01 February 2016

Jalan-jalan Ke Ragunan

Hari Sabtu kemaren, gereja kami mengadakan acara jalan-jalan ke Ragunan. Gua terakhir kali ke Ragunan tuh waktu SMP kalo ga salah. Itu juga perginya rame-rame ama sekolah minggu. Seinget gua, Ragunan waktu itu kotor, jorok, dan bau. Tapi menurut panitia, Ragunan sekarang uda jauh lebih bersih dan rapih. Karena penasaran, akhirnya kami memutuskan untuk ikut. Sekalian ajak Jayden ngeliat binatang-binatang yang selama ini cuma bisa dia lihat versi kartunnya doang.

Karena gua masih nyusuin Jayden, maka kami milih untuk bawa mobil sendiri ketimbang ikut bis. Jaga-jaga juga kalo misalnya Jayden rewel atau ada apa-apa, kami bisa langsung pulang. Biarpun bawa mobil, tapi kami tetep ngumpul di gereja dulu. Disuruh ngumpul jam 6, tapi pada kenyataannya jam 6 kami masih di rumah, hahaha. Tumben-tumbenan Jayden jam 6 belom bangun. Biasanya setengah 6 uda guling-gulingan. Akhirnya dia dibangunin trus dila-lap. Masih kepagian kalo dimandiin. Biarinlah jorok dikit, ga mandi pun tetep ganteng koq, hahaha.

Kami berangkat dari rumah jam 6 lewat dan nyampe gereja jam setengah 7, lalu registrasi ulang dan ambil sarapan, baru berangkat deh. Perjalanan dari gereja ke Ragunan ke terlalu macet. Mungkin karena masih pagi ya. Gua lupa nyampe Ragunan jam berapa, tapi cuaca masih cerah, belom terlalu terik. Tiket masuk Ragunan murah banget. Untuk dewasa Rp 4.000 dan anak-anak Rp 3.000.

Begitu masuk, foto dulu. Sayang ga ada foto bertiga ama bapaknya.

Begitu masuk, gua agak kaget ngeliat Ragunan. Bersih dan rapih banget. Ga ada sampah sama sekali. Sampah ya paling daun-daun dan ranting pohon. Tapi ga sampah kayak tissue, botol aqua, bungkus makanan. Ga ada sama sekali. Ada pun, langsung dibersihin ama petugasnya. Mereka sigap banget. Dan di tempat masuknya, ga ada yang ngerokok juga.

Bersih kan?

Menurut si suami, Ahok yang bikin Ragunan jadi cakep gini. Gua ga terlalu ngikutin berita, jadi ga tau bener apa engga. Dan seandainya iya pun, gua salut bener ama Ahok. Hasil kerjanya kelihatan banget. Beda sama gubernur-gubernur sebelumnya.

Karena ini ikut acara gereja, jadi begitu nyampe kami kumpul dulu di pendopo. Jadi di Ragunan ini, ada pendopo yang cukup gede dan bisa dipinjem buat acara. Tapi ga tau ya bayar lagi apa engga. Dan karena Jayden belom sarapan, jadi kami berempat sarapan dulu. Seperti biasa, kalo lagi di luar gini, Jayden makannya agak susah. Gua juga kalo lagi pergi-pergi mah ya udahlah, hahaha. Yang penting yang masuk uda lumayan.

Pendoponya luas dan bersih. Cuma sayang, WCnya agak kurang bersih dikit.

Panitia uda buat games yang bikin kita bisa muterin Ragunan dan ngeliat semua binatang yang ada. Sayangnya kami ga ngeliat semua binatang, karena pas di tengah-tengah games ujan turun, dan panitia mutusin supaya peserta balik ke Pendopo buat makan siang. Kalo abis makan siang lanjut games lagi, waktunya ga cukup. Karena Ragunan itu ternyata luas banget. Gua ga inget kalo ternyata segede ini. Buat jalan dari satu spesies ke spesies lain, butuh waktu yang cukup lama dan bikin kaki gempor. Untungnya kami bawa stroller. Tadinya sempet mikir ga mau bawa. Ga kebayang deh kalo ga bawa, hahaha.

Jadi binatang-binatang yang diliat cuma burung-burung, buaya, dan primata. Pusat primatanya gede dan keren, cuma sayang petunjuk dan alurnya agak ngebingungin. Dan disana juga ga bau-bau amat. Bau sih bau ya, namanya juga kebon binatang, tapi baunya ga ampe nusuk banget.

Rumah Unggas. Kandangnya gede banget buat ukuran burung yang gedenya ga seberapa.

Bulunya cakep ya. Bersih banget.

Lagi merenung di pinggir sungai. Mungkin dia galau.

Jayden gimana? Mukanya lempeng bener, hahaha. Mungkin karena baru pertama kali ngeliat binatang-binatang sungguhan, jadi agak bingung.

Hmmmm...itu binatang apa ya?

Aku tau! Itu burung kan.

Biarpun ga ngeliat semua binatang, tapi gua ga nyesel ajak Jayden kesini. Sekali-kali dia main di tempat outdoor gini. Ga cuma ngeliat binatang, tapi juga banyak taman dan pohon. Jadi tempat bermainnya ga cuma di mall doang, hahaha. Next time kami pasti kesini lagi, buat ngeliat binatang-binatang lain yang ga sempet kami liat.

