23 August 2016

Fodedok

Menurut gua, Jayden termasuk anak yang ngomongnya lumayan cepet. Tadinya gua sempet khawatir, karena kebanyakan tontonan dia bahasa inggris semua kan, takutnya bingung bahasa lalu kena speech delay. Tapi sepertinya engga. Di saat temen-temen sekolah minggunya masih babbling, Jayden uda bisa ngomong satu suku kata, kayak bin (mobil). Tontonan dia kan kebanyakan lagu-lagu nursery rhymes di youtube, jadi gua pikir, musik itu menstimulasi dia untuk ikut bernyanyi, makanya dia jadi lebih cepet ngomong. Terlepas dari si suster dan si suami juga sama-sama bawel ya, tapi gua merasakan adanya manfaat dari nonton TV, hahaha.

Tapi walaupun uda bisa ngomong, ada beberapa kata yang bikin gua mikir, ini anak lagi ngomong apa sih. Contohnya kayak mobil, Jayden belom bisa ngomong L, huruf L dibilang N sama dia, makanya kalo dia ngomong mobin, itu berarti mobil. Huruf R juga belom bisa, huruf R disebut W, jadi kalo dia bilang tuwun itu berarti turun, buwung berarti burung. 

Beberapa minggu yang lalu, ada dua kata yang lumayan bikin gua mikir berhari-hari, yaitu fonon dan fodedok. Kalo fonon uda bisa ketebak beberapa hari setelahnya. Ada yang tau fonon itu apa? Flower! Hahahaha. Tapi kalo fodedok gua bener-bener ga bisa nebak. Dan ada kalanya dia kesel kalo gua salah mengartikan apa yang dia maksud. Nyaris seminggu lebih gua ga bisa nebak fodedok itu apaan.

Sampai kemudian seprei bergambar mobil itu datang, dia lalu nunjuk truk warna merah dan bilang "tuh...fodedok" Lalu gua pun mendapat pencerahan, hahaha.

"Jayden, dimana ada firetruck?"

"Tuh...fodedok!"

Astagah! Demi apa firetruck jadi fodedok, hahaha. Jadi ibu itu memang bukan hanya tentang sabar, tapi juga tentang harus bisa men-translate ucapan anak.

14 comments:

  1. Eyalaaa..itu ya gunanya muterin nursery rhymes ke bayi. Wah, gw mesti sering-sering nyanyi di depan bayi gw nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya tiap anak beda2 sih, ada yang nonton tv malah jadi diem ga mau ngomong... tapi emang nyanyian kayaknya lumayan berpengaruh, seengganya menstimulasi anak untuk ikut nyanyi juga...

      Delete
  2. Hahaha lucu banget fodedok. Kaleb juga termasuk cepat ngomongnya, tapi ada kata-kata yang gue ga paham, trus dia ucapin berkali-kali sampe frustasi karena gue ga paham juga. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kadang2 dia juga suka frustasi yang berujung ngamuk karena gua ga ngerti2 apa yang dia maksud hahahaha...

      Delete
  3. hahaha.. aku ama suami bilangnya kami mesti bisa translate bahasa planet! :D
    hi Jaydeeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... bahasa planet ya... hi juga abang B...

      Delete
  4. aduhh anak anak ada2 aja ya cii bahasanya,...jadi ga sabar klo nanti ryu udah belaajar ngomong..hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... ntar kalo uda bisa ngomong malah pusing nyautinnya...

      Delete
  5. Hahahahahahahahahahahahah asli ga bisa nebak banget fonon dan fodedok apaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dia ga nunjuk gambar bunga dan truk warna merah juga aku ga akan tau fonon dan fodedok apaan hahahaha...

      Delete
  6. Katanya emang pengaruh ya kalau lingkungan cerewet si anak juga bakal cepat ngomongnya. Tapi fodedok, gw pun bingung awalnya lu mo bahas apa baca dari judul..haha.. Jayden bisa aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya dari bayi emang uda harus diajak ngomong terus sih... biarpun dia belom bisa nyautin tapi harus distimulasi terus...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...