh, tapi juga pada kompetitif..

      Delete
  3. Hahahahha gw klo joint ke group ibu2 aimi bisa dihujat n dikutuk jadi batu karna ngasih olive asip pake botol di umur blm 1bln dan full jadi ibu e-ping, tp masa bodo org bercuap2 apa ak tak peduli...hbsny anakny baik2 aja dan yg gw kasih ttp asi bukan sufor

    Dan lagi...kita sesama ibu baru yg penuh dg kebingungan jgn saling menghakimi tp saling mendukung

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah si jayden gua kasih minum pake botol dari umur satu minggu hahahaha... anaknya uda bingung puting pun tetep aja itu botol gua kasih hehehehe...

      ibu2 baru sih biasanya saling mendukung... yang suka menghakimi tuh ibu2 lama karena merasa dia jauh lebih berpengalaman hehehehe...

      Delete
  4. cape kalo denger omongan2 ibu2 diluaran yaa mel. dulu awal2 gw masih kepikiran, tp lama2 jadi cuek bebek hehhhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya loh, ga boong kadang2 kepikiran juga, tapi otak gua ngebantah dengan sendirinya hahahaha...

      Delete
  5. Begitulah dunia ibu2, Mel. Ga usah terlalu diambil hati, yang penting lu jalanin apa yang menurut hati elu yang paling baik. Saran dan omongan yang lain, dengerin aja. Mau jalanin atau nggak, terserah kita. Toh kita emaknya, tau yang paling baik buat anak kita sendiri. Kalo udah annoying, tutup kuping aja. Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci... omongan2 miring gitu selalu masuk kuping kiri keluar kuping kanan hehehehe...

      Delete
  6. Hue? Gue baru tau soal bantal guling. Tapi kok kayaknya masih banyak ngeliat yang pake bantal guling ya. Efek negatifnya yang aku tau sih bisa bikin nempel banget sama si guling bayi dan jadinya tidur mesti sama tuh guling sampe umur belasan tahun.... *ngomongin diri sendiri* *ngomong sambil ngaca* huahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. gua juga baru tau setelah punya anak hahahaha... yang ditakutin kalo bantal guling itu nimpa si bayi yang bisa mengakibatkan SIDS atau sindrom bayi meninggal mendadak... makanya pemakaian bantal guling ga terlalu direkomendasikan... bukan karena takut kebiasaan nempel hehehehe...

      Delete
  7. g dapet banyak masukan dari Dsa Zio juga sih, dia orangnya mayan OK kalo ditanya2 kadang suka share pengalamannya dia juga.klo boucher sih pas MPASI dipakai gpp, krn yah dia lom bisa duduk dengan tegak kan, justru enggak bagus kalo kita paksa duduk tegak, Zio pas MPASI pakai bouncher juga, sampe akhirnya dia bisa duduk sendiri dia lupa ama bouchernya karena mau duduknya tegak
    babywalker emang ga disarankan juga, bagusan suruh bangun sendiri dan merayap atau di titah
    empeng kalo anaknya ketergantungan emang bisa memicu lambat berbicara, tapi nyokap g bilang g dulu empeng ga bisa lepas, ngomong ga telat tuh dibandingin dengan anak yang lain wakakaka :D liat anaknya empeng itu cuma buat enak ngenyot2 apa emang bikin si anak males ngomong, klo zio sekarang ngempeng aja bisa sambil ngomong entah apaan hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu awal2 jayden MPASI juga duduknya di bouncer hehehehe... tapi dia uda mulai ditaro di bouncer dari 1 bulan... kan ada settingan yang buat newborn...

      gua juga mikir speech delay itu banyak faktor, salah satunya jarang diajak ngomong sama orangtua atau pengasuhnya... percuma kalo ga dikasih empeng tapi jarang diajak ngobrol, pasti bakal speech delay juga... kalo zio mungkin karena sering diajak ngomong jadi ga males ngomong...

      Delete
  8. Andai tiap omongan orang ada harganya ya, barang ceban gitu. Kan mayan dikumpulin buat beli keperluan anak :p

    ReplyDelete
  9. Gw empet sumpah sama dunia ibu-ibu begini. Mending gw join deh sama grup bapak-bapak daripada dengerin omongan ibu-ibu judgemental.

    Gw sampai berapa kali nutup telfon dari nyokap gw lantaran dos-q terlalu cerewet ngehakimin gw. Gw tinggal di rumah mertua sekarang, dan gw nggak pernah sedetik pun kasih kesempatan ke MIL gw buat ngomentarin cara gw ngasuh anak. Saking empetnya gw sama ibu-ibu senior nyinyir sok-tahu sok-banyak-pengalaman.

    Gw rasa, cara ngasuh anak itu balik aja ke masing-masing ibu deh. Mommy happy, anak happy. Mommy bete, anak nggak tumbuh, anak nggak berkembang. Done.

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...