Performance anak-anak. Jayden harus digendong biar ga kabur, hahaha.

Di saat yang lain menikmati acara, si bos kecil tetep sibuk ngurusin bisnis.

Kami pulang dari Ragunan sekitar jam setengah 4. Sempet kena macet dan baru nyampe rumah jam 5 sore. Kayaknya baru kali ini deh Jayden pergi ampe seharian begini, hahaha. Dan selama di Ragunan, anaknya ga tidur dong. Baru tidur pas uda menjelang pulang.

Buat yang punya anak kecil, gua merekomendasikan banget kalo mau ke Ragunan. Tempatnya ramah banget buat anak-anak. Tapi ya itu, karena saking gedenya, siap-siap kaki pegel, hahaha.

1. beda sama Taman Safari yg masih bs dikelilingin naek mobil ya mel.. kl di Ragunan mesti keliling sendiri.. :)
    gw belom pernah ke ragunan seumur hidup.. >.<
    tp liat foto2 nya, ternyata lingkungan di Ragunan bersih ya.

1. dari segi konsep emang uda beda sama taman safari... gua pernah waktu masih sekolah dan seinget gua dulu kotor banget hahahaha...

2. wah iya bersih ya ragunan. bagus deh kalo terawat gitu ya. dan tiketnya murah banget...

3. Gua belum pernah loh ke ragunan...males jalan kakinya...hahaha. Tapi bagus juga ternyata yaa ...

1. kalo ada rencana mau olahraga sekali2 boleh ci hehehehe...

4. Jayden excited banget ya ci ngeliat binatang-binatang.. sampe ga tidur..hihihi
    klo ke taman safari kayanya lebih semangat lagi jaydennya...hayoo ci diajak..hehehe aku kesana terakhir 2thn yang lalu binatangnya banyak yang kosong, adanya kandangnya doang... suasanannya sih boleh lah adem...

1. ga ngerti juga excited apa engga, soalnya mukanya lempeng doang sih hahahaha... pikir mau ke ragunan lagi buat ngeliat sisa binatang yang belom diliat, baru abis itu ke taman safari hahahaha...

5. saya belum pernah jalan-jalan ke ragunan :(

6. Gw blom pernah ke Ragunan sama sekali Mel hehehe habis byk yg bilang bagusan Taman Safari padahal udah lama juga gak ke TSI terakhir pas Clarissa masih 2 tahun lebih.

Ragunan bisa buat piknik yah gede dan lapang gitu

1. secara konsep emang bagusan taman safari ci, tapi untuk pengenalan binatang kayaknya ke ragunan juga oke...

banyak yg gelar tiker kemaren itu hahahaha...

7. This comment has been removed by the author.

8. seperti postingan lo di FB dan photo disini ragunan sekarang bersih yah?! soalnya temen g bilang.. kesana jangan musim ujan, bauk wakakaka :D *ah... nunggu lahiran sempetin ke ragunan deh :D

1. kemaren ujan tapi ga bau2 amat sih... ya bau2 dikit ada lah, namanya juga kebon binatang hahahaha...

9. iyaa banyak yg bilang ragunan sekarang beda, bersih..
    tiketnya masih murah aja ya mel, gw terakhir ke sono pas SMA.
    sayangnya jauh bingits dari rumah gw mel

1. dari rumahku juga jauh hahahaha... ini karena kebetulan bareng gereja aja makanya bisa pergi...

10. Tiketnyaa murahhh BANGET ci..
    hehehe..
    ajak2 deh kesana hihihi

Mampir yaa ke blogku
    yolandangelina28.blogspot.com

1. iya, tiketnya terjangkau banget... kalo lagi senggang dan pengen sehat boleh mampir2 ke ragunan... gedenya pas buat olahraga hahahaha...

11. Tiketnyaa murahhh BANGET ci..
    hehehe..
    ajak2 deh kesana hihihi

Mampir yaa ke blogku
    yolandangelina28.blogspot.com

12. Meeel...
    Jayden mungkin masih terkaget-kaget gitu kali yah hehe...

Aku inget dulu bawa Kayla ke kebun binatang waktu dia baru bisa jalan, dan selama disono dia malah sibuk...ngejar2 kucing bhahaha...
    Sama binatang lain gak tertarik sama sekali, tertariknya cuma sama kucing doang...payah haha..

1. hihihi.. iyaa kayaknya Jayden belum ngeh deh. waktu ke safari juga si Jo ga bereaksi sama sekali. lebih seru kalo liat "ibu" di rumah.. :D

Tapi aku sendiri udah lama banget loh ga ke Ragunan. Terakhir kali pas masih bayi kayaknya.. LOL

2. wahahahaha... jayden juga nyengirnya pas ngeliat orang naik sepeda dan kucing hahahaha... tapi dibilang ga tertarik ya ga tau juga, abis mukanya lempeng doang kak hahahaha...

3. @bebe : bisa jadi jayden belom ngeh ya be... aku terakhir ke ragunan pas masih sekolah hahahaha...

13. Emang seru Ragunan ini kalo mau jalan2 liat yg hejo2 tapi ga gitu jauh dan murce :D

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.